Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Proposal Ramadhan Berbagi 1443 Hijriah Tinggal Edit [Word]

Bismillah;

Hai Sobat Guru Penyemangat, ingin menggelar kegiatan amal apa saja di bulan Ramadhan yang penuh berkah tahun 1443 Hijriah ini?

Agaknya selain melaksanakan kewajiban puasa dan amalan utama seperti Shalat Tarawih, Witir, dan Tadarus Qur'an ada pula pilihan kegiatan lain yang bisa kita meriahkan ya.

Tentu saja. Meski semua orang sudah tahu bahwa sekarang adalah bulan Ramadhan, tapi belum tentu semangat mereka bisa bertahan dan terus konsisten hinggalah hari puasa terakhir.

Maka dari itulah diperlukan beberapa ide kegiatan menarik sebagai bentuk dari syiar Islam seraya mengajak umat muslim untuk memanfaatkan bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

Contoh kegiatannya? Misalnya dengan menggelar acara Ramadhan berbagi. Ya, ada banyak keberkahan dan kebaikan yang bisa kita bagi dengan saudara sesama muslim.

Misalnya berbagi takjil Ramadhan, berbagi makanan sahur, berbagi bingkisan kurma, hingga pakaian terbaik untuk saudara kita yang membutuhkan.

Nah pada postingan kali ini  telah disiapkan contoh proposal kegiatan Ramadhan berbagi berupa dokumen Word tinggal edit.

Mari disimak terlebih dahulu rinciannya ya:

Proposal Ramadhan Berbagi

Contoh Proposal Kegiatan Ramadhan Berbagi
Contoh Proposal Kegiatan Ramadhan Berbagi. Dok. Gurupenyemangat.com

Berikut Guru Penyemangat sajikan detail urutan proposal kegiatan Ramadhan Berbagi mulai dari latar belakang, tema kegiatan, tujuan kegiatan, hingga estimasi biaya.

Sobat Guru Penyemangat bisa mengubah atau memperbaharui tema dan rincian anggaran sesuai dengan kebutuhan kegiatan.

 A. Latar Belakang Kegiatan

Alhamdulillah pada tahun ini kita berjumpa kembali di bulan Ramadhan yang penuh berkah dan maghfirah 1443 Hijriah tahun 2022. Kesempatan ini adalah peluang yang sangat mahal karena di luar sana banyak saudara-saudara kita yang merindukan Ramadhan, namun terlebih dahulu dijemput oleh ajal.

Bulan Ramadhan juga merupakan bulan perjuangan. Di masa kenabian, hari-hari di bulan Ramadhan merupakan kesempatan untuk berjihad di jalan Allah SWT.

Sejarah mencatatat beberapa peristiwa besar di bulan kesembilan dalam Kalender Hijrah ini seperti perang Badar dan Fathul Mekkah, Nabi dan Sahabat menghancurkan patung-patung Latta dan Uzza, bahkan Rasul dan sahabat melakukan peperangan hingga 9 kali di bulan Ramadhan.

Lebih khusus daripada itu, di negara kita Indonesia, dulu para pejuang kemerdekaan juga berjuang mengusir penjajah di bulan Ramadhan.

Barulah pada tanggal 9 Ramadhan 1364 Hijriah Bumi Pertiwi merengkuh kemerdekaannya. Tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 Masehi.

Pada era kekinian, kita juga masih berperang. Namun pada bulan puasa ini kita berperang yang utama ialah melawan hawa nafsu.

Meski begitu, ada cara lain yang kiranya sangat bermanfaat untuk mengontrol hawa nafsu seraya melembutkan hati. Cara yang dimaksud ialah berbagi kebahagiaan dan rezeki di bulan Ramadhan.

Selain itu, pahala berbagi di bulan Ramadhan sangatlah besar sebagaimana hadis Nabi Muhammad SAW:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Artinya:

Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya. Hadis Riwayat At-Tirmidzi Nomor 807 dalam Kitab Puasa.

Berangkat dari tawaran pahala besar ini, maka kami selaku panitia kegiatan berniat untuk mengadakan kegiatan RAMADHAN BERBAGI, terutama untuk membantu segenap orang-orang baik dalam memberikan hidangan berbuka puasa kepada saudara-saudara kita yang amat membutuhkan.

B. Nama Kegiatan

Nama kegiatan yang diusung ialah “Ramadhan Berbagi.”

C. Tema Kegiatan

Tema kegiatannya adalah; “Mari berbagi kebahagiaan terhadap sesama, raih keberkahan, dan bersama-sama kita merengkuh takwa.”

Tema Kegiatan Ramadhan Menarik Lainnya Simak di: Kumpulan Ide dan Tema Kegiatan Ramadhan yang Menarik dan Berkesan

D. Tujuan Kegiatan

Berikut tujuan diadakannya kegiatan Gebyar Ramadhan:

  1. Menggelar kegiatan Ramadhan Berbagi 1443 Hijriah tahun 2022 adalah wujud dari semangat kita selaku umat muslim agar lebih semangat menata empati, solidaritas, dan kepedulian demi meraih takwa.
  2. Meningkatkan ukhuwah islamiyyah antar sesama muslim tanpa membeda-bedakan si kaya maupun si miskin.
  3. Menjadi sumber motivasi kepada generasi penerus agar memiliki rasa empati dan kepedulian terhadap sesama muslim.
  4. Menguatkan pemahaman dan pengetahuan siswa tentang urgensi puasa Ramadhan bagi diri dan umat.

E. Bentuk Kegiatan

Adapun bentuk kegiatan Ramadhan Berbagi pada tahun 1443 Hijriah ini yaitu berbagi takjil Ramadhan dan kurma dengan kualitas terbaik.

F. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu dan tempat pelaksanaan dari kegiatan Ramadhan Berbagi adalah:

Hari, Tanggal: 22-23 April Tahun 2022
Waktu: 17.00 WIB – selesai
Tempat: Lapangan dan area pinggir jalan raya.

G. Pelaksana

Kegiatan Ramadhan Berbagi dilaksanakan oleh panitia yang bekerja sama dengan beberapa anggota Komunitas sebagai relawan.

H. Sasaran Kegiatan

Yang menjadi sasaran kegiatan Ramadhan Berbagi ialah anak-anak yatim piatu dan fakir miskin di sekitar kita.

I. Sumber Dana

  1. Sponsor
  2. Donatur

J. Susunan Panitia

- Terlampir I

K. Estimasi Biaya

Panitia menargetkan sasaran dari kegiatan Ramadhan Berbagi ialah sebanyak 200 orang yang terdiri atas anak yatim dan fakir miskin. Sasaran ini akan dibagi menjadi 100 orang dan digelar selama dua hari. Berikut adalah estimasi sekaligus target biaya yang diperlukan:

1. Takjil Ramadhan @Rp5.000 x 200 orang= Rp1.000.000,-

2. Bingkisan Kurma @Rp5.000 x 200 orang= Rp1.000.000,-

3. Nasi Kotak @Rp20.000 x 200 orang= Rp4.000.000,-

4. Biaya Transportasi @150.000 x 2 hari=  Rp300.000,-

5. Konsumsi Panitia @Rp20.000 x 2 hari x 10 orang= Rp400.000,-

6. Spanduk Kegiatan @Rp150.000 x 1= Rp150.000,-

Total biaya yang dibutuhkan= Rp6.850.000,-

Terbilang: Enam Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah 

L. Penutup

Demikianlah tadi proposal kegiatan Ramadhan Berbagi yang akan diselenggarakan pada bulan Ramadhan 1443 Hijriah.

Penyelenggaraan kegiatan amal dalam rangka memetik momentum bulan Ramadhan 1443 Hijriah diharapkan untuk didukung oleh semua pihak.

Semoga dengan ridho Allah SWT, kegiatan Ramadhan Berbagi dapat terlaksana dengan baik, didukung oleh bantuan dan partisipasi aktif dari semua pihak, serta mendapat limpahan keberkahan dari Allah SWT.

Demikianlah proposal ini kami buat agar dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu.

Nama Kota,   April 2022  


Panitia Pelaksana

Boleh Baca: Contoh Proposal Kegiatan Gebyar Ramadhan 1443 Hijriah

Download Proposal Ramadhan Berbagi Tinggal Edit .Doc (Word)

Secara khusus Guru Penyemangat telah menyediakan link unduhan mengenai contoh proposal Ramadhan berbagi dengan format Word (.doc).

Contoh proposal ini bisa Sobat kembangkan, edit, serta sesuaikan dengan rangkaian kegiatan yang sudah direncanakan.

Silakan klik tombol download dan tunggu beberapa detik untuk mendapatkan dokumen Proposal Ramadhan Berbagi Tinggal Edit:

Proposal Ramadhan Berbagi 47kb

***

Demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat mengenai proposal kegiatan Ramadhan Berbagi yang bisa dijadikan contoh dokumen administratif dalam menyukseskan kegiatan amal di bulan yang mulia ini.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Ramadhan Berbagi 1443 Hijriah Tinggal Edit [Word]"

Promo Cashback & Voucher Shopee