Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang edukasi, materi belajar, dunia keislaman, soal ujian, motivasi, investasi emas, kesehatan dan fiksi. Klik di sini.
Gulir ke bawah untuk membaca artikel.

Contoh Teks Pidato Tentang Hari Kartini yang Singkat, Padat dan Jelas

Contoh Teks Pidato Tentang Hari Kartini yang Singkat, Padat dan Jelas
Contoh Teks Pidato Tentang Hari Kartini yang Singkat, Padat dan Jelas. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai, Sobat Guru Penyemangat. Selamat memperingati Hari Kartini, ya!

Senang sekali rasanya karena pada kesempatan tahun 2022 ini Guru Penyemangat bisa kembali menyapa Sobat semua di momen 21 April yang bertepatan dengan peringatan Hari Kartini.

Hari Kartini identik dengan emansipasi perempuan serta mengajak kita untuk kembali menyuarakan gagasan, tenaga, hingga pikiran yang terkait dengan pemberdayaan dan perjuangan hak perempuan.

Nah, pada kesempatan kali ini Gurupenyemangat.com telah menyiapkan contoh teks pidato bertema Hari Kartini.

Contoh pidato tentang Hari Kartini berikut ditulis singkat, padat, dan jelas sehingga bisa dihafal oleh anak SD dan pelajar.

Mari disimak ya:

Teks Pidato Singkat: Hari Kartini dan Pentingnya Pendidikan Bagi Perempuan

Teks Pidato Singkat Hari Kartini dan Pentingnya Pendidikan Bagi Perempuan
Teks Pidato Singkat Hari Kartini dan Pentingnya Pendidikan Bagi Perempuan. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Selamat pagi dan salam bahagia untuk kita semua

Alhamdulillah. Assalatu wassalamu ‘ala asyrofil anbiya iwal mursalin wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in.

Saudara-saudari yang berbahagia;

Pada tahun 2022 ini kita kembali memperingati momentum Hari Kartini yang merupakan awal kisah besar mengenai emansipasi wanita.

Hari Kartini setiap tahunnya diperingati pada tanggal 21 April. Dan, 21 April pula merupakan tanggal lahirnya Raden Ajeng Kartini, tepatnya pada tanggal 21 April 1879.

Awal peringatannya ialah pada tanggal 2 Mei 1964, setelah Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964.

Saudara-saudari yang berbahagia;

Bila kita hitung kembali, artinya sudah ada 58 kali negeri ini memperingati Hari Kartini sekaligus menyuarakan hak-hak perempuan di Indonesia.

Walaupun begitu, diterangkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) bahwa ternyata ada sebanyak 10.247 kasus kekerasan terhadap perempuan yang dilaporkan sepanjang 2021.

Sungguh fakta yang miris, dan itu pun merupakan data yang tampak. Karena bisa jadi ada kasus-kasus serupa yang berkenaan dengan hak perempuan namun tidak dilaporkan dan tidak dipublikasikan.

Di era Merdeka Belajar seperti saat sekarang ini, tentu saja kita cukup sedih melihat data di atas. Bukan apa-apa.

Sepintas, kita pasti punya anggapan bahwa semakin digaungkan hak-hak perempuan serta materi tentang pemberdayaan perempuan, semestinya semakin kecil pula kasus penyimpangan yang terjadi.

Hanya saja, sepuluh ribu kasus lebih dalam setahun agaknya merupakan tantangan yang besar bagi kita, orang tua, guru, serta masyarakat pada umumnya untuk memerdekakan hak perempuan.

Apalagi baru-baru ini beberapa kali kita temui kasus pelecehan terhadap perempuan baik di media televisi maupun media cetak.

Saudara-saudari yang berbahagia;

Meneladan perjuangan Raden Ajeng Kartini, maka salah satu daya juang yang perlu kita gaungkan saat ini ialah terkait dengan pentingnya pendidikan bagi perempuan.

Sederhanana, perempuan yang cerdas akan menghasilkan generasi penerus yang cerdas pula. Bukan zamannya lagi seorang perempuan hanya bertugas di dapur, sumur dan kasur.

Itu sudah zaman dulu, zaman baheula. Bahkan Raden Ajeng Kartini pun pernah menulis gagasan yang berisikan gugatan terhadap tradisi feodal yang menindas, pernikahan paksa hingga poligami bagi perempuan Jawa kelas atas. Hal-hal semacam itulah yang bakal mencederai hak perempuan.

Saudara-saudari yang berbahagia;

Pada dasarnya hak setiap insan baik itu laki-laki maupun perempuan adalah sama. Dalam Islam, yang membedakan kita adalah tulusnya niat dan ketakwaan.

Maknanya, kita sebagai seorang laki-laki sudah sepantasnya memuliakan perempuan dan menempatkan mereka pada posisi yang setara terutama di bidang pendidikan.

Ketika ada beasiswa, maka perempuan memiliki hak untuk mendapatkannya. Ketika ada seleksi pertukaran pelajar, para perempuan pula berhak untuk ikut serta, dan ketika dimintai gagasan, maka perempuan memiliki suara untuk menyampaikan aspirasinya.

Maka dari itulah, pendidikan menjadi perihal yang sangat penting bagi perempuan. Penting bagi keluargnya, anak-anaknya, hingga untuk kemajuan bangsa dan negara.

Saudara-saudari yang berbahagia;

Mengingat pentingnya kontribusi perempuan di Indonesia maupun di berbagai belahan dunia, maka dirasa penting bagi kita untuk memetik momentum peringatan Hari Kartini.

Harapannya ialah, peringatan ini tidak sekadar seremonial belaka melainkan ada semangat yang dibawa, sebagaimana habis gelap terbitlah terang.

Saudara-saudari yang berbahagia;

Kiranya demikianlah sambutan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Mohon maaf atas segenap khilaf dan salah. Saya akhiri;

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Boleh Baca: Teks Pidato Tentang Korupsi Lengkap

Download Teks Pidato Hari Kartini PDF

Untuk memudahkan Sobat Guru Penyemangat dalam menyemarakkan kegiatan yang berkaitan dengan Hari Kartini, berikut telah disiapkan dokumen naskah pidato bertema Hari Kartini dalam format PDF.

Naskah pidato berikut cocok untuk disampaikan dalam sambutan kegiatan Hari Kartini secara daring maupun tatap muka, serta untuk pembelajaran bagi pelajar maupun anak SD.

Silakan klik tombol download untuk mendapatkan teks pidato Hari Kartini PDF:

Pidato Hari Kartini 124kb

***

Demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat berupa teks pidato bertema Hari Kartini yang berkisah tentang pentingnya pendidikan bagi perempuan dan ditulis dengan singkat, padat, jelas sehingga mudah untuk dihafal.

Semoga bermanfaat ya.
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Tentang Hari Kartini yang Singkat, Padat dan Jelas"