Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang edukasi, materi belajar, dunia keislaman, soal ujian, motivasi, investasi emas, kesehatan dan fiksi. Klik di sini.
Gulir ke bawah untuk membaca artikel.

Download Buku PAI SD Kelas 5 Kurikulum 2013 PDF Revisi Terbaru untuk Siswa dan Guru

Download Buku PAI SD Kelas 5 Kurikulum 2013 PDF Revisi Terbaru
Download Buku PAI SD Kelas 5 Kurikulum 2013 PDF Revisi Terbaru

Bismillah. Hai Sobat Guru Penyemangat. Apakah Sobat saat ini sedang mencari buku teks PAI untuk siswa kelas 5 SD?

Buku PAI SD memang menjadi salah satu rujukan utama ketika menggelar pembelajaran tatap muka di sekolah maupun pembelajaran daring.

Biarpun akhir-akhir ini Kurikulum 2013 mulia menyongsong era Merdeka belajar dan Prototipe, namun bahan ajar siswa SD relatif tidak berubah.

Terlebih lagi materi PAI. Yang berubah adalah fenomena di lapangan, sedangkan teori-teori agama Islam tetap tidak akan tergerus oleh zaman.

Meskipun saat ini era digital mulai menemui masanya, buku teks PAI tetaplah diperlukan. Di negara Indonesia yang begitu luas, belum semua daerah dan sekolah terjamah oleh sinyal.

Bahkan di sebagian daerah tertentu sekolahnya masih kekurangan buku teks sebagai bahan ajar utama untuk menambah ilmu.

Maka darinya, dirasa penting bagi Gurupenyemangat.com untuk menghadirkan dokumen PDF buku PAI SD kelas 5 revisi terbaru.

Buku PAI SD Kelas 5 Kurikulum 2013 berikut adalah revisi terbaru yang bisa menjadi panduan siswa maupun guru.

Mari disimak terlebih dahulu ya:

Buku PAI SD Kelas 5 Kurikulum 2013 untuk Siswa

Buku PAI SD kelas 5 Kurikulum 2013 setiap tahunnya termaktub dalam anggaran sekolah untuk dicetak dan dipesan untuk kebutuhan siswa.

Namun persoalan yang sering terjadi di lapangan ialah, buku pesanan baru tiba jelang semester 2. Paling cepat ya setelah siswa kelas 5 melaksanakan Penilaian Tengah Semester.

Maka dari itulah, kehadiran file PDF buku teks PAI untuk siswa kelas 5 jenjang Sekolah Dasar sangat penting dan krusial dalam mendukung efektivitas belajar PAI.

Buku teks PAI untuk siswa kelas 5 Kurikulum 2013 ini memiliki revisi terbaru tahun 2017. Halaman totalnya adalah 112 halaman dan terdiri atas 10 bab.

Berikut rincian muatan bab yang tertuang dalam buku PAI Siswa kelas 5 SD revisi terbaru:

Pelajaran 1: Mari Belajar al-Qur’an Surat at-Tin

Pelajaran 2: Mengenal Nama Allah dan Kitab-Kitab-Nya

Pelajaran 3: Cita-citaku Menjadi Anak yang Salih

Pelajaran 4: Bulan Ramadan yang Indah

Pelajaran 5: Rasul Allah Idolaku

Pelajaran 6: Mari Belajar al-Qur’an Surat al-Ma’un

Pelajaran 7: Mari Mengenal Rasul-Rasul Allah SWT (Boleh Baca: Soal PAI Bab Mari Mengenal Rasul-Rasul Allah)

Pelajaran 8: Mari Hidup Sederhana dan Ikhlas

Pelajaran 9: Indahnya Salat Tarawih dan Tadarus al-Qur’an (Boleh Baca: Soal PAI Tentang Tarawih dan Tadarus Al-Qur'an)

Pelajaran 10: Kisah Teladan Luqman

Dari 10 pelajaran di atas, siswa bisa mempelajari 5 bab awal di semester 1 dan 5 bab selanjutnya di semester kedua.

Namun versi Guru Penyemangat sendiri, alangkah baiknya pelajaran 4 diajar di semester kedua saja, tepatnya berbarengan dengan pelajaran 9.

Soalnya di semester 2 siswa kelas 5 bakal belajar dan bersekolah di bulan Ramadan. Jadi, sesuailah materi ajarnya yaitu puasa di bulan Ramadan, Shalat Tarawih, dan Tadarus Al-Qur’an.

Namun, untuk hal-hal detail lainnya memang dikembalikan lagi kepada kemauan dan strategi belajar guru di sekolah masing-masing ya.

Yang terpenting ialah, kehadiran buku PAI kelas 5 SD Kurikulum 2013 revisi terbaru bisa membantu siswa dalam rangka menuntut ilmu, menyelami pengetahuan tentang agama, serta belajar di sekolah maupun di rumah.

Untuk memudahkan kegiatan pembelajaran, di dalam buku ini sudah tersedia sajian materi yang terarah, rangkuman materi, hingga soal evaluasi.

Buku PAI SD Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru untuk Guru

Buku PAI SD Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru untuk Guru
Buku PAI SD Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru untuk Guru.

Selain buku pegangan siswa, ada pula buku PAI pegangan guru untuk jenjang SD kelas 5. Buku ini disesuaikan dengan buku siswa revisi terbaru dan bersandar pada Kurikulum 2013.

Karena ada sedikit perbedaan yang mencolok bila dibandingkan dengan buku PAI jenjang yang lebih tinggi, guru PAI kelas 5 dirasa perlu untuk memperhatikan poin-poin khusus dalam buku guru.

Misalnya tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, tujuan pembelajaran dalam tiap bab, proses pembelajaran, strategi dan metode pembelajaran, evaluasi pembelajaran, hingga ruang interaksi dengan orang tua siswa.

Dengan mencermati hal-hal detail tersebut diharapkan pembelajaran PAI di SD kelas 5 bisa berjalan secara efektif dan efisien.

Download Buku PAI SD Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru PDF

Berikut telah Guru Penyemangat siapkan tautan unduhan buku PAI SD kelas 5 Kurikulum 2013 revisi terbaru dengan format PDF.

Ada dua jenis buku yaitu buku untuk pegangan siswa dan buku guru. Kedua buku PAI SD Kelas 5 ini bisa dicetak secara mandiri atau disimpan di Smartphone dan laptop untuk kebutuhan belajar.

Silakan klik tombol download untuk mendapatkan dokumen buku teks PDF:

Buku PAI SD Kelas 5 PDF (Siswa)

Buku PAI SD Kelas 5 PDF (Guru)

***

Demikianlah tadi seutas sajian Guru Penyemangat tentang buku PAI SD kelas 5 Kurikulum 2013 revisi terbaru untuk buku ajar siswa maupun pegangan guru yang bisa diunduh dalam format PDF.

Selain berformat PDF, teks dan gambar yang ada di buku ini juga bisa disalin dengan mudah.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "Download Buku PAI SD Kelas 5 Kurikulum 2013 PDF Revisi Terbaru untuk Siswa dan Guru"

  1. Buku ini sama dng yg dipakai di Magelang apa nggak ya, Min, eh, Pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Bu. Semenjak Mas Nadiem naik, buku ajar PAI gak pernah revisi lagi Bu haha. .

      Hapus

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

Diperbolehkan mengutip tulisan di blog Guru Penyemangat tidak lebih dari 30% dari keseluruhan isi (1) artikel dengan syarat menyertakan sumber. Mari bersama-sama kita belajar menghargai karya orang lain :-)