Widget HTML #1

Khutbah Jumat Tentang Malam Nisfu Sya’ban 1444 Hijriah Singkat Beserta Dokumen PDF

Khutbah Jumat Malam Nisfu Sya’ban
Khutbah Jumat Malam Nisfu Sya’ban. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah;

Hai, Sobat Guru Penyemangat. Alhamdulillah ya, perlahan kita sudah memasuki minggu ketiga bulan Sya'ban 1444 Hijriah tahun 2023.

Banyak keistimewaan bulan Sya'ban, karena Rasulullah SAW mencintai bulan kedelapan dalam kalender Islam dan memperbanyak amalan puasa.

Lebih khusus daripada itu, di pertengahan bulan Sya'ban ada malam khusus yang disebut dengan malam Nisfu Sya'ban.

Sebagai umat muslim yang cerdas, rasanya rugi bila kita tidak memanfaatkan malam yang istimewa ini dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah, kan?

Maka dari itulah berikut Guru Penyemangat telah menyiapkan Khutbah Jumat tentang Nisfu Sya'ban.

Contoh Khutbah Jumat tentang Malam Nisfu Sya'ban ini dilengkapi dengan dalil shahih dan dokumen unduhan format PDF.

Mari disimak terlebih dahulu ya:

Khutbah Jumat Malam Nisfu Sya’ban 1444 Hijriah Singkat

Khutbah Jumat Malam Nisfu Sya’ban Hijriah Singkat
Khutbah Jumat Malam Nisfu Sya’ban Hijriah Singkat. Dok. Gurupenyemangat.com

Khutbah Pertama;

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ 

يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَاهَادِيَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَههُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْن

اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ وَمَنْ تَبِعَهُ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ القِيَامَة.

أَمَّا بَعْدُ: أُوْصِيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ المُتَّقُوْنَ.

قَالَ الله تَعَالَى: اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ.. بِسْمِ الله الرَّحْمنِ الرَّحِيْم:

يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.  

فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ : يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيداً. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَن يُطِعْ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزاً عَظِيماً

Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah;

Mengawali khutbah fi hadzal yaum, marilah kita bersyukur kepada Allah atas nikmat iman, islam, sehat, dan sempat sehingga pada bulan Sya’ban ini kita bisa melaksanakan kewajiban Shalat Jumat berjamaah.

Shalawat berhiaskan salam mari kita sampaikan kepada Nabiyullah Sayyidina Muhammad SAW. Dengan mengucap “Allahumma sholli ala Muhammad wa ala ali Muhammad”, semoga kita mendapatkan pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Jamaah Shalat Jumat yang insyaAllah dimuliakan oleh Allah;

Pada mimbar ini, khotib ingin mengajak terutama diri khotib sendiri beserta jamaah sekalian untuk mari kita bersama-sama meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Takwa dengan sebenar-benarnya takwa, yaitu takwa dengan melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Pada kesempatan yang mulia ini, khotib akan menyampaikan khutbah Jumat tentang keutamaan malam Nifsu Sya’ban.

Jamaah Shalat Jumat yang berbahagia;

Alhamdulillah pada saat ini kita sudah berada di setengah perjalanan terakhir menuju penghabisan bulan Sya’ban tahun 1444 Hijriah tahun 2023.

Sebagaimana diketahui bahwa, Sya’ban adalah bulan kedelapan dalam kalender Islam, dan sesudah Sya’ban adalah bulan Ramadhan.

Bila kita perhatikan, bulan Sya’ban adalah bulan yang spesial karena terletak di tengah-tengah bulan yang mulia.

Sebelum Sya’ban adalah bulan Rajab yang termasuk satu di antara bulan haram. Sedangkan setelah Sya’ban adalah bulan suci Ramadhan yang penuh berkah.

Karena berada di tengah-tengah, maka tepatlah kalam Nabi yang bersabda bahwa bulan Sya’ban adalah bulan kelalaian. Padahal di bulan ini amalan-amalan manusia akan diangkat menuju Rabb semesta alam.

Berdasarkan hadis dari Usamah bin Zaid R.A, ia berkata: “Wahai Rasulullah SAW, mengapa aku tidak pernah melihat engkau berpuasa Sunnah dalam satu bulan tertentu yang lebih banyak dari bulan Sya’ban? Beliau SAW menjawab:

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفِلُ النَّاسُ عَنْهُ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الأَعْمَال إِلى رَبِّ العَالمِينَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عملي وَأَنَا صَائِمٌ

Bacaan Latin:

Dzalika syahrun yaghfilun-naasu 'anhu wahuwa syahrun turfa'u fiihil a'maal ila robbil'alaamiina, fa-uhibbu an yurfa'a amalii wa anaa shoo-imun.

Artinya:

Ia adalah bulan di saat manusia banyak yang lalai (dari beramal shalih), antara Rajab dan Ramadhan. Ia adalah bulan di saat amal-amal dibawa naik kepada Allah Rabb semesta alam, maka aku senang apabila amal-amalku diangkat kepada Allah saat aku mengerjakan puasa Sunnah.” (HR. Tirmidzi, An-Nasai dan Ibnu Khuzaimah. Ibnu Khuzaimah menshahihkan hadits ini)

Jamaah Jumat Rahimakumullah;

Pada penghabisan bulan Sya’ban tahun 2023, adalah sangat baik bila kita melaksanakan amalan puasa Sunnah. Ada ragam pilihan puasa Sunnah mulai dari puasa Senin-Kamis, puasa Ayyamul Bidh, puasa Daud, hingga puasa Qada khusus bagi para perempuan yang belum membayar utang puasa bulan lalu.

Sejatinya berpuasa di bulan Sya’ban adalah bentuk persiapan alias latihan secara fisik maupun rohani demi menghadapi bulan suci Ramadhan yang penuh berkah.

Pun demikian dengan amalan-amalan lainnya seperti sedekah, zikir, membaca Al-Qur’an hingga memperbanyak shalat malam. Itu semua adalah serangkaian ibadah dalam rangka menggapai ketaatan dan jalan menuju takwa.

Allah berkalam dalam Al-Qur’an Surah Fatir ayat 10:

مَن كَانَ يُرِيدُ ٱلۡعِزَّةَ فَلِلَّهِ ٱلۡعِزَّةُ جَمِيعًاۚ إِلَيۡهِ يَصۡعَدُ ٱلۡكَلِمُ ٱلطَّيِّبُ وَٱلۡعَمَلُ ٱلصَّٰلِحُ يَرۡفَعُهُۥۚ

Bacaan Latin:

Man kaana yuriidul ‘izzata falillaahil ‘izzatu jami’aa. Ilahi yash’adul kalimut-thoyyibu wal’amalus-sholihu yarfa’uh.

Artinya:

Barangsiapa yang menghendaki kemuliaan, maka bagi Allah-lah kemuliaan itu semuanya. Kepada-Nya-lah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya.

Dalam tafsir Jalalain diterangkan bahwa kemuliaan tersebut hanya bisa diraih dengan meningkatkan ketaatan kepada Allah SWT. Adapun salah satu perkataan yang baik ialah dengan mengucapkan kalimat tahlil “Laa ilaha illallah” beserta amalan-amalan saleh lainnya.

Jamaah shalat Jumat yang dirahmati oleh Allah SWT;

Lebih khusus daripada itu, pada pertengahan bulan Sya’ban, ada pula malam kemuliaan yang dinamakan malam Nisfu Sya’ban.

Nisfu berasal dari Bahasa Arab Asal kata nisfu adalah nashafa, yanshifu, nashfan yang artinya mencapai tengah-tengah. Bila direkatkan dengan kata Sya’ban, maka artinya ialah malam di pertengahan bulan Sya’ban.

Boleh Baca: Teks Ceramah Singkat Bulan Sya'ban Tentang Keutamaan Malam Nifsu Sya'ban

Sedihnya, terkait dengan malam Nifsu Sya’ban ini banyak beredar hadis-hadis palsu terkait dengan keistimewaan dan keutamaannya.

Walau begitu, ada salah satu hadis shahih tentang keutamaan dan keistimewaan malam Nisfu Sya’ban, yaitu yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani dalam kitab fi Al-Kabir nomor 16639, Imam Daruquthni dalam fi Al-Nuzul 68, Imam Ibnu Majah nomor 1380, Imam Ibnu Hibban nomor 5757, Imam Ibnu Abi Syaibah nomor 150, Imam Al-Baihaqi dalam fi Syu’ab al-Iman nomor 6352, dan Imam Al-Bazzar dalam fi Al Musnad 2389.

Berikut lafadz hadisnya:

عَنْ مُعَاذِ بن جَبَلٍ عَن ِالنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ يَطَّلِعُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيْعِ خَلْقِهِ إِلاَّ لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ  

Bacaan Latin:

‘an mu’aazibni jabalin ‘anin-nabiyyi shallallahu alaihi wa sallam qoola; yatli’ullahu ‘azza wa jalla ‘ala kholqihi lailatan-nishfi min sya’baana fayaghfiru lijamii’I kholqihi illaa limusyrikin au musyaahin.

Artinya:

Dari Mua’dz bin Jabal RA, dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah memperhatikan hamba-Nya (dengan penuh rahmat) pada malam Nishfu Sya’ban, kemudian Dia akan mengampuni semua makhluk-Nya kecuali orang musyrik dan musyahin (orang yang hatinya ada kebencian antarsesama umat Islam).”

Jamaah shalat Jumat yang dimuliakan oleh Allah SWT;

Syekh Al-Albani telah menilai hadis tadi sebagai hadis yang shahih. Dari sisi sanad, Imam Baihaqi yang melalui Mu’adz bin Jabal seluruh periwayatnya bersifat adil, tsiqah, dan sanadnya juga muttasil atau bersambung.

Dengan demikian, hikmah yang bisa kita petik dari hadis di atas ialah segera menjauhi segala perilaku syirik dan membersihkan penyakit hati yang bernama kebencian serta kemunafikan.

Marilah kita tata hati kita, tata niat kita, perbaiki ibadah, dan senantiasa terus belajar ilmu-ilmu agama seraya menggapai takwa-Nya Allah SWT.

Semoga Allah senantiasa memberikan kita kesehatan, kesempatan umur, serta keberkahan hingga bulan Ramadhan 1444 Hijriah.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَلَّ اللهُ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِيِمْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

Khutbah Kedua:

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى اِلىَ رِضْوَانِهِ.

اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا.

اَمَّا بَعْدُ. فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى

وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ 

وَقَالَ تَعاَلَى اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اَبِى بَكْرٍوَعُمَروَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْووَاتِ اللهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الددِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ اَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ اِلَى  يَوْمَ الدِّيْنِ.

ا اَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَـقَـبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَا مَنَا وَرُكُوْ عَنَا وَسُجُوْدَنَا وَقُعُوْدَنَا وَتَضَرُّ عَنَا وَتَخَشُّوْ عَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَ نَا يَا اَلله يَا رَبَّ الْعَا لَمِيْنَ.

رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبۡحَٰنَكَ إِنِّي كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

 أللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار 

:عِبَادَاللهِ

اِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرْ 

***

Boleh Baca: Khutbah Jumat Bulan Sya'ban Beserta Keistimewaannya

Download Khutbah Jumat Malam Nisfu Sya'ban PDF

Guru Penyemangat telah menyiapkan file unduhan berupa dokumen PDF tentang Khutbah Jumat Malam Nisfu Sya'ban. Sengaja disiapkan dokumen PDF demi menghindari ayat dan bacaan Arab yang terbolak-balik saat dicetak maupun dibuka.

Teks Khutbah Jumat di atas bisa dimanfaatkan oleh para khotib dan bisa pula dijadikan bahan referensi untuk menguatkan materi ceramah maupun tausiyah.

Silakan klik tombol download untuk mendapatkan dokumen PDF Khutbah Jumat tentang Malam Nisfu Sya'ban yang lengkap dengan dua khutbah.

Khutbah Jumat Malam Nisfu Sya'ban PDF

***

Demikianlah tadi seutas sajian Guru Penyemangat tentang khutbah Jumat Malam Nisfu Sya'ban beserta keutamaannya. Semoga bermanfaat ya.

Salam.

***

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

2 komentar untuk "Khutbah Jumat Tentang Malam Nisfu Sya’ban 1444 Hijriah Singkat Beserta Dokumen PDF"

Comment Author Avatar
Makasih ulasannya, BGP, sukses selalu ya, Aamiin

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

Diperbolehkan mengutip tulisan di blog Guru Penyemangat tidak lebih dari 30% dari keseluruhan isi (1) artikel dengan syarat menyertakan sumber. Mari bersama-sama kita belajar menghargai karya orang lain :-)