Widget HTML #1

Teks Khutbah Jumat Tentang Keutamaan Bulan Sya’ban 1443 Hijriah dan Amalan-amalannya

Teks Khutbah Jumat Bulan Sya'ban
Teks Khutbah Jumat Bulan Sya'ban. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah;

Hai, Sobat Khotib Guru Penyemangat. Bagaimana kabar Sobat hari ini?

Semoga di bulan Sya'ban ini kita senantiasa sehat, semangat, dan menyempatkan diri untuk bersyukur atas nikmat Allah ya.

Bulan kedelapan dalam kalender Islam sudah tiba, yang berarti bahwa kita hanya perlu menghitung hari untuk segera tiba di bulan Suci Ramadan.

Sebelum tiba di bulan Ramadan, sangat rugi kiranya kita jika tidak memanfaatkan bulan Sya'ban dengan sebaik-baiknya.

Terang saja, ada segenap keutamaan di bulan Sya'ban sebagaimana yang diterangkan oleh Rasulullah SAW dalam beberapa hadis shahih.

Nah, dalam kesempatan kali ini Gurupenyemangat.com telah menyiapkan contoh teks khutbah Jumat dengan tema bulan Sya'ban 1443 Hijriah tahun 2022.

Contoh teks khutbah Jumat berikut berisikan tentang keutamaan dan amalan-amalan bulan Sya'ban dengan dua khutbah sekaligus doanya.

Mari dicermati terlebih dahulu ya:

Teks Khutbah Jumat: Keutamaan Bulan Sya'ban dan Amalan-amalannya

Teks Khutbah Jumat Keutamaan Bulan Sya'ban dan Amalan-amalannya
Teks Khutbah Jumat Keutamaan Bulan Sya'ban dan Amalan-amalannya. Dok. Gurupenyemangat.com

Khutbah Pertama:

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ 

يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَاهَادِيَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَههُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ  وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْن

اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ وَمَنْ تَبِعَهُ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ القِيَامَة.

أَمَّا بَعْدُ: أُوْصِيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ المُتَّقُوْنَ.

قَالَ الله تَعَالَى: اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ الله الرَّحْمنِ الرَّحِيْم:

يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.  

فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ : يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيداً. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَن يُطِعْ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزاً عَظِيماً

Hadirin Sidang Jum’at yang Dimuliakan oleh Allah

Marilah senantiasa kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat iman, nikmat islam, nikmat, sehat, serta nikmat sempat sehingga kita semua diberi kesempatan dan kelapangan hati untuk menunaikan kewajiban Shalat Jumat di momentum bulan Sya’ban 1443 Hijriah tahun 2022.

Shalawat berbingkai salam tidak lupa kita hadiahkan kepada Nabi Semesta Alam, Nabi SAW dengan mukjizat terbesar Al-Quran, Khatamul Anbiya Muhammad SAW.

Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Akhir Nanti. Aamiin Ya Robbal A’lamiin.

Pada sayyadul ayyam yang berbahagia ini, khotib mengajak diri sendiri dan jamaah sekalian untuk bersama-sama meningkatkan keimanan ketaqwaan kepada Allah SWT, Tuhan Semesta Alam. Allah yang Maha Kasih Lagi Maha Sayang.

Takwa begitu penting karena hanya dengan taqwa yang istiqomahlah kita dapat selamat menjalani kehidupan dunia dan akhirat.

Pada kesempatan ini khotib akan menyampaikan Khutbah yang berjudul: "Keutamaan Bulan Sya’ban dan Amalan-amalannya”.

Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah;

Alhamdulillah, pada suasana yang sejuk nan hangat ini kita telah dipertemukan oleh Allah dengan bulan Sya’ban, bulan kedelapan pada tahun 1443 Hijriah atau 2022 Masehi.

Kata Sya'ban berasal dari Bahasa Arab yaitu dari kata Syi'ab, yang artinya jalan di atas gunung. Dalam Islam, bulan Sya'ban sebagai waktu untuk menemukan banyak jalan dalam rangka mencapai kebaikan. 

Di sisi yang sama ada pula yang menamakan Sya'ban karena orang-orang Arab pada bulan tersebut yatasya'abun (berpencar) untuk mencari sumber air.

Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah;

Sebagai bulan kedelapan dalam kalender Islam, Sya’ban mengajak kita untuk bersiap-siap menghadapi bulan mulia Ramadan.

Dengan datangnya bulan Sya’ban, maka kita hanya tinggal menghitung hari untuk segera tiba di bulan suci Ramadan 1443 Hijriah tahun 2022.

Ada beberapa hadis yang menerangkan tentang keutamaan di bulan ini, dan ada pula hadis yang menjadikan bulan Sya’ban sebagai pengingat karena orang-orang sering kali lalai dalam persiapan.

Bagaimana tidak, kemarin tepatnya di bulan Rajab, orang-orang barangkali berpikir bahwa bulan Ramadan masih cukup lama. Terlebih daripada itu, ada pula momentum 27 Rajab yang bertepatan dengan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Jamaah Shalat Jumat yang berbahagia;

Ada beberapa keutamaan bulan Sya’ban yang bisa kita raih berdasarkan dalil hadis.

Pertama, Bulan Sya’ban adalah Bulan yang Dicintai Rasulullah dan Beliau Banyak Berpuasa di Bulan Tersebut

Ada beberapa dalil hadis shahih tentang keutamaan berpuasa Sunnah di bulan Sya’ban:

Hadis Pertama: Rasulullah SAW Lebih Banyak Berpuasa Sunnah di Bulan Sya’ban

عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّهَا قَالَتْ: وَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ قَطُّ إِلَّا رَمَضَانَ وَمَا رَأَيْتُهُ فِي شَهْرٍ أَكْثَرَ مِنْهُ صِيَامًا فِي شَعْبَانَ

Dari Aisyah R.A berkata: “Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW melakukan puasa satu bulan penuh kecuali puasa bulan Ramadan dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa Sunnah melebihi (puasa Sunnah) di bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156)

Hadis Kedua: Bulan Sya’ban Adalah Bulan yang Dicintai Rasul

Dalam riwayat lain Aisyah berkata:

كَانَ أَحَبُّ الشُّهُورِ إِلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَصُومَهُ شَعْبَانَ، ثُمَّ يَصِلُهُ بِرَمَضَانَ

“Bulan yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW untuk berpuasa Sunnah adalah bulan Sya’ban, kemudian beliau menyambungnya dengan puasa Ramadan.” (HR. Abu Daud no. 2431 dan Ibnu Majah no. 1649)

Hadis Ketiga: Rasulullah SAW Lebih Banyak Berpuasa Sunnah di Bulan Sya’ban

عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ : مَا رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ شَهْرَيْنِ مُتَتَابِعَيْنِ إِلَّا شَعْبَانَ وَرَمَضَانَ

Dari Ummu Salamah R.A berkata: “Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW berpuasa dua bulan berturut-turut kecuali bulan Sya’ban dan Ramadan.” (HR. Tirmizi no. 726, An-Nasai 4/150, Ibnu Majah no.1648, dan Ahmad 6/293)

Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah;

Adapun keutamaan yang kedua dari bulan Sya’ban ialah; Bulan Sya’ban adalah Bulan Kelalaian Sekaligus Bulan Diangkatnya Amal.

Hal ini didasarkan pada hadis dari Usamah bin Zaid R.A, ia berkata: “Wahai Rasulullah SAW, kenapa aku tidak pernah melihat engkau berpuasa Sunnah dalam satu bulan tertentu yang lebih banyak dari bulan Sya’ban? Beliau SAW menjawab:

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفِلُ النَّاسُ عَنْهُ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الأَعْمَال إِلى رَبِّ العَالمِينَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عملي وَأَنَا صَائِمٌ

“Ia adalah bulan di saat manusia banyak yang lalai (dari beramal shalih), antara Rajab dan Ramadhan. Ia adalah bulan di saat amal-amal dibawa naik kepada Allah Rabb semesta alam, maka aku senang apabila amal-amalku diangkat kepada Allah saat aku mengerjakan puasa Sunnah.” (HR. Tirmidzi, An-Nasai dan Ibnu Khuzaimah. Ibnu Khuzaimah menshahihkan hadits ini)

Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah;

Ada banyak pilihan puasa Sunnah yang bisa kita laksanakan pada bulan Sya’ban. Sebut saja seperti puasa Senin-Kamis, puasa Ayyamul Bidh, puasa Nabi Daud, hingga puasa Qodo’ untuk perempuan yang masih punya utang puasa di bulan Ramadan tahun lalu.

Sebagai seorang muslim yang cerdas, kita secara tidak langsung bisa memahami bahwa puasa Sunnah Senin-Kamis misalnya; pahalanya insyaAllah bisa lebih besar daripada bulan-bulan lain karena keutamaan dari bulan Sya’ban itu sendiri.

Lebih khusus daripada itu, berpuasa Sunnah di bulan Sya’ban 1443 Hijriah adalah wujud dari latihan kita baik secara fisik maupun rohani dalam menghadapi bulan suci Ramadan.

Dengan terbiasa berpuasa, maka tubuh ini tidak akan kaget bilamana nanti kita menjalankan kewajiban berpuasa 30-31 hari penuh.

Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah:

Adapun keutamaan lainnya di bulan Sya’ban berdasarkah hadis Tirmidzi, An-Nasa’I dan Ibnu Khuzaimah ialah memperbanyak amal kebaikan.

Hal ini juga diperkuat dengan ungkapan Abu Bakar Al-Balkhi yang berkata: “Bulan Rajab adalah bulan menanam. Bulan Sya’ban adalah bulan menyirami tanaman. Dan bulan Ramadan adalah bulan memanen hasil tanaman.”

Sebagai tambahan, beliau juga berkata: “Bulan Rajab itu bagaikan angin. Bulan Sya’ban itu bagaikan awan. Dan bulan Ramadan itu bagaikan hujan.”

Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah;

Marilah kita manfaatkan bulan Sya’ban tahun ini dengan senantiasa meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT seraya meninggalkan perbuatan yang sia-sia.

Marilah pula kita perbaiki hubungan kita kepada Allah, kepada orang tua dan keluarga, serta kepada sesama manusia. Mudah-mudahkan Allah memberkahi hari-hari kita dan Allah sampaikan kita kepada bulan suci Ramadan.


بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَلَّ اللهُ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِيِمْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

Khutbah Kedua:

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى اِلىَ رِضْوَانِهِ.

اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا.

اَمَّا بَعْدُ. فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى

وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ 

وَقَالَ تَعاَلَى اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اَبِى بَكْرٍوَعُمَروَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاوَاتِ اللهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ اَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ اِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ.

ا اَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَـقَـبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَا مَنَا وَرُكُوْ عَنَا وَسُجُوْدَنَا وَقُعُوْدَنَا وَتَضَرُّ عَنَا وَتَخَشُّوْ عَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَ نَا يَا اَلله يَا رَبَّ الْعَا لَمِيْنَ.

رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبۡحَٰنَكَ إِنِّي كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

 أللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار

عِبَادَاللهِ:

اِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرْ 

***

Boleh Baca: Khutbah Jumat Pentingnya Ibadah Shalat bagi Diri dan Umat

Download Teks Khutbah Jumat Bulan Sya'ban PDF

Itulah tadi contoh teks khutbah Jumat singkat yang bertemakan keutamaan bulan Sya'ban. Jika Sobat Guru Penyemangat ingin memanfaatkan materi di atas sebagai bahan tambahan khutbah, Guru Penyemangat sudah menyiapkan dokumen PDF-nya.

Dokumen PDF khutbah Jumat tentang keutamaan bulan Sya'ban berikut bisa diunduh secara gratis, dilengkapi dengan khutbah pertama dan khutbah kedua, serta tulisan Arab yang insyaAllah tidak terbolak-balik.

Silakan klik tombol download untuk mendapatkan dokumen PDF-nya.

Khutbah Jumat Bulan Sya'ban PDF

***

Demikianlah tadi seutas sajian Guru Penyemangat tentang teks khutbah Jumat bulan Sya'ban yang berisikan keutamaan dan amalan-amalan yang bisa kita kerjakan sesuai dengan dalil.

Semoga bermanfaat ya.
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Teks Khutbah Jumat Tentang Keutamaan Bulan Sya’ban 1443 Hijriah dan Amalan-amalannya"