Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Pidato Isra Mi’raj 1443 Hijriah Tahun 2022 Singkat, Cocok untuk Anak Sekolah

Contoh Teks Pidato Isra Miraj Singkat
Contoh Teks Pidato Isra Miraj Singkat. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah!

Hai, Sobat Guru Penyemangat. Alhamdulillah, ya, momentum Isra’ Mi’raj kembali tiba!

Bersyukur kita atas segala nikmat sehat dan sempat sehingga diizinkan oleh Allah SWT untuk bertamu ke momen peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah tahun 2022.

Sesuai dengan petunjuk ulama, peristiwa Isra’ Mi’raj dilakukan Rasul pada tanggal 27 Rajab 621 Masehi.

Bila kita kurangi angka 2022-621, maka didapatlah hasil bahwa peristiwa Isra’ Mi’raj terjadi 1.401 tahun yang lalu.

Meski sudah 1,4 abad berlalu, tapi inilah kuasa Allah. Islam tetap terjaga hari ini, pun demikian dengan kemuliaan Al-Quran.

Untuk menimba kembali semangat dari peristiwa Isra’ wal Mi’raj, melaksanakan kegiatan Islam seperti tausiyah, ceramah, pidato, tabligh akbar, maulid diba’, hingga perlombaan PHBI adalah agenda positif yang bisa diikuti.

Nah, demi menyukseskan kegiatan tersebut, Guru Penyemangat sudah menyiapkan contoh pidato bertema Isra’ Mi’raj.

Contoh teks pidato peringatan Isra’ Mi’raj berikut ditulis singkat, dilengkapi pantun dan untuk disampaikan oleh anak sekolah.

Mari disimak terlebih dahulu ya:

Naskah Pidato Isra’ Mi’raj Pendek: Pantang Menyerah Menyempurnakan Ibadah Shalat Sejak Muda

Naskah Pidato Isra’ Mi’raj Pendek
Naskah Pidato Isra’ Mi’raj Pendek. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillahirrohmaanirohiim;

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh;

Alhamdulillah, assalatu wassalamu ala asyrofil anbiya iwal mursalin, wa ala alihi wasohbihi ajma’in.

Asyhadu alla ilaha ilallah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuluhu. Allahumma sholli wa sallim wa barik ala muhammad, wa ala ali sayyidina muhammad.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala SD/SMP/SMA Negeri/Swasta…
Yang terhormat, Bapak/Ibu dewan guru beserta staf tata usaha dan segenap karyawan SD/SMP/SMA Negeri/Swasta…
Yang terhormat, Bapak/Ibu tamu undangan
Serta teman-teman yang saya banggakan

Pertama, marilah kita bersyukur atas kehadirat Allah SWT, Tuhan yang Maha Agung, Maha Kasih lagi Maha Sayang atas segala nikmat sehingga kita semua bisa berkumpul di ruangan ini dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, 27 Rajab 1443 Hijriah tahun 2022.

Shalawat dan salam tidak lupa kita hadiahkan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Nabi Akhir Zaman dengan mukjizat Al-Quran. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang dirahmati oleh Allah SWT;

Alhamdulillah, pada hari yang sejuk ini kita semua bisa berkumpul untuk memetik momentum dan menyelami kembali peristiwa luar biasa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW.

Peristiwa Isra’ dan Mi’raj yang terjadi pada tanggal 27 Rajab 621 Masehi tersebut sungguh penuh dengan hikmah, dan hikmahnya masih sesuai dengan hari ini.

Salah satu hikmah utama yang bisa kita petik ialah tentang pentingnya shalat. Allah meminta Rasul naik ke Sidratul Muntaha demi menjemput perintah shalat.

Dari sana kita secara tidak langsung bisa memahami bahwa ternyata ibadah shalat itu sangat penting dan boleh dikatakan sebagai ibadah yang spesial.

Menimbang hal yang spesial tersebut, apakah teman-teman yang berada di ruangan ini sudah sempurna melaksanakan shalat? Sudah khusyuk dalam shalat? Atau malah belum?

Sebagaimana kata pepatah, bahwa belajar di masa kecil itu laksana mengukir di atas batu, sedangkan belajar di masa tua itu ibarat mengukir di atas air.

Sebagai seorang pelajar sekaligus generasi muda islam, sudah semestinya kita bersemangat untuk menyempurnakan shalat.

Mulai dari bagaimana cara wudhu yang benar, niat yang ikhlas, tata cara, gerakan, hingga bacaan shalat perlu kita kerjakan dengan baik dan dengan hati yang rela.

Teman-teman yang berbahagia;

Pada ujung bulan Rajab tahun 1443 Hijriah ini, kita sama-sama menyadari bahwa tantangan belajar dan tantangan hidup semakin berat.

Padahal sebentar lagi kita mau memasuki bulan Ramadan, tapi ternyata ujian berupa pandemi Covid-19 masih merajalela.

Walau begitu, kita harus tetap semangat dan pantang menyerah dalam menghadapi tantangan tersebut.

Jangan kita jadikan alasan pandemi untuk berhenti belajar dan enggan untuk memetik hikmah serta kebaikan yang tersingkap di sebalik peristiwa Isra’ Mi’raj.

Jika suatu hari nanti beberapa di antara kita merasa kesusahan, maka jangan sungkan untuk bertanya kepada teman yang lebih paham, bertanya kepada guru, serta bertanya kepada orang tua.

Sebagaimana kalam Allah yang tertuang dalam Al-Quran Surah Al-Insyirah ayat 5-6 yang artinya; Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

Dua kali Allah menyebutkan kemudahan, yang berarti menjadi penegas bahwa pertolongan Allah itu pasti adanya, dan pasti akan datang.

Teman-teman yang berbahagia;

Marilah kita jadikan peringatan Isra’ wal Mi’raj 1443 Hijriah tahun 2022 ini sebagai momentum untuk memperbaiki ibadah dan juga akhlak.

Mudah-mudahan dengan semakin bertambah hari, kita menjadi pribadi yang lebih baik, lebih taat, dan lebih dekat menuju takwa.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan. Semoga ada benih-benih kebaikan yang bisa dipetik. Saya akhiri, banyak maaf;

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Teks Ceramah Tema Isra' Mi'raj Tentang Shalat PDF [Download]

Contoh Teks Pidato Isra Miraj Untuk Anak Beserta Pantun: Memupuk Semangat Isra’ Mi’raj di Masa Pandemi bagi Generasi Muda

Contoh Teks Pidato Isra Miraj Untuk Anak Beserta Pantun
Contoh Teks Pidato Isra Miraj Untuk Anak Beserta Pantun. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah;

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh;

Alhamdulillah, alhamdulillahilladzi bi nikmatil iman wal islam. Asyhadu alla ilaha ilallah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuluh. Allahumma sholi ala muhammad wa ala ali muhammad, la nabiya ba’da.

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Kepala SD/SMP/SMA…
Yang saya hormati, Bapak Ibu Dewan Guru beserta tamu undangan
Serta teman-teman seperjuangan yang berbahagia;

Mengawali kegiatan ini, mari kita bersyukur atas kehadirat Allah SWT atas segala nikmat, rezeki, serta segenap kebaikan yang menghampiri sehingga kita bisa berkumpul di ruangan/lapangan ini dalam rangka melaksanakan peringatan Isra’ Mi’raj 1443 Hijriah tahun 2022.

Shalawat berbingkai salam tidak lupa kita kirimkan kepada junjungan semesta alam, Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan menjadi salah satu dari umat yang mendapat pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak, Ibu, para tamu undangan, serta teman-teman yang berbahagia;

Pada kesempatan yang mulia ini, izinkan saya menyampaikan pidato singkat tentang pentingnya  memupuk semangat Isra’ Mi’raj di masa pandemi terutama bagi generasi muda.

Sebagaimana yang kita ketahui, Isra’ wal Mi’raj adalah peristiwa luar biasa yang terjadi pada tahun kesepuluh kenabian Rasulullah SAW.

Perjalanan satu malam dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa tersebut bisa dikatakan sebagai mukjizat karena pada tahun 621 Masehi waktu itu kendaraan tercepat hanyalah unta.

Bila kita cermati, jarak dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa tidak kurang dari 1.239 KM atau sama dengan sebulan perjalanan dengan menunggang unta.

Belum selesai sampai di sana, Rasulullah SAW pun melanjutkan perjalanan menuju langit ke tujuh dalam waktu yang sangat singkat hingga sampai ke Sidratul Muntaha.

Sungguh peristiwa yang luar biasa, yang hanya bisa kita pahami dengan iman kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya iman.

Teman-teman yang saya banggakan;

Dari rangkaian peristiwa Isra’ Mi’raj tersebut, sebagai generasi muda tentu kita perlu memetik hikmah dan meneladan semangat perjuangan Nabi terutama dalam menghadapi era wabah yang belum kunjung selesai hingga hari ini.

Setidaknya ada tiga semangat yang perlu kita petik;

Pertama, semangat memperbaiki kualitas ibadah

Teman-teman yang dirahmati oleh Allah SWT;

Perintah shalat yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk disampaikan kepada kita sebagai umatnya adalah perintah yang spesial dan paling utama.

Perjuangan Rasul melewati 7 lapis langit demi menjemput perintah tersebut adalah bukti nyata atas pentingnya shalat.

Maka dari itulah, dirasa penting bagi kita untuk meningkatkan semangat demi memperbaiki kualitas ibadah, terutama di saat pandemi seperti saat sekarang ini.

Boleh Baca: Renungan Peristiwa Isra' Mi'raj Menyentuh Hati

Kedua, semangat menggapai akhlak mulia

Teman-teman yang berbahagia;

Semangat Isra’ Mi’raj kedua yang perlu kita petik ialah berjuang untuk menggapai akhlak mulia.

Allah berfirman dalam Al-Quran Surah Al-Ankabut ayat 45; “inna sholaa tatanha ‘anil fahsya-iwal munkar” yang artinya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.

Maksudnya, kalau shalat benar, maka akhlak mulia pun bisa digapai.

Ketiga, semangat menyampaikan kebenaran walau pahit

Adapun semangat peristiwa Isra’ Mi’raj yang juga tidak boleh ketinggalan untuk kita gaungkan ialah menyampaikan kebenaran walau pahit.

Rasulullah SAW pada saat selesai melakukan Isra’ Mi’raj tidak segan menyampaikan peristiwa luar biasa itu kepada umatnya. Pada akhirnya, ada orang-orang yang mencela beliau karena dianggap menyampaikan kisah dusta, tapi ada pula yang semakin bertambah keimanannya.

Di era pandemi seperti tahun 1443 Hijriah ini, rasanya kisah tersebut masih sama, bahwa kebenaran dan kebaikan akan menjadi asing bila tidak disampaikan.

Maka dari itulah, sudah menjadi kewajiban kita untuk menyampaikan kebenaran walaupun hal tersebut pahit bagi orang lain.

Bapak, Ibu, dan teman-teman yang berbahagia;

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga kegiatan Isra’ Mi’raj yang kita laksanakan pada saat ini bisa menjadi pelecut semangat beribadah dan perbaikan menuju akhlak mulia.

Izinkan saya mengakhirinya dengan pantun:

Mengapa kambing berbulu domba
Padahal sama-sama hewan mamalia
Momentum Isra’ Mi’raj telah tiba
Mari perbaiki shalat dan gapai akhlak mulia

Banyak maaf, wassalamu’alaykum warahmatullah wabarakatuh

Boleh Baca: Kumpulan Pantun Tentang Isra' Mi'raj Menyentuh Hati dan Bikin Semangat Beribadah

Download Teks Pidato Tentang Isra’ Mi’raj PDF

Nah, itulah tadi sajian Guru Penyemangat mengenai contoh pidato Isra’ Mi’raj yang singkat dan menarik serta bisa dimanfaatkan oleh anak sekolah.

Teks pidato di atas bisa Sobat gunakan untuk mengikuti lomba pidato, atau bisa pula disampaikan pada kegiatan peringatan Isra’ Mi’raj 1443 Hijriah tahun 2022 di sekolah baik secara luring maupun daring.

Sobat bisa menambah atau mengurangi teks pidato sesuai dengan kebutuhan dan kebutuhan dalam acara Isra’ Mi’raj.

Adapun untuk dokumen PDF-nya, Sobat Guru Penyemangat bisa mengunduh file pidato Isra’ Mi’raj secara gratis dengan menekan tombol download berikut:

Download Pidato Isra’ Mi’raj 1 PDF

Download Pidato Isra’ Mi’raj 2 PDF

***

Demikianlah tadi segenap sajian Guru Penyemangat tentang contoh teks pidato bertema Isra’ Mi’raj 1443 Hijriah tahun 2022.

Mudah-mudahan bermanfaat ya.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Isra Mi’raj 1443 Hijriah Tahun 2022 Singkat, Cocok untuk Anak Sekolah"

Promo Cashback & Voucher Shopee