Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang edukasi, materi belajar, dunia keislaman, soal ujian, motivasi, investasi emas, kesehatan dan fiksi. Klik di sini.
Gulir ke bawah untuk membaca artikel.

Teks Ceramah Tentang Isra’ Mi’raj Singkat dan Lucu Lengkap dengan Pantun [Download]

Teks Ceramah Tentang Isra’ Mi’raj Singkat dan Lucu Lengkap dengan Pantun
Teks Ceramah Tentang Isra’ Mi’raj Singkat dan Lucu Lengkap dengan Pantun. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah!

Hai, Sobat Guru Penyemangat. Sesaat lagi kita akan bersinggah di momentum Hari Peringatan Islam Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad 1443 Hijriah tahun 2022.

Di masa-masa yang sulit ini, penting rasanya bagi kita untuk menjadikan peringatan Isra’ wal Miraj sebagai momentum untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Berbicara tentang peringatan, biasanya ada kegiatan-kegiatan positif yang digelar oleh sekolah, instansi maupun komunitas dalam menyambut Isra’ Mi’raj 1443 Hijriah, kan?

Barangkali ada pengajian, tausiyah Islam, lomba-lomba untuk para santri, hingga sederet kegiatan bertajuk keislaman lainnya.

Nah, untuk mendukung hal tersebut, di sini Gurupenyemangat.com telah menyiapkan contoh teks ceramah tentang Isra’ Mi’raj.

Contoh teks ceramah singkat dan lucu tentang Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW berikut dilengkapi dengan pantun dan file PDF.

Mari disimak terlebih dahulu ya:

Teks Ceramah Isra’ Mi’raj 2022: Hikmah Peristiwa Isra’ Mi’raj bagi Umat Muslim di Masa Pandemi

Teks Ceramah Hikmah Peristiwa Isra Miraj
Teks Ceramah Hikmah Peristiwa Isra Miraj. Dok. Gurupenyemangat.com

Berikut Guru Penyemangat sajikan contoh naskah ceramah tentang Isra Miraj 1443 Hijriah tahun 2022 yang dilengkapi dengan pantun pembuka dan penutup.

Bismillah;

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh…

Aduh, aduh, aduh…

Apalah artinya daun salam
Kalau tidak dipakai bikin rendang
Apalah artinya jawab salam
Kalau kurang ikhlas dan tidak lantang

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh…

Alhamdulillah, akhirnya keluar juga suara lantang jamaah sekalian dalam menjawab rendang. Memang, ya. Kadang-kadang sebagian dari kita harus dipancing dengan rendang dulu agar semangat.

Alhamdulillah, alhamdulillahilladzi arsala rasulahu bil huda wa diinil haq. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuluh. Allahumma shalli ala sayyidina muhammad, wa ala alihi wasohbihi rasulillahi aj’main.

Jamaah kaum muslimin wal muslimat yang insyaAllah dimuliakan oleh Allah Azza wa Jalla;

Pertama untuk memulai kisah, marilah kita bersyukur atas segala nikmat iman, nikmat islam, nikmat sehat, hingga nikmat sempat yang senantiasa Allah berikan kepada kita.

Sungguh nikmat Allah itu sangatlah banyak hingga kita sebagai hamba yang lemah tidak mampu menghitungnya.

Namun kita beruntung karena masih bisa makan rendang, kita masih beruntung karena masih bisa mengunyah kerupuk, dan kita juga masih beruntung karena masih bisa bertatap muka demi memeriahkan peringatan Isra’ wal Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah tahun 2022 ini.

Shalawat berbingkaikan salam mari kita hadiahkan kepada Nabiyullah, Nabi Akhir Zaman, al-Mustofa Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti. Aamiin Ya Rabbal ‘Aalamiin.

Hadirin yang berbahagia;

Pada kesempatan yang mulia ini, izinkan saya menyampaikan ceramah singkat yang berjudul “Hikmah Isra’ Mi’raj di Tengah Pandemi”.

Allah berkalam dalam Surah Al-Isra’ ayat 1:

Bismillahirrohmaanirrohiim

سُبۡحَٰنَ ٱلَّذِيٓ أَسۡرَىٰ بِعَبۡدِهِۦ لَيۡلٗا مِّنَ ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡحَرَامِ إِلَى ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡأَقۡصَا ٱلَّذِي بَٰرَكۡنَا حَوۡلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنۡ ءَايَٰتِنَآۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلۡبَصِيرُ .[الإسراء:1]

Bacaan Latin:

Subhanalladziiiii asroo bi’abdihii lailam-minal masjidil haraam ilal masjidil aqsholladzii baaroknaa haulahuu, linuriyahuu, min aa-yaatinaa, innahuu huwas-samii’ul bashiir.

Artinya:

Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Pada bulan-bulan sebelum hijrah ke Madinah (Yatsrib), Rasulullah Muhammad SAW mengalami peristiwa dahsyat nan luar biasa yang tak mampu dicerna oleh akal manusia.

Tidak hanya bagi anak SD, bahkan orang tua dengan IQ jenius pun masih tidak mampu mencerna perjalanan satu malam Nabi yang penuh dengan mukjizat itu.

Beliau diperjalankan (isra’) oleh Allah SWT dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjdil Aqsa Baitul Maqdis di Jerusalem.

Hadirin sekalian, kira-kira berapa jarak dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa? Apakah 5 langkah? Atau hanya dari rumah kita ke Warung Buk Siti?

Kalau kita tanya dengan Mbah Google, ternyata jarak dari Masjidil Haram menuju Baitul Maqdis ialah 1.500 KM.

Iya sih. Bisa ditempuh dengan pesawat jet selama satu malam saja. Tapi dulu sebelum hijrah, kendaraan yang ada cumalah unta, kan? Nyatanya, unta butuh waktu 40 hari untuk melakukan perjalanan sejauh 1.500 KM. MasyaAllah.

Belum selesai sampai di sana, Rasul SAW  kemudian naik (mi’raj) ke Sidratul Muntaha (akhir penggapaian), bahkan melampauinya, serta kembali lagi ke Makkah dalam waktu yang amat singkat.

Jamaah yang dirahmati oleh Allah;

Kalau kita berkaca dari segi iman, maka peristiwa luar biasa yang dilakukan Nabi merupakan bukti bahwa 'ilm (ilmu) dan qudrat (kekuasaan) Allah sangat luas dan tidak terbatas oleh ruang waktu.

Ruang dan waktu adalah hitung-hitungan manusia, hitung-hitungan guru matematika dan guru fisika.

Hayoo, yang kemarin ulangan hariannya remedial sudah diperbaiki belum? Hiya-hiya, sekarang mah enak. Mentang-mentang pandemi, semua jadi serba online. Eh, semoga shalatnya tetap offline ya. Awas kalo ketahuan online!

Nah, memetik momentum Isra’ Mi’raj di tengah pandemi dan era digital tahun 2022 ini, setidaknya ada sederet hikmah yang bisa kita petik dan renungkan.

Boleh Baca: Proposal, Tema, dan Ide Kegiatan Isra' Mi'raj 1443 Hijriah

Apa saja hikmah Isra’ Mi’raj yang jamaah sekalian ketahui? 

1. Isra’ Mi’raj adalah Cara Allah Menjawab Kesedihan Nabi SAW

Hadirin Rahimakumullah;

Pada tahun kesepuluh kenabian, Rasulullah ditimpa kesedihan dan kedukaan yang amat mendalam.

Dalam perjuangan dakwah di Mekkah yang penuh dengan tantangan tersebut, Rasul kehilangan istrinya, Khadijah RA, lalu disusul oleh paman beliau, Abu Thalib.

Karena Paman Abu Thalib adalah tokoh yang masyhur dan disegani oleh kaum Quraisy wafat, orang-orang kafir semakin masif dalam melakukan intimidasi hingga tahun kesedihan tersebut dijuluki sebagai amul huzn yang artinya tahun duka cita.

Namun, Allah SWT Maha Kasih, Allah SWT Maha Sayang, dan Allah SWT selalu punya cerita yang indah untuk diperankan oleh hamba-Nya.

Demi menjawab kesedihan Rasul SAW, terjadilah peristiwa Isra’ Mi’raj yang merupakan tasliyah (hiburan) bagi Rasul di mana beliau dipanggil menghadap Allah SWT untuk menjemput perintah Shalat.

Hadirin yang berbahagia, lalu, apa hubungannya dengan pandemi yang masih marak terjadi jelang Ramadan tahun 2022 ini?

Pelajaran alias hikmah yang bisa kita cermati ialah jangan terlampau berduka, jangan terlalu sedih, dan jangan pula mengeluh atas ujian yang Allah berikan di akhir zaman ini.

2. Shalat adalah Ibadah yang Spesial dan Utama

Apa bedanya perintah puasa, zakat, hingga sedekah bila kita bandingkan dengan shalat?

Hadirin yang dirahmati Allah SWT; dari peristiwa Isra’ Mi’raj kita bisa memetik makna bahwa shalat adalah ibadah yang spesial sekaligus ibadah yang utama.

Buktinya? Rasul SAW sampai dipanggil Allah menuju Sidratul Muntaha untuk menjemput perintah shalat.

Beda dengan zakat atau pun puasa yang perintahnya turun berupa wahyu yang disampaikan oleh malaikat Jibril.

Nah, memetik momentum Isra’ Mi’raj di masa pandemi bulan Rajab 1443 Hijriah ini, mari kita kembali mengingat kualitas shalat kita. Sudah khusyuk atau belum, sudah sempurna gerakan dan bacaannya atau belum, serta sudah ikhlas menjalankannya atau belum.

Allah berfirman dalam QS Huud ayat 114:

وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ طَرَفَيِ ٱلنَّهَارِ وَزُلَفٗا مِّنَ ٱلَّيۡلِۚ إِنَّ ٱلۡحَسَنَٰتِ يُذۡهِبۡنَ ٱلسَّئَِّاتِۚ ذَٰلِكَ ذِكۡرَىٰ لِلذَّٰكِرِينَ  [هود:114]

Bacaan Latin:

Wa aqimis-sholaata torofayin-nahaari wa julafam-minal-laiil, innal hasanaati yudzhibnas-sayyi’aati, dzaalika dzikraa lidzzaakiriin.

Artinya:

Dan dirikanlah shalat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.

Boleh Baca: Khutbah Jumat Tentang Isra' wal Mi'raj

3. Setiap Perbuatan Baik atau Buruk Pasti Ada Balasannya

Hadirin Rahimakumullah;

Pada masa-masa sulit di era pandemi ini kita seringkali dibikin sedih oleh pemberitaan di berbagai media. Dulu di awal-awal pandemi ada orang yang memendam masker, baru-baru ini ketika harga minyak naik, ada pula orang menimbun minyak goreng.

Padahal kita sedang sudah, eh, malah ada orang memanfaatkan kesusahan tersebut.

Bercermin dari peristiwa Isra’ Mi’raj, dalam hadis shahih riwayat Abu Daud, Rasulullah dalam Mi’raj-nya sempat melewati melewati suatu kaum yang mempunyai kuku-kuku dari tembaga. Mereka mencakari wajah-wajah dan dada-dada mereka.

Setelah Rasul bertanya kepada Jibril, itu adalah perumpamaan balasan bagi orang-orang yang semasa hidup di dunia suka berghibah dan menumpuk-numpuk harta.

Nauzubillahi min dzalik! Semoga kita semua dijauhkan dari siksa api neraka ya.

Hadirin kaum muslimin wal muslimat Rahimakumullah;

Selain daripada 3 hikmah tadi, sesungguhnya ada banyak hikmah lain yang bisa kita petik dari peristiwa Isra’ Mi’raj.

Tapi yang terpenting ialah; bagaimana sikap dan ikhtiar kita yang tanpa putus untuk menggapai takwa serta menjadikan peristiwa Isra’ Mi’raj sebagai momentum untuk lebih semangat ikhlas dalam beribadah.

Jamaah yang dirahmati oleh Allah;

Demikianlah ceramah singkat yang bisa saya sampaikan. Saya akhiri dengan pantun:

Mak Siti pergi ke pasar beli ikan
Karena sudah bosan memasak rendang
Mari kita persiapkan amal kebaikan
Karena kita tak tahu kapan ajal datang

Akhirul kalam;

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

***

Download Ceramah Tentang Isra’ Mi’raj PDF

Nah, bagaimana dengan contoh teks ceramah tentang hikmah Isra’ Miraj singkat di atas, cukup menarik, kan?

Jikalau naskah ceramah di atas cocok untuk kebutuhan Sobat Guru Penyemangat, Sobat bisa mengunduh file dokumen PDF-nya pada link download berikut.

Ceramah Isra' Miraj PDF

Guru Penyemangat sudah menyediakan dokumen PDF teks ceramah Isra’ Mi’raj yang singkat dan lucu lengkap dengan pantun, ditambah dengan bacaan latin setiap ayat atau dalil pelengkapnya.

Silakan klik tombol download berikut:

Rangkaian Isra Miraj PDF

Sebagai tambahan materi, Sobat Guru Penyemangat juga bisa mengunduh dokumen PDF tentang urutan peristiwa Isra’ Mi’raj berdasarkan hadis shahih dengan menekan tombol download berikut.

***

Demikianlah sajian Guru Penyemangat mengenai contoh teks ceramah singkat dan lucu tentang Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah tahun 2022 yang dilengkapi dengan pantun Isra' Mi'raj.

Semoga bermanfaat

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Teks Ceramah Tentang Isra’ Mi’raj Singkat dan Lucu Lengkap dengan Pantun [Download]"