Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Semangat Belajar dan Kerja Keras untuk Menggapai Prestasi Singkat

Pidato Semangat Belajar dan Kerja Keras
Pidato Semangat Belajar dan Kerja Keras. Gambar oleh Manfred Steger dari Pixabay

Hai, Sobat Guru Penyemangat, masih semangat belajar hari ini?

Pastinya, ya. Semangat harus terus membara walau keadaan di lapangan tidak seindah ceritanya. Yang namanya belajar itu memang terkadang sulit, maka darinya diperlukan kerja keras.

Nah, berikut Gurupenyemangat.com sajikan contoh pidato bertema semangat belajar.

Contoh pidato tentang semangat belajar dan kerja keras berikut cocok untuk memotivasi siswa untuk menggapai prestasi dan cita-cita.

Mari disimak ya:

Pidato Semangat Belajar dan Kerja Keras untuk Menggapai Prestasi

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Selamat pagi dan salam bahagia untuk kita semua
Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala….
Yang terhormat, Bapak/Ibu…
Serta teman-teman seperjuangan yang saya banggakan;

Pertama-tama, marilah kita berucap puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kita nikmat sehat sehingga kita bisa menyempatkan diri untuk berkumpul di ruangan ini.

Sholawat dan salam mari kita hadiahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Mudah-mudahan dengan seringnya bershalawat kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Apakah kalian masih semangat dalam belajar?

Semoga senantiasa semangat, ya. Entah itu belajar di era pandemi atau belajar di era normal, semangat tidak boleh runtuh. Entah itu belajar daring atau malah tatap muka, belajar tetap merupakan kewajiban.

Boleh Baca: Contoh Pidato Persuasif Tentang Pembelajaran Tatap Muka

Namun, sadarkah teman-teman bahwa beberapa kali kita sering kali ditimpa kesulitan dalam belajar hinggalah runtuh motivasi yang ada di dalam diri.

Misalnya ketika kita menemukan soal atau pekerjaan rumah yang cukup sulit.

Sudah bertanya kepada teman, tidak ada yang paham. Sudah membaca buku, namun rumusnya berbeda. Dan sudah bertanya kepada guru namun belum begitu mengerti.

Beberapa orang, kadang memilih untuk mundur dari pertarungan belajar. Ada pula yang melarikan diri dengan cara absen di hari H, atau memilih menyontek pekerjaan teman sesaat sebelum tugas dikumpulkan.

Teman-teman yang berbahagia;

Sungguh sayang seribu sayang bila perilaku kita seperti itu. Sebagai seorang pelajar sekaligus generasi penerus bangsa, semangat belajar tidak boleh tercoreng dengan perilaku yang buruk.

Untuk berubah, memang sering kali kesulitan akan menimpa. Maka dari itulah, diperlukan kerja keras dan semangat tinggi untuk bisa menggapai prestasi.

Teman-teman yang saya banggakan;

Sesekali kita bisa belajar dari sepeda. Bila kita perhatikan, sepeda itu akan mendapat keseimbangan ketika ia bergerak dan dikayuh.

Sedangkan bila sepeda tak bergerak, kita yang berada di atasnya akan segera jatuh. Seperti itu pula bila kita enggan mengayuh sepeda. Kita bisa mundur dan terjatuh lebih parah.

Apa pelajaran yang bisa kita petik dari sepeda? Sejatinya, kita sebagai seorang pelajar juga hidup laksana orang yang sedang naik sepeda.

Kita harus terus bergerak agar bisa maju ke depan dan tidak terjatuh.

Di depan sana, sudah pasti ada jalan menurun, jalan berliku, dan ada pula jalan menanjak. Ketika sudah bertemu tebing, kita harus melewatinya dengan kerja keras.

Kayuhan pedal sudah pasti akan memerlukan tenaga yang besar. Ketahuilah teman-teman, bahwa motivasi terbesar itu datangnya dari diri sendiri.

Bila kita sandingkan antara semangat belajar dan bekerja keras, maka mudah-mudahan prestasi dan impian kita segera tergapai.

Boleh Baca: Pidato Semangat Belajar di Era Pandemi Corona

Teman-teman yang saya banggakan:

Apakah prestasi hanya sekadar peringkat satu di kelas atau juara umum di sekolah?

Sebenarnya prestasi belajar itu memiliki pengertian yang sangat luas. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa belajar adalah proses perubahan perilaku.

Artinya, kita belajar untuk menjadi pribadi dengan akhlak yang lebih baik seiring dengan bertambahnya hari.

Maka dari itu, jangan pernah merasa cukup untuk belajar, jangan pernah merasa patah arang ketika menemui kesulitan, dan jangan pula pernah mundur dari perjuangan.

Teman-teman yang berbahagia;

Mari kita terus menambah ilmu, keterampilan, dan pengalaman sehingga semakin dengan dengan prestasi dan cita-cita.

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini, mudah-mudahan bermanfaat. Banyak salah, saya akhiri;

Wasssalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

***

Nah, demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat tentang contoh pidato semangat belajar dan kerja keras.

Contoh pidato di atas bisa digunakan oleh guru sebagai amanat upacara bendera, dan bisa pula digunakan siswa untuk menyemangati rekan-rekan seperjuangan.

Mudah-mudahan bermanfaat, ya.
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Semangat Belajar dan Kerja Keras untuk Menggapai Prestasi Singkat"

Promo Cashback & Voucher Shopee