Widget HTML #1

Contoh Teks Pidato Tentang Tahun Baru 2024 yang Penuh Semangat dan Motivasi

Contoh Teks Pidato Tentang Tahun Baru
Contoh Teks Pidato Tentang Tahun Baru. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai, Sobat Guru Penyemangat, Selamat Menyambut Tahun Baru 2024, Ya!

Tahun baru semangat baru, dan tahun baru adalah saat yang tepat bagi kita untuk lebih termotivasi untuk sukses.

Maksud sukses di sini bisa sukses dalam belajar, tetap sehat, pekerjaan semakin lancar, dan isi dompet semakin menebal.

Duh, itu sungguh untaian harapan tahun baru 2024 yang begitu diinginkan setiap orang, kan? Tapi sayangnya belum tentu semua orang termotivasi.

Nah, menimbang hal tersebut, kita bisa memotivasi dan menyemangati orang lain di tahun yang baru ini salah satunya dengan menyampaikan pidato.

Kebetulan Gurupenyemangat.com telah menyiapkan contoh naskah pidato bertema tahun baru.

Contoh teks pidato tentang tahun baru 2024 berikut berisikan pesan-pesan motivasi dan semangat pantang menyerah untuk semua orang.

Oke, langsung disimak saja ya:

Pidato Tahun Baru Semangat Baru

Pidato Tahun Baru Semangat Baru
Pidato Tahun Baru Semangat Baru. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Salam Sehat dan Salam Bahagia untuk Kita Semua
Yang Terhormat, Bpk/Ibu Kepala…
Yang Terhormat, Bpk/Ibu Tamu Undangan
Serta Teman-teman Seperjuangan yang Berbahagia

Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita begitu banyak nikmat, terutama nikmat sehat dan sempat sehingga kita semua bisa tetap tersenyum di tahun yang baru ini.

Shalawat dan salam tidak bosan-bosannya kita hadiahkan kepada Nabiyullah Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya kita bershalawat, kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Saat ini dan detik ini juga kita telah diizinkan oleh Allah untuk berpijak, belajar, bekerja, beraktivitas, serta menebar manfaat di tahun baru 2024.

Sungguh merupakan kesempatan besar bagi kita dan kesempatan ini belum tentu didapat oleh semua orang.

Beberapa hari yang lalu kita masih mendengar cerita seru dari teman-teman tentang kegiatan malam tahun baru seperti bakar jagung, membuat bistik, hingga melihat cerahnya langit malam karena kembang api.

Tapi sejatinya kisah tahun baru tidaklah sesederhana itu, karena semakin bertambah tahun sebenarnya umur dan kesempatan kita semakin sedikit.

Teman-teman yang saya banggakan;

Tahun baru identik dengan semangat baru.

Biarpun beberapa dari kita mungkin masih kecewa dengan kegagalan di tahun lalu, atau kesal dengan kesempatan yang tidak dimanfaatkan di tahun lalu, sudah semestinya kita jangan terlalu berlama-lama dengan hal tersebut.

Sadar atau tidak, semakin lama kita menimba kesal dan sesal, maka semakin banyak pula waktu yang terbuang. Sedihnya, waktu yang sudah berlalu tidak bisa diulang barang sedetik pun.

Maka darinya, tahun baru 2024 perlu kita sambut dengan semangat yang baru.

Boleh Baca: Kumpulan Pidato Tentang Semangat Belajar

Bagaimana caranya agar kita bisa tetap semangat atau bahkan makin semangat di tahun yang baru?

Teman-teman yang berbahagia;

Salah satu hal yang perlu kita lakukan untuk membangkitkan semangat di awal tahun 2024 ialah dengan menuliskan resolusi.

Resolusi yang dimaksud di sini bukanlah sekadar harapan kosong melainkan berupa tuntutan kegiatan yang bisa kita perjuangkan untuk dicapai.

Untuk mencapai suatu resolusi diperlukan rencana yang matang, strategi, teknik, dukungan, hingga semangat baik itu datangnya dari diri sendiri atau pun dari rekan-rekan sekalian.

Teman-teman yang berbahagia;

Selain menyiapkan resolusi, hal penting lainnya yang perlu kita cermati dalam menyambut tahun baru ialah selalu berpikir positif.

Mengapa saya katakan demikian?

Dikatakan oleh Sinclair sebagaimana yang saya kutip dari Jurnal Intervensi Psikologi, orang-orang yang membiasakan pikiran positif cenderung melihat hal yang positif secara lebih baik.

Dengan demikian, dapat dipetik titik simpul bahwa pikiran positif akan menghadirkan keyakinan bahwa setiap masalah akan ada solusinya karena muara dari positive thinking adalah optimis.

Toh, tahun baru masih menyisakan dua belas bulan ke depan yang penuh dengan kisah tak tertebak, kan? Begitulah.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Mari kita sambut tahun yang baru ini dengan semangat yang baru. Semangat barangkali tidak banyak mengubah apa pun, tapi dengan semangat kita bisa memecahkan masalah apa pun.

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mohon maaf atas banyaknya salah. Saya akhiri;

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Pidato Motivasi Menyambut Tahun Baru

Pidato Motivasi Menyambut Tahun Baru
Pidato Motivasi Menyambut Tahun Baru. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillahirobbil’alamin. Assalatu wassalamu ala asyrofil anbiya iwal mursalin, wa ala alihi wasohbihi aj’main.

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Kepala…
Serta Saudara-saudari yang berbahagia

Pertama-tama marilah kita bersyukur atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan nikmat tiada putus-putusnya, salah satunya ialah nikmat kesempatan sehingga kita semua bisa berkumpul di ruangan ini di tahun yang baru.

Sholawat berbingkai salam kita hadiahkan kepada Nabi Akhir Zaman, Sayyidina Muhammad SAW. Semoga lidah ini selalu diringankan untuk berucap sholawat kepada beliau.

Bapak, Ibu, serta saudara-saudari yang berbahagia;

Tiada disangka, pada hari ini kita telah memasuki tahun yang baru, bulan yang baru, hari yang baru, dan suasana yang berbeda dari sebelumnya.

Barangkali beberapa orang beranggapan bahwa pergantian tahun hanyalah pergantian angka. Angka 2023 berubah alias bertambah satu menjadi 2024. Dan bulan Desember kembali berganti menjadi Januari.

Boleh Baca: Contoh Pidato Akhir Tahun Singkat

Sungguh opini tersebut tidak salah, tapi juga tidak bisa kita katakan benar seutuhnya. Mengapa? Semua terpampang terang di kala kita semua menyambut tahun baru.

Lihatlah di media sosial, saban detiknya ramai orang berucap syukur, menimba harapan, serta berdoa untuk tahun baru yang lebih baik.

Dari sana kita bisa memetik makna bahwa tahun yang baru bisa menjadi salah satu pijakan motivasi bagi seseorang.

Entah itu motivasi belajar, motivasi bekerja, motivasi berkebaikan, serta motivasi untuk menebar manfaat bagi semua.

Saudara-saudari yang berbahagia;

Apa pentingnya motivasi dalam menyambut tahun baru khususnya tahun 2024?

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa motivasi itu seirama dengan dorongan dan dorongan itu datang dari dalam maupun luar diri manusia.

Semisal kita adalah sepeda yang baru dibeli dari toko sewaktu tahun baru, maka motivasi laksana pedal yang ada pada sepeda tersebut.

Mengayuh pedal adalah cara terbaik agar sepeda bisa berjalan. Di sini, ada dua pihak yang bakal mampu menggerakkan pedal. Pihak pertama adalah diri sendiri, pihak kedua adalah orang lain.

Tapi, dalam menghadapi tahun baru 2024 yang penuh dengan tantangan tak terduga ini, apakah kita harus menunggu kayuhan alias dorongan dari orang lain?

Nyatanya, sepeda akan berjalan lebih cepat ketika kita mengayuhnya menggunakan kaki sendiri. Artinya, motivasi terpenting adalah dorongan yang datang dari dalam diri kita sendiri.

Saudara-saudari yang berbahagia;

Dimulai dari hari ini, ayo sama-sama kita meninggikan motivasi dari dalam diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Untuk menggelorakan motivasi, kita perlu menghadirkan rencana di mana rencana tersebut dihias dengan strategi penggapaian impian yang jitu dan terarah.

Ketika rencana disusun dengan sedemikian rupa, ditambah dengan motivasi kuat dalam diri dan dibarengi dengan dukungan dari semua pihak, mudah-mudahan kesuksesan semakin dekat dan cepat untuk menghampiri kita.

Bapak, Ibu, serta Saudara-saudari yang berbahagia;

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah. Selamat Menyambut Tahun Baru 2024. Saya akhiri;

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

***

Yups, demikianlah tadi contoh pidato karya Guru Penyemangat dalam rangka menyambut tahun baru 2024.

O ya, bila Sobat Guru Penyemangat membutuhkan pantun pembuka maupun penutup pidato tahun baru, boleh diambil di: Kumpulan Pantun Ucapan Tahun Baru, Ada yang Lucu, Ada yang Menginspirasi

Mari bakar semangat dalam diri, dan jangan lupa untuk memotivasi diri dan semua orang supaya menjadi lebih hebat dari hari ini.

Semoga bermanfaat.
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Tentang Tahun Baru 2024 yang Penuh Semangat dan Motivasi"