Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang edukasi, materi belajar, dunia keislaman, soal ujian, motivasi, investasi emas, kesehatan dan fiksi. Klik di sini.
Gulir ke bawah untuk membaca artikel.

Kumpulan Contoh Pidato Lengkap dengan Beragam Tema, Stuktur, Tujuan, dan Metodenya

Contoh Pidato Lengkap dengan Beragam Tema, Stuktur, Tujuan, dan Metodenya
Contoh Pidato Lengkap dengan Beragam Tema, Stuktur, Tujuan, dan Metodenya. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai Sahabat Guru Penyemangat, Apakah Dirimu Sedang Belajar Pidato Sekarang?

Perlu diketahui bahwa pidato ialah kegiatan berbicara di depan umum dalam rangka menyampaikan pendapat atau tema khusus.

Walau begitu, pidato sejatinya tidak asal ngomong. Sebelum melakukan pidato, biasanya seseorang mempersiapkan dahulu yang akan mereka sampaikan.

Mulai dengan mencari contoh pembukaan pidato, isi, menyusun tema, merakit pidato agar menarik dan tidak membosankan bagi pendengar, sampai penutup pidato.

Nah, berikut akan Gurupenyemangat.com sajikan contoh pidato singkat lengkap dengan beragam tema yang dirimu butuhkan. Bisa di-download juga kok.

Ketika membuat teks pidato yang baik dan benar tentu tidak semudah membuat karangan biasa. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan seperti kerangka tulisan serta kaidahnya.

Selain itu, contoh teks pidato yang kita temui juga harus enak membacanya. Antara paragraf alias alenia satu dengan lainnya harus saling berkaitan.

Sebelum memberikan contoh pidato yang baik, Guru Penyemangat menyarankan agar sebaiknya kita ketahui dahulu struktur teks pidato itu seperti apa.

Cara Membuat Teks Pidato yang Sesuai dengan Struktur

Cara Membuat Teks Pidato yang Sesuai dengan Struktur
Cara Membuat Teks Pidato yang Sesuai dengan Struktur. Dok. Gurupenyemangat.com

Segala sesuatu yang terstruktur tentu akan jauh lebih baik, dan mudah kita pahami. Begitupun dalam membuat teks pidato.

Nah, berikut ini Guru Penyemangat tuangkan beberapa struktur yang ada pada teks pidato lengkap dengan pembahasannya:

1. Pembukaan

Pada bagian pembukaan mencakup beberapa hal yaitu salam, penghormatan, serta ucapan syukur. Contoh salam misalnya, “Assalamualaikum wb.wb.”

Lebih daripada itu, kita juga dapat menambahkan dengan muqodimah agar terdengar lebih resmi. Boleh pula ditambah dengan ucapan “Salam Pagi”, “Salam Sejahtera”, atau “Salam Semangat”.

Sedangkan untuk penghormatan, dimulai dari kedudukan tertinggi. Misalnya, “Yth. Presiden Joko Widodo beserta wakilnya.” Kalau di sekolah, biasanya urutan penghormatan pidato dimulai dari Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha, Bapak/Ibu Dewan Guru, dan yang terakhir adalah siswa.

Adapun ucapan syukur dapat menggunakan kalimat “Alhamduliullahi rabbilalamin, puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT karena telah memberikan nikmat sehat sehingga kita bisa berkumpul di waktu dan tempat ini”.

2. Isi Pidato

Untuk membuat teks pidato harus ada isi yang sesuai dengan tema apa yang diangkat. Misalnya, tentang bahaya narkoba. Kita dapat mengajak orang-orang untuk menghindari obat terlarang yang sangat berbahaya ini.

Setelah didapatkan tema pidato, kita bisa mengembangkan isinya dengan cara menyajikan ide pokok, membuat kalimat utama dari ide pokok, hingga mengembangkan kalimat utama agar menjadi kalimat penjelas.

3. Penutup

Pada bagian penutup, sejatinya bisa lebih singkat. Selain itu, kita juga dapat menambahkan kesimpulan dari isi teks pidato yang telah disampaikan. Setelah itu, jangan lupa menambahkan permohonan maaf atas isi atau kekurangan pada teks pidato yang telah diutarakan.

O ya, jika dirimu ingin menghasilkan pidato yang menarik dan tidak membosankan, maka kita bisa tambahkan pantun di akhir pidato tepatnya sebelum ucapan salam. Meski begitu, usahakan sampiran dan isi pantun disesuaikan dengan tema dan kegiatannya ya.

Inilah Beberapa Contoh Teks Pidato dengan Berbagai Tema

Beberapa Contoh Teks Pidato dengan Berbagai Tema
Beberapa Contoh Teks Pidato dengan Berbagai Tema. Dok. Gurupenyemangat.com

Masih merasa bingung dengan penjelasan Guru Penyemangat di atas? Oke, tenang. Untuk lebih jelasnya, berikut ini diberikan beberapa contoh pidato dengan berbagai tema yang dapat kita pelajari:

1. Contoh Pidato Persusif

Pidato persuasif ialah salah satu jenis pidato dengan tujuan mengajak atau membujuk para pendengar melakukan hal yang berguna bagi kepentingan bersama. Kamu pasti pernah kan mendengar pidato yang seperti itu dalam berbagai acara? Nah, inilah contoh teks pidato persuasif:

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Selamat pagi, salam sejahtera dan semoga kita semua ada dalam lindungan Allah SWT. Para hadirin, pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato singkat mengenai permasalahan narkoba. 

Narkoba masih menjadi salah satu permasalah yang rumit tidak hanya di Indonesia tetapi juga dunia. 

indakan tegas dari diri kita merupakan satu-satunya jalan menghindari dari benda tersebut. Hal itu supaya kita tidak terperosok pada lubang hitam yang akan menyiksa baik secara fisik namun juga psikis.

Jika seseorang telah mencoba barang terlarang ini walau hanya sekali, maka efek narkoba akan terus-menerus menghantui tidak hanya setiap menit, bahkan setiap detik.

Soalnya, narkoba mengandung zat adiktif yang mana tubuh akan terus menerus memintanya setelah para pengguna mencobanya.

Bukan karena tubuh pemakai yang menginginkan barang tersebut. Namun, karena narkobalah yang memanipulasi tubuh untuk terus memintanya. Itu karena semua zat yang ada di dalam narkoba memang menghancurkan tubuh.

Selain menghancurkan fisik, narkoba juga dapat merusak psikis. Caranya, dengan membuat pengguna selalu gelisah apabila belum mencicipinya. Tidak jarang pengguna menjadi gelap hingga mampu melakukan berbagai tindakan kriminal.

Lalu, siapa yang perlu kita kasihani? Tidak hanya diri sendiri tetapi juga orang-orang terdekat kita yang peduli dengan kehidupan kita. Bayangkan bagaimana perasaan orang tua kita yang tentu tidak akan sanggup melihat kita menderita. Belum lagi, mendapatkan penilaian dari masyarakat.

Oleh sebab itu, kita menyatakan dengan tegas untuk ayo jauhilah narkoba. Jangan pernah sekali-kali mendekati barang haram tersebut. Bukan hanya masalah hukum saja, tetapi karena narkoba dapat merusak hidup kita.

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Terima kasih. Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh.

O ya, jika Sahabat Guru Penyemangat membutuhkan contoh pidato persuasif tentang Narkoba atau pidato lain dengan berbagai tema yang diulas lengkap beserta pantun dan bisa di-download file dokumennya, silakan simak artikel Guru Penyemangat di:

2. Contoh Pidato Bertema Covid-19 Singkat

Sahabat Guru Penyemangat memiliki tugas membacakan contoh pidato tentang covid 19? Tidak usah khawatir jikalau nanti pidatonya tidak menarik. Di sini akan kita sajikan contoh pidato singkat, padat, dan jelas:

Assalamualaikum wr.wb.

Selamat pagi hadirin, salam sejahtera.

Yang saya hormati bapak/ibu kepala sekolah, bapak/ibu guru, staf sekolah, dan yang saya sayangi teman-teman sekalian.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah Swt, karena atas rahmat-Nya kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walaupun saat pendemi berlangsung.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai kondisi covid-19 yang tampaknya tidak berujung. Sudah banyak sekali korban berjatuhan mulai dari keluarga, teman, dan beberapa rekan lainnya. 

Saya harap kondisi ini tidak membuat semangat kita menciut. Tetaplah menjadi pribadi positif. Sebab, dengan mental sehat, akan menghasilkan fisik bugar.

Walaupun, situasi pandemi seringkali membuat jenuh, namun kita harus ingat dan tetap bersyukur karena Allah masih memberikan kita kesehatan.

Maka dari itulah kita perlu pergunakan kesempatan ini sebaik mungkin untuk tetap semangat menjaga kondisi badan agar tetap sehat.

Saya harap teman-teman bisa saling mengingatkan untuk jangan melanggar protokol kesehatan. Tolong ingat untuk selalu menjaga protokol kesehatan, karena itu merupakan kewajiban dari pemerintah untuk menghentikan penyebaran virus, serta untuk kebaikan kita semua. 

Rasanya Itu saja yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada kesalahan atau pengucapan kata. Wassalamulaikum wr.wb.

3. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat dan Menarik

Pidato perpisahan biasanya berisi tentang ucapan terima kasih atas pendidikan dan juga pengetahuan luas hingga mencapai kelulusan dan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Contoh pidato perpisahan kelas 6 biasanya akan dibacakan oleh perwakilan semua teman seangkatan. 

Sebelum berpidato, inilah contoh pidato perpisahan kelas 6 yang dapat dirimu sampaikan:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang saya hormati, 

Bapak/Ibu Kepala Sekolah (sebutkan namanya)

Bapa/Ibu Guru (nama sekolah)

Orangtua/walu murid yang terhormat

Teman-teman dan adik kelas yang saya sayangi dan cintai

Pertama-tama, puji dan syukur kita panjatkan ke kadirah Allah Swt, karena dengan rahmat-Nya kita dapat berkumpul  di sekolah ini untuk menyelenggarakan acara perpisahan.

Sebetulnya, saya dan seluruh teman-teman kelas 6 merasa berat sekali untuk menyampaikan pidato ini. Kami sedih, karena harus berpisah dengan para guru, teman-teman, dan juga semua adik kelas di sekolah tercinta. Namun, pada akhirnya waktu jualah yang membatasi kita untuk bersama.

Bapak/ibu kepala sekolah dan seluruh bapak dan juga ibu guru yang terhormat, kami mengucapkan banyak terima kasih karena telah mendidik kami dengan baik selama 6 tahun ini. Bapak dan ibu guru selalu memberikan pengetahuan yang berharga hingga akhirnya kami dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi

Semua ilmu dan pengajaran yang telah bapak dan ibu guru berikan kepada kami akan selalu kami ingat selama hidup kami.

Kami juga meminta maaf yang sebesar-besarnya apabila selama masa belajar di sekolah ini banyak tindakan atau ucapan kami yang menyinggung atau tidak bisa bapak/ibu guru terima. Maka pada hari ini, kami minta maaf dan semoga bapak/ibu guru dapat memaafkannya.

Tidak lupa, kami juga berpesan kepada semua adik kelas untuk selalu semangat dan rajin belajar. Ambilah contoh yang baik dari kami, dan jangan tiru contoh yang tidak baik.

Terakhir, kami juga meminta doa restu kepada bapak/ibu guru supaya kami dapat masuk ke jenjang sekolah menengah atas yang telah kami pilih. Kami janji untuk rajin bersekolah, dan selalu membawa nama baik sekolah kami ini.

Mohon maaf apabila ada salah dalam perbuatan ataupun kata-kata dalam penyampaian pidato kali ini. Terimakasih atas perhatiannya. Terima kasih. Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh.

4. Contoh Pidato Bahasa Inggris Singkat Beserta Artinya

Acara di sekolah memang tidak akan terlupakan bagi siapapun. Untuk mendapatkan kenangan manis, tidak ada salahnya memberikan pidato bahasa inggris di hadapan guru dan juga teman-teman. Inilah contoh pidato bahasa inggris yang terbaru:

Good morning, ladies and gentlemen,

First of all, lets thank to Allah SWT because He has mercies we can gather in good conditions. On this occasion, please allow me to say word about how importance to protect ourself from drugs.

With rapid the technology, it easy to get information for us. Although, stay different location. But, we can not difficult to get things. So that, we have to careful about drugs. Because, drugs trafficking are increasingly. The target not only adults but also children. 

Therefore, we must protect ourself dan family from the drugs. We can start to give socialize the dangers by giving education at our family. Especially, parents or your close people. Not only give types of drugs, the important is what effect of drugs.

I think my speech about drugs is enough. I am sorry if there are mistakes or sentences. Please apologize me. Thank you.

Artinya:

Selamat pagi hadirin

Pertama-tama, marilah kita panjatkan syukur ke hadirat Allah SWT karena berkat rahmat-rahmatNya kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat.

Pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk menyampaikan kata atau pidato tentang bagaimana pentingnya diri kira menghindari narkoba.

Dengan kemajuan teknologi, sangat mudah mendapatkan informasi. Walaupun, di tempat berbeda, tetapi kita tidak akan kesulitan mendapatkan sesuatu.

Oleh sebab itu, kita perlu berhati-hati mengenai narkoba. Sebab, perdagangan narkoba telah mengalami peningkatan. Target kejahatannya pun tidak hanya orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

Selain itu, kita pula harus menjaga diri kita dan juga keluarga. Kamu dapat mulai dengan memberikan sosialisasi mengenai bahayanya narkoba. Terutama orang tua serta orang-orang terdekat kita. Tidak hanya memberikan informasi mengenai jenis-jenis narkoba saja, tetapi juga efek dari narkoba itu sendiri.

Saya rasa pidato mengenai narkoba cukup sampai di sini dulu. Apabila ada salah kata atau pengucapan, mohon dimaafkan. Terima kasih.

5. Contoh Pidato Bahasa Sunda Singkat

Tidak ketinggalan contoh pidato lainnya yaitu pidato bahasa Sunda. Nah, pidato bahasa sunda sendiri bernama biantara. Isi biantara tersebut kurang lebih sama dengan jenis pidato lain yang biasanya menggunakan bahasa Indonesia. Inilah contoh pidato bahasa sunda tentang perpisahan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Mangga sami-sami urang panjatkeun puji sareng syukur ke hadirat Allah Swt nu mana dina kesempatan ayeuna urang tiasa kempel dina kaayaan sehat.

Para hadirin anu simkuring di pikahormat. Atos 6 taun teu karaos simkuring sareng rerencangan aya di dieu. Nyaeta menuntut ilmu. Kaleresan ayeuna abdi sareng rerencangan atos aya dina waktos papisah ti sakola ieu.

Mugia naon wae anu kantos Bapak sareng Ibu guru ajarkeun tiasa manfaat ka urang sadayana terutami kanu hal positif sarena aya manfaatna. 

Mugia amal kasaean Ibu sareng Bapak guru anu tos ikhlas ngajarkan urang sadayana dugi ka pinter janten ibadah tur kenging wewelasan ti Allah Swt.

Panginten sakitu heula atau tiasa kapihatur. Abdi anu tos ngawakilan ti kelas 6 nyuhunkeun hapunteun bilih aya kakirangan. Hatur nuhun.

Wasalamualaikum wr.wb

O ya, jika Sahabat Guru Penyemangat ingin melihat dan membaca contoh teks pidato berbahasa Arab, silakan simak di artikel berikut ya: Contoh Pidato Bahasa Arab Tentang Meneladan 4 Sifat Utama Rasulullah SAW

Tujuan Teks Pidato

Tujuan Teks Pidato
Tujuan Teks Pidato. Dok. Gurupenyemangat.com

Setelah mengetahui contoh pidato yang beragam, untuk lebih paham lagi, sebaiknya ketahui apa tujuan teks pidato itu sendiri. Ya, setidaknya kita tahu kan tentang apa saja kegunaan berpidato.

Tidak hanya memberikan kata-kata biasa nyatanya pidato haruslah memiliki tujuan jelas. Mulai dari pembukaan, hingga penutup.

Pun demikian juga dengan bagian isi. Materi pidato harus bersifat objektif sehingga dapat memberikan wawasan baru yang menarik.

Selain itu, tambahkan bagian kesimpulan pada bagian penutup. Inilah tujuan teks pidato tersebut:

1. Dapat Mengajak Pendengar

Isi pidato harus bersifat mengajak. Tentunya, mengajak di sini untuk kebaikan. Mengajak pembaca tanpa ada paksaan melainkan harus secara ikhlas serta sukarela.

Misalnya, mengajak menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membuat program kerja bakti pada hari minggu. Hal ini tentu akan lebih efektif dan efisen. Apalagi kebaikannya nanti akan kembali kepada masyarakat.

Adapun ragam contoh pidato tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan bisa disimak di link berikut:

2. Memberikan Pemahaman kepada Pendengar

Tujuan menyampaikan pidato selanjutnya ialah menyampaikan suatu hal yang mudah orang pahami.

Karena terkadang tidak mudah untuk memberikan pemahaman terhadap orang lain. Sebab, setiap orang memiliki daya tangkap yang tidak sama.

Misalnya, ada orang yang telah kita jelaskan beberapa kali belum juga mengerti sehingga perlu menyampaikan lagi apa yang kita maksud.

Namun, ada juga orang yang hanya sekali saja kita berikan penjelasan, mereka langsung paham dengan apa yang kita sampaikan.

Oleh sebab itu, ketika memberikan penjelasan sebaiknya sampaikanlah dengan kelemah-lembutan, dan tidak kita anjurkan untuk memojokkan ataupun menyindir. Sebab, hal tersebut akan membuat orang tersebut menjadi malu dan tidak ingin lagi berusaha.

3. Memberikan Kesan dalam Penulisan

Kesan dalam teks pidato tidak dapat kita anggap sepele. Hal tersebut dapat memengaruhi pendengar nantinya. Kembali lagi, berilah kesan dengan ajakan yang positif. 

Teks pidato yang berkesan akan lebih mudah pendengar terima dan tidak sulit untuk mengamalkannya. Selain itu, bukan tidak mungkin kita juga dapat menjadi solusi bagi siapa saja yang sedang mendengarkan pidato. 

Metode Melakukan Pidato

Metode Berpidato
Metode Berpidato. Dok. Gurupenyemangat.com

Ketika melakukan pidato, kita bisa melihat contoh pidato terlebih dahulu. Selain itu, alangkah lebih baik jikalau dirimu juga mengetahui apa saja metode tepat. Berikut pilihannya:

1. Memoriter

Teknik ini ialah merupakan metode pidato yang bisa kita lakukan dengan cara menyampaikan isi naskah yang telah pembaca hafalkan terlebih dahulu.

2. Naskah

Metode selanjutnya ialah naskah. Teknik ini dengan cara membacakan naskah pidato yang telah tersiapkan sebelumnya.

3. Ekstemporan

Untuk metode ke tiga dengan cara membuat beberapa catatan kecil dahulu yang berisi ide pokok garis besar isi pidato kepada pendengar.

Bila kita cermati dengan seksama, biasanya para pejabat seperti Bupati, Gubernur, hingga Kepala Desa sering berpidato dengan menggunakan catatan kecil. Ini adalah teknik jitu bila suatu saat dirimu diminta untuk berpidato secara tiba-tiba. Hehe

4. Impromptu

Terakhir ialah metode impromptu. Metode ini sendiri merupakan cara berpidato dengan spontan bahkan tidak membutuhkan persiapan terlebih dulu.

Dalam teks pidato, entah itu berbahasa Indonesia, atau yang ada pada contoh pidato bahasa Jawa, bahasa Arab, hingga bahasa inggris, hal paling penting ialah mengenai apa isi teks pidato yang akan tersampaikan nanti. 

Dirimu dapat melihat sekaligus mengunduh ragam contoh di atas sebagai bahan untuk  membuat pidato.

Nah, demikianlah ulasan Guru Penyemangat kali ini. Semoga bermanfaat ya.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "Kumpulan Contoh Pidato Lengkap dengan Beragam Tema, Stuktur, Tujuan, dan Metodenya"

  1. wah mantab nih mas udah disarikan contoh kalimat sambutannya apa, sangat bermanfaat bagi yang akan berpidato dan ingin latihan dulu biar kalimat kalimat sambutannya luwes heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, tinggal milih mau pidato tema apa ya Mbak. Gaspoool.
      Tengkyu ya atas singgahnya.

      Hapus

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

Diperbolehkan mengutip tulisan di blog Guru Penyemangat tidak lebih dari 30% dari keseluruhan isi (1) artikel dengan syarat menyertakan sumber. Mari bersama-sama kita belajar menghargai karya orang lain :-)