Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato dan Sambutan Akhir Tahun 2021 Singkat, Cocok untuk Beragam Kegiatan

Contoh Pidato dan Sambutan Akhir Tahun
Contoh Pidato dan Sambutan Akhir Tahun. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai, Sobat Guru Penyemangat, sudah siapkah dirimu untuk meninggalkan tahun 2021?

Siap tidak siap, kenyataannya kita akan segera pergi meninggalkan tahun 2021 yang penuh dengan kisah, peristiwa hingga kenangan ini.

Aku yakin Sobat punya segudang kisah sejak Januari hinggalah penghujung tahun ini yang tidak semuanya bisa disampaikan.

Tapi, kalau perihalnya tentang momentum acara dan kegiatan tertentu, kesan dan pesan memang harus dituturkan, bukan?

Tentu saja.

Di sini Gurupenyemangat.com telah menyajikan contoh pidato dan sambutan bertema akhir tahun.

Contoh pidato dan sambutan akhir tahun 2021 berikut bisa digunakan dalam berbagai kegiatan seperti lomba, rapat evaluasi, dan acara lainnya.

Baiklah, langsung disimak saja ya:

Pidato Akhir Tahun Singkat yang Berisi Motivasi

Pidato Akhir Tahun Singkat yang Berisi Motivasi
Pidato Akhir Tahun Singkat yang Berisi Motivasi. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Saudara-saudari yang saya hormati;

Puji syukur kehadirat Allah yang telah memberikan kita limpahan rahmat, anugerah dan nikmat sehingga kita semua bisa hadir dalam kegiatan “Akhir tahun” dengan keadaan sehat wal afiat.

Sholawat dan salam kita kirimkan kepada Nabiyullah Muhammad SAW. Mudah-mudahan seiring bertambahnya usia, bibir dan hati ini semakin sering melantunkan shalawat dan salam kepada Baginda.

Saudara-saudari yang berbahagia;

Tiada terasa sekarang kita sudah berada di penghujung tahun 2021. Agaknya sudah banyak kisah kita lalui. Pun demikian dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam setiap harinya.

Waktu terus berlalu, pertemuan kita terjadi silih berganti, ada suka dan ada pula duka. Semua hal tersebut kiranya sudah kita lalui jauh sedari tahun-tahun yang lalu.

Meski begitu, saya kira setiap tahun tidaklah sama. Minimal ada kenangan, tantangan, hingga nilai-nilai perjuangan dan semangat yang bisa kita petik.

Terlebih lagi dalam dua tahun terakhir ini kita semua masih berjibaku melawan pandemi. Beragam kegiatan jadi mandek alias terhenti, pun demikian dengan aktivitas lainnya yang menuntut diberlangsungkannya kegiatan tatap muka.

Saudara-saudari yang berbahagia;

Akhir tahun 2021 adalah momentum yang bagus bagi kita untuk melakukan perenungan sekaligus introspeksi diri.

Banyak hal-hal krusial yang bisa kita koreksi secara mandiri mulai dari mencatat rencana yang gagal, mengukur sejauh mana impian yang dulu pernah menjadi resolusi, hingga tidak terlalu larut dalam kegagalan.

Sungguh kegagalan itu adalah hal biasa yang bakal melanda setiap orang yang sedang berusaha. Karena bila tidak ada kegagalan, maka bisa jadi tidak pula ada yang namanya kesuksesan. Terang saja, keduanya adalah lawan kata.

Saudara-saudari yang berbahagia;

Pada momentum akhir tahun 2021 ini, marilah kita bersama-sama memeriksa diri dan hati, serta jangan pula terlampau dalam meratapi kegagalan.

Menjelang tahun baru, kita boleh-boleh saja menulis resolusi yang banyak dan tinggi. Meski begitu, saya kira resolusi semanis apa pun tidak akan bisa tergapai tanpa adanya tindakan dan perjuangan.

Ya, kenyataannya perjuangan itu butuh semangat dan tekad yang kuat, dan tekad yang kuat pula berasal dari motivasi internal.

Pada tahun 2022 nanti, kita semua tidak akan mengetahui secara persis seperti apa terjalnya tantangan dan ujian, tapi yang perlu kita camkan adalah semangat diri jangan sampai runtuh.

Akhir kata, marilah sama-sama kita bersyukur kepada Allah atas segala nikmat kesempatan umur dan kesehatan yang didapat hingga hari ini. Selanjutnya, mari kita berdoa agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik sejak hari ini.

Saudara-saudari yang berbahagia;

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan pada akhir tahun ini. Lebih dan kurangnya saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Kumpulan Contoh Pidato Lengkap dengan Beragam Tema, Stuktur, Tujuan, dan Metodenya

Sambutan Akhir Tahun, Cocok Disampaikan Pada Rapat Evalusi Kerja

Sambutan Akhir Tahun
Sambutan Akhir Tahun. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh
Salam sehat dan bahagia untuk rekan-rekan yang berbahagia;

Mengawali perjumpaan ini, marilah senantiasa kita panjatkan puji serta syukur atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kita rezeki yang tiada putus-putusnya, terutama rezeki berupa kesempatan untuk bisa hadir di ruangan ini dalam rangka rapat evaluasi kerja akhir tahun dalam keadaan sehat.

Shalawat berlantunkan salam kita sampaikan kepada Nabi Akhir Zaman, Muhammad SAW. Mudah-mudahan dengan seringnya bershalawat kita akan mendapat syafaat beliau di Hari Kiamat nanti.

Rekan-rekan yang berbahagia;

Tiada terduga kita telah berada di penghujung tahun 2021 dan bersiap untuk memasuki tahun yang baru, yaitu tahun 2022.

Kata orang-orang, apalah artinya pergantian tahun karena yang berubah cumalah angka dan dimeriahkan oleh kembang api dan jagung bakar.

Tapi, rasanya esensi pergantian tahun tidaklah sesederhana itu. Terlebih lagi seperti kita menimbang dan mencermati kembali kisah sepanjang tahun 2021. Tahun di mana pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pergi.

Rekan-rekan yang saya banggakan;

Sebelum memasuki tahun 2022, agaknya kita perlu sedikit mengevaluasi diri, sistem, hingga program kerja.

Dari segelintir program kerja yang sudah kita susun dan diimplementasikan sejak Januari-Desember 2021 ada yang berhasil, ada yang hanya sekadar terlaksana, dan ada pula yang gagal.

Sekilas, hal tersebut sungguh merupakan kewajaran karena tidak mungkin segala sesuatu yang kita usahakan di dunia ini tidak pernah menemui kegagalan.

Meski begitu, setiap kegagalan pastilah ada sebabnya dan dari untaian penyebab tersebut kita bisa belajar untuk menggapai sukses.

Maka darinya, saya harapkan nanti ada disajikan catatan khusus berupa kesan, pesan, hingga saran terkait program kerja kita di tahun berikutnya.

Segenap rencana yang gagal bisa jika renungkan dan lakukan introspeksi, namun tidak perlu kita bermuram hati berlebihan.

Boleh Baca: Renungan Akhir Tahun Singkat dan Menyentuh Hati

Rekan-rekan yang saya hormati;

Lebih khusus daripada itu, saya secara pribadi meminta maaf bila selama tahun 2021 ini saya pernah khilaf kata dan salah dalam berbuat.

Mudah-mudahan seiring bertambahnya hari, bulan dan tahun kita bisa bekerja sama dan tetap berhubungan baik.

Saya akhiri, banyak maaf;

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

***

Nah, demikianlah tadi contoh pidato dan sambutan akhir tahun yang bisa Guru Penyemangat sajikan untuk keperluan berbagai kegiatan.

Sobat Guru Penyemangat bisa menyesuaikan contoh pidato di atas dengan tema kegiatan atau acara yang bakal digelar.

Semoga bermanfaat, ya.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato dan Sambutan Akhir Tahun 2021 Singkat, Cocok untuk Beragam Kegiatan"