Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

40 Kata-kata Mutiara untuk Ibu yang Sudah Meninggal, Mari Kirimkan Doa Terbaik

Kata-kata Mutiara untuk Ibu yang Sudah Meninggal
Kata-kata Mutiara untuk Ibu yang Sudah Meninggal. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudahkah dirimu mendoakan Ibunda tersayang hari ini?

Semoga sudah dan doa tersebut masih terus dilantunkan menuju langit, ya. Mudah-mudahan doa dan harapan yang kita panjatkan kepada Allah mampu menembus langit dan turun diaminkan oleh para malaikat.

Terang saja, kehilangan seorang malaikat tanpa sayap alias Mama adalah pukulan telak yang sangat menyakitkan bagi seorang anak.

Bagaimana tidak sakit, kita sebagai anak sering kali merasa belum cukup berbakti, masih terlalu sedikit mengabdi, juga belum mampu membahagiakan Ibunda di usia senjanya.

Maka dari itulah, ketika Mama sudah meninggal dunia, kita sebagai anak wajib berusaha untuk menjadi anak yang saleh/salehah serta tiada putus mendoakan Ibu.

Karena dalam Kalam Nabi dikatakan bahwa doa anak yang saleh adalah salah satu dari 3 amalan yang terus mengalir walaupun seseorang sudah meninggal dunia.

Nah, dalam postingan kali ini Gurupenyemangat.com bakal menyajikan kata-kata ucapan untuk Ibu yang telah tiada.

Kata-kata mutiara untuk Ibu yang sudah meninggal berikut dilengkapi dengan doa, ucapan maaf, serta quotes Bahasa Inggris dan artinya.

Baiklah, langsung disimak saja ya:

Kata Mutiara untuk Ibu yang Sudah Meninggal

Kata Mutiara untuk Ibu yang Sudah Meninggal
Kata Mutiara untuk Ibu yang Sudah Meninggal. Dok. Gurupenyemangat.com

1. Tidak ada rasa hati yang lebih sakit daripada harus kehilangan seorang Ibu.

2. Ibuku dapat menggantikan posisiku, membantu kegiatanku, hingga menggantikan kesibukanku. Tapi aku sedikit pun tidak bisa menggantikan posisi Ibu.

3. Mama, maafkan segenap kesalahanku di kala kita masih dekat dan bersama-sama. Kini, esok, dan selamanya cintamu akan selalu ada dan dekat dengan hatiku.

4. Ibu, jauhnya kita adalah kedekatan, dan dekatnya kita sungguh membuat hatiku terdamaikan. Walaupun sekarang salah satu dari kita sudah dipisahkan oleh kematian.

5. Semerdu-merdunya desiran angin, masih lebih merdu sapaan ibuku. Walaupun kini, hanya desiran angin yang masih bisa kudengar.

6. Bunda, dahulu aku masih sangat sedikit berbakti kepadamu. Sekarang aku sadar bahwa penyesalan itu sering kali tiada berguna.

7. Dulu pagiku laksana mutiara karena senantiasa melihat wajah dan rupa Mama yang mencerahkan. Sekarang, kisah tersebut sudah tinggal kenangan.

Gambar Kata Mutiara untuk Ibu yang Sudah Meninggal
Gambar Kata Mutiara untuk Ibu yang Sudah Meninggal. Dok. Gurupenyemangat.com

8. Ibu, kepadamulah tempatku menata hati yang sering disakiti oleh dunia. Tapi maafkan aku, Ibu, karena aku pula sering menyakitimu.

9. Pada sepinya pagi, aku selalu menantikan susu hangat dan nasi goreng terenak di dunia. Itulah buah karya racikanmu, Ibu.

10. Kala itu Mama mencium kening dan memelukku setiap saat.

11. Ibu, kuharap engkau bahagia di alam sana. Aku pula akan berusaha membahagiakanmu dengan menjadi anak yang saleh.

12. Dulu aku sering mendengar kekesalan Mama yang mengucapkan, “Nanti kamu akan menangis bila Mama sudah tiada”. Sekarang aku benar-benar menangis.

Boleh Baca: Kumpulan Kata-kata Hari Ibu yang Menyentuh Hati Dilengkapi dengan Kartu Ucapan

13. Kasih Bunda sepanjang Masa, tapi kasihku sering kali hanya sebatas dunia. Selebihnya aku malah lupa. Semoga Bunda dimudahkan jalannya menuju surga.

14. Ibuku adalah pejuang dengan sebenar-benarnya pejuang. Engkau adalah malaikat dengan ketulusan hati tiada tanding.

15. Uang bisa dicari, jabatan bisa dikejar, dan ilmu bisa digali. Tapi kebaktian kepada Ibu kesempatannya tidak akan terulang lagi. Manfaatlah kesempatan walau itu di masa kesempitanmu.

Ucapan Doa untuk Ibu yang Sudah Meninggal

Ucapan Doa untuk Ibu yang Sudah Meninggal
Ucapan Doa untuk Ibu yang Sudah Meninggal. Dok. Gurupenyemangat.com

16. Ya Rabb, haramkanlah wajah Ibu dan Ayahku dari api neraka, Ya Allah. Bahagiakanlah keduanya sebagaimana mereka membahagiakanku di waktu kecil.

17. Ya Allah yang Maha Kasih, seandainya ada kesempatan kedua, aku ingin lebih meninggikan bakti kepada Ibu. Ampuni aku Ya Rabb yang telah menzalimi diriku sendiri.

18. Bunda, setiap hari engkau sembunyikan derita dan lelahmu dan selalu tersenyum seraya mendoakanku.

19. Ya Allah Ya Tuhanku, tempatkanlah Ibuku di tempat terbaik dan jangan Engkau putuskan ridhonya terhadapku, Ya Allah.

20. Ya Rabb, ampunilah dosa Ibu dan Ayahku. Semoga engkau ridhoi keduanya untuk menuju surgamu.

21. Ya Allah Ya Malik, bebaskanlah Ibuku dari siksa kubur. Dekatkanlah cahaya surga kepadanya.

22. Ibu, dalam sepiku aku selalu berharap agar engkau menemanimu. Saat ini, semoga malaikat baik senantiasa menjadi kabar gembira untukmu.

Gambar Ucapan Doa untuk Ibu yang Sudah Meninggal
Gambar Ucapan Doa untuk Ibu yang Sudah Meninggal. Dok. Gurupenyemangat.com

23. Ibu, maafkan aku yang dulu setiap hari selalu menghabiskan waktu istirahat dan tidurmu. Semoga istirahatmu hari ini dan esok penuh dengan kedamaian.

24. Mama, aku minta maaf karena belum bisa menjadi anak sebagaimana yang engkau harapkan. Aku tidak akan pernah putus berdoa untuk kebaikanmu.

25. Ya Allah, permudahlah jalan Ibuku menuju surga, dan bebaskanlah beliau dari azab kubur. Sungguh, Ibuku benar-benar malaikat tanpa sayap yang begitu tulus dalam menjaga dan merawatku.

26. Duhai Ibu, sampai akhir masa ini tetap engkaulah pahlawan terbaikku.

Baca juga: Contoh Surat Cinta untuk Mama di Hari Ibu Singkat, Cocok untuk Kartu Ucapan

27. Ibu, aku ingin menjadi seorang hafiz Qu’ran sehingga bisa menghadiahkanmu mahkota terbaik di akhirat kelak.

28. Ibu, aku berjanji tidak akan menjadi anak durhaka lagi. Aku masih ingat pesan dan kata-katamu.

29. Ya Allah, semoga amal jariyah Ibunda terus mengalir tiada putus-putusnya hingga hari kiamat tiba.

30. Ya Rabb, permudahkanlah Ibu dan Ayahku dalam menghadapi hisab di Hari Kiamat kelak. Semoga keduanya dijauhkan dari siska api neraka.

Kata Mutiara untuk Ibu yang Sudah Meninggal Bahasa Inggris Beserta Artinya

Guru Penyemangat pula sudah menyiapkan kumpulan kata-kata mutiara untuk Ibu dalam Bahasa Inggris beserta artinya yang sebagian darinya dikutip dari Brilio.net dan Goodreads.com.

Kata Mutiara untuk Ibu yang Sudah Meninggal Bahasa Inggris Beserta Artinya
Kata Mutiara untuk Ibu yang Sudah Meninggal Bahasa Inggris Beserta Artinya. Dok. Gurupenyemangat.com

31. If you can't go back to your mother's womb, you'd better learn to be a good child.

Artinya: Bila kamu tidak bisa kembali menuju rahim ibu, sebaiknya kamu belajar untuk menjadi seorang anak yang baik.

32. The heart of a mother is a deep abyss at the bottom of which you will always find forgiveness.

Artinya: Hati seorang ibu laksana sebuah jurang yang dalam di mana pada bagian dasar kamu akan selalu menemukan ampunan.

33. I love my mom because she gave me everything: she gave me love, she gave me her soul, and she gave me her time when friends desert me.

Artinya: Aku mencintai ibu karena beliau telah memberikanku segalanya. Beliau beri aku cinta, dia beri aku jiwanya, dan dia memberiku seluruh waktunya ketika teman-teman meninggalkanku.

Boleh Baca: Puisi untuk Ibu 4 Bait dan 3 Bait

34. You show me how to be myself. You encourage me to speak my mind. You remind me not to be afraid to achieve my dream. Thank you, My Mom. I promise, I’ll get succes.

Artinya: Engkau menunjukkan kepadaku bagaimana caranya menjadi diri sendiri. Engkau mendorongku untuk menyuarakan pikiranku. Engkau mengingatkanku untuk tak takut mencapai mimpiku. Terima kasih, Ibu. Aku berjanji, aku akan menggapai kesuksesan.

35. A mother's love is full of patient and always forgiving when all others are forsaking, it never fails or falters, even though the heart is breaking.

Artinya: Kasih seorang Mama penuh dengan sabar dan senantiasa memaafkan ketika semua orang lain meninggalkannya, itu tidak pernah gagal atau terputus-putus, meskipun hatinya sendiri hancur.

36. Compassion is like mother giving love to her children. Mother's ways are higher than others, even when everyone rejects, mother accepts with her arms open and wide.

Artinya: Perasaan sayang seperti ibu memberikan cinta kepada anak-anaknya. Cara ibu lebih tinggi daripada yang lain, bahkan ketika semua orang menolak, ibu menerima dengan tangan terbuka dan lebar.

Gambar Kata Mutiara untuk Ibu yang Sudah Meninggal Bahasa Inggris
Gambar Kata Mutiara untuk Ibu yang Sudah Meninggal Bahasa Inggris. Dok. Gurupenyemangat.com

37. I think, the only love that I really believe in is a mother’s love for her children.

Artinya: Aku pikir, satu-satunya cinta yang sungguh aku percayai ialah cinta seorang Mama untuk anak-anaknya.

38. In a child's eyes, a mother is an angel. She can be glorious or terrible, benevolent or filled with wrath, but she still loves in her own way.

Artinya: Dalam pandangan seorang anak, mama itu seperti malaikat. Ia bisa menjadi sosok mulia atau mengerikan, penuh kebaikan atau menjadi murka, tapi dia tetap mencintai dengan caranya.

39. My mother was the most beautiful woman I ever saw. All I am I owe to my mother, and you have known that the owe would never be paid off.

Artinya: Ibuku adalah perempuan tercantik yang pernah aku liat. Aku berutang segalanya kepada Ibuku, dan kamu sudah tahu bahwa utang tersebut tidak akan pernah lunas terbayar.

40. Dear My Mom, i love you every day. And now I will miss you every moment.

Artinya: Kepada Ibuku, aku mencintaimu setiap hari. Dan sekarang aku akan merindukanmu setiap saat.

***

Nah, demikianlah tadi segenap sajian dari Guru Penyemangat tentang kata-kata mutiara ucapann untuk Ibu yang sudah meninggal dunia. Mari kita kirimkan doa terbaik untuk Mama tercinta.

Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "40 Kata-kata Mutiara untuk Ibu yang Sudah Meninggal, Mari Kirimkan Doa Terbaik"

Sri Rohmatiah 21 Desember, 2021 06:53 Hapus Komentar
Baper, laper jadinya 😭😘
celotehnur54 21 Desember, 2021 13:00 Hapus Komentar
Membangkit rasa sendu dan haru.