Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat dan Catatan untuk Akhir Tahun 2021, Lengkap dengan Motivasi untuk Diri Sendiri

Contoh Surat dan Catatan Akhir Tahun, Lengkap dengan Motivasi untuk Diri Sendiri
Contoh Surat dan Catatan Akhir Tahun, Lengkap dengan Motivasi untuk Diri Sendiri. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai, Sobat Guru Penyemangat, sudahkah kamu menulis catatan untuk akhir tahun 2021? Apakah ternyata ada banyak coretan?

Jika iya, maka sungguh kisa dikau sama persis dengan Guru Penyemangat. Dalam catatanku juga banyak coretan dan warna-warni sebagaimana indahnya pelangi.

Kadang mendung, kadang suram, tapi kadang pula hadir kebahagiaan seindah arunika dan cahaya senja.

Guru Penyemangat kira, kapan pun waktu dan bagaimana pun keadaannya, kita perlu menghadirkan kenyamanan khususnya untuk diri sendiri.

O ya, kali ini Gurupenyemangat.com bakal menghadirkan contoh surat dan catatan akhir tahun lho.

Contoh surat dan catatan akhir tahun 2021 ini disertai dengan doa, harapan, serta kata-kata motivasi khususnya untuk diri sendiri.

Oke, langsung disimak saja ya:

Surat untuk Akhir Tahun Singkat

Surat untuk Akhir Tahun Singkat
Surat untuk Akhir Tahun Singkat. Dok. Gurupenyemangat.com

Guru Penyemangat 31 Desember 2021

Nomor: 001/31/12/2021
Lamp. : Catatan Doa
Perihal: Surat untuk Akhir Tahun 2021

Dear Akhir Tahun,

Sepertinya kabarmu sungguh baik-baik saja, kan? Aku amati, saban hari yang aku lalui bersamamu begitu cepat dan singkat.

Perasaanku, belum lama diri ini menimba resolusi dan catatan tentang impian yang wajib kugapai. Tapi ternyata? Saat ini Desember telah tiba dan aku baru sadar bahwa beberapa impianku kandas.

Dear Diriku,

Aku yakin engkau merasa sakit, merasa lelah, dan jenuh. Dunia dan kehidupan ini memang penuh dengan basa-basi. Seketika aku terlalu berharap, seketika itu pula aku kecewa. Dan…

Boleh Baca: Mengapa Berharap kepada Manusia Itu Menyakitkan?

Masih banyak penyebab lainnya yang akan semakin terasa menyakitkan bila kuumbar di sini.

Akhir tahun sudah di ujung mata dan mau tidak mau aku harus menata diri dan hati demi menyongsong tahun baru 2022.

Dear Akhir Tahun,

Kuharap engkau tidak menghantuiku dengan seuntai kegagalan dan kepenatan yang aku rasakan saat berpetualang bersamamu.

Berat, sungguh berat proses yang aku lalui bersamamu. Biarpun begitu, aku sudah berjanji kepada diriku sendiri untuk berusaha menjadi pribadi yang lebih baik.

Dear Akhir Tahun,

Terima kasih atas kisah dan ceritamu dari segenap peristiwa. Aku bersyukur atas segala duka dan tawa. Aku pula bersyukur atas nikmat dan ujian yang didatangkan oleh Tuhan. Aku harap diriku semakin kuat.

Hormat Saya,

(Tanda Tangan)

Diriku

Catatan Akhir Tahun yang Menyentuh Hati

Catatan Akhir Tahun yang Menyentuh Hati
Catatan Akhir Tahun yang Menyentuh Hati. Dok. Gurupenyemangat.com

Kisahku sepanjang tahun 2021? Tidak begitu buruk. Tidak jelek-jelek amat, tapi tidak terlalu bagus juga.

Tapi tenang, aku tidak akan menyalahkan siapa pun. Pandemi corona? Dia perlahan mulai pergi bersama segenap impian dan harap-harap yang telah direnggutnya.

Ah, biarlah. Kuanggap saja itu ujian sebagai pemanis catatanku di tahun 2021 ini. Sungguh, tanpa adanya ujian, kisahku tidak akan jadi semenarik ini.

Lihat saja, mana ada orang yang setiap hari tersenyum tiada henti. Apa gunanya Tuhan ciptakan air mata, dan apa gunanya pula di KBBI ada kata ambyar, gusar, penat, gundah, hingga duka.

Aduh, sekarang Desember 2021 sudah menunggu detik-detik terakhir, ya? Benarkah begitu?

Boleh Baca: Contoh Renungan Akhir Tahun 2021, Cocok untuk Muhasabah dan Introspeksi Diri

Entah mengapa aku merasa bahwa kisah kita begitu singkat. Aku merasa bahwa diri ini belum menunjukkan perubahan yang berarti.

Kamu tahu?

Benar sekali.

Lagi-lagi diri ini lelah karena terus menimba air di sumur kegagalan.

Belum lagi saat aku mendengar ocehan orang-orang yang berlalu-lalang di dekatku. Aku muak! Muak dengan semua kisah sendu yang seakan mengajakku berkurung dalam semenjana.

Aku ingin berubah, berubah menjadi pribadi yang lebih baik dan bijaksana. Aku sudah cukup puas menikmati segunung kegagalan semenjak Januari hinggalah Desember tahun 2021 ini.

Kisahku bersamamu begitu panjang, kan?

Lagi-lagi aku terlalu lalai dalam syukur. Aku kebanyakan mendurhakai nikmat Tuhan di kala sempat dan sempitku.

Semakin diri ini merenung, semakin sadar bahwa aku sejatinya harus introspeksi diri. Aku barangkali terlalu banyak main-main, mempermainkan waktu, bahkan meremehkan hal-hal sepele yang sesungguhnya sangat berarti.

Tapi biarlah, di sisa akhir tahun 2021 ini aku tidak ingin terlampau menyesal. Percuma pula aku menyesal bila pada muaranya tidak ada yang berubah dari diriku.

Apalah artinya perubahan 2021 menuju 2022, hanya angka, kan? Tapi tetap saja aku tak ingin melupakan sebukit kenangan indah bersamamu.

Pada penutup catatan ini, aku ingin mengucapkan terima kasih dan memohon maaf atas segala kelalaian diri.*

Kata-kata Motivasi Akhir Tahun untuk Diri Sendiri

Kata-kata Motivasi Akhir Tahun untuk Diri Sendiri
Kata-kata Motivasi Akhir Tahun untuk Diri Sendiri. Dok. Gurupenyemangat.com

1. Benar. Rasanya tahun ini aku terlalu banyak memungut kecewa. Sepertinya aku harus lebih menghargai diriku sendiri, karena kisah kita tidaklah seindah serial Doraemon.

Boleh Baca: Pentingnya Menghargai Dirimu Sendiri, karena Kisah Ini Tak Seindah Serial Doraemon

2. Tidak banyak yang berubah dari diriku pada tahun 2021 ini. Karena akhir tahun sudah berlalu, sepertinya aku tidak boleh berhenti berjuang. Kisah hari esok mungkin lebih rumit.

3. Aku tidak ingin menyalahkan waktu. Bukan waktu yang bersalah melainkan diriku yang sering kali membuang-buang kesempatan dan meremehkan hal-hal kecil.

4. Maafkan aku duhai diriku, tahun ini perjuanganku belum maksimal. Pun demikian dengan kerja kerasku, belum aku lakukan dengan sepenuh hati.

5. Aku ingin menjadi lebih kuat dan lebih hebat. Maksudku lebih hebat dalam menebar kebaikan kepada seluruh alam.

Caption Motivasi Akhir Tahun untuk Diri Sendiri
Caption Motivasi Akhir Tahun untuk Diri Sendiri. Dok. Gurupenyemangat.com

6. Akhir tahun yang dingin bagi diriku yang suka menyendiri. Maafkan aku yang hingga hari ini masih penat saat melihat keramaian. Mungkin memang sepi adalah bagian dari kenyamananku.

7. Gara-gara tiba di akhir tahun akhirnya aku merasa menyesal saat teringat dengan masa lalu. Yang berlalu biarlah berlalu, karena kisahku tidak mungkin akan cukup sampai di situ.

8. Apalah artinya akhir tahun yang begitu sebentar ini. Aku cuma ingin menyadarkan kepada diri bahwa ternyata hidup ini sangat singkat. Jadi, manfaatlah sisa napas untuk berkebaikan selagi sempat.

9. Tidak perlu seriang itu menyambut tahun baru. Bersikaplah secukupnya karena belajar meninggalkan di akhir tahun itu cukup memedihkan hati.

10. Resolusiku untuk tahun baru 2022? Aku ingin ini, ingin itu, ingin begini, ingin begitu. Aduhai, sungguh banyak sekali. Ya sudah. Aku hanya ingin menjadi pribadi yang lebih bermanfaat.

***

Nah, demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat mengenai contoh surat dan catatan akhir tahun 2021 yang disertai dengan doa, harapan serta untaian kata-kata motivasi khususnya untuk diri sendiri.

Semoga bermanfaat, ya.
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Surat dan Catatan untuk Akhir Tahun 2021, Lengkap dengan Motivasi untuk Diri Sendiri"