Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Hari Guru Nasional Tahun 2021 Singkat, Apresiasilah Perjuangan Guru di Masa Pandemi

Contoh Pidato Hari Guru Nasional Singkat
Contoh Pidato Hari Guru Nasional Singkat. Dok. Gurupenyemangat.com

Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2021!

Tanggal 25 November segera menyapa, dan sesaat lagi kita bakal diajak singgah ke momentum bahagianya para guru, yaitu Peringatan Hari Guru Nasional ke-76 tahun 2021.

Peringatan HGN yang juga berbarengan dengan HUT PGRI ini dihadirkan untuk mengapresiasi seluruh guru di Bumi Pertiwi tanpa terkecuali, menggaungkan kembali hak-hak mereka, serta mengajak kita semua untuk kian peduli dengan pendidikan.

Ya, sejatinya jalannya pendidikan di Indonesia tidaklah cukup hanya dengan para guru semata. Orang tua juga punya kewajiban membimbing anaknya saat di rumah. Pemerintah punya kewajiban menerbitkan kebijakan yang membuat guru semakin sejahtera.

Bahkan masyarakat pula diharapkan ikut serta dalam mendukung sekolah di daerah mereka untuk berkembang menuju kemajuan.

Maka dari itulah, untuk menggaungkan kembali semangat tersebut, di sini Gurupenyemangat.com telah menyiapkan pidato dengan tema Hari Guru yang singkat, padat, jelas, dan menyentuh hati.

Contoh teks pidato Hari Guru Nasional Tahun 2021 ini cocok disampaikan sebagai amanat upacara maupun untuk sambutan siswa di sekolah.

Langsung disimak saja ya contohnya:

Teks Pidato Hari Guru Nasional: Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan: Cocok untuk Amanat Upacara

Teks Pidato Hari Guru Nasional Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan
Teks Pidato Hari Guru Nasional Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua,
Om swastyastu,
Namo buddhaya,
Salam kebajikan,
Rahayu

Saudara-saudari sebangsa dan setanah Air,

Tak terasa waktu begitu cepat berlalu dan kita pun diizinkan oleh Tuhan untuk kembali singgah di momentum spesial peringatan Hari Guru Nasional 25 November Tahun 2021.

Tiada terasa, peringatan yang berbarengan dengan didirikannya organisasi PGRI ini sekarang sudah bertambah tua.

76 tahun sudah kita menyapa guru serta segenap pelaku pendidikan lainnya. 76 tahun sudah kita berupaya untuk mengapresiasi para guru dan memenuhi hak mereka.

Namun, pada hampir dua tahun terakhir ini Wajah Pendidikan Indonesia sedikit kusam dan lebih mengerut daripada tahun-tahun sebelumnya sebagai imbas tamparan pandemi Corona.

Wabah tersebut adalah ujian nyata bukan hanya bagi eksisitensi pendidikan di Indonesia melainkan pula di dunia.

Alhasil, mau tidak mau, suka dan tidak suka, segenap guru harus berupaya untuk beradaptasi dengan situasi, kondisi, serta sistem belajar-mengajar.

Darinya, lahirnya sistem pembelajaran daring, sistem pembelajaran jarak jauh, hinggalah pembelajaran tatap muka dengan kondisi terbatas maupun penuh. Berbarengan dengan hal tersebut, beberapa kali terbit pula blended learning yang disesuaikan dengan keadaan.

Boleh Baca: Contoh Pidato Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa yang Singkat dan Penuh Makna

Bapak dan Ibu Guru yang Berbahagia;

Terasa atau tidak, pandemi adalah ujian hebat yang mengajak kita untuk memetik hikmah terkait dengan pendidikan.

Sekarang, para orang tua semakin sadar akan pentingnya membimbing anak di rumah. Para guru semakin sadar akan pentingnya teknologi sebagai akselerator pendidikan, dan semua orang mungkin sudah mulai sadar bahwa pendidikan adalah investasi berharga di dunia pendidikan.

Berangkat dari kesadaran tersebut, kita harus bangkit. Entah itu sekolah pelosok maupun kota, entah itu sekolah ujung maupun di tepi jalan, masing-masing dari kita perlu saling mendukung, berkolaborasi, serta bersinergi untuk memulihkan pendidikan di negeri ini.

Para guru sekarang sedang berjuang mewujudkan merdeka belajar, merdeka mengajar, serta menjalankan amanah mengarahkan para generasi penerus bangsa menuju pelajar yang berprofil Pancasila.

Maka dari itu, marilah kita dukung mereka, mari kita sama-sama mendukung, dan jangan segan untuk mengapresiasi dengan sepenuh hati.

Di era milenial seperti saat sekarang ini, kepedulian adalah pijakan utama bagi negeri ini untuk segera pulih dari badai pandemi.

Tidak cukup dengan kata-kata, tidak cukup dengan sambutan, tidak cukup dengan amanat, bahkan juga tidak cukup hanya dengan membagikan kebijakan terbaru.

Tanpa ada rasa kepedulian dan keinginan untuk ikut serta menuju kemajuan, maka akan sangat berat bagi negeri ini untuk segera pulih.

Bapak dan Ibu Guru yang Saya Banggakan;

Pada peringatan Hari Guru Nasional 25 November Tahun 2021 ini, mari kita gaungkan semangat kepedulian dengan balutan sikap optimis untuk kembali memulihkan negeri. Kita sudah rindu melihat Wajah Pendidikan Indonesia kembali tersenyum lepas. Tapi tetap saja dibutuhkan keringat yang tidak sedikit.

Sikap peduli datangnya dari hati, terutama hati yang lemut dan tulus dalam abdi. Berangkat dari kepedulian, mari kita bergerak bersama-sama untuk memulihkan kembali pendidikan di Bumi Pertiwi.

Akhir kata, pada momentum yang berbahagia ini, saya dengan tulus mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional yang ke-76 Tahun 2021. Bergeraklah dengan dan dari hati, lalu bersatu kita demi memulihkan pendidikan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua,
Om swastyastu,Namo buddhaya,
Salam kebajikan,
Rahayu.

Boleh Baca: Isi Pidato Mendikbud untuk Hari Guru Nasional Tahun 2021, Begini 3 Pesan Penting Mas Nadiem

Contoh Pidato Hari Guru Singkat dari Siswa untuk Guru Terbaru Tahun 2021

Contoh Pidato Hari Guru Singkat dari Siswa untuk Guru
Contoh Pidato Hari Guru Singkat dari Siswa untuk Guru. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh
Selamat Pagi dan Salam Bahagia untuk Kita Semua
Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah….
Yang terhormat, Bapak/Ibu Dewan Guru
Serta Teman-teman dari Kelas…hingga…yang saya Banggakan;

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kita nikmat terutama nikmat kesehatan dan kesempatan sehingga kita bisa berkumpul dalam rangka memetik momentum peringatan Hari Guru Nasional ke-76 tahun 2021.

Shalawat berbingkaikan salam kita hadiahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita bakal mendapat pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Hari ini, 25 November Tahun 2021 kita kembali singgah di momentum spesial dan bersejarah yaitu peringatan Hari Guru Nasional sekaligus HUT PGRI yang ke-76.

Berkisah tentang guru, maka saya yakin teman-teman semua masih ingat dengan ungkapan bahwa “Guru adalah orang tua kita di sekolah”. Pada kenyataannya memang demikian, karena selama berada di sekolah, Bapak maupun Ibu guru senantiasa memperhatikan kita.

Ada begitu banyak seluk beluk yang dilirik oleh guru untuk kebaikan kita. Mulai dari baju sekolah yang tidak rapi, tali sepatu yang terlampau longgar, kuku yang sudah panjang, hingga kesehatan kita.

Entah itu adalah wali kelas atau bahkan guru mata pelajaran, masing-masing dari mereka senantiasa tidak pernah bosan menasihati, membimbing serta mengajar kita.

Boleh Baca: Contoh Teks Pidato Guruku Pahlawanku dan Inspirasiku Singkat dan Menyentuh Hati

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Pada kesempatan yang mulia ini, saya ingin sekali mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak dan Ibu Guru. Hari ini adalah hari bahagianya guru, namun kami sebagai siswa belum mampu memberikan yang terbaik.

Tambah lagi di tengah pandemi seperti saat sekarang ini. Rasanya tidak sedikit dari siswa yang mengeluh kepada guru saat pembelajaran online berlangsung, tidak memperhatikan penjelasan guru, lupa mengisi daftar hadir, atau bahkan sengaja tidak mengerjakan tugas.

Atas sikap kami yang kurang baik tersebut, kami memohon maaf dengan setulusnya kepada Bapak dan Ibu guru.

Semoga Bapak dan Ibu guru tetap tegar, tetap sabar, tetap semangat, dan tetap gembira mengajar kami para siswa baik itu saat pembelajaran daring maupun pembelajaran tatap muka.

Saya selalu yakin bahwa seorang guru sejati ialah mereka yang ikhlas, tulus, dan rela membagi pengetahuan. Dari guru, kita bisa belajar banyak tentang perilaku sabar dan rendah hati serta segudang kebaikan lain yang tak mungkin saya sebutkan satu demi satu.

Teman-teman yang saya banggakan;

Pada momentum yang spesial ini, mari kita sama-sama mendoakan yang terbaik untuk kesehatan, keselamatan, kesejahteraan serta kebaikan untuk Bapak/Ibu guru kita.

Saya pun berharap agar Bapak maupun Ibu Guru tetap bersemangat dalam mengajar kami, tetap sabar dalam mendidik kami, dan semoga Allah hadiahkan pahala berlimpah untuk semua guru.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Atas khilaf dan salah saya mohon maaf. Saya akhiri;

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

***

Nah, demikianlah tadi secarik contoh naskah pidato untuk peringatan Hari Guru Nasional (HGN) khususnya pada tahun 2021 ini.

Dua contoh pidato tentang Hari Guru Nasional di atas bisa digunakan oleh kepala sekolah maupun pejabat pemerintah saat menjadi pembina upacara HGN, dan bisa pula digunakan oleh siswa saat gelaran pidato Hari Guru di sekolah.

Akhir kata, mari kita doakan yang terbaik untuk para guru di negeri ini, jangan bosan mengapresiasi mereka, serta petiklah teladan yang baik-baik dari para guru.

Semoga bermanfaat.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Hari Guru Nasional Tahun 2021 Singkat, Apresiasilah Perjuangan Guru di Masa Pandemi"