Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang edukasi, materi belajar, dunia keislaman, soal ujian, motivasi, investasi emas, kesehatan dan fiksi. Klik di sini.
Gulir ke bawah untuk membaca artikel.

Contoh Pidato Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Lengkap dan Menyentuh Hati

Contoh Pidato Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Lengkap
Contoh Pidato Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Lengkap. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudahkah kamu menyemangati dan memberi salam kepada guru yang sekarang ada di dekatmu?

Mudah-mudahan sudah, ya. Karena salam dan semangat adalah salah satu cara sederhana kita dalam membahagiakan serta mengapresiasi guru.

Sebagaimana yang kita ketahui, guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang rela berkorban keringat, waktu, tenaga, bahkan uang demi menjadikan kita pelajar yang berprofil Pancasila.

Sungguh harapan tersebut adalah tugas yang berat bagi seorang guru. Tambah lagi di situasi pandemi seperti saat sekarang ini.

Beban guru bukan lagi sekadar tentang keadaan melainkan juga tuntutan adaptasi dengan situasi lingkungan hingga keadaan negeri ini.

Tentang kurikulum yang berubah-ubah, tentang kebijakan menteri yang berganti, hingga tentang kebijakan buka-tutup sekolah.

Tapi biarlah. Kenyataannya guru adalah pribadi yang kuat dan teguh hatinya. Kita sebagai seorang pelajar pun bisa tetap bahagia dan semangat menimba ilmu dari sosok pahlawan tanpa tanda jasa.

Dan pada kesempatan kali ini, Gurupenyemangat.com ingin menghadirkan contoh pidato tentang guru.

Contoh teks pidato dengan tema guru pahlawan tanpa tanda jasa berikut ini disajikan lengkap dengan pantun dan cocok untuk siswa SD, SMP, maupun SMA.

Nah, langsung disimak saja ya:

Teks Pidato: Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Lengkap dengan Pantun

Teks Pidato Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Lengkap dengan Pantun
Teks Pidato Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Lengkap dengan Pantun. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Selamat Pagi dan Salam Sehat untuk Kita Semua
Yang Terhormat, Bapak/Ibu Kepala SD/SMP/SMA
Yang Terhormat, Bapak/Ibu Dewan Guru
Serta Teman-teman yang berbahagia;

Pertama di atas segalanya, marilah kita panjatkan puji serta syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat, serta nikmat kesempatan sehingga kita dapat berkumpul di ruangan/lapangan ini dalam rangka memeriahkan Hari Guru Nasional Tahun 2021.

Shalawat beserta salam kita hadiahkan kepada junjungan semesta alam, Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Rasanya kita semua sudah tahu bahwa seorang guru adalah pahlawan. Lebih tepatnya pahlawan tanpa tanda jasa.

Guru banyak berkorban keringat, waktu, serta tenaga untuk kemajuan bangsa ini tepatnya dari sisi pendidikan, adab, dan akhlak mulia.

Boleh Baca: 6 Adab Siswa Terhadap Guru dalam Kitab Taisirul Khollaq

Lebih daripada itu, guru pula dituntut oleh pemerintah, pejabat daerah, kepada dinas, hingga wali murid agar mau dan mampu membentuk siswa menjadi pribadi yang berkarakter Pancasila.

Setiap hari kerja, mereka datang ke sekolah sejak pagi-pagi buta. Guru sering kali merasa perlu datang lebih cepat daripada siswa karena mereka khawatir dengan sekolah. Takutnya ada peristiwa yang tidak diinginkan.

Pun demikian ketika jam istirahat tiba. Teman-teman pasti pernah menemukan guru yang amat sangat perhatian. Mencegah kita berlari-lari sana-sini. Melarang kita berkerumun di semak belukar dan taman bunga, bahkan meminta kita untuk tida bermain terlalu riang.

Teman-teman yang saya banggakan;

Apakah kita tersadar dengan peran guru sebagai orang tua sekaligus pahlawan yang tak mengenal tanda jasa tersebut?

Barangkali kesadaran kita tidak akan muncul saat ini, tapi nanti ketika umur mulai beranjak dewasa, kita semua akan segera mengerti. Meski begitu, rasanya kita tidak harus menunggu tua untuk memahami semua itu, kan?

Maka dari itulah, penting bagi kita selaku generasi muda penerus bangsa untuk lebih menghargai, menghormati, serta menaati perintah guru entah itu saat belajar tatap muka maupun belajar online.

Tanpa kita sadari, guru semenjak pandemi ini juga sibuk belajar. Mereka sibuk memperbaharui keterampilan menggunakan teknologi informasi dan aplikasi digital.

Bukan untuk agar bisa bermain game, melainkan guru ingin menampilkan metode pembelajaran yang asyik dan menyenangkan.

Teman-teman yang saya sayangi;

Bagaimana cara kita menghargai guru sebagai seorang pahlawan tanpa tanda jasa? Sebenarnya jawabannya sangat sederhana yaitu, jika kita belum bisa membahagiakan mereka, maka janganlah kita membebani dan menyusahkan hati guru.

Kita pasti menyadari bahwa diri ini terkadang merasa sulit dalam memahami pelajaran, tambah lagi jika diminta harus mendapat nilai yang tinggi. Itu sungguh tuntutan yang berat.

Walau begitu, sebagai seorang pelajar yang tangguh, sudah semestinya kita jangan terlampau mudah berputus asa. Patah arangnya seorang siswa sejatinya sama saja dengan membebani dan menyusahkan guru.

Diajak untuk memahami pelajaran, eh malah asyik bermain dan ribut di dalam kelas. Diajak untuk mencoba mengenal dunia, eh malah kurang peduli dengan kata-kata dan ucapan guru. Sangat disayangkan perilaku tersebut malah menyusahkan guru dan menambah beban mereka.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Pada momentum yang berbahagia ini, marilah kita senantiasa mengapresiasi semua guru dan jangan pernah bosan untuk membahagiakan mereka. Soalnya guru juga adalah pahlawan. Tepatnya pahlawan tanpa tanda jasa.

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Izinkan saya mengakhiri dengan pantun:

Di sebalik bungkus kasur ada busa
Di sebalik pedasnya sambal ada sasa
Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa
Dengan abdi yang terkenang sepanjang masa

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Naskah Pidato Guru Sebagai Sosok Pahlawan Singkat, Padat, dan Jelas

Naskah Pidato Guru Sebagai Sosok Pahlawan Singkat, Padat, dan Jelas
Naskah Pidato Guru Sebagai Sosok Pahlawan Singkat, Padat, dan Jelas. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah.

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Selamat Pagi dan Salam Sehat untuk Kita Semua
Alhamdulillah. Assalatu wassalamu ala rasulillah. Wa ala alihi wasohbihi wa mauwwalah.

Yang Terhormat, Bapak/Ibu Kepala SD/SMP/SMA
Yang Terhormat, Bapak/Ibu Dewan Guru
Serta Teman-teman yang Saya Banggakan;

Puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan nikmat tiada habisnya sehingga kita bisa berkumpul di lapangan/aula/ruangan ini dalam keadaan tanpa kurang suatu apa pun.

Shalawat berlantunkan salam kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Mudah-mudahan dengan seringnya lidah ini bershalawat, kita bakal mendapat pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang Saya Banggakan;

Seberapa sering kita mendengar ucapan “Guru adalah sosok pahlawan”? Sungguh sering, ya. Guru adalah sosok pahlawan yang tidak pernah mengakui bahwa dirinya adalah pahlawan. Maka dari itulah kita juluki mereka dengan sebutan “Pahlawan Tanpa Tanda Saja”.

Entah itu tahun 1945, entah itu tahun 2000-an, dan entah itu tahun 2021 di era pandemi, rasanya ucapan di atas masih sangat cocok dan berlaku. Begitulah, karena sejatinya jasa, daya, karya, dan kecintaan guru akan selalu bertahan sepanjang masa dan enggan tergerus oleh usia.

Boleh Baca: Jadilah Guru yang Berkesan, Karena Guru yang Berkesan Akan Dikenang Sepanjang Masa

Sebagai sosok pahlawan, guru laksana lilin yang rela membakar dirinya sendiri untuk menerangi dunia.

Di dalam kelas, guru membawa isi dunia dan mengenalkannya kepada kita para siswa. Sedangkan ketika di di luar kelas, guru mengenalkan kepada kita tentang luasnya dunia.

Pelajaran yang bisa kita petik adalah agar tetap rendah hati dan jangan sombong atas ilmu yang kita dapatkan selama di dalam kelas.

Teman-teman yang berbahagia;

Ada banyak jalan menuju ke istana, maka ada banyak jalan pula untuk membahagiakan guru. Kita sudah pasti menyadari bahwa diri ini tiada akan bisa membalas jasa para guru. Biarpun begitu, sebagai seorang pelajar yang beradab kita wajib menghormati dan patuh terhadap guru.

Sadarilah bahwa adab adalah kunci utama dimudahkannya ilmu. Sayangnya sekarang semenjak kemajuan teknologi dan informasi, sebagian teman-teman kita adabnya mulai luntur.

Beberapa dari mereka malah bersibuk-sibuk ria berteman dengan Google, TikTok, Facebook, YouTube, Instagram, hingga beragam aplikasi lainnya bahkan di saat jam pelajaran berlangsung.

Kemajuan teknologi sejatinya merupakan kabar baik bagi kemajuan bangsa ini, namun bila tak digunakan dengan bijak dan sebagaimana yang semestinya, maka teknologi yang dimaksud tadi bakal melukai dan menghancurkan diri seorang siswa itu sendiri.

Termasuklah tentang adab kepada guru.

Sikap kita yang diminta berjalan rendah dan menunduk di hadapan guru bukanlah untuk menganggap mereka sebagai raja istana.

Sikap kita yang diminta berkata-kata baik dan lemah lembut kepada guru bukanlah untuk menjadikan mereka sebagai sebaik-baiknya manusia.

Boleh Baca: Pidato Guruku Pahlawanku dan Inspirasiku yang Singkat dan Menyentuh Hati

Jadi, sebenarnya untuk apa sikap berkebaikan kepada guru? Tiada lain ialah agar kita bisa semakin meninggikan adab sehingga ilmu dan pengetahuan yang mereka ajarkan dapat berbekas di hati dan akal pikiran kita.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Demikianlah kiranya pidato yang bisa saya sampaikan pada hari ini. Izinkan saya mengakhirinya dengan sebait pantun untuk guru:

Pergi ke toko mebel mencari pita
Pita tak ada malah kubeli paku
Ada banyak pahlawan di dekat kita
Salah satunya ialah para guru di hadapanku

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

***

Nah, demikianlah tadi segenap contoh pidato bertema guru pahlawan tanpa tanda jasa yang lengkap dan menyentuh hati.

Semoga bisa mendulang manfaat bagi kita semua ya.

Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Lengkap dan Menyentuh Hati"