Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Pidato Guruku Pahlawanku dan Inspirasiku Singkat, Lengkap dengan Pantun

Contoh Teks Pidato Guruku Pahlawanku dan Inspirasiku
Contoh Teks Pidato Guruku Pahlawanku dan Inspirasiku. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai, Sobat Guru Penyemangat, sudahkah kamu mendoakan gurumu hari ini?

Semoga sudah dan senantiasa selalu mendoakan yang terbaik untuk para "Pahlawan Tanpa Jasa" kita semua, ya.

Benar kok. Guru adalah pahlawan yang namanya tidak terukir di buku sejarah. Guru pula adalah pahlawan meski badannya tidak dijadikan patung oleh negara.

Mereka adalah sosok pendidik dan pengajar inspiratif yang dibebankan misi mulia. Apa misinya? Tiada lain ialah untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Maka dari itulah, dalam kesempatan ini Gurupenyemangat.com ingin mengapresiasi para guru di mana pun mereka berada dengan menghadirkan pidato.

Teks pidato tentang guruku pahlawanku dan guruku inspirasiku disusun dengan singkat, mudah dihapal, dan dilengkapi dengan pantun menarik.

Silakan langsung disimak saja ya:

Pidato Guruku Pahlawanku, Singkat dan Menyentuh Hati

Pidato Guruku Pahlawanku, Singkat dan Menyentuh Hati
Pidato Guruku Pahlawanku, Singkat dan Menyentuh Hati. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh
Alhamdulillah. Assalatu wassalamu ala asyrofil anbiya iwal mursalin. Wa ala alihi wasohbihi ajma’in.
Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala SD/SMP/SMA
Yang terhormat, Bapak/Ibu Dewan Guru
Serta Teman-teman seperjuangan yang saya banggakan;

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat, terutama nikmat kesehatan dan kesempatan sehingga kita bisa hadir di sekolah yang kita cintai ini tanpa kurang sesuatu hal apa pun.

Shalawat berbingkaikan salam kita hadiahkan kepada Nabiyullah Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita bakal mendapat syafaat beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Berkisah tentang guru, maka sudah semestinya kita semua jadi ingat dengan sosok pahlawan. Guru mungkin bukanlah jagoan perang dengan tombak maupun bambu runcing di tangan. Biarpun begitu, seorang guru sangat pantas dijuluki pahlawan.

Guruku adalah pahlawanku, gurumu adalah pahlawanmu, dan guru kita adalah pahlawan kita semua.

Guru telah mengajarkan kita membaca, berhitung, serta bagaimana caranya agar menjadi pribadi yang beradab dan bertatakrama.

Cobalah kita mundur sejenak ke masa-masa SD terutama kelas I. Di sana kita adalah seorang bocah ingusan yang bisa saja menangis tiba-tiba karena takut maupun karena diganggu teman. Hebatnya, di sana guru pun hadir menyapa kita seraya berperan sebagai orang tua di sekolah.

Pun demikian dengan hari ini. Andai salah satu dari kita sudah menjadi menteri, menjadi polisi, menjadi dokter, atau bahkan menjadi presiden. Maka hal tersebut tiada lain ialah berkat jasa seorang guru. Ya, meskipun guru bukanlah seorang presiden.

Teman-teman yang berbahagia, bagaimana caranya kita membalas jasa guru yang begitu berarti?

Beberapa dari kita mungkin masih ingat dengan kisah Presiden Barack Obama yang rela datang jauh-jauh dari Amerika ke Indonesia dan menyempatkan diri untuk mengunjungi gurunya semasa SD.

Boleh Baca: 5 Alasan Menjadi Guru SD, Bikin Awet Muda

Bisa dibayangkan oleh kita betapa baguslah contoh perilaku Obama dalam menghargai jasa guru. Bila kita bandingkan antara guru dan presiden, tentu jabatan presiden dianggap lebih masyhur alias terkenal.

Biarpun begitu, guruku adalah pahlawanku, dan kita semua yang ada di sini mungkin tidak akan bisa menjadi apa-apa bila tak ada peran guru.

Teman-teman yang saya banggakan;

Sampai kapan pun, guru adalah pahlawan kita semua. Hebatnya, mereka tak pernah mengaku bahkan memploklamirkan dirinya sebagai seorang pahlawan, karena sudah sejak lama mereka dicap sebagai “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”.

Maka dari itulah, di mana pun, kapan pun, dan dalam keadaan yang bagaimana pun, kita jangan pernah melupakan guru. Selalulah bersikap sopan, santun, serta berikanlah penghormatan kepada mereka baik di dalam kelas, di sekolah, atau bahkan di lingkungan masyarakat.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Demikianlah sepatah dua patah kata yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Semoga bermanfaat. Mohon maaf atas khilaf dan salah. Saya akhiri dengan pantun;

Air masuk kulkas jadi beku
Kalau tangan malah jadi kaku
Salam hormat untuk guruku
Guruku adalah pahlawanku

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Seperti Apa Guru yang Hebat dan Bermartabat?

Naskah Pidato Guruku Inspirasiku yang Mudah Dihapal

Naskah Pidato Guruku Inspirasiku yang Mudah Dihapal
Naskah Pidato Guruku Inspirasiku yang Mudah Dihapal. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh
Selamat Pagi dan Salam Bahagia untuk Kita Semua
Yang Terhormat, Bapak/Ibu Kepala SD/SMP/SMA “Guru Penyemangat”
Yang Terhormat, Bapak/Ibu Dewan Guru SD/SMP/SMA “Guru Penyemangat”
Serta Teman-teman yang Berbahagia

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji serta syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah menghadiahkan nikmat yang tiada habisnya sehingga kita bisa berkumpul di ruangan/sekolah yang sejuk ini.

Shalawat dan salam mari kita kirimkan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan rajinnya bershalawat, kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Kiamat Nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Di manakah kita biasanya mendapatkan inspirasi? Jikalau sudah muncul pertanyaan ini, maka jawaban yang hadir bakal beragam.

Ada yang berkisah bahwa inspirasi sering kali datang dari orang-orang sukses seperti presiden, orang terkaya di dunia, hingga penemu Facebook yang bernama Mark Zuckerberg.

Semuanya benar, dan tidak ada yang salah. Walau begitu, kita jangan lupa bahwa ada sosok lain yang mengenalkan kita tentang semua itu. Tentang nama-nama presiden, pun demikian juga tentang penemu Facebook atau aplikasi digital lainnya.

Siapakah sosok tersebut? Tiada lain ialah guru. Dengan demikian, secara tidak langsung, guru adalah sosok pendidik sekaligus pengajar inspiratif yang memberikan kita inspirasi.

Teman-teman yang berbahagia;

Cobalah kita ingat sejenak dengan suasana kelas. Ketika ada salah satu di antara kita yang sedang buntu pikir, maka sering kali guru menyapa kita dengan semangat seraya membuka cakrawala berpikir.

Dari sana, pengetahuan kita terus bertambah, keterampilan kita semakin terasah, dan adab kita semakin tertata.

Guru adalah sosok sederhana dengan segunung inspirasi. Jadi, tidaklah salah bila saya katakan bahwa guruku adalah inspirasiku.

Boleh Baca: Kata-kata Mutiara untuk Guru

Terkadang kita tak perlu jauh-jauh menyebrangi samudera antartika demi mencari sosok inspiratif, karena saat ini, detik ini juga, sosok tersebut sudah ada di depan mata kita, atau di samping kita.

Dari guru, kita bisa mendapat inspirasi tentang bagaimana seharusnya bersikap dan belajar. Bahwa bersikap itu harus santun, dan belajar itu harus dengan semangat.

Guru jarang sekali mengeluh. Maka alangkah lemahnya kita sebagai siswa bila sedikit-sedikit mengeluh gara-gara ditimpa kesulitan.

Guru saja tidak pernah mengaku lelah di hadapan kita, masa kita saat dihadapkan dengan soal yang sukar saja sudah memilih untuk enggan mengerjakan.

Teman-teman yang berbahagia;

Dari guru kita bisa mempelajari berbagai hal tentang kehidupan. Namun begitu, ada satu hal yang tidak boleh kita lupa atau bahkan kita kesampingkan.

Apa itu? Jadilah seorang pelajar yang selalu meninggikan adab terhadap guru. Hormati mereka, santunlah kepada mereka, dan bertutur baiklah kepadanya.

Soalnya, tersebab oleh gurulah jalan kesuksesan kita akan terbuka. Mungkin bukan hari ini, tapi di masa depan semua impian dan harapan bisa berubah menjadi kepastian.

Bapak, Ibu, serta Teman-teman yang berbahagia;

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga mampu mendulang manfaat dan atas salah kata saya mohon maaf. Izinkan saya tutup dengan pantun.

Anak kecil suka dipangku
Anak kecil suka melirik burung kakaktua
Guruku adalah inspirasiku
Guruku adalah inspirasi kita semua

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

*

Boleh Baca: Pidato Semangat Belajar di Masa Pandemi

Nah, demikianlah tadi dua contoh teks pidato tentang guruku pahlawanku dan guruku inspirasiku yang singkat serta dilengkapi dengan pantun menarik.

Mari kita bahagiakan para guru dan doakanlah yang terbaik untuk kesehatan dan kesuksesan mereka.

Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Guruku Pahlawanku dan Inspirasiku Singkat, Lengkap dengan Pantun"