Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Membuat Spanduk di Canva Secara Online dengan Mudah

Cara Membuat Spanduk di Canva Secara Online
Cara Membuat Spanduk di Canva Secara Online dengan Mudah. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai, Sahabat Guru Penyemangat. Apakah dirimu adalah pelajar, mahasiswa, guru, atau pelaku bisnis? Jika iya, pasti dirimu tidak bakal jauh-jauh dari urusan spanduk alias banner.

Terang saja, orang-orang yang banyak menangani kegiatan biasanya sangat membutuhkan spanduk demi menyukseskan organisasi atau pun diri pribadi.

Walau begitu, terkadang membuat spanduk itu memakan waktu yang cukup lama dan hasilnya sering pula tidak memuaskan, bukan? Apalagi ketika dirimu menyerahkan desain spanduk sepenuhnya kepada pihak percetakan. Eh

Beruntung saat ini kita sudah mengenal Canva sebagai salah satu platform desain grafis terbaik.

Di Canva ada segunung fitur dan elemen yang bisa membantu kita dalam membuat spanduk atau banner berbagai kegiatan dengan mudah.

Nah, sebelum itu, agar spanduk racikan sendiri semakin menarik, elegan, dan kreatif, rasanya perlu bagi Gurupenyemangat.com untuk menghadirkan tips membuat spanduk sederhana tapi menarik.

Tips Membuat Spanduk Sederhana tapi Menarik

Tips Membuat Spanduk Sederhana tapi Menarik
Tips Membuat Spanduk Sederhana tapi Menarik. Dok. Gurupenyemangat.com

Lha, apakah spanduk sederhana itu cukup? Ya, maksudnya sederhana dari segi warna dan tidak terlalu meriah.

Jika dulu kita, termasuk aku sendiri sering membuat spanduk menggunakan aplikasi Photoshop, PowerPoint, dan CorelDraw, tapi sekarang pekerjaan menjadi lebih mudah karena kita bisa meraciknya secara online.

Tapi, jangan asal-asalan membuatnya, ya. Soalnya spanduk itu memiliki daya tarik yang besar dan merupakan elemen penting dari suksesnya sebuah kegiatan. Berikut tips membuat spanduk

1. Sesuaikan Warna Spanduk dengan Tema Kegiatan

Iya benar. Biasanya sebelum membuat spanduk kita pasti menanyakan tema kegiatan kepada para panitia. Sebaiknya, sesuaikan dan pelajari tema kegiatan dengan warna spanduknya.

Pun demikian dengan urusan bisnis. Kolaborasi warna dan slogan promosi menjadi hal penting untuk menyukseskan bisnis maupun kegiatan.

2. Tentukan Ukuran Spanduk yang Tepat

Dalam membuat spanduk, ukuran juga menjadi faktor penting. Selain karena pertimbangan harga, ukuran spanduk juga harus disesuaikan dengan luas ruangan agar nanti kita tidak sibuk memajang paku, menempel lakban, dan urusan tidak penting lainnya.

Biasanya dalam sebuah ruangan seperti gedung atau aula sudah tersedia tempat memajang spanduk beserta paku dan tempat mengikatnya. Entah itu 3x1 meter, 4x1 meter, atau 5x1 meter.

3. Cantumkan Logo Kegiatan

Yup. Logo adalah identitas sebuah organisasi maupun perkumpulan dalam sebuah kegiatan. Logo pula menjadi identitas bisnis. Jadi, usahakan logo dipajang pada bagian atas spanduk ya.

4. Boleh Gunakan Foto Kegiatan/Bisnis

Bolehkah memajang foto? Tentu saja. Foto pemateri kegiatan misalnya, gambar atau ilustrasi yang berkenaan dengan bisnis, dan sebagainya.

5. Gunakan Perpaduan Gambar dan Warna Secara Efektif

Jangan terlalu banyak gambar, karena yang terpenting dalam spanduk itu adalah tema, logo, hingga tanggal pelaksanaan kegiatan. Gunakanlah gambar secukupnya, tulisan secukupnya, dan warna yang tidak lebih mencolok daripada tulisan.

6. Gunakan Logo, Gambar, dan Ilustrasi Kualitas Tinggi

Yang paling penting dalam spanduk adalah kualitas tampilannya baik dari segi logo gambar, tulisan, hingga ilustrasi. Semakin besar ukuran spanduk, semakin besar pula resolusi gambar yang harus kita siapkan.

Jika tidak? Gambar dan ilustrasi di spanduk bakal tampak pecah dan kesannya kurang menarik untuk dipajang.

Cara Membuat Spanduk di Canva

Oke, setelah tadi memperhatikan tips membuat spanduk, sekarang kita bisa langsung praktik meraciknya di Canva secara online.

Berikut langkah-langkah membuat spanduk di Canva:

1. Buka Canva.com

Ya, sebaiknya kita membuat spanduk melalui melalui platform Canva yang diakses melalui laptop atau notebook. Memangnya di handphone tidak bisa? Bisa kok. Tapi rempong. Ini hanya saran sih. Ehem

2. Pilih Ukuran Khusus

Saat sudah login ke Canva.com, silakan pilih menu “Ukuran Khusus” dan masukkan ukuran spanduk yang ingin dibuat.

Perlu diperhatikan, gantilah opsi piksel menjadi cm (centimeter) agar resolusi gambar semakin besar. Dan, perlu diketahui bahwa ukuran maksimal spanduk di Canva adalah 201 x 87 cm.

Ya, setidaknya kita bisa bikin spanduk ukuran 2 x 1 meter di Canva. Hehe. Tapi, ketika gambar spanduk diperbesar hingga dua kali lipat rasanya tetap tidk pecah kok. Serius!

3. Pilih atau Unggah Foto, Gambar dan Logo Spanduk

Ukuran sudah ditentukan, sekarang silakan pilih gambar maupun ilustrasi yang ingin dipajang di spanduk. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur unggah foto maupun logo yang ada di Canva.

Untuk menghapus latar belakang gambar atau logo, silakan manfaatkan fitur penghapus background di Canva. Detailnya silakan simak di: 

4. Kolaborasikan Warna, Tulisan, dan Ilustrasi di Spanduk

Jika logo maupun foto sudah dimasukkan dan diedit, sekarang silakan kostumisasi warna spanduk. Kamu bisa menggunakan warna gradien atau pun warna solid.

Selain itu, copy-paste tema kegiatan/slogan banner yang sudah disiapkan dan pilih font tulisan sesuai selera.

5. Unduh dengan format PNG

O ya, jika spanduk sudah kamu buat secara online di Canva, silakan unduh dengan format PNG ukuran maksimal.

Sebenarnya kamu bisa men-download spanduk dengan format JPEG, namun secara kualitas gambar, resolusi format PNG lebih baik daripada JPEG.

***

Nah, begitulah tadi sajian Guru Penyemangat tentang cara membuat spanduk di Canva secara onlne dengan mudah. Langkah-langkah buat spanduk versi video bisa disimak pada sajian berikut:

Di Canva sudah ada banyak fitur yang bisa kita manfaatkan secara maksimal. Tinggal kitanya lagi yang mau atau tidak untuk berusaha menghasilkan gambar spanduk alias banner yang kreatif.

Terakhir, perlu diperhatikan bahwa jika kamu menggunakan akun Canva gratis, maka gunakanlah gambar, logo, dan elemen yang gratis agar nanti kita bisa mengunduh hasil spanduk secara gratis.

Tapi, jikalau dirimu merasa bahwa fitur gratis Canva sangat terbatas, dirimu bisa mendaftar akun Canva Pro.

Berbayar? Iya. Tapi kamu bisa ujicoba Canva Pro selama 30 hari secara gratis. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mencobanya ya:

Semoga bermanfaat.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Membuat Spanduk di Canva Secara Online dengan Mudah"

--