Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Catat! Inilah 10 Manfaat Sumpah Pemuda Bagi Generasi Muda Milenial

Manfaat Sumpah Pemuda Bagi Generasi Muda Milenial
Manfaat Sumpah Pemuda Bagi Generasi Muda Milenial. Dok. Gurupenyemangat.com

Manfaat Sumpah Pemuda bagi generasi muda milenial, apakah cukup dihapal dan dibacakan saat upacara semata? Tentu saja tidak, wahai muda-mudi.

Setiap tanggal 28 Oktober tiba, maka tibalah pula keramaian di sekeliling kita. Di tepi jalan banyak spanduk, baliho, dan umbul-umbul ucapan selamat memperingati Sumpah Pemuda, serta begitu pula dengan media sosial.

Ramai ucapan, ramai kata-kata bijak mutiara, tapi belum tentu dengan teladan dan petikan dari semangat Sumpah Pemuda.

Karena namanya pemuda, maka para generasi muda milenial-lah yang kemudian dibebankan tanggung jawab untuk meneruskan cita-cita perjuangan bangsa.

Sejak awal, setidaknya kita perlu untuk terlebih dahulu mengetahui apa saja manfaat Sumpah Pemuda bagi generasi muda milenial.

Nah, Gurupenyemangat.com bakal menguraikan segenap manfaatnya, ya. Silakan disimak dan dicermati:

10 Manfaat Sumpah Pemuda Bagi Generasi Muda Milenial

10 Manfaat Sumpah Pemuda
10 Manfaat Sumpah Pemuda. Dok. Gurupenyemangat.com

1. Meningkatkan Rasa Cinta Terhadap Tanah Air

Tidak hanya para pejuang kemerdekaan yang berteriak dan mengaku cinta terhadap tanah air. Kita sebagai seorang pemuda juga perlu mencintai negeri ini sejak dini.

Dengan mencintai negeri, artinya kita peduli dengan keadaan Indonesia. Apakah negeri ini akan maju atau malah terpuruk, penyebabnya tiada lain ialah salah satu dari tindakan kita.

Bayangkan bila pelajar hari ini bermalas-malasan, bagaimana bisa mereka meningkatkan cinta terhadap tanah air. Apa lagi kalau kisah Sumpah Pemuda saja mereka tidak paham sama sekali. Hemm.

2. Meningkatkan Rasa Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Kita menyadari bahwa persatuan dan kesatuan adalah jalan utama menggapai kemerdekaan. Tidak hanya di masa penjajahan tapi juga hari ini.

Andai kita semakin hari semakin terpecah, maka suatu saat bisa saja negeri kita yang besar ini kembali dijajah oleh bangsa asing.

Mungkin tidak dijajah dengan pistol atau bom tapi dijajah dari segi karakter, tabiat, hingga hilangnya rasa cinta terhadap tanah airku Indonesia.

3. Mempererat Ikatan Persaudaraan

Adanya ikrar pemuda mengajak kepada kita untuk mempererat hubungan persaudaraan. Terhadap keluarga, sudah semestinya kita saling akur, saling jaga, dan saling asah, asih, dan asuh.

Pun demikian pula terhadap sanak saudara, tetangga, teman, hingga masyarakat. Walaupun sudah tidak sedarah, tapi kita semua tetap bersaudara karena sama-sama tinggal dan hidup di Nusantara.

4. Meningkatkan Kecintaan Terhadap Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia itu penting dan wajib untuk dicintai serta diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Tanpa adanya ikrar Sumpah Pemuda, bisa saja kita tiada peduli lagi dengan Bahasa sendiri. Jika kepedulian berganti menjadi antipati, maka siap-siap saja bahwa nanti Bahasa Indonesia akan segera musnah ditelan zaman.

Siapa yang mau seperti itu? Tentu tidak ada yang mau. Jadi, manfaat Sumpah Pemuda salah satunya adalah meningkatkan kecintaan tiap-tiap diri untuk merawat Bahasa Persatuan, yaitu Bahasa Indonesia.

5. Menumbuhkan Kesadaran Akan Pentingnya Membela Tanah Air

Tanah Air Indonesia bukan hanya milik pemerintah saja melainkan milik kita semua. Bagaimana kita bisa menyadari hal itu? Tiada lain ialah gara-gara Sumpah Pemuda.

Jika kita tidak disatukan oleh ikrar para pemuda, mungkin tanah air Indonesia akan segera terpecah bahkan jadi rebutan bangsa lain. Tapi karena kita sadar telah menjadi bagian dari negeri ini, maka Tanah Air Indonesia wajib untuk dibela.

6. Menerima Perbedaan Sebagai Rahmat

Berbeda itu biasa, tapi tidak sedikit orang yang enggan menerima. Gara-gara perbedaan bahasa kita bisa ribut, gara-gara perbedaan suku kita bisa berperang, dan gara-gara jabatan banyak orang saling sikut.

Hal tersebut adalah bentuk dari penyimpangan terhadap nilai-nilai Sumpah Pemuda.

Semestinya dengan semangat Sumpah Pemuda mereka dan kita semua bisa lebih menerima perbedaan sebagai rahmat dari Allah.

Bukankah selama ini perbedaan sudah disatukan dalam rajutan Bhinneka Tunggal Ika?

7. Menanamkan Rasa Bangga Sebagai Pemuda Indonesia

Jadi pemuda Indonesia itu harus bangga karena kita adalah bangsa yang besar. Hebatnya, dengan semangat Sumpah Pemuda kita bisa meningkatkan rasa bangga terhadap tanah air.

Adapun pengaplikasian rasa bangga itu banyak macamnya. Kita bisa mengembangkan bakat dan minat untuk menjadi kebanggaan negeri serta berusaha untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Apakah aku bisa? Tentu saja bisa, yang penting mau berusaha, enggan berpatah arang, serta serius dalam menggapai cita-cita.

8. Membina Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama

Sebagai umat beragama, kita harus hidup rukun. Ikrar pertama Sumpah Pemuda menerangkan bahwa kita semua bertumpah darah yang satu yaitu tumpah darah Indonesia.

Jika diri ini mundur jauh ke belakang, tersadarlah oleh kita bahwa perjuangan para pahlawan Indonesia tidak didasarkan oleh kesamaan agama. Mereka semua bersatu tanpa pandang bulu.

Maka dari itulah Sumpah Pemuda hadir dengan semangat dan manfaat agar kita semua mau dan mampu membina diri demi menggapai kerukunan hidup antar umat beragama.

Junjung tinggi toleransi, dan dasari perbedaan tersebut dengan landasan Pancasila.

9. Membangkitkan Semangat Belajar Demi Menggapai Cita-cita

Bagaimana kita bisa membela tanah air? Bagaimana kita bisa menjadi bangsa yang besar? Dan bagaimana agar kita bisa menjunjung tinggi bahasa persatuan?

Jawabannya tiada lain ialah dengan bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam belajar. Itulah teladan dari nilai-nilai Sumpah Pemuda yang wajib dimiliki oleh tiap-tiap diri.

Dengan belajar sungguh-sungguh, cita-cita kita akan segera tergapai, akhlak akan semakin tertata, dan diri ini akan lebih mengerti seluk-beluk tentang Indonesia.

O ya, belajar pula tak mengenal usia karena menuntut ilmu dilakukan sejak buaian hingga tiba di liang lahat. Pendidikan itu seumur hidup, teman.

10. Meningkatkan Semangat Bergotong-royong di Mana pun Kita Berada

Salah satu hal yang sangat penting untuk kita petik dari Sumpah Pemuda ialah semangat gotong-royong. Dari kegiatan gotong-royonglah kita bisa bersatu dan berhimpun dalam semangat.

Segala pekerjaan akan jadi lebih mudah, segala harapan akan semakin cepat terwujud, dan kita yang kemarin berpecah lambat laun akan bersatu.

Maka dari itulah, Sumpah Pemuda sangat bermanfaat bagi kita semua tanpa terkecuali dalam rangka meningkatkan semangat gotong-royong di mana pun, kapan pun, dan terhadap siapa saja.

***

Akibat yang Ditimbulkan Apabila Pemuda tidak Melaksanakan Sumpah Pemuda

Kira-kira apa saja ya akibat yang ditimbulkan apabila pemuda tidak melaksanakan sumpah pemuda? Pastinya banyak sekali, temanku, dan akibat paling buruk ialah hancurnya generasi muda bangsa ini.

Bagaimana tidak hancur, jika anak-anak muda penerus dan pengganti para pemimpin negeri di hari ini enggan mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda, maka rasa cinta terhadap tanah air bakal luntur, jiwa nasional kian tak terasah, bahkan persatuan dan kesatuan negeri akan terpecah.

Sungguh dampak yang mengerikan bagi keberlanjutan negeri ini di masa depan. Belum selesai sampai di sana, bisa saja gangguan-gangguan dari negara lain muncul dan semakin menghancurkan ketentraman bangsa ini.

Mengapa begitu? Karena para pemuda yang seperti kata Presiden Soekarno mampu mengguncang dunia malah tidak melaksanakan Sumpah Pemuda.

Maka dari itulah, marilah kembali kita baca sejarah, pelajari kisah masa lalu, petik hikmah dan kebaikan, lalu amalkan nilai-nilai teladan dan semangatnya di hari ini.

*

Nah, bagaimana sahabat Guru Penyemangat? Adakah dari kesepuluh manfaat Sumpah Pemuda di atas yang sudah kalian dapatkan?

Semoga saja ada, ya.
Semoga catatan di atas bermanfaat.

Salam Pemuda

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Catat! Inilah 10 Manfaat Sumpah Pemuda Bagi Generasi Muda Milenial"

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang Edukasi, Materi Belajar, Dunia Keislaman, Soal Ujian, Motivasi, Investasi Emas, Kesehatan, Tutorial, dan Fiksi. Klik di sini.