Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang edukasi, materi belajar, dunia keislaman, soal ujian, motivasi, investasi emas, kesehatan dan fiksi. Klik di sini.
Gulir ke bawah untuk membaca artikel.

5 Cara Membersihkan Rumah yang Sesuai dengan Semangat Sumpah Pemuda

Cara Membersihkan Rumah yang Sesuai dengan Semangat Sumpah Pemuda
Cara Membersihkan Rumah yang Sesuai dengan Semangat Sumpah Pemuda. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai pemuda-pemudi sahabat Guru Penyemangat, seberapa berkobar semangatmu dalam menyambut Sumpah Pemuda?

Kita tentu ingat betul bagaimana perjuangan para pemuda hingga ikrar “Bertumpah Darah yang Satu”, “Berbangsa yang Satu”, dan “Menjunjung Tinggi Bahasa Persatuan” terus eksis hingga hari ini.

Hal tersebut sejatinya memiliki makna mendalam yang mencakup seluruh aspek kehidupan manusia. Tidak hanya tentang pemerintahan maupun pembelajaran melainkan juga dengan kegiatan bersih-bersih rumah.

Lho, memangnya ada ya cara membersihkan rumah yang sesuai dengan semangat Sumpah Pemuda?

Tentu saja. Intinya, kita mengaplikasikan semangat Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari yang mana bisa dimulai dari lingkungan keluarga.

Nah, berikut telah Gurupenyemangat.com sajikan 5 cara membersihkan rumah yang sesuai dengan semangat teladan Sumpah Pemuda.

Apa saja caranya? Oke, langsung disimak saja, ya:

5 Cara Membersihkan Rumah yang Sesuai dengan Semangat Sumpah Pemuda

5 Cara Membersihkan Rumah yang Sesuai dengan Semangat Sumpah Pemuda
5 Cara Membersihkan Rumah yang Sesuai dengan Semangat Sumpah Pemuda. Dok. Gurupenyemangat.com

1. Mengajak Semua Anggota Keluarga Bekerja Sama untuk Membersihkan Rumah

Benar. Yang namanya anggota keluarga di dalam rumah itu bukan hanya ayah dan bunda saja melainkan juga adik, kakak, serta siapa saja orang yang tinggal di sana.

Pun demikian terkait dengan kegiatan bersih-bersih rumah. Bukan hanya menjadi kewajiban ibu atau anak perempuan saja melainkan juga kewajiban semua anggota keluarga.

Setiap pekerjaan akan terasa lebih mudah dan cepat selesai bila kita kerjakan bersama-sama. Guru Penyemangat kira, inilah bagian dari semangat sumpah pemuda dalam rangka meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan di dalam lingkuang keluarga.

2. Tidak Mengeluh, Patuh dan Taat kepada Kedua Orang Tua

Jadi pemuda itu pantang untuk mengeluh. Sungguh! Tidak ada gunanya mengeluh karena tidak akan ada sesuatu yang berubah selama sesuatu itu tidak dikerjakan.

Termasuklah seperti kegiatan membersihkan rumah. Jikalau disuruh ayah dan bunda saja kita sudah mengeluh dan mengaku enggan membantu bersih-bersih rumah, bagaimana bisa kita menjadi anak kebanggaan kedua orang tua.

Padahal, di negeri Indonesia ini kita harus bangga dengan NKRI, bangga membela NKRI, masa iya kepada kedua orang tua saja tidak mau patuh. Sungguh itu bukanlah semangat kepemudaan.

3. Meminta Tolong Membersihkan Rumah dengan Bahasa yang Benar, Baik dan Sopan

Salah satu ikrar Sumpah Pemuda yaitu menjunjung tinggi Bahasa Persatuan yaitu Bahasa Indonesia. Bagaimana aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Saat membersihkan rumah, sikap kita ialah menggunakan bahasa yang benar, baik dan sopan. Tidak harus berbahasa Indonesia sesuai EYD, kita juga bisa menggunakan Bahasa Daerah yang merupakan bagian dari kekayaan dan keanekaragaman bangsa ini.

Meski begitu, menggunakan bahasa apa pun haruslah dengan baik, sopan, dan santun. Misalnya saat dirimu meminta bantuan adik atau kakak saat membersihkan halaman rumah, maka sapalah mereka dengan baik.

Pun demikian saat menjawab perintah orang tua, jawablah dengan sopan, dengan menggunakan kata-kata yang tidak menyakiti mereka. Begitulah semestinya teladan semangat Sumpah Pemuda di lingkungan keluarga.

4. Membuang Sampah di Tempatnya

Ya, sampah wajib dibuang pada tempatnya. Jika sampah saja dibuang sembarangan, bagaimana kita bisa sok-sok-an mengaku bersemangat Sumpah Pemuda? Katanya bertumpah darah yang satu, tapi buang sampah saja masih semena-mena.

5. Bersemangat dalam Membersihkan Rumah

Jadi pemuda itu harus semangat. Kalau ngakunya anak muda, tapi hari-hari penuh dengan rasa malas, ngantuk, dan keseringan rebahan, apa gunanya?

Begitu pula dalam kegiatan membersihkan rumah. Entah itu sekadar cuci piring, menyapu dan mengepel lantai, hingga membersihkan sarang laba-laba semuanya mesti dilakukan dengan semangat.

Junjung tinggi persatuan, kesatuan dan tingkatkanlah kerukunan antar sesama anggota keluarga. Sejatinya segala hal yang baik itu dimulai dari sesuatu yang kecil. Dan, sesuatu yang kecil biasanya akan berdampak besar bagi kehidupan kita di masa mendatang.

***

Sahabat Guru Penyemangat, demikianlah tadi sajianku tentang segenap cara membersihkan rumah yang sesuai dengan semangat Sumpah Pemuda.

Sejatinya semangat tersebut tidak hanya kita gaungkan pada momentum 28 Oktober saja melainkan harus menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

Salam Pemuda!

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk " 5 Cara Membersihkan Rumah yang Sesuai dengan Semangat Sumpah Pemuda"