Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Karangan dan Cerita Tentang Pengalaman di Hari Kemerdekaan Indonesia 2021

Contoh Karangan dan Cerita Tentang Pengalaman di Hari Kemerdekaan Indonesia 2021
Contoh Karangan dan Cerita Tentang Pengalaman di Hari Kemerdekaan Indonesia 2021. Dok. Gurupenyemangat.com

Salam Merdeka! Hai, Sobat Guru Penyemangat, bagaimana kabar kalian di momentum Kemerdekaan Indonesia hari ini? Semoga tetap tangguh dan terus bertumbuh, ya.

Indonesia sedang berbahagia karena pada 17 Agustus 2021 kemarin telah bertambah usia menjadi 76 tahun. Usia yang sungguh terlihat semakin menua, ya.

Sudah pasti banyak cerita, kisah, pengalaman, kesan, kritik, serta pesan sejak HUT RI bermula. Situasi saat ini pun semakin runyam dan kompleks gegara pandemi corona.

Maka dari itulah, mari sama-sama kita berdoa seraya berusaha untuk menjaga kesehatan diri, kesehatan keluarga, serta kesehatan warga negara Indonesia agar pandemi segera berlalu dari Nusantara.

Dan dalam hal ini, Gurupenyemangat.com juga bakal menyajikan beberapa contoh karangan dan cerita yang bisa kalian jadikan bekal untuk menulis pengalaman HUT ke-76 RI.

Contoh karangan dan ceritanya bertema pengalaman di Hari Kemerdekaan Indonesia seraya memeriahkan momentum 17 Agustus 2021 di masa pandemi.

Nah, langsung disimak saja, ya:

Contoh Karangan Tentang Pengalaman di Hari Kemerdekaan Indonesia 2021

Contoh Karangan Tentang Pengalaman di Hari Kemerdekaan Indonesia 2021
Contoh Karangan Tentang Pengalaman di Hari Kemerdekaan Indonesia 2021. Dok. Gurupenyemangat.com

Pengalaman di HUT RI biasanya tidak bakal jauh-jauh dari kegiatan upacara dan lomba-lomba dalam rangka membakar kembali semangat perjuangan di momentum kemerdekaan.

Walau begitu kisahnya, masing-masing pengalaman tentu memiliki kesan dan keseruannya tersendiri, kan? Nah. Hal itulah yang tidak mungkin sama. Mari kita cermati contoh karangannya:

Pengalamanku Mengikuti Lomba Makan Kerupuk dalam Menyambut HUT ke-76 RI

Hai, teman. Perkenalkan namaku Dina. Di sini aku bakal menceritakan hasil karangan tentang pengalamanku di momen berbahagia Hari Kemerdekaan Indonesia Tahun 2021.

Adapun kegiatan yang aku lakukan bersama keluarga dalam menyemarakkan HUT ke-76 RI yaitu mengadakan lomba makan kerupuk di rumah.

Nah, pesertanya terdiri dari kedua orangtuaku, adik dan kakakku, saudara sepupuku hingga kakek dan nenekku. Cukup banyak, yaitu sekitar 12 orang.

Walau hanya kegiatan sederhana di halaman rumah, aku tetap bersemanngat. Sejak pagi hari 17 Agustus 2021 aku diajak Ayah untuk memasang tali seraya mengikat kerupuk dengan setelan tinggi yang pas.

Kegiatannya semakin seru karena diiringi dengan berbagai macam lagu kebangsaan Indonesia yang bikin semangat seperti lagu Maju Tak Gentar, 17 Agustus, hingga Satu Nusa Satu Bangsa.

Lebih serunya lagi, siapa pun peserta lomba makan kerupuk mendapat hadiah dari Ayah. Kami juga tak lupa menempelkan stiker bendera merah putih di pipi agar makin semangat.

Setelah mengikuti lomba makan kerupuk, kakekku sempat berpesan agar kami semua senantiasa meneladan nilai-nilai perjuangan para pahlawan dan tetap semangat menggapai cita-cita.

Ceritaku Mengikuti Lomba Pembacaan Teks Proklamasi di Hari Kemerdekaan

Merdeka! Hai, kawan-kawan. Bagaimana kabar kalian di momentum berbahagia Hari Kemerdekaan RI ini? Semoga senantiasa ceria, ya. Perkenalkan namaku Chiara. Di sini aku bakal menceritakan pengalamanku dalam meramaikan HUT ke-76 RI.

Kebetulan beberapa waktu yang lalu aku mendapat kiriman poster lomba dari salah seorang teman Ayahku. Karena tertarik, aku pun memilih untuk mengikuti lomba pembacaan teks proklamasi.

Nah. Kompetisi tersebut sistemnya adalah perekaman video yang kemudian diunggah ke akun YouTube. Aku pun berpakaian rapi dan meminta tolong kepada Ibu untuk merekam kegiatanku.

Tapi ternyata? Membaca teks proklamasi yang baik, benar, dan bagus memerlukan latihan berulang-ulang.

Selain itu, kita pula perlu meresapi dan menghayati kata demi kata agar pesan kemerdekaan yang ada di teks proklamasi bisa tersampaikan kepada orang banyak.

Nah, demikianlah ceritaku. Titip doa, ya kawan-kawan. Mudah-mudahan menang. Merdeka!

Cerita Tentang Pengalaman di HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia di Masa Pandemi Corona

Cerita Tentang Pengalaman di HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia di Masa Pandemi Corona
Cerita Tentang Pengalaman di HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia di Masa Pandemi Corona. Dok. Gurupenyemangat.com

Kisah HUT RI di masa pandemi corona tentu sangat berbeda, kan? Berbeda sebuah kisah, maka berbeda pula pengalaman, kesan, serta pesan yang bisa kita tulis.

Mari simak contoh berikut serta tetap semangat berjuang dan belajar di tengah pandemi.

Mengikuti Upacara Virtual Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2021

Hai, semua. Perkenalkan nama saya Adi. Saya bakal menceritakan pengalaman seru mengikuti upacara virtual dalam menyambut HUT ke-76 RI.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, suasana hari ini masih pandemi sehingga kegiatan upacara di lapangan masih sangat terbatas. Tidak semua daerah bisa mengadakannya karena tidak memungkinkan dari aspek kesehatan.

Alhasil, Saya bersama keluarga berniat untuk mengikuti upacara virtual Hari Kemerdekaan Indonesia yang digelar oleh pemerintah melalui video conference.

Walaupun hanya sekadar upacara virtual, Saya sangat senang karena bisa bergabung dengan begitu banyak rakyat Indonesia serta satu room dengan Presiden maupun Wakil Presiden.

Adapun rangkaian kegiatan upacara virtual dimulai sejak pukul 08.00 pagi dan berakhir pada jam 6 sore kurang tepatnya pada saat upacara penurunan bendera merah putih.

Pada setiap sesinya, Saya lihat banyak penampilan musik tradisional serta kuis berhadiah sebagai hiburan. Para peserta upacara lainnya pun cukup banyak yang mengenakan pakaian adat.

Walau begitu, mudah-mudahan pada tahun depan kita bisa upacara HUT RI dengan tenang dan bersama-sama di lapangan tanpa ada gangguan wabah, ya. Semoga pandemi segera pergi.

Boleh Baca: Cerita Pendek Inspiratif Bertema Kemerdekaan Indonesia yang Menyentuh Hati

Cerita Seru Bersama Tetangga Mengikuti Lomba Kuis Kemerdekaan Indonesia

Sekali Merdeka Tetap Merdeka, Selama Hayat Masih Dikandung Badan! Salam Merdeka, teman-teman. Perkenalkan nama Saya Dinda. Di sini saya akan bercerita tentang pengalaman seru menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia.

Karena situasinya masih pandemi, kegiatan untuk memeriahkan kemerdekaan jadi terbatasi. Beberapa hari yang lalu Ayahku berinisiatif untuk bekerja sama dengan beberapa orang tetangga untuk menggelar lomba bertema kemerdekaan.

Boleh Baca: Karangan dan Cerita Tentang Covid-19 dan Cara Menulisnya

Setelah beberapa lama berdiskusi, akhirnya ditentukanlah bahwa lomba yang digelar adalah lomba kuis kemerdekaan.

O ya, lomba ini sangat seru loh, teman-teman. Singkatnya, para peserta diminta berbaris memanjang ke belakang dan tiap-tiap peserta bakal diberi pertanyaan seputar perjuangan bangsa, nama-nama pahlawan, hingga nilai-nilai dalam Pancasila.

Siapa saja yang bisa menjawab akan mendapat hadiah, tapi bagi mereka yang salah akan disiram tepung. Hahaha.

Saya pun beberapa kali salah menjawab pertanyaan sehingga wajah ini rata dengan tepung.

Nah, demikian tadi cerita Saya bersama keluarga dan tetangga dalam meramaikan Hari Kemerdekaan Indonesia. Bagaimana dengan teman-teman, adakah kisahnya yang sama dengan Dinda?

Pengalamanku di Rumah Aja pada Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 Tahun 2021

Hai, semua. Salam kenal. Namaku Rifqi. Mendengar cerita dan karangan teman-teman tentang Hari Kemerdekaan Indonesia ternyata sungguh menyenangkan, ya.

Walau begitu, kisahku agak sedikit berbeda. Karena tinggal di desa dan tidak mendapat dukungan akses sinyal internet yang memadai, akhirnya aku memeriahkan HUT RI di rumah saja.

Tidak ada kegiatan lomba di desa, juga aku tidak berpartisipasi untuk menyemarakkan kegiatan Hari Kemerdekaan Indonesia secara virtual. Maklum. Selain pandemi, ketersediaan kuota internet sangat terbatas.

Alhasil, aku bersama keluarga pun memilih untuk menyaksikan kemeriahan HUT ke-76 RI di masa pandemi melalui layar televisi.

Aku amati, pelaksanaan kegiatan Kemerdekaan memang kurang maksimal karena di sisi yang sama kita harus menjaga kesehatan diri dan warga dari wabah.

Harapanku ke depannya, mudah-mudahan pandemi corona segera pergi dari kediaman Bumi Pertiwi tercinta agar kita bisa memeriahkan HUT RI secara maksimal.

Soalnya, saat ini belum ada aku lihat lagi kegiatan lomba yang sangat seru seperti balap karung, panjat pinang, hingga balap kelereng. Padahal sangat seru. Demikianlah ceritaku. Dirgahayu Indonesiaku. Merdeka!

***

Nah. Setelah membaca berbagai contoh karangan dan cerita bertema pengalaman di Hari Kemerdekaan Indonesia di atas, bagaimana komentarmu? Adakah pengalamanmu yang sama dengan kisah di atas?

Baiklah. Guru Penyemangat mengucapkan Dirgahayu Indonesia. Merdeka!

Lanjut Baca: Contoh Karangan dan Cerita Tentang Penerapan Sila Persatuan Indonesia

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "Contoh Karangan dan Cerita Tentang Pengalaman di Hari Kemerdekaan Indonesia 2021"

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.