Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Membiasakan Diri Mengucapkan Terima Kasih, Sudahkah Anda Dapatkan?

“Terima kasih” merupakan salah satu kata ajaib yang kadang terlupakan. Iya, ucapan atau penuturan terima kasih atas sesuatu hal yang diberikan oleh orang lain atau apa pun terkadang lupa untuk dihadiahkan. 

Padahal...

Ucapan tersebut begitu penting dilakukan sebagai bentuk respon baik dan apresiatif terhadap orang lain.

Kebiasaan mengucapkan kata terima kasih merupakan cara sederhana dalam bersopan santun kepada diri sendiri dan orang lain.

Kebiasaan sederhana yang kita lakukan kepada orang lain akan berdampak positif, sehingga orang lain pun merasa lebih dihargai.

Syahdan, ungkapan terima kasih sebagai bagian dari bentuk apresiatif terhadap apa yang dilakukan oleh orang lain. Jadi, tidak akan rugi kalau ucapan terima kasih sebagai suatu kebiasaan. Setuju? Setuju, dong!

Nah, pertanyaannya, sudahkah kita terbiasa mengucapkan terima kasih?

Membiasakan Diri Mengucapkan Terima Kasih
Membiasakan Diri Mengucapkan Terima Kasih. Foto: Pixabay

Membiasakan diri mengucapkan terima kasih merupakan sikap apresiatif penuh syukur atas pemberian orang lain. O ya, syukur pertama yang perlu digaungkan ialah syukur atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan juga apa yang dirasakan saat ini. 

Ucapan terima kasih tidak hanya ketika diberi hadiah atau mendapat pertolongan dari orang lain. Jangan sebatas hal itu saja kita mengucapkan terima kasih, tetapi renungi dan rasakan apa yang didapatkan.

Mengucapkan terima kasih mempunyai rasa atau perasaan mengapresiasi dengan tulus penuh makna terhadap sesuatu yang diperoleh serta yang diperbuat oleh orang lain.

Ketika kita menghadirkan ungkapan terima kasih, kita akan punya pemikiran dan pandangan positif serta tingkatkan produktivitas yang akan berdampak pada kehidupan. Detailnya bagaimana?

Berikut ada 7 manfaat ketika kita membiasakan diri mengucapkan terima kasih.

1. Berdampak Bagi Kesehatan Mental

Sikap yang dilakukan tentu memiliki dampak terhadap diri orang yang melakukannya. Membiasakan diri mengucapkan terima kasih akan mempunyai efek positif terhadap kesehatan mental. 

Secara perlahan, ungkapan terima kasih yang dibiasakan dapat mengurangi emosi negatif berupa frustasi, kebencian, dan kecemburuan. Oleh karena itu, biasakan untuk ucapkan terima kasih supaya tetap mental tetap sehat.

Rasa terima kasih menurut Profesor Psikologi Universitas California, Robert A Emmons secara signifikan akan meningkatkan kebahagian serta mengurangi depresi. Bahkan, juga ikut mengurangi pikiran negatif lakukan bunuh diri. 

Dengan demikian, pembiasaan mengucapkan terima kasih merupakan wujud perasaan bersyukur yang berdampak pada kesehatan mental. Bersyukur tidak hanya bisa mengurangi stress tapi punya peran penting mengatasi trauma. 

2. Memperluas dan Memperkuat Hubungan Sesama 

Menjalin hubungan alias relationship dengan siapapun, baik itu pasangan, teman, keluarga, atau rekan kerja akan baik jika saling menghargai. 

Nah, jika ingin meningkatkan hubungan baik, saling menghargai, maka salah satu cara yang bisa dilakukan dengan membiasakan diri untuk menggaungkan terima kasih. 

Mengucapkan terima kasih atas segala hal yang mereka lakukan atau perbuat, akan berpengaruh baik untuk diri sendiri bahkan orang lain

Kebiasaan mengucapkan terima kasih sangatlah penting dalam suatu hubungan yang bersifat jangka panjang. Apalagi pasangan hidup, sungguh bakal mempererat ikatan dan kepercayaan.

Lebih lanjut, melakukan upaya membuat pasangan senang dan bentuk apresiatif mengucapkan terima kasih akan berkolerasi pada kepuasan pernikahan. 

Dengan begitu, pernikahan dari waktu ke waktu lebih terasa menyenangkan sehingga mencegah perceraian. Cihui!

3. Menjadikan Tubuh/Fisik Sehat  

Orang yang terbiasa mengucapkan terima kasih akan cenderung lebih memiliki tubuh atau fisik dengan kualitas sehat. Ya, mengucapkan terima kasih yang menjadi kebiasaan pada diri seseorang menunjukkan lebih sedikit masalah kesehatan. 

Sakit kepala, masalah pencernaan, dan infeksi saluran pernafasan bisa segera dihindari. Semua itu disertai dengan rasa syukur dan melakukan olahraga rutin dan cek kesehatan rutin.

4. Tingkatkan Kepercayaan Diri

Membandingkan tingkat sosial pada seseorang merupakan sesuatu hal yang tidak menunjukkan sikap berterima kasih dan bersyukur. Setuju, kan?

Tentu saja. Membandingkan kekayaan diri dengan orang lain, jabatan, serta status sosial sering kali mampu mengeringkan hati. Tapi, hati akan kembali menjadi lembut ketika kita mampu menghargai pencapaian diri dan pencapaian orang lain.

Ya, salah satunya adalah dengan membiasakan diri untuk berterima kasih. Pembiasaan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri sebab dapat mengurangi perbandingan sosial. 

5. Hidup Lebih Bahagia

Membiasakan diri mengucapkan kata ajaib juga akan membuat hidup dirimu dan diriku lebih bahagia. Hal ini karena kita akan mengurangi perbandingan diri terhadap orang lain dan lebih merasa bersyukur. 

Apabila kebiasaan mengucapkan terima kasih sudah dilakukan, maka kebiasaan komplain alias protes berkurang sehingga bisa membuat pikiran ini lebih fresh dan menjauhkan dari pikiran stres.

6. Menjadikan Lebih Murah Hati 

Seseorang yang meninggikan rasa berterima kasih tentu akan menunjukkan sikap baik terhadap orang lain, walaupun mendapatkan perlakukan yang tidak menyenangkan atau kurang baik sekali pun. 

Orang yang memiliki rasa dan kebiasaan mengucapkan terima kasih akan lebih sedikit mempunyai sikap membalas orang lain. Ya, lagi-lagi meskipun dirinya mendapat komentar dan perlakuan negatif. 

Kepekaan atau sensitivitas lebih tinggi sehingga akan berempati bukan ingin membalas. Nah, loh!

7. Menjauhkan Diri dari Pikiran Negatif 

Apabila masalah datang atau sedang mengalami masalah berat, sebenarnya kita jangan langsung memikirkan hal-hal yang negatif. 

Akan lebih bijak jika diri ini mencoba untuk bersyukur dan berterima kasih lebih banyak lagi dari biasanya terhadap diri sendiri maupun orang lain. 

Terang saja, jalan tersebut bakal membuat kita lebih cepat menerima keadaan dan berpikir secara rasional demi merengkuh jalan keluar.

Kalau pikiran kita negatif? Ya, tahu sendiri. Segenap rasa pesimis bakal bertamu dan terkadang enggan untuk berpindah. Ehem..

Manfaat Lain Ketika Kita Membiasakan Diri Mengucapkan Terima Kasih 

Kebiasaan yang dilakukan dengan mengucapkan terima kasih baik untuk diri sendiri maupun orang lain tentu memiliki dampak, kan? Mengapa? 

Sejatinya mengucapkan terima kasih punya segenap nilai positif. Orang lain akan merasakan bahagia dengan mendapatkan apresiatif yang baik. 

Nah, kebiasaan mengucapkan terima kasih memiliki manfaat luar biasa bagi diri sendiri serta orang lain. 

Sebut saja seperti menjadikan orang lain merasa dihargai, menjadi lumbung motivasi, membuat senang orang lain, mampu mengatasi masalah, hingga meningkatkan jalinan hubungan menjadi lebih baik

Dengan demikian, mulailah untuk membiasakan diri mengucapkan terima kasih sebagai ungkapan rasa syukur serta menghargai orang lain. Ungkapan terima kasih perlu diviralkan, sama halnya dengan ungkapan minta tolong dan maaf.

Semoga bermanfaat. Salam.

Baca juga: 

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "7 Manfaat Membiasakan Diri Mengucapkan Terima Kasih, Sudahkah Anda Dapatkan?"

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

Diperbolehkan mengutip sebagian tulisan di blog ini dengan catatan menyertakan sumber Gurupenyemangat.com atau link artikel terkait.