Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kisi-Kisi Soal UAS dan Ujian Praktik Sekolah PAI Jenjang SMA/SMK Tahun Ajaran 2020/2021

Seiring dengan bakal digelarnya UAS jenjang SMA dan SMK, Kep. Dirjen Pendidikan Islam telah meluncurkan juknis yang berisikan petunjuk teknis penyusunan kisi-kisi soal UAS, kartu soal, hingga panduan ujian praktik mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Sebagaimana yang kita pahami bersama, Ujian Sekolah merupakan bentuk penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan yang sengaja dihadirkan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan tiap-tiap mata pelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum.

Tambah lagi, saat ini Ujian Nasional sudah ditiadakan, sehingga hadirnya UAS adalah jalan untuk mengevaluasi peserta didik pada akhir jenjang.

Kisi-kisi UAS PAI SMA dan SMK 2021

Terkait dengan UAS mapel PAI jenjang SMA dan SMK, pemetaan level kognitif ditilik dari Kep. Dirjen Pendidikan Islam No. 3451 Tahun 2020. Nantinya, siswa kelas XII SMA/SMK akan diberikan total 45 soal dengan rincian 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian.

Dari keseluruhan soal tersebut termuat level kognitif pengetahuan dan penalaran (level 1), aplikasi (level 2), dan penalaran (level 3).

Untuk penyebaran soal pilihan ganda dan uraian, materi muatan Al-Quran, Aqidah, Akhlak, Fiqh, hingga Sejarah Peradaban Islam bakal dibagi dengan persentase sama rata serta didominasi soal kelas XII.

Kisi-Kisi Penulisan dan Kartu Soal UAS PAI Jenjang SMA dan SMK Tahun Ajaran 2020/2021

Pada UAS PAI jenjang SMA/SMP, Lingkup kisi-kisi soal berkisar pada pemaknaan rukun-rukun iman, pengalaman akhlak seperti syukur, toleransi dan demokratis, penyelenggaraan jenazah, sumber hukum Islam, haji/umrah, hingga sholat jenazah.

Untuk keterangan lebih detailnya, masing-masing kompetensi dasar dituangkan ke dalam kartu soal yang dilengkapi dengan deskripsi soal, materi pokok, hingga kunci jawaban.

 Contoh kartu soal dapat dilihat pada ilustrasi berikut:

Kartu Soal UAS PAI SMA dan SMK 2021

Kisi-Kisi Ujian Praktik PAI Jenjang SMA dan SMK Tahun Ajaran 2020/2021

Terkait dengan kisi-kisi ujian praktik PAI jenjang SMA dan SMK, ada tiga aspek utama yang wajib dilaksanakan oleh guru PAI di sekolah yaitu aspek Al-Quran, aspek Fiqh, dan aspek akhlak.

Aspek Al-Quran, memuat uji kemampuan membaca dan penerapan tajwid, serta hafalan surat-surat pendek Al-Qur`an. Guru PAI meminta siswa untuk membaca ayat-ayat Al-Qur`an yang berkaitan dengan:

Prasangka baik (husnuzan); larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina; semangat menuntut ilmu; kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja; toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan; berpikir kritis dan bersikap demokratis; saling menasehati dan berbuat baik (ihsan) sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.

Terkait dengan aspek Fiqh, materi yang diuji mencakup praktik taharah (wudu, tayamum, dan membersihkan najis), praktik salat (fardu berjamaah, salat sunah, salat jenazah), praktik zikir dan do’a sesudah salat fardu, serta praktik penyelenggaraan jenazah.

Dan untuk aspek Akhlak, materi yang diuji, antara lain tentang adab saat melaksanakan praktik seperti cara berpakaian, adab saat masuk/duduk, adab saat salat, adab saat membaca dan menghafal surat-surat pendek AlQur`an, dan adab saat dikir dan do’a.

Meski demikian, sajian praktik ini materinya masih bisa dikembangkan oleh masing-masing guru PAI di sekolah. 

Namun, diharapkan pelaksanaan ujian praktik PAI jenjang SMA dan SMK tahun 2020/2021 tidak begitu memberatkan siswa serta memperhatikan aspek kesehatan dan keselamatan. 

Bagaimana tidak, ujian sekolah maupun ujian praktik di tahun ini masih berdampingan dengan pandemi covid-19. Mudah-mudahan pelaksanaannya di lapangan bisa berjalan dengan baik dan aman.

Download Kisi-Kisi Soal PAI SMA dan SMK di sini: <<Download>>

Baca juga:

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Download Kisi-Kisi Soal UAS dan Ujian Praktik Sekolah PAI Jenjang SMA/SMK Tahun Ajaran 2020/2021"