Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kisi-Kisi Soal UAS dan Ujian Praktik PAI Jenjang SD Tahun Ajaran 2020/2021

Seiring dengan digencarkannya sosialisasi juknis Ujian Sekolah mata pelajaran PAI pada jenjang SD, SMP, SMA dan SMK tahun 2021, maka segenap guru PAI perlu segera bersiap menyongsong penggelaran penilaian akhir meski dalam situasi pandemi.

Sebagaimana yang kita ketahui, Ujian Sekolah sebagai bentuk penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan sengaja dihadirkan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Terlebih lagi saat ini penyelenggaraan UN sudah dihapus, maka hadirnya UAS adalah jalan untuk mengevaluasi peserta didik pada akhir jenjang.

Kisi-kisi Penulisan SOal US PAI

Terkait dengan UAS PAI jenjang SD, pemetaan level kognitif ditilik berdasarkan Keputusan Dirjen Pendidikan Islam No. 3451 Tahun 2020. Nantinya, siswa kelas VI SD bakal diberikan total 45 soal dengan rincian 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian.

Dari keseluruhan soal tersebut termuat level kognitif pengetahuan dan penalaran (level 1), aplikasi (level 2), dan penalaran (level 3).

Sedangkan ketentuan jumlah soal yang bakal diujiankan antara lain, soal tentang Al-Quran sebanyak 8 soal, Aqidah sebanyak 10 soal, Akhlak sebanyak 10 soal, Fiqh sebanyak 8 soal, dan Sejarah Peradaban Islam sebanyak 9 soal.

Kisi-Kisi Penulisan dan Kartu Soal UAS PAI Jenjang SD Tahun Ajaran 2020/2021

Ada total 42 kompetensi dasar yang disaring dari pembelajaran sepanjang kelas I-VI untuk mencukupi 45 soal. 

Lingkup kisi-kisi soal berkisar pada materi rukun iman, pengalaman keteladanan nabi serta rasul ulul azmi, asmaul husna, Al-Qur’an, hingga akhlak manusia sehari-hari. Nantinya, masing-masing dari materi tersebut digolongkan level kognitif serta indikator soalnya.

Sedangkan terkhusus untuk soal uraian, telah disajikan contoh kartu soal sekaligus deskripsi tentang kejadian alam dalam kehidupan serta fenomena lain yang menggambarkan soal. Contoh kartu soal dapat dilihat pada gambar berikut:

Contoh KArtu Soal Penulisan SOal US PAI

Kisi-Kisi Ujian Praktik PAI Jenjang SD Tahun Ajaran 2020/2021

Terkait dengan kisi-kisi ujian praktik PAI, ada dua aspek utama yang wajib dilaksanakan oleh guru PAI di sekolah yaitu aspek Al-Quran dan aspek Fiqh.

Untuk kompetensi dasar aspek Al-Quran, siswa diharapkan bisa mempraktikkan bacaan, tulisan, sekaligus hafalan dari surah-surat pilihan mulai dari QS Al-Fatihah, QS An-Naas, QS Al-Falaq, QS Al-Fiil, QS At-Tiin, QS Al-Ma’un, QS Al-Kafirun, QS, Al-Maidah ayat 2-3, atau QS Al-Hujurat ayat 12-13.

Adapun untuk kompetensi dasar aspek Fiqh, siswa bakal melakukan ujian praktik wudu dan sholat wajib dengan baik dan benar. 

Sembari itu, guru juga bisa menambahkan kegiatan praktik azan dan iqamah, serta kegiatan lain yang dirasa perlu.

Meski demikian, diharapkan pelaksanaan ujian praktik PAI jenjang SD tahun 2020/2021 tidak begitu memberatkan siswa serta memperhatikan aspek kesehatan dan keselamatan. 

Terang saja, ujian sekolah maupun ujian praktik di tahun ini masih berdampingan dengan pandemi. Mudah-mudahan teknis dan pelaksanaannya di lapangan bisa berjalan dengan baik.

Download Kisi-Kisi Soal PAI di sini <<Download>>

Baca juga:

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Download Kisi-Kisi Soal UAS dan Ujian Praktik PAI Jenjang SD Tahun Ajaran 2020/2021"

Promo Cashback & Voucher Shopee