Widget HTML #1

Download Kisi-Kisi Soal UAS dan Ujian Praktik Sekolah PAI Jenjang SMP Tahun Ajaran 2020/2021

Seiring dengan bakal digelarnya UAS jenjang SMP, Kep. Dirjen Pendidikan Islam telah meluncurkan juknis yang meliputi petunjuk teknis penyusunan kisi-kisi soal UAS, kartu soal, hingga panduan ujian praktik mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP.

Sebagaimana yang kita ketahui, Ujian Sekolah merupakan bentuk penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan yang sengaja dihadirkan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan untuk tiap-tiap mata pelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum terkini.

Tambah lagi, saat ini penyelenggaraan UN sudah ditiadakan, sehingga hadirnya UAS adalah jalan untuk mengevaluasi peserta didik pada akhir jenjang.

Kisi-kisi UAS PAI SMP 2021

Terkait dengan UAS mapel PAI jenjang SMP, pemetaan level kognitif ditilik berdasarkan Keputusan Dirjen Pendidikan Islam No. 3451 Tahun 2020. Nantinya, siswa kelas IX SMP bakal diberikan total 45 soal dengan rincian 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian.

Dari keseluruhan soal tersebut termuat level kognitif pengetahuan dan penalaran (level 1), aplikasi (level 2), dan penalaran (level 3).

Terkait penyebaran soal pilihan ganda dan uraian, materi muatan Al-Quran, Aqidah, Akhlak, Fiqh, hingga Sejarah Peradaban Islam bakal dibagi dengan persentase sama rata.

Kisi-Kisi Penulisan dan Kartu Soal UAS PAI Jenjang SMP Tahun Ajaran 2020/2021

Untuk UAS PAI jenjang SMP ada total 34 kompetensi dasar yang dikumpulkan dari proses pembelajaran siswa sepanjang kelas VII-IX untuk mencukupi 45 soal. 

Lingkup kisi-kisi soal berkisar pada keutamaan menuntut ilmu, akhlak, asmaul husna, makanan halal/haram, memaknai rukun iman, shalat Jumat, shalat sunnah, zakat, haji/umrah, hingga sejarah Nabi dan Khulafaur Rasyidin.

Lebih lanjut, masing-masing kompetensi dasar dituangkan ke dalam kartu soal yang dilengkapi dengan deskripsi soal, materi pokok, hingga kunci jawaban.

 Contoh kartu soal dapat dilihat pada gambar berikut:

Kartu SOas UAS PAI SMP 2021

Kisi-Kisi Ujian Praktik PAI Jenjang SMP Tahun Ajaran 2020/2021

Terkait dengan kisi-kisi ujian praktik PAI jenjang SMP, ada dua aspek utama yang wajib dilaksanakan oleh guru PAI di sekolah yaitu aspek Al-Quran dan aspek Fiqh.

Untuk kompetensi dasar aspek Al-Quran, siswa diharapkan dapat membaca QS. an-Nisa/4:146, QS. Al-Baqarah/2:153, atau QS Ali-Imran/3:134. 

Siswa pula diharapkan dapat menunjukkan  hafalan QS an-Nahl/16:114 dan Hadis terkait tentang mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun untuk kompetensi dasar aspek Fiqh, siswa bakal melakukan ujian praktik shalat jamak dan qasar, sujud tilawah, sujud sahwi, serta sujud syukur. Untuk praktik pengembangan, guru PAI bisa mendesainnya lebih lanjut.

Meski demikian, diharapkan pelaksanaan ujian praktik PAI jenjang SMP tahun 2020/2021 tidak begitu memberatkan siswa serta memperhatikan aspek kesehatan dan keselamatan. 

Bagaimana tidak ujian sekolah maupun ujian praktik di tahun ini masih berdampingan dengan pandemi. Mudah-mudahan pelaksanaannya di lapangan bisa berjalan dengan baik dan aman.

Download Kisi-Kisi Soal PAI SMP di sini: <<Download>>

Download juga: 

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Download Kisi-Kisi Soal UAS dan Ujian Praktik Sekolah PAI Jenjang SMP Tahun Ajaran 2020/2021"