Widget HTML #1

Ruang Kolaborasi Modul 3.1 - Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Ruang Kolaborasi Modul 3.1 - Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Ruang Kolaborasi Modul 3.1
Ruang Kolaborasi Modul 3.1

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

CGP dapat berbagi, berkolaborasi dan menerapkan keterampilan pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.

Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)

Pada kegiatan Ruang Kolaborasi ini, Anda akan melakukan 2 sesi kegiatan, yaitu kerja kelompok dan presentasi hasil melalui web meeting. Namun sebelum itu, bacalah kutipan di bawah ini dan tafsirkan maksudnya:


“Sumber berharga yang dimiliki semua guru adalah kesalingtergantungan satu dengan yang lain. Tanpa kolaborasi (kerja bersama), maka pertumbuhan diri kita dibatasi oleh pandangan diri kita masing-masing”
(The most valuable resource that all teachers have is each other. Without collaboration our growth is limited to our own perspectives)
Robert John Meehan


Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)

Pada sesi ini, Anda akan melakukan kerja kelompok melalui web meetingDalam kerja kelompok kali ini, Anda akan diminta untuk dapat kerja bersama (berkolaborasi), untuk mencapai tujuan bersama yaitu menjadi pemimpin pembelajaran yang bijaksana, cekatan dan mandiri pada sekolah/lingkungan masing-masing dalam keterampilan pengambilan keputusan yang memiliki unsur dilema etika.

Silahkan cermati tugas berikut:

  1. Setiap kelompok (yang terdiri dari 3 - 4 orang) ditugaskan mencari suatu studi kasus yang berisi suatu unsur dilema etika. Sumber studi kasus pilihan bisa didapatkan dari:

  • Studi kasus nyata dari salah satu anggota kelompok yang disepakati menjadi studi kasus kelompok untuk dianalisis.

  • Studi kasus nyata (bukan studi kasus anggota kelompok) yang disepakati menjadi studi kasus kelompok untuk dianalisis.

    • Studi kasus nyata yang termuat di sebuah media yang disepakati menjadi studi kasus kelompok untuk dianalisis.
    1. Dari studi kasus pilihan tersebut, tugas setiap kelompok adalah menentukan:
    • Paradigma apa yang digunakan dalam studi kasus pilihan?
    • Prinsip mana yang mendasari pilihan pengambilan keputusan yang diambil?

    • Tahapan pengambilan dan pengujian terhadap studi kasus pilihan, apakah telah tepat, atau belum? Mengapa? Masihkah ada pertanyaan-pertanyaan lanjutan dalam benak, apakah pilihan pengambilan keputusan ini telah tepat?

  1. Setiap anggota kelompok hendaknya membagi pengalaman dan gagasannya dalam pengambilan keputusan terhadap studi kasus pilihan. Perhatikan Daftar Tugas/Checklist yang disiapkan pada tautan berikut di bawah ini, agar lebih mempermudah tugas kelompok dan memastikan unsur-unsur utama dari penugasan kolaborasi:

    • Tuangkan hasil kerja kelompok dalam format presentasi.

  1. Selanjutnya perhatikan rubrik asesmen yang disediakan, untuk penilaian kualitas isi dari studi kasus pilihan (pemilihan paradigma, prinsip dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan) serta bentuk kerja bersama (kolaborasi) yang diperlihatkan pada saat forum diskusi.


RUANG KOLABORASI 3.1 KELOMPOK SD by Ozy Alandika















Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Ruang Kolaborasi Modul 3.1 - Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin"