Widget HTML #1

Ruang Kolaborasi Modul 1.1 - Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara

Ruang Kolaborasi - Modul 1.1 - Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara

Ruang Kolaborasi - Modul 1.1
Ruang Kolaborasi - Modul 1.1

Tujuan Pembelajaran Khusus:

Peserta mampu menemukenali nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat.

Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)

Ruang Kolaborasi memberikan ruang perjumpaan bagi Anda untuk berkolaborasi sesama CGP dalam menemukenali nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat untuk menebalkan laku murid dan menuntun kekuatan kodrat murid yang dapat diimplementasikan pada konteks lokal (budaya) daerah asal Anda. Hasil kolaborasi dalam menemukenali nilai-nilai luhur kearifan budaya menjadi dasar pengetahuan dan pengalaman baru dalam merefleksikan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid.

Anda bekerja dalam kelompok yang terdiri dari 5 orang untuk mengeksplorasi nilai-nilai luhur sosial budaya di daerah asal Anda dalam upaya menebalkan konteks diri (kekuatan kodrat) murid sebagai manusia dan anggota masyarakat.  Indonesia memiliki keberagaman sosial budaya yang dapat menjadi kekuatan.

Instruksi penugasan kelompok

Anda membentuk sesuai dengan jumlah CGP yang diampu oleh Fasilitator.

Masing-masing kelompok ditugaskan untuk mendiskusikan 

  • Apa kekuatan konteks sosio-kultural di daerah Anda yang sejalan dengan pemikiran KHD?
  • Bagaimana pemikiran KHD dapat dikontekstualkan sesuaikan dengan nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat pada konteks lokal sosial budaya di daerah Anda?
  • Sepakati satu kekuatan pemikiran KHD yang menebalkan laku murid di kelas atau sekolah Anda sesuai dengan konteks lokal sosial budaya di daerah Anda yang dapat diterapkan

Ruang Kolaborasi Modul 1.1 by Ozy Alandika

Dokumen Ruang Kolaborasi - Modul 1.1 - Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara PDF sebagai berikut:

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Ruang Kolaborasi Modul 1.1 - Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara"