Widget HTML #1

Aksi Nyata Modul 2.1 - Pembelajaran Berdiferensiasi

Aksi Nyata Modul 2.1 - Pembelajaran Berdiferensiasi

Aksi Nyata Modul 2.1 - Pembelajaran Berdiferensiasi
Aksi Nyata Modul 2.1 - Pembelajaran Berdiferensiasi

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

CGP mengimplementasikan dan melakukan refleksi terhadap  implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas.

Selamat Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak! 

Akhirnya Anda telah tiba di sesi pembelajaran terakhir dari Modul Pembelajaran Berdiferensiasi ini. Sekarang saatnya Anda melakukan aksi nyata. Ingat, belajar akan bermakna jika Anda dapat menggunakannya untuk memecahkan permasalahan Anda.

Setelah mempelajari dan memahami materi tentang pembelajaran berdiferensiasi, tentu Anda ingin mengimplementasikannya dalam praktik sehari-hari, bukan? Anda dapat melihat kembali RPP yang sudah Anda buat di awal tahun ajaran/awal semester.  Cobalah untuk melihat kembali apakah tujuan pembelajaran yang Anda buat sudah  jelas untuk diri Anda dan juga murid Anda. Pengetahuan, keterampilan, sikap apa yang dideskripsikan dalam tujuan pembelajaran tersebut yang harus dikuasai oleh murid-murid Anda? Setelah Anda memahami dengan jelas tujuan pembelajaran tersebut, selanjutnya analisislah kebutuhan belajar murid Anda. Bagaimana kesiapan belajar mereka jika dikaitkan dengan tujuan pembelajaran? Apakah mereka telah memiliki pengetahuan awal atau keterampilan yang dipersyaratkan? Siapa saja murid-murid yang menurut Anda akan memerlukan bantuan lebih? Siapakah yang perlu diberikan tantangan? Aktivitas jangkar apa yang akan Anda siapkan?  Setelah itu, tentukanlah bentuk diferensiasi apa yang akan Anda lakukan (konten/proses/produk) untuk membantu Anda merespon kebutuhan belajar murid-murid Anda tersebut. Bagaimana Anda akan mengatur kelas supaya efektif? Strategi pengelompokan apa yang akan Anda pilih? Bagaimana Anda akan memastikan bahwa lingkungan belajar yang Anda siapkan mengundang murid Anda untuk belajar? Setelah itu, mulailah mengimplementasikan rencana pembelajaran berdiferensiasi di dalam kelas Anda.

Anda tidak ditugaskan untuk melaporkan implementasinya ke dalam LMS. Namun pada pendampingan individu berikutnya, Anda berkesempatan untuk mendiskusikan refleksi dari penerapan tersebut bersama pendamping Anda. Pada kunjungan pendampingan individu ke-4, Anda juga akan memiliki kesempatan untuk mendemonstrasikan pembelajaran berdiferensiasi di hadapan Pengajar Praktik. Di luar itu semua, Anda sangat dipersilakan mendokumentasikan penerapan pembelajaran diferensiasi dan membagikannya kepada orang-orang di sekitar Anda, serta mengunggahnya dalam situs portofolio digital milik Anda.

Refleksi Setelah Mengimplementasikan Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas 4

Perasaan saya setelah melaksanakan aksi nyata pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran PAI di kelas 4 adalah bahagia. Saya merasa bahwa anak-anak lebih aktif daripada kelas sebelumnya, padahal sebenarnya materi PAI Sendiri merupakan momok bagi kita semua, karena kesannya yang banyak hafalan dan bacaan-bacaan Arab.

Namun dengan mengenali kebutuhan siswa, memadukan keragaman, serta bersama-sama membuat kesepakatan belajar dan kesepakatan kelas, pembelajaran menjadi lebih hidup, baik dari segi pelaksanaan diferensiasi konten, proses, maupun produk.

Lebih lanjut, produk yang dihasilkan di sini sebenarnya tidaklah hanya sekadar karya yang tampak secara fisik dan dipajang, melainkan juga bisa tentang kualitas. Sederhananya ialah, ada kualitas yang bertambah daripada anak saat sebelum belajar dan sesudah belajar.

Harapan saya, dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang dipadukan dengan model, metode dan media pembelajaran masa kini, anak-anak mampu berkembang lebih jauh sesuai dengan bakat dan minat yang mereka miliki.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Aksi Nyata Modul 2.1 - Pembelajaran Berdiferensiasi"