Widget HTML #1

Contoh Proposal Kegiatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 Word Tinggal Edit

Contoh Proposal Kegiatan Hari Guru Nasional
Contoh Proposal Kegiatan Hari Guru Nasional Designed by GuruPenyemangat.com.

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah siap menyambut peringatan Hari Guru Nasional pada tahun ini dengan meriah dan ceria?

Tentu saja ya. Hari Guru Nasional 25 November tahun 2023 ini dirayakan dengan mengambil tema besar "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar".

Tema tersebut diangkat untuk membangkitkan kembali jiwa gotong royong kita semua, terutama para guru untuk merayakan proses belajar kita terkait dengan program Merdeka Belajar.

Logo HGN 2023
Logo HGN 2023.

Seperti yang kita ketahui bahwa sejak era Nadiem, kita diperkenalkan dengan sederet episode program bertajuk Merdeka Belajar sebagai wujud dari transformasi pendidikan di Bumi Pertiwi tepatnya untuk menggapai cita-cita kemajuan.

Ada banyak aktivitas, kegiatan, acara, hingga rutinitas tahunan yang biasanya bisa kita kerjakan untuk merayakan HGN tahun 2023.

Nah berikut GuruPenyemangat.com sajikan contoh proposal kegiatan Hari Guru Nasional 25 November tahun 2023 Word tinggal edit untuk acara sekolah maupun instansi.

Mari disimak ya:

Proposal Hari Guru 25 November 2023 Tinggal Edit

PROPOSAL KEGIATAN
GEBYAR HARI GURU
DALAM RANGKA PERINGATAN
HARI GURU NASIONAL


KOP SEKOLAH/INSTANSI/ORGANISASI


PEMERINTAH KABUPATEN [NAMA KABUPATEN]

DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN RISET DAN TEKNOLOGI

SD/SMP/SMA NEGERI/SWASTA [NAMA SEKOLAH]

TAHUN 2023

A. Latar Belakang Kegiatan

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Untuk menghargai perjuangan dan usaha para guru, dihadirkanlah peringatan Hari Guru Nasional. Hari Guru Nasional memiliki sejarah yang amat kaya dan berkesan, terutama di Indonesia, yang menandai penghormatan terhadap peran penting para pengabdi tanpa tanda jasa dalam memajukan sistem pendidikan dan membangun masyarakat dari berbagai aspeknya. Sejarah Hari Guru Nasional di Indonesia dimulai pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Berawal dari tahun 1945, dalam rapat Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Ki Hajar Dewantara, seorang tokoh pendidikan Bumi Pertiwi mendorong agar peran guru diakui secara lebih khusus dan intensif dalam membangun bangsa.

Alhasil, pada tanggal 25 November 1945, Soekarno yang saat itu menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia Pertama, secara resmi menetapkan dan mengambil tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional.

Keputusan tersebut diambil sebagai tanda penghargaan terhadap peran guru dalam membentuk fondasi bangsa yang merdeka terutama dari aspek pendidikan. Hari Guru Nasional diperingati pada tanggal tersebut untuk memperingati ulang tahun organisasi pendidikan pertama di Indonesia, yaitu PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) yang berdiri pada 25 November 1945.

Seiring berjalannya waktu, Hari Guru Nasional di Indonesia menjadi momen penting untuk menghargai jasa para pendidik di berbagai belahan Bumi Nusantara. Berbagai kegiatan seperti upacara, seminar, pelatihan, penghargaan, dan apresiasi diadakan untuk memperingati hari tersebut. Tujuannya tidak hanya untuk memuliakan guru, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran tentang peran penting mereka dalam membangun masa depan dan cita-cita bangsa.

Berdasarkan hal tersebut, kami selaku panitia kegiatan Hari Guru Nasional 25 November Tahun 2023 bermaksud mengadakan kegiatan Gebyar Hari Guru. Selain untuk mengapresiasi guru, kegiatan ini diadakan untuk mengingatkan kita semua tentang pentingnya kehadiran guru di Indonesia.

B. Tema Kegiatan

“Melalui peringatan Hari Guru Nasional, kita wujudkan merdeka mengajar dengan semangat teladan Ki Hajar Dewantara..

C. Tujuan Kegiatan

Berikut tujuan diadakannya kegiatan Gebyar Hari Guru Nasional 2023:

1. Meningkatkan pemahaman guru tentang esensi dan prinsip merdeka mengajar

2. Menguatkan tali persaudaraan antar sesama warga Indonesia, khususnya antar sesama guru

3. Menguatkan kembali semangat nasionalisme dan cinta tanah air

4. Menanamkan nilai-nilai teladan Ki Hajar Dewantara dalam kehidupan di era kekinian khususnya bagi para guru dan pelajar

5. Memaknai Hari Guru Nasional 2023 dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dan edukatif.

D.  Nama Kegiatan

Adapun nama kegiatan ini adalah “Gebyar Hari Guru Nasional 2023” dalam rangka menyambut Peringatan Hari Guru Nasional 25 November tahun 2023.

E. Jenis Kegiatan

Jenis kegiatan Gebyar Hari Guru Nasional tahun 2023 meliputi:

1. Lomba Pembuatan E-Book

2. Lomba Cipta dan Baca Puisi Pendidikan

3. Lomba Membuat Komik Edukatif

4. Lomba Video Pembelajaran Berdiferensiasi

F. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu dan tempat pelaksanaan dari kegiatan Gebyar Hari Guru Nasional adalah:

Hari, Tanggal : 25-26 November Tahun 2023

Waktu : 08.00 WIB – selesai

Tempat : Lapangan dan Aula Dinas Dikbud

G. Pelaksana

Kegiatan Gebyar Hari Guru Nasional Tahun 2023 dilaksanakan oleh panitia PGRI kecamatan yang bekerja sama dengan kelompok kerja guru di sekolah.

Boleh Baca: Contoh Gambar dan Kartu Ucapan HGN Terbaru

H. Peserta

Seluruh dewan guru dan staf sekolah di kecamatan.

I. Sumber Dana

1. Dana BOS

2. Kas PGRI Kecamatan

3. Sponsor/Donatur

J. Susunan Panitia

- Terlampir I

K. Rincian Dana

- Terlampir II

L. Penutup

Penyelenggaraan kegiatan Gebyar Hari Guru  Tahun 2023 dalam rangka memetik momentum peringatan Hari Guru Nasional 25 November 2023 diharapkan untuk didukung oleh semua pihak.

Semoga dengan ridho Allah SWT, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dengan didukung oleh bantuan dan partisipasi aktif dari semua pihak demi suksesnya rangkaian kegiatan demi kegiatan. 

Demikianlah proposal ini kami buat agar dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu.

Nama 

Nama Kota,   November 2023  

Panitia Pelaksana

Download Proposal Kegiatan Hari Guru Nasional Word Tinggal Edit

Berikut GuruPenyemangat.com juga menyediakan file dokumen format Word tinggal edit yang berisikan contoh proposal kegiatan Hari Guru Nasional tahun 2023 untuk keperluan pengajuan dana.

Dalam file berikut sudah dilengkapi dengan rincian anggaran untuk kebutuhan kegiatan, hingga susunan panitia masing-masing divisi untuk menyukseskan acara.

Untuk mendapatkan dokumennya, silakan klik tombol download berikut lalu tunggu beberapa saat:

Proposal HGN 2023 77kb

***

Demikianlah seutas sajian GuruPenyemangat.com tentang contoh proposal kegiatan untuk acara peringatan Hari Guru Nasional 25 November 2023 di sekolah, instansi maupun umum.

Selamat Hari Guru!
Salam.

Lanjut Baca: Quotes untuk Hari Guru Nasional Tahun 2023 Menyentuh Hati

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Kegiatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 Word Tinggal Edit"