Widget HTML #1

Kumpulan Contoh Mukadimah Pidato Islami untuk Pembukaan Pidato ala Santri

Bismillah. Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah siap berpidato yang islami hari ini? Jika iya, tentu kita perlu menyiapkan mukadimah yang mantap, menyejukkan hati, serta juga mengharukan, bukan?

Apalagi jika Sobat juga merupakan seorang santri, maka perlu kiranya menghadirkan pidato Islami menggunakan pembukaan dalam bahasa Arab.

Mukadimah Pidato Islami
Mukadimah Pidato Islami

O ya, sedikit GuruPenyemangat.com berikan tips bahwa pembukaan pidato Islami itu biasanya diawali dengan pujian kepada Allah, kemudian juga bisa diikuti dengan kutipan dalil Al-Qur'an dan selanjutnya tidak lupa menyertakan dua kalimat syahadat.

Berikut disajikan kumpulan mukadimah pidato Islami, pembukaan pidato ala santri, serta pembukaan pidato bahasa Arab alhamdulillah yang lengkap.

Mari disimak ya:

Mukadimah Pidato Islami yang Singkat dan Mudah Dihafal

Berikut adalah 20 contoh mukadimah pidato Islami yang dapat Sobat gunakan sebagai inspirasi:

1. "Bismillahirrahmanirrahim. Segala puji hanya bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam, yang Maha Penyayang dan Maha Penyayang. Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang membimbing kita ke jalan yang benar."

2. "Alhamdulillah, kita berkumpul di sini pada hari yang diberkahi oleh Allah SWT untuk mengingat-Nya dan mendiskusikan nilai-nilai Islam yang agung."

3. "Segala puji hanya bagi Allah, Sang Pencipta alam semesta. Pada kesempatan ini, mari kita bersama-sama merenungkan betapa pentingnya tugas kita sebagai umat Islam dalam menjaga agama, keluarga, dan masyarakat."

4. "Selamat pagi/siang/malam, saudara-saudari sekalian. Izinkan saya memulai pidato saya dengan mengucapkan bismillah dan salawat kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW."

5. "Dengan penuh kerendahan hati, kita berkumpul di hadapan Allah SWT, yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, untuk berbicara tentang pentingnya menjalani hidup sesuai dengan ajaran Islam."

6. "Marilah jamaah kita awali pidato kita dengan mengingat Allah, yang menciptakan kita dari tanah dan menghidupkan kita dengan ruh-Nya."

7. "Dalam kesempatan yang mulia ini, marilah kita bersama-sama merenungkan keindahan dan kearifan Islam dalam membimbing kita dalam hidup ini."

8. "Hari ini, kita berkumpul untuk mendalami nilai-nilai Islami yang tak ternilai. Nilai-nilai ini adalah cahaya yang membimbing langkah kita dalam kehidupan ini."

9. "Alhamdulillah, dengan izin Allah SWT, kita berkumpul di sini untuk mengingatkan diri kita sendiri akan tanggung jawab kita sebagai hamba-Nya."

10. "Bismillah, sebagai umat Islam, kita memiliki tanggung jawab untuk menjadi teladan dalam segala aspek kehidupan kita, dari akhlak hingga keadilan."

11. "Segala puji hanya bagi Allah yang telah memberikan kita petunjuk dalam bentuk Islam, agama yang indah dan penuh hikmah."

12. "Hari ini, mari kita refleksikan makna kemanusiaan dalam Islam, di mana kita diingatkan untuk selalu berbuat baik kepada sesama manusia."

13. "Dalam ajaran Islam, kasih sayang dan kepedulian terhadap sesama adalah prinsip utama. Marilah kita menjadikan cinta dan kasih sayang sebagai pedoman dalam kehidupan kita."

14. "Sebagai umat Islam, kita diajarkan untuk menjaga lingkungan dan alam semesta yang Allah ciptakan dengan indah. Kita harus menjalani hidup kita dengan penuh rasa syukur."

15. "Kita adalah umat yang diberkahi dengan ajaran agama Islam. Kita harus menjadikan Islam sebagai sumber inspirasi dalam kehidupan sehari-hari."

16. "Marilah kita renungkan tentang pentingnya pendidikan dalam Islam. Ilmu pengetahuan adalah cahaya yang mengalahkan kegelapan, dan Islam mendorong kita untuk mencari ilmu sepanjang hayat."

17. "Dalam Islam, keadilan adalah prinsip yang sangat penting. Marilah kita berkomitmen untuk menjadikan keadilan sebagai landasan dalam interaksi kita dengan sesama."

18. "Allah SWT menciptakan kita dalam berbagai bangsa dan suku, bukan untuk saling memusuhi, tetapi untuk saling mengenal dan bekerja sama dalam kebaikan."

19. "Dalam Islam, kerja keras dan tekun adalah nilai yang sangat dihargai. Mari kita berusaha sebaik mungkin dalam kehidupan ini dan berserah diri kepada Allah."

20. "Dalam setiap langkah kita, mari kita selalu mengingat Allah dan mengucapkan rasa syukur atas segala karunia-Nya. Semoga kita selalu menjadi hamba yang taat dan tunduk kepada-Nya."

Mukadimah-mukadimah di atas dapat disesuaikan dengan topik dan tujuan pidato Islami Sobat. Jangan lupa untuk mengawali dan mengakhiri pidato tersebut dengan doa dan salam kepada Nabi Muhammad SAW. Agar lebih manis, bisa ditambahkan pula pantun diawal pembukaan.

Boleh Baca: Contoh Pidato Islami Tentang Akhlak Seorang Pelajar

Mukadimah Pidato ala Santri

Mukadimah pidato ala santri biasanya akan memiliki nuansa yang lebih Islami dan berfokus pada nilai-nilai agama, keberkahan, dan kebaikan. Berikut beberapa contoh mukadimah pidato ala santri:

1. "Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Alhamdulillah, dengan izin Allah, kita dapat berkumpul di majelis yang penuh berkah ini. Dalam semangat santri, mari kita bersama-sama menjalani perjalanan berharga kita dalam mengejar ilmu dan taqwa."

2. "Alhamdulillah, kita adalah santri, generasi yang beruntung karena berada di bawah naungan ilmu agama. Marilah kita bersama-sama mendalami ilmu dan menjaga akhlak mulia yang diperintahkan oleh Islam."

3. "Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, 'Minta ilmu itu wajib bagi setiap Muslim.' Oleh karena itu, sebagai santri, kita memiliki tanggung jawab besar untuk menggali ilmu agama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari."

4. "Dalam semangat pesantren, kita belajar untuk tidak hanya mencari ilmu, tetapi juga mengasah akhlak kita. Mari kita terus berusaha menjadi generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki karakter yang baik sesuai dengan ajaran Islam."

5. "Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Seperti pepatah yang mengatakan, 'Ilmu adalah cahaya.' Dalam pesantren, kita berusaha memperoleh cahaya ini dan meneranginya dalam kehidupan kita."

6. "Alhamdulillah, sebagai santri, kita memiliki kehormatan untuk mendalami agama dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Marilah kita terus berjuang untuk meraih ridha-Nya."

7. "Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Di pesantren, kita diajarkan untuk mencintai ilmu dan mencari ridha Allah. Dalam semangat ini, marilah kita terus berupaya menjalani hidup yang Islami dan memberikan manfaat kepada masyarakat."

8. "Alhamdulillah, di pesantren, kita belajar tentang pentingnya keteladanan dalam kehidupan kita. Sebagai santri, mari kita berusaha menjadi teladan yang baik bagi orang lain dan menjalani hidup yang benar di jalan Allah."

9. "Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillah, ala kulli hal, wahidun waahidun rabbuna. Wassalatu wassalamu 'ala rasulillah."

10. Alhamdulillahirobbil’alamin wabihi nas-ta’in wa’ala umurid-dun ya wad-din.

Mukadimah-mukadimah ini akan menciptakan atmosfer yang Islami dan memotivasi para pendengar untuk mengikuti nilai-nilai agama dan menghargai pendidikan agama dalam kehidupan mereka.

Boleh Baca: Contoh Naskah Pidato Mensyukuri Nikmat Allah SWT

Mukadimah Pidato Islami Bahasa Arab Singkat dan Mudah Dihafal

1. Alhamdulillahirobbil’alamin. Assalatu wassalamu ‘ala asyrofil anbiya iwal mursalin wa ‘ala alihi wasohbihi ajmain.

2. Alhamdulillahirobbil ‘alamin. Assalatu wassalamu ‘ala rasulillah, wa ‘ala alihi wasohbihi wa mawwalah.

3. Alhamdulillahirobbil ‘alamin. Hamdan katsiron thoyyiban mubarokan fiih. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah.

4. Alhamdulillah, alhamdulillahilladzi arsala rosulahu bil huda wa di-nil haq.

5. Alhamdulillarobbil’ alamin. Alladzi kholaqol mauta wal hayata liyabluwakum ayyukum ahsanu amala.

6. Alhamdulillahirobbil’alamin. Innal hamda lillahi nahmaduhu wa nas-ta’inuhu wa nastaqfiruhu, wa na’udzubillahi min syururin anfusina wa min sayyi’ati a’malina, may-yah dillahhi fala mudillallah wa may-yudlil fala hadi-yalah.

7. Alhamdulillahirobbil ‘alamin. Wa bihi nas-ta’in wa ‘ala umurid dun ya wad-diin.

8. Alhamdulillahilladzi bini’matil iman wal islam. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuluhu.

***

Demikianlah seutas sajian GuruPenyemangat.com tentang mukadimah pidato islami, pembukaan pidato ala santri, serta contoh pembukaan pidato islami dengan bahasa arab yang mudah dihafal dan dilafazkan.

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca: Rekomendasi Judul Pidato yang Menarik untuk Remaja

Posting Komentar untuk "Kumpulan Contoh Mukadimah Pidato Islami untuk Pembukaan Pidato ala Santri"