Widget HTML #1

Contoh Pembukaan Teks Pidato Persuasif Bertema Kreativitas Pemuda

Hai Sobat Guru Penyemangat, apakah Sobat baru saja mendapat tugas untuk membuat contoh pembukaan teks pidato persuasif dengan tema kreativitas pemuda?

Ya, pidato dengan tema kreativitas pemuda memang sangat menarik untuk diangkat. Bagaimana tidak, di zaman sekarang ini era sudah semakin canggih dan kita sudah sangat akrab dengan peralatan digital.

Zaman digital di satu sisi memang bagus untuk kemajuan, tapi penggunaan yang salah dan ketergantungan yang berlebihan akan membuat daya pikir para pemuda buntu alias tidak kreatif.

Contoh Pembukaan Teks Pidato Persuasif Bertema Kreativitas Pemuda
Contoh Pembukaan Teks Pidato Persuasif Bertema Kreativitas Pemuda. Designed by GuruPenyemangat.com

Pada kesempatan ini GuruPenyemangat.com bakal menyajikan contoh pembukaan teks pidato persuasif bertema kreativitas pemuda.

Mari disimak ya:

Pembukaan Teks Pidato Persuasif Tentang Kreativitas Pemuda

Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Selamat pagi dan salam bahagia untuk kita semua

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah....
Yang saya hormati, Bapak/Ibu dewan guru....
Serta teman-teman yang saya banggakan;

Pertama di atas segalanya marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat, terutama nikmat kesehatan dan kesempatan hingganya kita bisa berkumpul di ruangan ini dalam keadaan bahagia dan tiada kurang sesuatu apa pun.

Shalawat berhias salam marilah kita kirimkan kepada nabiyullah Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Pada kesempatan yang mulia ini, izinkan saya untuk menyampaikan pidato persuasif tentang kreativitas pemuda di zaman digital.

Nah, teman-teman yang berbahagia;

Apakah kalian masih ingat apa itu kreativitas?

Ya, benar sekali.Kreativitas dapat kita artikan sebagai kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik yang benar-benar merupakan hal baru, ide baru, atau segala hal yang dihasilkan dengan cara yang baru dan berbeda.

Apakah kreativitas selalu berhubungan dengan benda atau alat? Tentu tidak ya teman. Kreativitas juga berkaitan dengan ide, gagasan, atau sesuatu yang dihasilkan dari proses ATM.

Apa itu ATM? Apakah Anjungan Tunai Mandiri, atau Aku Tak Mau? Hehe. Bukan ya. ATM artinya Amati, Tiru, dan Modifikasi.

Maksudnya begini, bahwa sesuatu yang baru yang kreatif dan inovatif tidak selalu kita dapatkan dari sesuatu yang pernah ada, melainkan juga sesuatu yang dekat dengan kita, namun kita modifikasi.

Bukan copy paste atau comot di mesin ChatGPT ya Sobat! Hehe.

Menjadi pemuda yang kreatif di zaman kini amatlah penting.

Dengan bekal kreatif, seorang pemuda dapat menghadirkan solusi yang lebih baik terhadap permasalahan-permasalahan yang kita temui baik di masa sekarang maupun masa depan.

Bisa kita ambil contoh; Pak Menteri Pendidikan, yaitu Nadiem Anwar Makarim dulunya adalah bos GOJEK alias ojek online. Nah, kalau kita lihat kisah alias latar belakang berdirinya GOJEK, ternyata hal tersebut berdasarkan keresahan Pak Nadiem yang dulunya susah mencari ojek. Ia harus jalan dulu ke persimpangan, mencari pangkalan, dan sebagainya.

Dari keresahan tersebutlah kemudian muncul ide untuk membuat aplikasi yang bisa membuatnya mencari ojek secara online. Tinggal chat, share lokasi, kemudian jemput.

Itu adalah contoh kreativitas.

Apakah menguntungkan bagi Pak Nadiem? Ternyata tidak hanya bagi Pak Menteri melainkan juga bagi kita semua.

Selain itu, menjadi pemuda yang kreatif pula akan meningkatkan kemampuan problem solving, meningkatkan kemampuan inovasi, imajinasi, hingga beradaptasi di lingkungan yang baru.

Teman-teman yang saya banggakan;

Sekarang, siapkah kita menjadi orang yang kreatif dan tidak takut untuk mencoba dan melakukan hal-hal baru?

Dalam hitungan ketiga, mari kita jawab SIAP sama-sama ya teman-teman!. Satu....Dua...Tiga...! SIAP!

Mantap. Terima kasih.

Boleh Baca: Contoh Pidato Tentang Pergaulan Bebas Remaja Masa Kini dan Solusinya

Teks Pidato Persuasif Tentang Kreativitas Pemuda, Jadi Pemuda Jangan Keseringan Rebahan!

Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Selamat pagi dan salam bahagia untuk kita semua

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah....
Yang saya hormati, Bapak/Ibu dewan guru....
Serta teman-teman yang saya banggakan;

Pertama di atas segalanya marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat, terutama nikmat kesehatan dan kesempatan hingganya kita bisa berkumpul di ruangan ini dalam keadaan bahagia dan tiada kurang sesuatu apa pun.

Shalawat berbingkaikan salam marilah kita kirimkan kepada nabiyullah Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Teman-teman yang saya banggakan;

Apakah kita menyadari bahwa saat ini sedang marak-maraknya fenomena rebahan?

Nah, sepertinya begitu ya teman-teman. Terlebih lagi bila sudah menemui hari libur, entah itu tanggal merah atau pun hari minggu, di story WA maupun Facebook dan Instagram mulai ramai bikin status nyamannya rebahan, lagi pengen rebahan, dan sedang bosan.

Lucunya, kebanyakan status tentang rebahan tersebut diunggah oleh kita-kita para pemuda. Hah, kita? Loe aja kali ya!

Hehe. Mungkin tidak ya Sobat, tapi, mungkin juga benar. Masalahnya; kalau benar, maka akan timbul pertanyaan, apakah para pemuda zaman now tidak kreatif lagi, atau para pemuda zaman now sukanya malas-malasan?

Teman-teman yang berbahagia;

Pada kesempatan yang mulia ini saya ingin mengajak teman-teman sekalian untuk menyelam lebih jauh mengenai pentingnya kreativitas bagi seorang pemuda zaman now.

Di sini, adakah dari teman-teman yang masih ingat dan memahami arti dari kreativitas?

Ya, benar sekali, kreativitas adalah suatu kegiatan yang menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa orang yang kreatif adalah orang yang berpikir kemudian menghasilkan sesuatu yang baru. Entah itu gagasan, ide, pola pikir, hingga benda atau alat.

Biasanya, kreatif ini sering disandingkan dengan inovatif ya Sobat. Apa artinya? Kreatif adalah keterampilan, sedangkan inovatif adalah prosesnya.

Lalu, apakah di zaman now yang merupakan era serba canggih ini kreativitas masih diperlukan? Tentu saja ya teman.

Kita tidak pernah tahu masa depan akan seperti apa jadinya. Tantangan dalam setiap masa selalu berbeda. Maka darinya diperlukan kemampuan berpikir yang kreatif dan problem solving.

Kalau mencari jawaban di Google atau di ChatGPT sih gampang dan mudah. Pertanyaannya, apakah di saat itu kita juga melibatkan otak untuk berpikir dan menganalisa?

Jika tidak, nanti bisa-bisa otak kita tumpul lho. Bayangkan saja seperti pisau stainless yang tidak pernah diasah. Meskipun pisau tersebut sering digunakan untuk memotong dan mengiris daging, namun kalau tidak pernah diasah lama-lama akan jadi tumpul juga.

Hehe. Saya harap kita tidak demikian ya teman-teman. Marilah kita menjadi pribadi yang kreatif, mari menjadi pemuda yang kreatif.

Pemuda yang kreatif tidak harus membuat robot atau motor listrik, karena kreatif itu bisa dimulai dari hal-hal sederhana sesuai dengan bakat dan minat kita. Jika minat kita di bidang Sains, kita bisa membuat produk-produk Sains sederhana. Pun demikian juga dengan minat lainnya.

Mari kita menjadi pemuda yang kreatif, karena dengan kreativitas potensi-potensi dalam diri kita akan berkembang, dan pada akhirnya perkembangan ini bisa membuat diri kita bermanfaat, baik bagi diri sendiri, keluarga, sekolah, lembaga, hingga nusa dan bangsa.

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga ada nilai manfaat yang bisa dipetik. Saya akhiri;

Wassalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

***

Itulah tadi seutas sajian GuruPenyemangat.com mengenai contoh pembukaan teks pidato persuasif yang bertemakan kreativitas pemuda masa kini.

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca: Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Lingkungan

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Pembukaan Teks Pidato Persuasif Bertema Kreativitas Pemuda"