Widget HTML #1

Contoh Format Penilaian Lomba Pidato Tinggal Edit, Skor Sudah Otomatis!

Hai Sobat Guru Penyemangat, apakah Sobat saat ini sedang bingung menyusun format penilaian untuk praktik atau lomba pidato?

Ya, Ristina Yani Puspita dalam bukunya yang berjudul "Cara Praktis Belajar Pidato, MC, dan Penyiar Radio" menerangkan bahwa pidato merupakan salah satu media penyampaian pesan yang memegang peranan penting baik itu oleh para pelajar, mahasiswa, hingga pejabat negara.

Pidato merupakan penyampaian gagasan, pikiran, atau informasi kepada orang lain secara lisan dengan metode-metode tertentu.

Contoh Format Penilaian Lomba Pidato Tinggal Edit, Skor Sudah Otomatis!
Contoh Format Penilaian Lomba Pidato Tinggal Edit, Skor Sudah Otomatis! Designed by GuruPenyemangat.com

Dengan berpidato, seseorang bisa menyampaikan perihal tertentu baik tentang anjuran, pencegahan, sosialisasi, ide-ide baru, hingga segala hal yang bermanfaat.

Lalu, seperti apa pidato yang bagus dan baik itu? Nah, untuk menjawabnya kita perlu mengacu pada format penilaian pidato.

Biasanya dalam perlombaan maupun praktik, ada juri atau guru yang bertugas memberikan nilai kepada para peserta.

Berikut GuruPenyemangat.com sajikan contoh format penilaian lomba pidato tinggal edit berupa dokumen Word dan Excel dengan skor hitungan otomatis.

Mari disimak ya:

Kriteria Penilaian Lomba Pidato

Kriteria Penilaian Lomba Pidato
Kriteria Penilaian Lomba Pidato. Designed by GuruPenyemangat.com

Dalam menilai sebuah penampilan pidato, ada beberapa kriteria yang patut menjadi pertimbangan. GuruPenyemangat.com menyajikan beberapa kriteria utama sebagai berikut:

1. Artikulasi

Hal penting yang menjadi dasar penilaian lomba praktik pidato yang pertama adalah artikulasi. Sebagaimana yang kita ketahui, artikulasi dalam berpidato ialah kejelasan pengucapan setiap butir kata dan kalimat saat berpidato.

Kalimat atau kata yang tidak jelas pengucapannya akan membingungkan audien alias pendengar. Bahkan bisa saja menjadikan pendengar memahami isi pidato dengan makna yang berbeda, hanya gara-gara salah ucap atau kurang jelas. Maka darinya artikulasi menjadi salah satu poin penting.

2. Intonasi

Perihal kedua yang menjadi kriteria penilaian saat berpidato ialah intonasi. Intonasi adalah tinggi rendahnya suara saat berbicara.

Dalam berpidato, suara saat menyampaikan salam, menutup salam, menyapa pendengar, hingga menyampaikan kalimat dengan tanda tanya memiliki intonasi yang berbeda.

Pembicara yang berpidato dengan intonasi yang datar biasanya kurang didengar oleh audien, bahkan tidak jarang membuat audien malah mengantuk.

3. Kesesuaian Isi Pidato dengan Tema atau Judul

Seperti apa sih pidato yang bagus itu? Salah satu aspek yang menjadi penilaian suatu pidato ialah kesesuaian isi pidato tersebut dengan tema atau judul yang diangkat.

Diterangkan oleh Ristina Yani Puspita dalam bukunya yang berjudul "Cara Praktis Belajar Pidato, MC, dan Penyiar Radio" bahwa pidato yang baik itu adalah pidato yang memiliki tujuan, isi pidato yang jelas, pidato yang hidup, pidato yang saklik, pidato yang memiliki klimaks, pidato yang memiliki pengulangan (penekanan pada isi pokok pidato).

4.  Ekspresi

Yang keempat adalah ekspresi peserta saat berpidato. Ekspresi, pandangan air muka, atau mimik wajah akan menggambarkan seperti apa pesan yang ada di dalam pidato.

Jika kalimat pidato itu berisikan pesan kebaikan, maka dengan ekspresi pidato tersebut akan terdengar menggunggah dan menusuk di hati pembaca. Semakin baik ekspresi yang disampaikan oleh pembicara, maka semakin hiduplah pidatonya, pun demikian sebaliknya.

5. Efektivitas Waktu

O ya, jangan remehkan waktu lho. Biasanya dalam lomba pidato itu ada durasi yang sudah ditetapkan oleh panitia. Apakah itu 7 menit, 10 menit, atau bahkan hanya 5 menit.

Biasanya kita sebagai juri maupun panitia sangat menghargai waktu kegiatan, supaya rundown acara tetap bisa dilaksanakan dengan baik sebagaimana mestinya. Hal ini pula menjadi kompetensi tersendiri bagi seorang peserta supaya bisa meracik pidato sesuai dengan kriteria waktu yang ditetapkan.

6. Gaya Pidato

Kriteria terakhir yang GuruPenyemangat.com angkat sebagai salah satu format penilaian ialah gaya berpidato. Agaknya aspek ini menjadi hal yang juga cukup penting karena gaya pidato bisa mengikuti seperti apa audiennya, seperti apa isinya, serta seperti apa pula lokasi pidatonya.

Misalnya audien adalah orang-orang seumuran peserta, maka gaya berpidato seperti saling sapa kepada audien bisa menjadi nilai plus tersendiri. Begitu pula dalam keadaan lainnya.

Boleh Baca: Rekomendasi Judul Pidato yang Menarik dalam Berbagai Tema

Download Contoh Format Penilaian Lomba Pidato Tinggal Edit (Dokumen Word)

GuruPenyemangat.com secara khusus telah menyiapkan contoh format penilaian praktik maupun lomba pidato dalam bentuk dokumen Word yang bisa diedit dengan mudah sesuai dengan kebutuhan Sobat.

Di dalam dokumen ini sudah termuat kriteria-kriteria penilaian sebagaimana yang saya sudah sajikan di atas. Artinya Sobat hanya tinggal menambahkan kop sekolah, kop instansi, atau waktu perlombaan.

Contoh Format Penilaian Lomba Pidato Tinggal Edit (Dokumen Word)
Contoh Format Penilaian Lomba Pidato Tinggal Edit (Dokumen Word). Dok. GuruPenyemangat.com


Terkait dengan penentuan skor penilaian, Sobat bisa memberikan nilai dengan rentang 0-100. Selain itu bisa pula menggunakan rentang nilai 1-5 sesuai dengan keputusan hasil dari kompromi para juri.

Untuk mendapatkan dokumennya, silakan klik tombol download berikut:

Download Contoh Format Penilaian Lomba Pidato (Dokumen Excel), Sudah Disetel Rumus Skor Otomatis!

O ya, selain menyiapkan format penilaian lomba pidato berupa dokumen Word, Guru Penyemangat juga sudah meracik dokumen Excel-nya yang juga sudah dilengkapi rumus perhitungan skor otomatis, yaitu berupa jumlah skor dan skor rata-rata.

Download Contoh Format Penilaian Lomba Pidato (Dokumen Excel), Sudah Disetel Rumus Skor Otomatis!
Download Contoh Format Penilaian Lomba Pidato (Dokumen Excel), Sudah Disetel Rumus Skor Otomatis!. Dok. GuruPenyemangat.com

Dengan demikian, Sobat hanya perlu memasukkan nama peserta lomba pidato dan angka-angkanya dengan rentang skor 0-100 atau 1-5 sesuai dengan kebutuhan lomba atau teknis yang sudah dipersiapkan oleh panitia.

Untuk mendapatkan file-nya, silakan klik tombol download berikut:

***

Untuk cara download dokumen, silakan tonton video berikut:

Demikianlah seutas sajian GuruPenyemangat.com tentang contoh format penilaian lomba pidato tinggal edit berupa dokumen Word dan Excel tinggal edit serta lengkap dengan rumus perhitungan otomatis.

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca: Contoh Format Penilaian Praktik Sholat Lengkap

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Format Penilaian Lomba Pidato Tinggal Edit, Skor Sudah Otomatis!"