Widget HTML #1

Download Buku PAI Kelas 8 Kurikulum Merdeka Terbaru untuk Guru dan Siswa

Download Buku PAI Kelas 8 Kurikulum Merdeka Terbaru untuk Guru dan Siswa
Download Buku PAI Kelas 8 Kurikulum Merdeka Terbaru untuk Guru dan Siswa. Designed by GuruPenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudahkah Sobat mengunduh buku mapel PAI dan Budi Pekerti kelas 8 SMP berbasis Kurikulum Merdeka terbaru?

Nah, ada beberapa hal yang cukup berbeda dari Kurikulum Merdeka bila kita bandingkan dengan buku-buku siswa maupun buku guru khusus mapel PAI pada Kurikulum sebelumnya, yaitu Kurikulum 2013 revisi.

Pada Kurikulum Merdeka, pembelajaran PAI di SMP yang awalnya 3 jam x 40 menit, sekarang berubah menjadi 2 jam x 40 menit pada pembelajaran utama, dan 1 jam x 40 menit per minggu dijadikan sebagai kegiatan P5. Apa itu P5? P5 merupakan kependekan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Nah, berikut GuruPenyemangat.com sajikan link download buku PAI SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka, untuk guru dan buku siswa PDF.

Mari disimak ya:

Download Buku Guru Mapel PAI Kelas 8 Kurikulum Merdeka Terbaru

Buku PAI Kelas 8 Kurikulum Merdeka Terbaru untuk Guru
Buku PAI Kelas 8 Kurikulum Merdeka Terbaru untuk Guru. Kemdikbud

Pada buku guru mapel PAI kelas 8 Kurikulum Merdeka terdapat panduan umum yang berisikan pendahuluan. Ada pula Profil Pelajar Pancasila.

Perlu diketahui bahwa Profil Pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang sehari-hari dibangun dan dihidupkan dalam diri setiap individu pelajar. Karakter dan kemampuan ini adalah perwujudan dari nilai-nilai Pancasila.

Dengan adanya bekal Profil Pelajar Pancasila, sistem pendidikan nasional menempatkan Pancasila tidak saja sebagai dasar, tetapi juga ditempatkan sebagai tujuan yang utama yaitu “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.” Terdapat Enam dimensi Pelajar Pancasila yaitu:

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

4. Kreatif

5. Bergotong-royong

6. Berkebinekaan global.

Profil Pelajar Pancasila merupakan cita-cita, tujuan besar pendidikan, dan komitmen penyelenggara pendidikan dalam membangun sumber daya manusia Indonesia. Profil lulusan adalah representasi karakter serta kompetensi yang diharapkan terbangun utuh dalam diri setiap pelajar Indonesia.

Selain penjelasan mengenai Profil Pelajar Pancasila, pada buku guru tersaji pula tujuan dan karakteristik mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti untuk setiap rumpun mapel yang terdiri atas Al-Qur'an dan Hadis, Akhlak, Akidah, Fikih, serta Sejarah Peradaban Islam (SPI).

Lebih daripada itu, ada pula capaian pembelajaran PAI di semester ganjil dan di semester genap dilanjutkan fase D berdasarkan capaian tahunan dan capaian elemen, pedoman rubrik, hingga strategi umum dalam pembelajaran.

Nah, untuk mengunduh buku guru mapel PAI Kelas 8 Kurikulum Merdeka, silakan klik tombol download berikut:

Download Buku PAI Kelas 8 Kurikulum Merdeka Terbaru untuk Siswa

Buku PAI Kelas 8 Kurikulum Merdeka Terbaru untuk Siswa
Buku PAI Kelas 8 Kurikulum Merdeka Terbaru untuk Siswa. Kemdikbud

Buku PAI SMP ini disusun untuk mencapai tujuan tersebut. Semua materi yang disajikan bertujuan untuk membelajarkan dan membimbing siswa pada keyakinan Islam Rahmat Lil ‘Alamin, wawasan kebangsaan/keindonesiaan, penguatan karakter, dan pengembangan budaya literasi.

Rubrikasi dipilih untuk mendukung proses pembelajaran dengan memanfaatkan seluruh potensi dan sumber belajar yang dimiliki. Siswa didudukkan sebagai mitra dalam proses pembelajaran sehingga keterlibatannya turut menentukan pencapaian pembelajaran.

Sobat Guru Penyemangat, pada buku siswa mapel PAI Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka terdapat 10 bab atau pelajaran yang menjadi target utama selama satu tahun pelajaran. Berikut isi bab tersebut: 

Bab 1 Inspirasi Al-Qur’an: Melestarikan Alam, Menjaga Kehidupan

Bab 2 Meyakini Kitab-Kitab Allah: Menjadi Generasi Pecinta Al-Qur’an yang Toleran

Bab 3 Menjadi Pribadi Berintegritas dengan Sifat Amanah dan Jujur

Bab 4 Ibadah dengan Disiplin dan Penuh Harap Kepada Allah Swt serta Peduli terhadap Sesama Melalui Salat Gerhana, Istiska, dan Jenazah

Bab 5 Meneladani Produktivitas dalam Berkarya dan Semangat Literasi Masa Keemasan Islam Era Daulah Abbasiyah (750-1258 M)

Bab 6 Inspirasi Al-Qur’an: Indahnya Beragama Secara Moderat

Bab 7 Meyakini Nabi dan Rasul Allah: Menjadi Generasi Digital yang Berkarakter

Bab 8 Menjadi Generasi Toleran Membangun Harmoni Intern dan Antar Umat Beragama

Bab 9 Menjadi Pribadi yang Dapat Dipercaya serta Terhindar dari Riba dalam Jual Beli dan Hutang Piutang

10 Meneladani Inspirasi dan Kontribusi Ilmuwan Muslim Pada Masa Bani Abbasiyah untuk Kemanusiaan dan Peradaban.

Nah, Sobat silakan klik tombol download berikut untuk mendapatkan file PDF gratis yang berisikan buku siswa mapel PAI Kelas 8 Kurikulum Merdeka terbaru:

***

Demikianlah segenap sajian GuruPenyemangat.com berupa link unduhan buku PAI kelas 8 Kurikulum Merdeka terbaru untuk guru dan siswa dengan format PDF.

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca:

Download Buku PAI dan Modul Ajar Kelas 7 Kurikulum Merdeka Terbaru untuk Guru dan Siswa PDF

Download Buku PAI Kelas 9 Kurikulum Merdeka Terbaru untuk Guru dan Siswa PDF

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Download Buku PAI Kelas 8 Kurikulum Merdeka Terbaru untuk Guru dan Siswa"