Widget HTML #1

Contoh Proposal Kegiatan Peringatan Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) 2023 di Sekolah Tinggal Edit

Hai Sobat Guru Penyemangat, selamat menyambut Hari Pendidikan Nasional ya! Momentum peringatan Hardiknas rasanya perlu kita sambut dengan semangat dan daya juang yang lebih "wah" supaya pendidikan di negeri ini makin maju.

Untuk maju diperlukan kerja sama, diperlukan kesamaan visi dan misi serta diiringi dengan ikhtiar sekaligus doa dari semua pihak.

Nah, kurang lengkap rasanya bila dalam kesempatan Hardiknas 2023 tidak dibarengi dengan kegiatan-kegiatan edukatif khususnya di kalangan pelajar, toh pelajar adalah generasi muda masa depan, kan?

Nah berikut ada contoh proposal kegiatan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di sekolah tinggal edit berupa dokumen Word.

Mari disimak ya:

PROPOSAL KEGIATAN GEBYAR PENDIDIKAN DALAM RANGKA PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Contoh Proposal Kegiatan Peringatan Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) di Sekolah
Contoh Proposal Kegiatan Peringatan Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) di Sekolah. Designed by GuruPenyemangat.com

A. Latar Belakang Kegiatan

Pendidikan adalah hak setiap warga negara Indonesia. Hal ini sudah termaktub dalam pembukaan UUD 1945. Pendidikan adalah investasi bagi negara kita, karena tanpa adanya kemajuan di bidang pendidikan maka negara ini akan sulit untuk maju. Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa negara yang besar ini akan segera menemui kemunduran.

Untuk meningkatkan semarak belajar dan mengajar, diadakanlah peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada setiap tahunnya. Sekilas melihat sejarah, Pada masa kedudukan Hindia Belanda di Indonesia dahulu, Ki Hajar Dewantara muncul sebagai sosok yang menentang sekaligus mengkritik pemerintahan kolonial. Imbas dari hal tersebut, Ki Hajar Dewantara bahkan diasingkan ke Belanda dalam kurun waktu lama sejak 1913 hingga 1919.

Buku Ki Hajar Dewantara dan Taman Siswa dalam Sejarah Indonesia Modern (1986) karya Abdurrachman Surjomihardjo menerangkan bahwa Ki Hajar Dewantara yang menjadi bagian dari Tiga Serangkai diasingkan ke Belanda pada 1913 karena tulisan nan menghina pemerintah kolonial. Ki Hajar Dewantara kemudian pulang ke tanah air. Berkat usulan Sutartinah sang istrinya, Ki Hajar Dewantara mengubah perlawanan kerasnya kepada Hindia Belanda menjadi kalem dan penuh pemikiran.

Nantinya, Ki Hajar Dewantara ini yang dikenal sebagai pendiri Nationaal Onderwijs Instituut Taman Siswa atau Perguruan Taman Siswa di Yogyakarta pada 3 Juli 1922 silam. Pasca memproklamirkan kemerdekaan Indonesia, Sukarno memanggil Ki Hajar Dewantara menjadi menteri Pengajaran mulai 2 September 1945. Ki Hajar Dewantara menutup perjalanan hidup usia ke-70 tahun pada 2 April 1959 di Yogyakarta. Atas segala pencapaian serta jasa kepada negara, Ki Hajar Dewantara ditetapkan sebagai pahlawan nasional sekaligus Bapak Pendidikan Indonesia.

Adapun pada tahun 2023 ini, pemerintah mengambil tema besar yaitu: ”Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”. Selain peringatan Hardiknas, mulai tahun ini pemerintah juga menetapkan bulan Mei sebagai Bulan Merdeka Belajar. Atas pentingnya momentum ini, maka kami selaku panitia bermaksud untuk menyelenggarakan kegiatan Gebyar Pendidikan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional dan Bulan Merdeka Belajar, 2 Mei 2023.

B. Tema Kegiatan

“Melalui Peringatan Hari Pendidikan Nasional, kita wujudkan merdeka belajar dengan semangat teladan Ki Hajar Dewantara..

C. Tujuan Kegiatan

Berikut tujuan diadakannya kegiatan Gebyar Pendidikan 2023:

  1. Meningkatkan pemahaman generasi muda tentang esensi dan prinsip merdeka belajar
  2. Menguatkan tali persaudaraan antar sesama warga Indonesia, khususnya antar sesama pelajar.
  3. Menguatkan kembali semangat nasionalisme dan cinta tanah air
  4. Menanamkan nilai-nilai teladan Ki Hajar Dewantara dalam kehidupan di era kekinian khususnya bagi para pelajar
  5. Memaknai Hari Pendidikan Nasional 2023 dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dan edukatif.

D. Nama Kegiatan

Adapun nama kegiatan ini adalah “Gebyar Pendidikan 2023” dalam rangka menyambut Peringatan Hari Pendidikan Nasional 02 Mei tahun 2023.

Boleh Baca: Teks Doa Kegiatan Peringatan Hardiknas PDF

E. Jenis Kegiatan

Jenis kegiatan Gebyar Pendidikan tahun 2023 meliputi:

  1. Lomba Pidato Pendidikan
  2. Lomba Baca Puisi Pendidikan
  3. Lomba Membuat Poster Pendidikan
  4. Lomba Membuat Komik Edukatif
  5. Lomba Film Pendek Bertema “Merdeka Belajar”
  6. Lomba Cerdas Cermat

F. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu dan tempat pelaksanaan dari kegiatan Gebyar Pendidikan adalah:

Hari, Tanggal : 03-05 Mei Tahun 2023

Waktu : 08.00 WIB – selesai

Tempat : Lapangan/Ruang Kelas

G. Pelaksana

Kegiatan Gebyar Pendidikan Tahun 2023 dilaksanakan oleh panitia OSIS yang bekerja sama dengan beberapa ekstrakulikuler di sekolah.

Boleh Baca: Kumpulan Pantun Ucapan Hari Pendidikan Nasional yang Keren

H. Peserta

Siswa-siswi di sekolah.

I. Sumber Dana

  1. Dana BOS
  2. Kas OSIS
  3. Sponsor/Donatur

J. Susunan Panitia

- Terlampir I

K. Rincian Dana

- Terlampir II

L. Penutup

Penyelenggaraan kegiatan Gebyar Pendidikan Tahun 2023 dalam rangka memetik momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional diharapkan untuk didukung oleh semua pihak.

Semoga dengan ridho Allah SWT, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dengan didukung oleh bantuan dan partisipasi aktif dari semua pihak demi suksesnya rangkaian kegiatan. 

Demikianlah proposal ini kami buat agar dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu.

Nama Kota,   Mei 2023  


Panitia Pelaksana

Boleh Baca: Contoh Pidato Bertema Hardiknas yang Singkat, Padat, dan Jelas

Download Contoh Proposal Hardiknas Format Word Tinggal Edit

Nah sajian di atas adalah contoh Proposal Kegiatan Peringatan Hardiknas Tahun 2023 yang bisa menjadi pedoman untuk menyelenggarakan kegiatan di sekolah.

Guru Penyemangat secara khusus telah menyiapkan dokumen Word proposal kegiatan Hardiknas yang juga dilengkapi dengan lampirannya, berupa lampiran susunan panitia dan estimasi biaya (anggaran) tinggal edit.

Untuk mengunduhnya, silakan klik tombol download berikut lalu tunggu beberapa saat.

Proposal Hardiknas 75kb

***

Demikianlah seutas sajian GuruPenyemangat.com berupa Contoh Proposal Kegiatan Peringatan Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) 2023 di Sekolah Tinggal Edit. Mudah-mudahan bermanfaat.

Selamat Hari Pendidikan Nasional
Salam Merdeka Belajar

Lanjut Baca: Contoh Karangan Bertema Peringatan Hari Pendidikan Nasional

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Kegiatan Peringatan Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) 2023 di Sekolah Tinggal Edit"