Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato untuk Guru Tercinta yang Singkat dan Menyentuh Hati

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah menyiapkan pidato yang singkat dan menyentuh hati untuk guru tercinta di sekolah?

Ada banyak cara untuk mengapresiasi guru-guru yang senantiasa semangat untuk mengajari kita ilmu pengetahuan.

Mulai dari memberikan hadiah, bersikap santun terhadap mereka, berpidato, berpuisi, menulis cerpen, hingga yang terpenting adalah mendoakan yang terbaik untuk Bapak/Ibu Guru.

Jika Sobat ingin berpidato, berikut ada contoh pidato singkat dan menyentuh hati yang bisa disampaikan untuk guru tercinta.

Mari disimak ya:

Pidato Untuk Guru Tercinta

Pidato untuk Guru Tercinta
Pidato untuk Guru Tercinta. Dok. GuruPenyemangat.com

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat Pagi dan Salam Bahagia untuk Kita Semua

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Kepala SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA Negeri/Swasta Kabupaten/Kota
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru
Serta teman-temanku yang saya sayangi

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan banyak nikmat dan karunianya kepada kita semua.

Shalawat dan salam juga semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan petunjuk dengan mengajarkan ilmu yang bermanfaat  sehingga dapat menuntun manusia dari zaman jahiliyah ke zaman penuh cahaya kebenaran.

Hadirin yang saya hormati,

Perkenankan saya untuk menyampaikan pidato tentang guru pada kesempatan yang berbahagia ini sebagai bentuk ungkapan rasa terima kasih dan penghormatan kepada Bapak dan Ibu Guru sekalian.

Ketika di sekolah, Bapak dan Ibu Guru yang telah berjasa dalam membimbing dan mengajarkan ilmu hingga dapat menjadikan siswa-siswi yang berguna bagi keluarga dan sekolah kami serta diharapkan dapat membanggakan bangsa dan negara.

Berkat jasa Bapak dan Ibu Guru yang telah mengajarkan arti sesungguhnya menjadi manusia yang lebih baik.

Guru dengan semangat membagikan banyak ilmu penting mulai dari mendidik sikap disiplin, tanggung jawab, kerja keras, saling menghormati serta pengetahuan tentang agama hingga budaya.

Betapa mulia peran guru. Maka dari itu, Hari Guru menjadi momentum yang spesial di seluruh dunia, meski tanggalnya tak sama di tiap negara. Namun, di Indonesia Hari Guru diperingati tiap tanggal 25 November. 

Hari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru yang telah bertekad membangun semangat juang demi pendidikan.

Selain itu, untuk mengenang jasa para guru terdahulu yang telah gugur sebagai pelopor pahlawan pendidikan. Membuka sisi terang pengetahuan di zaman jahiliyah yang diliputi kegelapan.

Sebagaimana kiprah Ki Hadjar Dewantara yang sudah sangat popular di kalangan masyarakat luas. 

Bukan saja diabadikan sebagai seorang tokoh Bapak Pendidikan Nasional yang tanggal kelahirannya yaitu 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional, akan tetapi juga sebagai pahlawan pergerakan nasional yang sangat berdedikasi tinggi dan gigih mendorong kemajuan dunia pendidikan pada masa kemerdekaan Indonesia.

Boleh Baca: Contoh Pidato Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Singkat

Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati, 

Tak ada kata yang diucapkan selain terima kasih karena telah menuntun kami dengan penuh kasih sayang dan kesabaran, serta tak ada bosan-bosannya menasehati ataupun menegur segala kesalahan demi kebaikan agar tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.

Tanpa Bapak dan Ibu Guru, mungkin tak ada ilmu dan pengalaman yang bernilai, tak mampu melihat arah masa depan, tak mampu memilah perilaku mana yang baik dan buruk, dan tak ada semangat untuk berjuang meraih harapan.

Jangan sampai terlupakan kebaikan mereka dan jangan pernah lupa menyisipkan doa bagi para guru tercinta.

Semoga Allah memberikan rahmat dan kebaikan kepada Bapak dan Ibu Guru semua. Semoga kita dapat senantiasa menjalankan adab-adab yang mulia ini.

Nabi SAW pernah bersabda seperti yang dikutip dalam Lubab al-Hadits oleh Imam Jalaluddin al-Suyuthi;

“Barangsiapa memuliakan orang berilmu (guru), maka sungguh ia telah memuliakan aku. Barangsiapa memuliakan aku, maka sungguh ia telah memuliakan Allah. Barangsiapa memuliakan Allah, maka tempatnya di surga”

Tak cukup terima kasih, namun permohonan maaf juga terlontar atas segala kesalahan yang telah menyakiti hati Bapak dan Ibu Guru. Nasihat yang telah diberikan akan memperbaiki cara bersikap agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Rasulullah bahkan menyampaikan bahwa pendidikan baik yang diterima akan tertanam kuat dalam diri anak dan akan berperan demi kebaikan masa depan anak itu sendiri sesuai yang tertuang dalam hadis bahwa;

"Tiada suatu pemberian yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya selain pendidikan yang baik. "(HR. Al-Hakim)

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan pada pagi hari ini. Terima kasih atas segala perhatiannya dan mohon maaf atas segala kekurangan.

Semoga dapat diambil manfaat bagi kita semua. Aamiin. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan maaf kepada Bapak dan Ibu Guru tercinta.

Saya akhiri,
Wassalamu’alaikum wr. wb.

Boleh Baca: Contoh Pidato Guruku Pahlawanku, Lengkap dengan Pantun

***

Itulah tadi sajian tentang contoh pidato untuk Guru Tercinta yang singkat dan menyentuh hati. Teks pidato di atas bisa Sobat jadikan referensi untuk menyampaikan sepatah dua patah kata sebagai selingan ucapan terima kasih kepada guru.

Semoga bermanfaat
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato untuk Guru Tercinta yang Singkat dan Menyentuh Hati"

Promo Cashback & Voucher Shopee