Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Pidato Tentang Sekolah yang Singkat dan Penuh Makna, Lengkap dengan Manfaatnya

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudahkah Sobat menyiapkan naskah pidato dengan tema sekolahku? Atau sekolah Sobat adalah sekolah hijau?

Ya, di mana pun kita bersekolah, sebagai seorang pelajar sudah sepantasnya kita membanggakan sekolah kita sendiri.

Entah itu sekolah di kampung, di perkotaan, atau bahkan sekolah elit semuanya sama saja. Karena sejatinya sekolah adalah rumah kedua bagi kita untuk menuntut ilmu.

Dengan bersekolah wawasan kita meningkat, karakter kita kian baik, serta mindset kita pun ditata sebagus mungkin supaya terus berpandang ke depan. Pantang berpatah arang.

Nah berikut ada contoh teks pidato tentang sekolah yang singkat, memotivasi, dan penuh makna yang cocok untuk para pelajar maupun guru.

Mari kita simak ya:

Contoh Pidato Tentang Sekolah, Singkat dan Memotivasi

Contoh Teks Pidato Tentang Sekolah yang Singkat dan Penuh Makna
Contoh Teks Pidato Tentang Sekolah yang Singkat dan Penuh Makna. Dok. GuruPenyemangat.com

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat pagi dan salam semangat untuk kita semua,

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Kepala SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA Negeri/Swasta Kabupaten/Kota
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru
serta siswa-siswa yang saya banggakan

Bismillahirrahmanirrahiim.

Untuk mengawali pidato pada pagi hari ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan nikmat iman, islam, dan ihsan.

Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, sahabatnya, dan pengikutnya hingga akhir zaman yang telah menyebarluaskan ilmu yang bermanfaat bagi peradaban dunia maupun akhirat.

Hadirin yang saya sayangi,

Izinkan saya untuk mempersembahkan sebuah pidato dengan tema sekolah. Ya, sekolah bukan hanya tempat untuk merangkai impian.

Kita berangkat ke sekolah di samping mencari ilmu, tapi juga mencari jati diri melalui pengalaman selama belajar yang akan membentuk karakter pada perilaku dan pikiran kita sebagai seorang manusia yang berpendidikan.

Sekolah juga telah turut membesarkan diri kita sejak masih anak-anak hingga dewasa baik di jenjang pendidikan non-formal maupun formal, entah itu dalam bentuk sekolah negeri atau swasta.

Meskipun belajar sejatinya tidak hanya terkungkung di dalam ruang kelas.

Misalnya, pendirian sekolah singgah bagi anak jalanan atau yatim piatu hingga sekolah alam dan sekolah di rumah (homeschooling).

Di sekolah, kita bisa mempelajari dan saling berbagi ilmu seluas-luasnya dengan memanfaatkan fasilitas sekolah maupun lingkungan sekitar sekolah itu sendiri.

Suasana sekolah juga mendukung tumbuh kembang siswa dengan suasana yang ramah anak sehingga dapat mencegah siswa dari tindakan perundungan, pelecehan, tawuran ataupun tindakan merugikan lainnya.

Dengan bersekolah, kita akan diarahkan untuk mengasah potensi dari segi pengetahuan, kepribadian, akhlak, serta keterampilan untuk mengamalkan segala hal yang diperoleh dengan harapan dapat memberikan kebermanfaatan dalam hidup bermasyarakat.

Hadirin yang saya hormati, 

Manfaat kita bersekolah begitu banyak seperti melatih sopan santun, kedisiplinan, tanggung jawab, melatih mental dan rasa percaya diri.

Selain itu, aspek kecerdasan (kognitif), perilaku (psikomotorik) dan perasaan (afektif) akan berkembang dengan seimbang sehingga sekolah mampu membangun karakter siswa.

Yang tidak kalah penting adalah melatih kemampuan bersosialisasi sebab tanpa memiliki kemampuan sosialisasi orang tidak akan mudah menjalin interaksi dengan masyarakat.

Semua itu, tak terlepas dari kehadiran guru sebagai pendidik dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi kegiatan selama di sekolah.

Boleh Baca: Contoh Pidato Kuasai Bahasa Kuasai Dunia

Hadirin yang saya hormati, 

Berdasarkan laporan Statistik Indonesia, terdapat 394.708 unit sekolah di seluruh wilayah Indonesia pada tahun ajaran 2021/2022.

Sementara, jumlah sekolah dari jenjang SD sampai Sekolah Lanjutan Atas (SLTA), termasuk Sekolah Luar Biasa (SLB) di Indonesia mencapai 307.655 sekolah pada tahun ajaran 2017/2018. 

Dari data di atas menunjukkan betapa pentingnya kita bersekolah bahkan disediakan Sekolah Luar Biasa (SLB)  bagi para siswa spesial yang membutuhkan penanganan khusus untuk tetap bisa memperoleh pendidikan.

Didukung juga dengan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan bahwa selama satu dekade terakhir, terdapat peningkatan penerima beasiswa atau bantuan pendidikan, yaitu dari 3,89% pada 2009 menjadi 20,14% pada 2021.

Beasiswa ditujukan kepada siswa agar dapat mengenyam bangku sekolah yang telah digelontorkan untuk mencapai pemerataan pendidikan di Indonesia.

Sekolah memang tempat yang tepat untuk menyiapkan kehidupan anak dengan bekal ilmu yang berguna tidak hanya untuk mampu bertahan dalam melanjutkan hidup secara mandiri, tapi sekolah juga diharapkan bisa mencetak manusia yang berguna bagi banyak orang di masa depan.

Sebelum mengakhiri pidato pada pagi hari ini, saya ingin menyampaikan seuntai kalimat yang dapat dijadikan sebagai bahan motivasi dari sebuah hadis yang berbunyi:

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Bacaan Latin:

Man salaka thoriiqon yaltamisu fiihi 'ilman sahhalallaahu lahu thoriiqon ilal jannaati.

Artinya:

"Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, Allah akan memudahkannya ke jalan untuk masuk surga." (HR. Imam Tirmidzi Nomor 2570 dalam Kitab Ilmu)

Saya tutup pidato hari ini dengan permohonan maaf yang sebesar-besarnya bila ada salah kata dan tindakan yang kurang berkenan. Semoga pidato yang saya sampaikan bermanfaat. Aamiin Ya Robbal Alamiin.

Saya akhiri,
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

***

Lanjut Baca: Contoh Pidato Gemar Membaca, Budayakan Literasi Sejak Dini

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Tentang Sekolah yang Singkat dan Penuh Makna, Lengkap dengan Manfaatnya"

Promo Cashback & Voucher Shopee