Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Kuasai Bahasa Kuasai Dunia Singkat, Lengkap dengan Pantun

Hai Sobat Guru Penyemangat, apakah Sobat percaya bahwa dengan menguasai bahasa kita bisa kuasai dunia?

Ya, ungkapan tersebut muncul bukanlah tanpa alasan. Terang saja, bahasa amat penting dalam kehidupan kita, karena dengan bahasa kita bisa berkomunikasi dengan banyak orang.

Bila kita berbeda bahasa dengan seseorang, kita bakal kesusahan untuk mengobrol dan menyapa. Bayangkan bila mereka yang berbeda bahasa tersebut berada satu kelas dengan kita, atau satu ruang kerja dengan kita. Alhasil, semua urusan kita bakal terganggu, kan?

Contoh Pidato Kuasai Bahasa Kuasai Dunia
Contoh Pidato Kuasai Bahasa Kuasai Dunia Singkat, Lengkap dengan Pantun. Dok. GuruPenyemangat.com

Maka dari itulah, amat penting bagi kita untuk menguasai bahasa. Bahasa asing seperti bahasa Inggris sekarang sudah menjadi bahasa internasional.

Berikut disajikan contoh pidato persuasif yang bertema tentang kuasai bahasa kuasai dunia yang singkat dan lengkap dengan pantun.

Mari disimak:

Contoh Pidato Persuasif Bertema Kuasai Bahasa Kuasai Dunia

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Selamat Pagi dan Salam Bahagia untuk Kita Semua

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah Beserta Wakilnya…..
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru Beserta Staf Tata Usaha
Serta teman-teman seperjuangan yang saya banggakan;

Pada suasana yang cerah ini, marilah kita bersyukur kepada Allah atas segala nikmat, terutama nikmat sehat dan sempat hingganya kita bisa berkumpul bersama di ruangan ini.

Sholawat berhias salam tiada lupa kita sampaikan kepada Nabi Junjungan Umat, Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita bakal mendapatkan pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Pada kesempatan yang mulia ini saya akan menyampaikan pidato tentang Kuasai Bahasa Kuasai Dunia. Tapi sebelum itu saya ingin bertanya kepada teman-teman yang ada di sini.

Kira-kira ada berapa macam bahasa yang teman-teman kuasai hingga hari ini? Ada 3, 4, 5 atau sepuluh bahasa?

Teman-teman yang saya banggakan;

Sejatinya kita patut bersyukur lahir dan bertumbuh di Indonesia, soalnya di negeri Bumi Pertiwi ini ada total 718 bahasa daerah. Di negara lain, mana ada jumlah bahasa yang lebih dari lima ratusan, kan?

Makanya kita yang hidup di Indonesia ini rata-rata bisa menguasai lebih dari satu bahasa. Minimal 2 bahasa daerah + 1 bahasa nasional Indonesia. Kok bisa seperti itu? Bisa saja jikalau Ayah kita yang suku Jawa menikah dengan Ibu dengan asal suku Minang. Jadi bisa bahasa Jawa, Minang, juga Bahasa Indonesia.

Dengan bekal tersebut, kita pun bisa berkeliling ke berbagai daerah di Indonesia tanpa perlu khawatir dengan bahasa.

Teman-teman yang berbahagia;

Itu tadi segenap keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika menguasai banyak bahasa daerah. Tapi bagaimana bila kita pula bisa berbicara Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Perancis, atau bahkan Bahasa Rusia dengan lancar?

Nah, kalau seperti itu kisahnya maka jangan tanya lagi. Sudah pasti kita bakal bisa keliling dunia.

Gara-gara lancar bahasa, kita pun menjadi lebih mudah berkomunikasi dengan siapa pun orang yang tersebar di berbagai penjuru dunia ini. Seperti ungkapan bahwa; Siapa yang Menguasai Bahasa, maka Ia Bisa Menguasai Dunia.

Apakah teman-teman membutuhkan seorang tokoh sebagai contoh? Tidak perlu jauh-jauh mencari hingga ke Wikipedia, karena di negara kita ada pula salah satu Poliglot sukses.

O ya, Poliglot adalah sebutan bagi orang yang mahir menggunakan banyak bahasa. Di Indonesia, poliglot rata-rata menguasai 5-11 bahasa.

Siapa dia? Siapa lagi kalau bukan Fiki Naki. Pemuda dengan nama lengkap Muhammad Fiqih Ayatullah ini bisa berbicara lima bahasa asing, yaitu Inggris, Rusia, Spanyol, Romania dan Mandarin. Bahkan tidak menutup kemungkinan ia akan terus menambah perbendaharaan jumlah bahasa asing.

Boleh Baca: Pengalaman Saya Belajar Bahasa Inggris dari SD, SMP, dan SMA. Pernah Otodidak!

Teman-teman yang saya banggakan;

Sejatinya bahasa asing memiliki manfaat yang amat banyak bagi kehidupan kita, terutama bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional dan digunakan di seluruh negara.

Dengan menguasai bahasa asing kita bisa lebih mudah berkomunikasi saat rekreasi ke luar negeri, lebih percaya diri, bisa kuliah di luar negeri, bekerja di luar negeri, dan ketika kita menjadi direktur atau bos, kita pun bisa merekrut tenaga asing.

Adapun manfaat yang paling sering kita rasakan ketika lancar kosakata bahasa asing ialah saat mengoperasikan alat-alat elektronik seperti HP, Laptop, Tablet, Chromebook, juga berbagai software dan aplikasi. Rata-rata semuanya menggunakan bahasa Inggris.

Karena kelebihan dan segunung manfaat yang ditawarkan, apakah sekarang teman-teman mulai tertarik untuk memantapkan penguasaan bahasa?

Ya, mari kita terus belajar dan berlatih bersungguh-sungguh untuk menguasai bahasa, karena dengan menguasai bahasa, kita bisa menguasai dunia.

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah. Saya tutup dengan pantun:

Pergi ke pasar beli markisa
Ternyata yang jual orang Rumania
Mari kuasailah bahasa
Dengan bahasa kita kuasai dunia

Pergi ke toko emas beli anting-anting
Pulangnya aku lihat ada piala adipura
Menguasai beberapa bahasa itu penting
Supaya kita bisa keliling ke berbagai negara

Saya akhiri;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Contoh Pidato Remaja Unggul Pasti Bisa

***

Sobat GuruPenyemangat.com, itulah tadi contoh pidato persuasif dengan tema atau judul Kuasai Bahasa Kuasai Dunia yang singkat, mudah dihafal, dan lengkap dengan pantun.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Kuasai Bahasa Kuasai Dunia Singkat, Lengkap dengan Pantun"

Promo Cashback & Voucher Shopee