Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Singkat Tentang Sholat Beserta Dalilnya yang Mudah Dihafal

Hai Sobat Guru Penyemangat, apakah saat ini Sobat sedang mencari teks alias naskah pidato dengan tema sholat yang lengkap?

Benar sekali bahwa sholat fardhu itu sangat penting bagi tiap-tiap muslim. Sebagai rukun Islam kedua, sholat adalah tiang agama yang wajib dilakukan, minimal sehari semalam 5 waktu; ditambah dengan sholat sunnah maka lebih baik.

Sholat dikatakan laksana tiang agama. Wujudnya seperti ini; Jika kita menggenggam botol atau pun kayu, maka jempol tangan bisa diibaratkan sebagai syahadatain, sedangkan jari telunjuk adalah ibadah sholat.

Kita bisa memegang botol maupun kayu menggunakan jempol dan telunjuk, tapi bagaimana bila telunjuknya kita lepaskan dari pegangan?

Sontak saja botol atau kayu akan lepas dan terjatuh, yang berarti bahwa tiang agama atau fondasi bakal ambruk gara-gara tidak sholat.

Contoh Pidato Singkat Tentang Sholat Beserta Dalilnya
Contoh Pidato Singkat Tentang Sholat Beserta Dalilnya. Dok. GuruPenyemangat.com

Mengingat pentingnya ibadah sholat, berikut ada contoh pidato singkat tentang sholat yang lengkap dengan dalilnya dan mudah untuk dihafal.

Mari kita simak ya:

Pidato Tentang Sholat Beserta Dalilnya

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Kepala SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA Negeri/Swasta Kabupaten/Kota
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru
Serta siswa-siswi yang saya banggakan

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan banyak nikmat dan karunianya kepada kita. Mulai dari nikmat sehat, nikmat lapang hingga nikmat yang tiada tara nilainya yaitu berupa nikmat iman dan Islam. Semoga kita senantiasa diberi hidayah oleh Allah SWT sehingga kita bisa mensyukuri semua nikmat yang Allah berikan kepada kita.

Shalawat dan salam senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun seluruh umat manusia menuju jalan kebaikan dan kebenaran.

Hadirin yang dirahmati Allah,

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan berpidato mengenai ibadah sholat. Sholat memiliki kedudukan sebagai rukun islam yang kedua karena sholat merupakan tiang agama.

Sholat merupakan amal ibadah paling utama dan pertama yang menentukan berat timbangan pahala yang akan dihisab oleh Allah SWT di akhirat.

 Dijelaskan dalam sebuah riwayat, Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam bersabda;

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ.

Bacaan Latin:

Inna awwala maa yuhaasabu bihil 'abdu yaumal qiyaamati min 'amalihi sholaatuhu.

Artinya:

"Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah sholatnya." Hadis Riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Sholat juga merupakan salah satu sarana komunikasi untuk memelihara kedekatan hubungan antara manusia dengan Allah SWT.

Lebih dari itu, sholat merupakan salah satu bukti seseorang beriman dan tunduk terhadap perintah Allah SWT.

Tidak lain karena perintah shalat disampaikan langsung dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW seperti yang dituangkan dalam Al-Qur’an, yang artinya: “Maka dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya, atas orang-orang yang  beriman” (QS.An-Nisa' : 103).

Tak heran jika jumlah tempat ibadah umat muslim yaitu masjid terbilang cukup banyak di Indonesia. Mengutip data Kementerian Agama (Kemenag), Indonesia memiliki total 290.161 masjid per Mei 2022 yang tersebar di 34 provinsi.

Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla mengatakan setidaknya ada 800 ribu masjid yang tersebar di seluruh daerah Indonesia. Sementara, menurut data Sistem Informasi Masjid (SIMAS) Kementerian Agama RI, jumlah masjid dan mushala di Indonesia sebanyak 741.991.  

Hadirin yang saya hormati, 

Merujuk pada ayat suci Qur'an tentang sholat dan jumlah masjid serta mushola yang telah didirikan di Indonesia, terang kita sadari tentang betapa pentingnya melaksanakan sholat 5 waktu yang hukumnya wajib bagi setiap orang islam.

Ya, setiap muslim dan muslimah yang telah memenuhi syarat, baik laki-laki maupun perempuan, terkecuali orang gila, anak kecil yang belum baligh, dan wanita yang sedang haid atau nifas. 

Bahkan bila pun sholat wajib yang kita lakukan belum sempurna, amalan wajib tersebut dapat disempurnakan dengan amalan sunnah yang melipatgandakan banyak kebaikan hingga mengalahkan dan menghapus banyak keburukan, serta menjadi pemberat timbangan amal yang menolong kita masuk surga atas dasar rahmat Allah semata.

Betapa Allah Maha Pengasih dan Penyayang pada hamba di mana Allah menyempurnakan amalan wajib yang diperintahkan pada manusia untuk dilaksanakan dengan amalan sunnah sebagai penutup kekurangannya. 

Boleh Baca: Contoh Pidato Menyentuh Hati Tentang Kematian, Lengkap dengan Dalilnya

Maka dari itu, hendaklah setiap orang bisa memperbanyak dan menjaga amalan sunnah, selain menjalankan sholat wajib 5 waktu karena tidak ada yang tahu tahu amalan apa yang diterima dan diridhoi di sisi Allah SWT.

Misalnya, dengan sholat sunnah yang sangat dianjurkan dan telah dipraktikkan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Bahkan keistimewaan sholat juga diperoleh ketika kita berjamaah dan merupakan keutamaan yang sangat luar biasa dalam agama islam.

Sholat berjamaah adalah ibadah yang sangat ditekankan dalam agama karena bernilai lebih banyak pahala daripada sholat yang dikerjakan sendiri. 

Dari Ibnu Umar ra meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, "Shalat berjamaah lebih utama 27 derajat dibandingkan shalat sendirian." (Hadis Riwayat Imam Bukhori dan Imam Muslim). 

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah ketika menjalankan sholat harus dengan penuh kesyukuran, keikhlasan dan juga keistiqomahan, agar kita diberikan ketenangan, kedamaian, dan tidak termasuk golongan orang-orang yang celaka akibat lalai dalam sholat.

Hal ini sesuai firman dalam Q.S. Al-Ma’un ayat 4-5:

فَوَيۡلٌ لِّلۡمُصَلِّينَ. ٱلَّذِينَ هُمۡ عَن صَلَاتِهِمۡ سَاهُونَ. 

Bacaan Latin:

Fawai-lul-lil musholliin. Alladziina hum 'an sholaatihim saahuun.

Artinya:

“Maka celakalah orang yang sholat, (yaitu) orang-orang yang lalai terhadap sholatnya.”

Boleh Baca: Contoh Pidato Singkat Islami Tentang Ikhlas

Hadirin yang dimuliakan Allah;

Sholat bukan sekadar aktivitas ibadah semata untuk mendekatkan diri pada Allah, tetapi sholat juga memiliki banyak manfaat untuk menenangkan hati, menyehatkan mental, dan fisik secara keseluruhan.

Ada banyak hikmah shalat antara lain sebagai wujud kepatuhan kepada Allah SWT, menambah keimanan, memberikan ketenangan jiwa, sarana melatih kedisiplinan diri, dijauhkan dari perbuatan tercela, disucikan dari dosa, serta mendapatkan pahala.

Gerakan shalat juga menyehatkan tubuh seperti sujud, rukuk. Bahkan, duduk ternyata bermanfaat untuk peregangan otot serta melancarkan aliran darah.

Jika kita sudah berusaha menunaikan sholat dengan benar, ikhlas, khusyu dan juga sepenuh hati karena Allah maka Insya Allah akan melahirkan ketenangan dan kedamaian di hati sehingga menumbuhkan ketundukan dan ketakwaan kepada Allah SWT. 

Adapun janji Allah bagi orang-orang yang bertakwa, maka Allah akan menjamin dengan memberikan pertolongan, jalan keluar, rezeki yang tidak diduga-duga, dan kemudahan dalam setiap urusannya. 

Hal ini telah selaras dengan firman Allah SWT yang tertulis:

"Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu amat berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk" (QS Al-Baqarah ayat 45).

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan pada pagi hari ini, mudah-mudahan berkenan di hati para hadirin semua. Terima kasih atas segala perhatiannya dan mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Saya akhiri,
Wassalamu’alaikum wr. wb.

Boleh Baca: Teks Pidato Islami Lucu Tentang Al-Qur'an dan Keutamaan Membacanya

***

Itulah tadi contoh pidato bertema sholat yang singkat dan dilengkapi dengan dalilnya baik dari Qur'an maupun hadis. Contoh teks pidato singkat tentang sholat di atas bisa Sobat jadikan referensi dalam menyampaikan sambutan, kultum singkat, hingga ceramah untuk anak-anak SD maupun SMP.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Singkat Tentang Sholat Beserta Dalilnya yang Mudah Dihafal"

Promo Cashback & Voucher Shopee