Widget HTML #1

Teks Ceramah Tentang Al-Qur’an Lucu untuk Anak SD, Lengkap dengan Dalil dan Pantun

Hai Sobat Guru Penyemangat. Sedang cari teks ceramah tentang Al-Qur'an untuk kegiatan Nuzulul Qur'an, lomba, atau tugas pidato?

Alhamdullillah ya, karena Sobat telah beruntung bisa singgah ke blog Gurupenyemangat.com.

Berikut ada contoh teks ceramah bertema Al-Qur'an yang sudah aku susun dengan tjakep, sistematis, dan lengkap.

Teks ceramah tentang Al-Qur'an berikut dilengkapi dengan humor, dalil, hingga pantun lucu yang cocok untuk anak SD maupun umum.

Mari disimak ya:

Teks Ceramah Singkat Tentang Al-Qur’an Sebagai Pedoman Hidup Dunia Akhirat

Teks Ceramah Tentang Al-Qur’an Lucu untuk Anak SD, Lengkap dengan Dalil dan Pantun
Teks Ceramah Tentang Al-Qur’an Lucu untuk Anak SD, Lengkap dengan Dalil dan Pantun. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabakaratuh.

Pergi ke pasar beli kue talam
Pulangnya dapat bonus es kelapa muda
Yang semangat dong kalau jawab salam
Nanti tidak kebagian tempat di surga

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh!

Alhamdulillah wa syukurillah, ya. Semua jamaah di sini akhirnya semangat menjawab salam, walaupun terpaksa, ternyata semua orang mau masuk sur…ga.

Alhamdulillah. Alhamdulillahilladzi unzila fiihil qur’an, hudallinnaasi wa bayyinati minal huda wal furqoon. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna Muhammadar Rasulullah.

Allahumma sholi ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad.

Hadirin para jamaah yang insya Allah dirahmati oleh Allah SWT;

Pertama-tama dan yang nomor satu, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat, terutama nikmat sehat dan sempat sehingga kita bisa bersama-sama bersua, bertatap muka, bertemu dan saling sapa di ruangan yang insya Allah penuh berkah ini.

Sungguh ada banyak nikmat yang telah Allah berikan, dari nikmat yang besar hingga nikmat yang paling kecil yang mungkin sangat jarang kita syukuri.

Apa itu nikmat yang kecil dan jarang kita syukuri, wahai jamaah? Nah, contohnya adalah nikmat bulu.

Dari posisi paling atas, ada nikmat bulu berupa rambut. Allah ciptakan rambut bukan tanpa alasan, karena dengan adanya rambut, kulit kepala kita tetap terjaga dan terhindar dari kegosongan akibat dijilat matahari.

Turun ke bawah ya jamaah, ada bulu apa ini? Iya, bulu alis mata. Ini adalah nikmat, teman-teman. Coba saja kalau kita tidak punya bulu mata dan kemudian ada keringat sebesar gentong jatuh dari kening. Apa yang terjadi?

Alhasil, pedih dan perihlah mata kita terkena keringat yang kotor itu.

Turun lagi ke bawah, ada bulu mata. Allah SWT ciptakan bulu mata bukan tanpa alasan. Bila kita tidak punya bulu mata, anggaplah suatu saat misalnya saya sedang berkendara kemudian ada lalat lewat, maka otomatis lalat akan nyemplung ke mata dan itu pun menyakitkan.

Jamaah yang berbahagia;

Turun lagi ke bawah ada bulu hidung. Allah ciptakan 1 hidung ada dua lubangnya. Bukan untuk ngecas HP, bukan untuk ngecas laptop, dan bukan pula sebagai tempat colokan magicom melainkan menjadi alat untuk bernafas.

Bayangkan bila kita tidak punya bulu hidung, barangkali segala jenis kotoran mulai dari debu, pupuk ayam hingga dedak akan terhirup dan masuk ke paru-paru kita. Kotorlah akhirnya.

Turun lagi ke bawah, jamaah, ada bulu kumis dan janggut. Allah ciptakan bulu kumis dan janggut bukan tanpa alasan.

Adanya kumis akan membuat kaum pria makin macho, dan adanya bulu janggut akan membuat nasi yang kita makan terlebih dahulu nyangkut di janggut sebelum jatuh. Hehe

Masih turun lagi ke bawah, ada bulu dada, jamaah. Bulu dada apa gunanya? Tiada lain ialah untuk menyeka keringat dan melindungi kita dari bau badan. Coba kalau tidak ada bulu dada, bisa gawat kan? Sedangkan ayam saja punya bulu dada.

Turun lagi ke bawah ada bulu jem…..? Iya, bulu jempol kaki. Allah ciptakan bulu jempol kaki bukanlah tanpa alasan ya jamaah. Bulu kaki adalah anugerah yang Allah berikan kepada kita, yang ketika kita cabut bulu tersebut, maka sakitnya terasa hingga ujung kepala. Hahaha

Shalawat dan salam marilah tak bosan-bosannya kita sampaikan kepada Nabi kekasih Allah, sayyidina Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak, Ibu, teman-teman, serta jamaah sekalian;

Apakah segenap jamaah di sini sering membaca Al-Qur’an? Sering? Sungguh? Tidak bohong? Oke, kalau tidak bohong, coba tunjuk tangan siapa yang membawa Al-Qur’an hari ini.

Astagfirullah. Ternyata kita banyak yang bohong. Tapi mudah-mudahan besok hari kita semua sudah mulai rajin membaca dan membawa Al-Qur’an ya.

Jamaah rahimakumullah. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan ceramah singkat tentang Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dunia akhirat.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 2:

Bismillahirrohmaanirrohim.

ذَٰلِكَ ٱلۡكِتَٰبُ لَا رَيۡبَۛ فِيهِۛ هُدٗى لِّلۡمُتَّقِينَ  [البقرة:2]

Bacaan Latin:

Dzaalikal kitaabulaa roybafiihii hudal-lil muttaqiin.

Artinya:

Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa.

Jamaah yang dimuliakan Allah;

Al-Qur’an adalah kitab yang berisikan firman Allah, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril sebagai petunjuk bagi semesta alam.

Mengapa tadi Surah Al-Baqarah ayat 2 diterangkan bahwa Al-Qur’an itu tidak ada keraguan darinya?

Bila kita cermati lebih jauh, Al-Qur’an diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan tahun 610 Masehi secara berangsur-angsur hinggalah 632 Masehi.

Tapi sekarang? Sudah 1400 tahun lebih telah berlalu, namun juz dalam Al-Qur’an masih 30, Surah dalam Al-Qur’an masih 114, ayat dalam Al-Qur’an masih 6.236, dan huruf dalam Al-Qur’an masih 1.027.000.

Artinya? Al-Qur’an masih utuh, tidak ada yang berkurang dan tidak ada yang bertambah. Karena Allah yang menjaganya, hinggalah nanti saatnya tiba, yaitu Hari Kiamat. TAKBIR! Allahu Akbar.

Boleh Baca: Jumlah Ayat Al-Qur'an Sebenarnya 6666 atau 6236?

Jamaah yang senantiasa dirahmati oleh Allah SWT;

Ada 6 isi Al-Qur’an yang menjadi pedoman dan petunjuk kita baik di dunia maupun di akhirat:

Pertama, Petunjuk Aqidah.

Dalam hidup, aqidah adalah nomor satu dan kita wajib menomorsatukan Allah. Dalilnya? Tertuang dalam Al-Qur’an Surah Al-Ikhlas ayat 1-4:

قُلۡ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ  

ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ  

لَمۡ يَلِدۡ وَلَمۡ يُولَدۡ  

وَلَمۡ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدُۢ 

Artinya:

Katakanlah: "Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan. dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia".

Inilah petunjuk tentang Aqidah, bahwa Allah itu Maha Esa, Allah tidak beranak dan tidak diperanakkan, tidak ada sesuatu apa pun yang setara dengan Allah sehingga kita wajib bergantung hanya kepada Alla

Jamaah yang berbahagia;

Adapun isi Al-Qur’an yang kedua ialah persoalan Ibadah dan Muamalah.

Ke mana dan kepada siapa kita beribadah? Jawabannya ada di Surah Al-Fatihah ayat 5:

إِيَّاكَ نَعۡبُدُ وَإِيَّاكَ نَسۡتَعِينُ.

Artinya:

Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.

Kita menyembah hanya kepada? Allah. Kita bersujud untuk? Allah. Kita minta tolong hanya kepada? Allah. Eh, tapi jangan jadi peminta-minta ya Jamaah. Kita harus bekerja keras dan berikhitar pokoknya. Ganbatte [Bahasa Jepang: Semangat].

Jamaah yang dirahmati oleh Allah SWT;

Adapun isi pokok Al-Qur’an yang berikutnya adalah Akhlak, Hukum, Sejarah, dan Dasar-dasar Ilmu Pengetahuan.

Semua perilaku kita dalam hidup telah Allah berikan contohnya, dan teladan utama ialah Rasulullah SAW.

Pun demikian dengan sejarah. Kita bisa belajar dari kisah Maryam, kisah Luqman, kisah Raja Dzulkarnain, hingga kisahnya Abu Lahab.

Jikalau kita baca, telaah, dan pelajari secara mendalam, maka akan semakin sadarlah kita bahwa Al-Qur’an adalah petunjuk yang sempurna dan isinya ialah ilmu yang tidak terbatas.

Sedangkan ilmu manusia? Sungguh terbatas. Apalagi kita. Berpikir sebentar, eh, sudah berasap kedua telinga. Haha.

Jamaah rahimakumullah;

Marilah sama-sama kita jadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup di dunia dan mencari tambahan bekal untuk menghadapi ngerinya pengadilan di akhirat. Semangat selalu, ya Jamaah? TAKBIR! Allahu Akbar.

Demikianlah ceramah yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang mulia ini. Mohon maaf atas segenap khilaf dan salah, saya akhiri dengan pantun:

Bulan puasa aku lari pagi bersama teman
Sepulangnya bajuku basah oleh keringat
Al-Qur’an adalah sebaik-baiknya pedoman
Pelajari dan amalkan untuk bekal di akhirat

Wa billahi taufik wal hidayah;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Ditulis oleh Ozy V. Alandika

Boleh Baca: Teks Pildacil Tentang Keutamaan Tadarus Al-Qur'an

Download Teks Ceramah Tentang Al-Qur'an PDF

Untuk memudahkan Sobat Guru Penyemangat, berikut telah disiapkan file PDF berupa naskah ceramah tentang Al-Qur'an yang bisa diunduh secara gratis.

Sobat bisa menjadikannya sebagai bekal lomba pidato atau pildacil, teks kultum Subuh, materi Pesantren Kilat, maupun ceramah singkat saat Tarawih.

Silakan klik tombol download untuk mendapatkan dokumennya:

Ceramah Tentang Al-Qur'an 309kb

***

Demikianlah sajian Guru Penyemangat tentang contoh teks ceramah yang berjudul Al-Qur'an Sebagai Pedoman Hidup Dunia Akhirat yang singkat dan lucu serta cocok untuk anak SD.

Semoga bermanfaat
Salam

Lanjut Baca: Kumpulan Pantun Islami tentang Al-Qur'an

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Teks Ceramah Tentang Al-Qur’an Lucu untuk Anak SD, Lengkap dengan Dalil dan Pantun"