Widget HTML #1

Contoh Poster Kemerdekaan Indonesia ke-78 Tinggal Edit Beserta Cara Membuatnya

Contoh Poster Kemerdekaan Indonesia ke-77
Contoh Poster HUT Kemerdekaan Indonesia ke-78. Dok. GuruPenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudahkah membuat poster bertema Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2023 yang bagus?

Ya, membuat poster HUT RI adalah salah satu wujud kecintaan kita terhadap tanah air. Di zaman sekarang kita tidak lagi memegang bambu runcing maupun berperang.

Di era digital seperti saat sekarang ini kita semua memiliki tanggung jawab meneruskan semangat kemerdekaan serta berbagi manfaat dan informasi tentang kecintaan terhadap Bumi Pertiwi.

Dalam membuat poster 78 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, kita bisa membuatnya dengan tema kartun maupun dihiasi dengan ilustrasi dan jargon inspiratif melalui platform digital.

Harapannya, poster yang dibuat bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-78 tahun.

Nah berikut ada contoh poster HUT Kemerdekaan Indonesia ke-78 17 Agustus 2023 lengkap dengan cara membuatnya.

Mari disimak ya:

Cara Membuat Poster HUT RI yang Bagus dan Menarik

Sobat Guru Penyemangat, dalam menyambut kemerdekaan kita bisa membuat poster secara manual maupun secara digital.

Namun agar lebih cepat dan menghemat waktu, Sobat sebaiknya meracik atau mendesain poster secara digital melalui platorm online seperti Canva, karena di sana sudah tersedia banyak sekali elemen dan ilustrasi yang menarik.

Berikut langkah-langkah membuat poster Kemerdekaan Indonesia di Canva:

1. Buka Canva.com

Langkah pertama yang Sobat lakukan ialah mengakses situs Canva.com melalui broswer yang tersedia di laptop atau notebook Sobat. Sebelum itu, pastinya sinyal internet maupun koneksi Wi-Fi cukup stabil dan kencang.

Kita juga bisa membuka Canva melalui aplikasi Smartphone yang tersedia di Google Playstore. Nantinya setelah mengakses Canva, silakan Sobat langsung melakukan pendaftaran via email maupun Facebook, hal ini untuk memudah proses download poster nantinya.

2. Masukkan Keyword “Poster Kemerdekaan” atau "Poster HUT RI"

Setelah tiba di halaman utama Canva, sekarang Sobat langsung saja memasukkan kata kunci "Poster Kemerdekaan", "Poster HUT RI", "Poster 17 Agustus", atau "Poster 17 Agustus".

Setelah itu, pilih opsi yang paling bawah yaitu "Template yang disarankan", lalu klik pilihan "Lihat Semua".

Masukkan Keyword "Poster Kemerdekaan" atau "Poster HUT RI"
Masukkan Keyword "Poster Kemerdekaan" atau "Poster HUT RI".

3. Pilih Template Poster Kemerdekaan Sesuai Kebutuhan

Setelah tadi memilih opsi lihat semua template yang disarankan, sekarang silakan Sobat pilih template desain poster Kemerdekaan Indonesia sesuai kebutuhan. Apakah Sobat ingin poster berbentuk persegi panjang, segi empat atau bujur sangkar, ukuran kertas A4, Legal, kwarto, atau bisa pula pilih poster tema 17san yang potrait.

O ya, bila Sobat menggunakan akun Canva gratis, maka jangan gunakan template poster yang berbayar. Contoh template poster yang berbayar ditandai dengan logo mahkota yang ada pada sisi kanan atas desain seperti gambar berikut:

Desain premium atau berbayar ada tanda mahkota di sisi kanan bawah.

4. Edit Desain Poster Sesuai Keinginan

Template berhasil dipilih, nah sekaranglah saatnya Sobat melakukan aktivitas desain-mendesain poster Kemerdekaan Indonesia sesuai keinginan.

Agar tampil elegan, berkualitas, cantik dan profesional, Sobat bisa menggunakan beragam macam elemen grafis, gambar bertema kemerdekaan, gambar kartun HUT RI, font tulisan yang aesthetic, hingga icon-icon keren yang ada di Canva.

Bagaimana cara mencarinya? Sobat bisa memanfaatkan fitur Canva yang ada di pojok kiri halaman Canva. O ya, kita pula bisa mengunggah foto sendiri dengan menggunakan fitur "Unggah". Atau jika ingin lebih gampang, copy gambar yang ingin dimasukkan, lalu paste ke halaman Canva.

5. Download Poster Kemerdekaan Indonesia Ukuran HD

Setelah kegiatan mendesain poster HUT RI ke-78, sekarang saatnya Sobat mengunduh desain poster secara gratis.

Caranya yaitu klik tombol "bagikan" atau "share" yang ada di sisi kanan atas laman Canva, kemudian pilih opsi "Unduh".

Nah pada opsi unduh, pilihlah format PNG atau PDF untuk kualitas desain poster 17san yang HD. Atau jika Sobat ingin poster yang lebih berkualitas lagi gambarnya, silakan manfaatkan fitur "ubah ukuran" yang ada di pojok kiri atas laman Canva, lalu masukkan ukuran desain yang diinginkan. Misalnya ukuran 20x20 CM, 20x40 CM dan sebagainya.

Setelah Sobat mengeklik tombol unduh, silakan tunggu beberapa saat hingga proses download selesai. Jika tidak ada notifikasi download, periksa kembali sinyal internet Sobat dan lakukan tutorial Canva poin ke lima sekali lagi.

6. Bagaimana Bila Download Poster Berbayar?

Bila nanti ketika proses unduhan poster Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2023 Sobat diminta membayar, maka cobalah perhatikan notifikasi yang tampil. Biasanya ada gambar, elemen, atau ilustrasi berbayar.

Silakan Sobat kembali ke laman desain poster tadi, lalu hapus elemen berbayar tersebut. Gunakan saja elemen gratis yang tersedia di fitur Canva.

Boleh Baca: Contoh Banner 17 Agustus Tinggal Edit, Cocok untuk Cetak Spanduk dan Baliho

Contoh Poster Kemerdekaan Indonesia Tahun 2023 Tinggal Edit

Secara khusus GuruPenyemangat.com telah memilihkan beberapa desain poster HUT RI yang gratis dan bisa diedit dengan mudah oleh Sobat semua.

Desain poster Kemerdekaan Indonesia ini adalah desain untuk poster digital yang nantinya akan Sobat edit di Canva. Cara editnya ialah; Sobat tinggal mengklik tombol "Edit Poster".

Contoh Poster HUT RI ke-78 Versi 1:

Merah dan Putih Ilustrasi Kemerdekaan Indonesia Poster oleh Ozy Alandika

Contoh Poster Kemerdekaan Indonesia Kartun

Kartun kemerdekaan poster oleh Ozy Alandika

Contoh Poster 17 Agustus 2023

Kemerdekaan Indonesia HUT RI Segi Empat oleh Ozy Alandika

***

Demikianlah seutas sajian GuruPenyemangat.com tentang contoh poster bertema Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus Tahun 2023 tinggal edit, lengkap dengan cara membuatnya dalam rangka menyambut HUT RI ke-78.

Semoga bermanfaat ya
Merdeka

Lanjut Baca: 78 Quotes Menyentuh Hati Tentang HUT Kemerdekaan Indonesia

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Poster Kemerdekaan Indonesia ke-78 Tinggal Edit Beserta Cara Membuatnya"