Widget HTML #1

Contoh Banner 17 Agustus 2023 Tinggal Edit, Lengkap dengan Cara Membuatnya

Contoh Banner 17 Agustus Tinggal Edit, Lengkap dengan Cara Membuatnya
Contoh Banner 17 Agustus Tinggal Edit, Lengkap dengan Cara Membuatnya. Designed by GuruPenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah siap menyambut kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke-78?

Ya, pada tanggal 17 Agustus 2023 kita akan menyambut peringatan dan momentum bersejarah bagi bangsa ini, yaitu Kemerdekaan Indonesia.

Bila kita menghitung angka 78 tahun, rasanya angka tersebut sudah sangat tua. Meski demikian, harapannya semangat nasionalisme dan patriotisme warga negara Bumi Pertiwi tetap muda.

Pada tahun ini, semua orang mungkin merasa bahwa negara Indonesia sedang berada di fase krisis. Bahan pokok naik, pajak naik, BBM naik, dan banyak barang-barang lain yang harganya mulai melonjak.

Hal tersebut adalah tantangan yang luar biasa bagi bangsa ini, namun kita tetap tidak boleh terlalu banyak berkeluh kesah maupun bersedih.

Momentum HUT RI 17 Agustus tahun 2023 perlu disambut dengan meriah, sukacita, walaupun dengan cara-cara sederhana seperti membuat banner atau spanduk untuk dipajang di depan sekolah, di pinggir jalanan desa, spanduk lomba Agustusan atau di instansi-instansi pemerintah.

Berikut ada contoh banner dan spanduk 78 tahun Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2023 tinggal edit, beserta cara membuatnya.

Mari disimak ya:

Cara Membuat Banner HUT RI Ke-78

Bagaimana membuat spanduk atau banner HUT RI ke-78 yang bagus dan menarik? Beruntungnya saat ini kita bisa membuat banner Kemerdekaan Indonesia melalui platform online seperti Canva.

Di Canva, Sobat bisa membuat banner, baliho, spanduk, hingga ucapan Selamat HUT RI untuk kemudian dicetak.

Nah berikut disajikan langkah-langkah membuat banner HUT Ri ke-78 di Canva:

1. Buka Canva.com

Langkah pertama Sobat langsung saja akses situs Canva.com menggunakan laptop, atau membuka aplikasi Canva yang sudah terlebih dahulu diunduh di Google Playstore.

Namun karena Sobat ingin membuat banner atau spanduk Kemerdekaan Indonesia, maka disarankan untuk menggunakan laptop, Macbook, Chromebook atau komputer saja. Setelah nanti laman Canva.com terbuka, silakan Sobat langsung login menggunakan email atau Facebook.

2. Masukkan Kata Kunci “Banner HUT RI” di Laman Pencarian Template Canva

Sebenarnya Sobat bisa membuat banner HUT RI Tahun 2023 secara manual, namun agar lebih cepat sebaiknya kita menggunakan template gratis maupun pro yang sudah disediakan di Canva.

Setelah tadi masuk ke laman utama Canva, pada kolom pencarian Sobat silakan masukkan kata keyword “Banner HUT RI” atau “Kemerdekaan Indonesia” pada kolom pencarian.

Setelah itu, Sobat arahkan pandangan ke baris menu yang paling bawah, lalu klik opsi Lihat Semua pada Template yang Disarankan.

3. Pilih Desain Banner atau Spanduk HUT RI Sesuai Kebutuan

Langkah ketiga, Sobat perlu memilih desain banner Kemerdekaan Indonesia untuk nanti dicetak sebagai spanduk maupun baliho ucapan Selamat HUT RI 17 Agustus 2023.

Perlu diketahui, sebelum memilih desain sebaiknya Sobat menentukan terlebih dahulu berapa rasio atau ukuran banner yang ingin dicetak. Apakah 1x1 meter, 2x1 meter, 2x2 meter, 3x1 meter, 4x1 meter, atau ukuran banner potrait lainnya.

Jika Sobat ingin mencetak banner HUT RI yang memanjang ke samping, maka pilihlah desain yang Lanscape.

Sedangkan kita Sobat ingin mencetak banner potrait, maka pilihlah desain banner yang memiliki tinggi optimal.

4. Edit Desain Banner HUT RI Sesuai Keinginan

Agar tampil elegan, Sobat perlu melakukan kostumisasi desain banner 17 Agustus 2023. Sobat bisa menambahkan kata-kata ucapan, jargon, kutipan motivasi dari pahlawan Kemerdekaan dan sebagainya.

Lebih daripada itu, Sobat juga bisa memasukkan foto atau gambar pribadi melalui fitur “Unggah” yang ada pada sisi kiri Canva. Atau jika ingin lebih mudah, Sobat bisa langsung melakukan copy-paste gambar langsung ke desain banner.

5. Download Desain Banner HUT RI Ukuran HD

Bila Sobat telah selesai melakukan proses desain-mendesain, maka sekarang saatnya Sobat mengunduh banner Kemerdekaan Indonesia.

Untuk keperluan pencetakaan spanduk, maka disarankan agar Sobat mengunduh desain dengan format PDF atau PNG.

Caranya; klik tombol “Bagikan” yang ada di pojok kanan atas Canva, lalu pilih opsi “Unduh” dengan format “PDF” atau PNG.

Untuk hasil yang lebih baik, Sobat bisa mengunduh dengan memperbesar rasio ukuran desain. Namun hal ini hanya bisa dilakukan bagi pengguna Canva Pro.

Adapun cara lain yang bisa ditempuh, Sobat terlebih dahulu mengubah ukuran desain supaya gambarnya lebih HD dan tidak pecah saat dicetak.

Caranya: pada tampilan halaman desain Canva, Sobat klik opsi “Ubah Ukuran” yang ada pada sisi kiri atas layar. Setelah itu masukkan ukuran banner HUT RI yang Sobat inginkan.

Ubah terlebih dahulu satuan lebar dan tinggi menjadi CM, lalu masukkan ukuran:

  • 200x50 CM untuk banner ukuran 4x1 meter atau baliho 8x2 meter
  • 100x50 CM untuk banner ukuran 2x1 meter atau baliho 4x2 meter
  • 100x100 CM untuk banner ukuran 1x1 meter, 2x2 meter, spanduk 3x3 meter atau semisalnya

*Catatan:

1. Sebaiknya ukuran desain banner HUT RI disetel diawal proses desain agar elemen-elemennya tidak berserakan.

2. Gunakan gambar dan elemen yang gratis (tanpa lambang makhota) jika Sobat menggunakan akun Canva gratis.

Contoh Banner 17 Agustus 2023 Tinggal Edit

Nah, untuk memudahkan kegiatan Sobat dalam membuat banner, spanduk, atau baliho perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus Tahun 2023, berikut GuruPenyemangat.com pilihkan beberapa template desain tinggal edit yang sudah dilengkapi dengan logo HUT RI ke-73.

Contoh desain banner berikut sudah Guru Penyemangat setel dengan ukuran dan rasio yang besar sehingga bisa diunduh dalam format HD dan gambar yang berkualitas bagus.

Sobat hanya perlu meng-klik tombol “Edit Banner” untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan Sobat.

Contoh Desain Banner HUT RI Versi 1:

Merah Putih Modern Kartun Kemerdekaan Indonesia HUT RI Facebook Post oleh Ozy Alandika

Contoh Desain Banner Lomba 17 Agustus 2023:

Banner Lomba Agustusan Kemerdekaan Indonesia HD oleh Ozy Alandika

Banner Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia Versi 3:

Banner HUT RI oleh Ozy Alandika

Banner HUT RI Potrait

Banner HUT RI 17 Agustus 2022 Potrait oleh Ozy Alandika

***

Demikianlah sajian Guru Penyemangat tentang contoh banner HUT RI ke-78 17 Agustus 2023 tinggal edit yang lengkap dengan cara membuatnya.

Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia
Salam.

Lanjut Baca: Puisi Kemerdekaan Indonesia Singkat 2 Bait dan 3 Bait

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Banner 17 Agustus 2023 Tinggal Edit, Lengkap dengan Cara Membuatnya"