Widget HTML #1

Contoh Susunan Acara Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2022

Hai Sobat Guru Penyemangat, ingin menggelar kegiatan apa saja pada momen Hari Anak Nasional Tahun 2022 ini?

Ada banyak acara yang bisa dilakukan baik dari pihak sekolah, instansi, desa, maupun organisasi mulai dari webinar, talkshow, podcast, bakti sosial, hingga lomba-lomba edukatif untuk anak-anak.

Nah berikut Guru Penyemangat sajikan contoh susunan acara untuk peringatan Hari Anak Nasional yang seru dan berkesan.

Mari disimak ya:

Susunan Acara Hari Anak Nasional Tahun 2022

Contoh Susunan Acara Peringatan Hari Anak Nasional
Contoh Susunan Acara Peringatan Hari Anak Nasional. Image by Gerd Altmann from Pixabay

Rangkaian Agenda dalam penyelenggaraan HAN 2022 meliputi: 

1. Webinar dengan tema:

a. Peningkatan Kewirausahaan Perempuan dalam Pemenuhan Hak dan Perlindungan  Khusus Anak (Kemen PPPA) 

b. Peningkatan Peran Ibu dan Keluarga dalam Pengasuhan Anak 

  • Webinar dalam Rangka Pemenuhan Hak Anak atas Kesehatan Melalui Imunisasi  (Kemen PPPA) 
  • Talkshow dengan Menteri Hukum dan HAM terkait Pengasuhan Anak yang disiarkan  melalui youtube (Kementerian Hukum dan HAM) 
  • Talkshow Radio Kesehatan (Kesehatan dan tumbuh kembang anak) (Kementerian  Kesehatan) 
  • Webinar Tumbuh Kembang yang dari Sisi Parenting Bersama Menteri Kesehatan (Kementerian Kesehatan) 
  • Lomba Video Active Feeding dan Kreasi Menu Sehat Balita (Kementerian Kesehatan)
  • Lomba Poster (Kementerian Kesehatan) 
  • Lomba Tiktok Anak Sehat (Kementerian Kesehatan) 
  • Seminar Kesehatan Jiwa Ibu Bekerja dengan Tema “Work Life Balance” Cegah  Kekerasan Simbolik pada Ibu Bekerja, Penuhi Hak Anak” 

c. Pencegahan Kekerasan terhadap Anak 

  • AMAN Warrior 

Di masa pasca pandemi, anak-anak yang kian akrab dengan internet sehingga rentan  untuk mengalami kekerasan dan eksploitasi di ranah online.

Untuk itu, Kemen PPPA  bekerja sama dengan ECPAT Indonesia akan menyelenggarakan kegiatan AMAN (Aku  Muda Aku Nyaman) bagi anak – anak di Indonesia. Kegiatan ini meliputi talkshow dan  games serta adanya Youth Conference bersama anak dan remaja. 

  • Lomba Pembuatan Info Grafis dengan Tema Kenali Hak Anak di Dunia Digital
  • Sosialisasi kepada Relawan SAPA di 142 DRPPA dan Kemen PPPA 
  • Sosialisasi Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan  Seksual (Kemen PPPA) 
  • Finalisasi Rancangan Peraturan Menteri Agama tentang Pencegahan dan Penanganan  Kekerasan terhadap Anak di Satuan Pendidikan (Kementerian Agama) 
  • Pelatihan Penguatan Riset bagi Siswa MTs dan kegiatan Ajang RA (setingkat TK)  bekerja sama dengan IGRA (Kementerian Agama) 
  • Launching Buku Saku Perlindungan Hak Anak (Kementerian PPN/Bappenas)
  • Launching Hasil Studi Dampak Pandemi COVID terhadap Perkawinan Anak  (Kementerian PPN/Bappenas) 
  • Pelatihan Sistem Perlindungan Anak bagi Perencana dari Provinsi Terpilih bekerja  sama dengan UNICEF (Kementerian PPN/Bappenas) 

d. Penurunan Pekerja Anak 

  • Webinar Perspektif Media dan Dunia Usaha dalam Penanganan Pekerja Anak Dalam rangka mendukung komitmen Indonesia bebas pekerja anak, yang merupakan  bagian dari agenda melaksanakan peta jalan global guna Pencapaian Penghapusan  Bentuk-bentuk Pekerjaan Terburuk untuk anak (PBPTA) tahun 2016 dan Rencana  Aksi Nasional (RAN) PBPTA, Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak akan  menyelenggarakan Webinar dengan tema “Perspektif Media dan Dunia Usaha dalam  penanganan pekerja anak”. Kegiatan akan mengundang media yang fokus pada  isu pekerja anak sebagai pemantik diskusi yang akan ditanggapi oleh Dunia Usaha,  Pemerintah, Pemerintah, dan Pemerintah Daerah. 
  • Webinar Peringatan Hari Menentang Pekerja Anak (Kementerian Ketenagakerjaan,  Kementerian PPN/Bappenas, Kemen PPPA, Kementerian Pertanian, JARAK, dan  GAPKI) 
  • Konferensi Nasional Penanggulangan Pekerja Anak di Sektor Pertanian (Kementerian  Ketenagakerjaan, Kementerian PPN/Bappenas, Kemen PPPA, Kementerian Pertanian,  JARAK, GAPKI, dan Save The Children) 

e. Pemenuhan Hak Anak 

  • Anak dan Digitalisasi Enterpreuner 
  • Kartini Berjuang untuk Kesetaraan dan Pencegahan Perkawinan Anak
  • YSTC: Anak dan Perubahan Iklim 
  • Forum Anak Tanggap Bencana “Siapa Takut Hadapi Bencana!”
  • Forum Anak: “Yuk Kenali Koperasi Lebih Dekat!” 
  • Forum Anak: “Membumikan Literasi Anak Sejak Dini” 
  • Budaya Bersih Anti-Gratifikasi 

2. Challenge Video Pendek Hari Anak Nasional Tahun 2022: “Suarakan HakMU Stop Perkawinan Anak” 

3. Lomba Penulisan Artikel dengan tema “Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak 0-3 Tahun” 

4. Bhakti Sosial. Pelaksanaan pemeriksaan skrining mata anak SD di seluruh provinsi (Kemenkes) 

5. Publikasi 

a. Podcast Bedah Kasus Kekerasan Seksual terhadap Anak kerja sama dengan Rudi Kamri,  dilaksanakan selama 4 (empat) kali secara online selama Bulan Juli 2022 

b. Coaching Clinic Self Love, dilaksanakan selama 4 (empat) kali secara online selama Bulan  Juli 2022 

c. Penayangan konten film oleh Forum Anak Nasional dan Forum Anak Daerah secara offline  dan online 

d. Peluncuran Persembahan Bagi Anak Negeri “Peraturan Pemerintah Dispensasi Kawin” e Kampanye Pengasuhan Penuh Kasih Untuk 0-3 Tahun Di Kab. Pandeglang Provinsi  Banten 

6. Partisipasi Anak 

a. Virtual Education Tour 

b. Sehari Menjadi Pemimpin di Kemen PPPA 

Anak-anak Indonesia yang terseleksi akan diberikan kesempatan untuk menjadi  Menteri PPPA beserta jajarannya dan mengenal kerja dan tugas fungsi Menteri PPPA dan  jajaran.

Tujuan dari kegiatan ini, adalah mengenalkan anak-anak terkait Kemen PPPA dan  tugas fungsi Menteri PPA serta jajarannya, meningkatkan partisipasi anak, serta nantinya  diharapkan anak dapat menjadi agent of change dan pelapor serta pelopor dalam isu–isu  pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.  

Melalui kegiatan “Sehari Menjadi Pemimpin di Kemen PPPA” ini,  anak anak  mendapatkan kesempatan untuk bisa mengekspresikan gagasannya dengan  berbagai permasalahan yang mereka hadapi sehari-hari, seperti bagaimana anak merasa terintimidasi di masa pasca pandemi, kondisi kesehatan mental dan perlindungan bagi anak yang kehilangan orang tua/pengasuh utama di masa pasca pandemi, dan pendidikan di masa pasca pandemi yang juga berdampak pada kesehatan mental mereka.  

Anak-anak yang terpilih adalah pemenang lomba video tiktok dengan 4 tema yang sudah ditentukan. Tujuh (7) Anak terpilih akan diminta menjadi Menteri PPPA dan  jajarannya salama sehari dan melakukan pekerjaan Menteri PPA dan jajarannya selama 1 (satu) hari dengan perspektif anak. Anak akan dihadirkan di DKI Jakarta selama 4 (hari)  dan akan diberikan briefing untuk pelaksanaan kegitan “Sehari Menjadi Menteri PPPA”

c. Kampanye Forum Anak: “Pentingnya Budaya Membaca bagi Anak” 

d. Suara Anak Indonesia Tahun 2022 

e. Daffa Award 2022 

Pemberian Daffa Award 2022 yang semula akan diberikan di Ancol diusulkan untuk dapat  diberikan pada Acara Puncak HAN 2022 di Bogor 

f. Lomba Gerakan “Jingle SAPA129” oleh Forum Anak  

7. Acara Puncak Hari Anak Nasional Tahun 2022 

a. Acara puncak HAN 2022 ditingkat pusat akan dilakukan secara hybrid dilakukan di ruang  terbuka (outdoor) dengan jumlah peserta terbatas di Taman Teijsmann Kebun Raya Bogor dan diikuti oleh anak-anak Indonesia baik yang hadir secara offline maupun yang hadir  secara online (virtual). Pemilihan lokasi ini berdasarkan atas banyaknya nilai edukatif yang  sangat baik untuk anak-anak, seperti museum, jenis-jenis pohon, tahun penanamannya,  dan lain-lain.  

b. Mengundang Kementerian/Lembaga, perwakilan lembaga internasional, dunia usaha,  media massa, dan lembaga masyarakat untuk berpartisipasi dalam Rangkaian dan Acara  Puncak Hari Anak Nasional Tahun 2022. 

c. Peserta 200 orang (150 anak, 50 undangan dan penerima penghargaan) secara offline  dari semua unsur. Peserta yang hadir secara daring baik melalui Zoom Meeting maupun  YouTube Kemen PPPA paling sedikit 5.000 orang, diprioritaskan 80% adalah peserta anak  (individu atau kelompok), 20% lainnya pendamping atau peserta dewasa lainnya. 

d. Seluruh anak di Indonesia baik yang berada di satuan pendidikan umum dan berbasis  keagamaan baik yang bersifat formal maupun non-formal, di lembaga sosial (panti  asuhan), Pramuka, Paskibraka, dan lain-lain diharapkan dapat mengikuti acara puncak  HAN 2022 secara daring. 

e. Pelaksanaan kegiatan Hari Anak Nasional 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian/ Lembaga, Pemerintah Daerah, Perwakilan RI di Luar Negeri dilakukan sebelum dan  sesudah pelaksanaan acara puncak Hari Anak Nasional yang dilaksanakan tanggal 23  Juli 2022 pada pukul 09.00 – 10.30 WIB. 

f. ID dan Password peserta Acara Puncak tingkat Nasional secara daring akan diberikan H-1  sebelum acara dimulai melalui Dinas PPPA Prov/Kab/Kota dan juga akan ditayangkan  melalui Youtube Kemen PPPA. 

g. Rangkaian Kegiatan HAN 2022 yang dilaksanakan oleh perwakilan Indonesia di luar negeri  dan pemerintah daerah dapat dilaksanakan dalam bentuk: 

1) Webinar sesuai dengan tema dan subtema dalam rangkaian HAN; 

2) Perlombaan terkait dengan tema dan subtema; 

3) Bakti Sosial dalam rangka pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak; 4) Acara Puncak: 

a) laporan penyelenggaraan; 

b) dialog dan penyampaian pesan pimpinan daerah dan kepala perwakilan RI di Luar  Negeri; 

c) penyampaian Suara Anak;

d) memfasilitasi kegiatan bersama anak (antara lain permainan tradisional, pentas  seni, karnaval, perlombaan, atau kegiatan lain yang disesuaikan dengan kondisi  daerah masing-masing); 

e) pameran program dan produk yang berkaitan dengan hak anak; 

f) gerakan bersama menyanyi dan menari jingle SAPA129; dan/atau 

g) kegiatan lain sesuai kebutuhan daerah.

***

Demikianlah tadi segenap rangkai susunan acara peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2022 sebagaimana Guru Penyemangat kutip dari Buku Saku HAN 2022 di laman KemenPPPA.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Susunan Acara Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2022"