Widget HTML #1

30 Ide Kegiatan dan Lomba Bulan Muharram 1445 H untuk Anak TK, SD, SMP, SMA, Ponpes dan Umum

Ide Kegiatan dan Lomba Bulan Muharram
Ide Kegiatan dan Lomba Bulan Muharram. Dok. GuruPenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat, selamat menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah ya!

Alhamdulillah. Senang sekali rasanya Guru Penyemangat bisa menyapa Sobat semua dalam rangka memasuki bulan baru, alias bulan pertama dalam kalender Islam 1445 Hijriah.

Tahun baru, maka semangat juga harus baru dan sebagai muslim yang cerdas kita harus mempersiapkan amal atau bekal untuk hari esok (kiamat).

Ada banyak cara untuk memeriahkan Tahun Baru Islam. Bukan sekadar pawai obor, pemerintah maupun instansi setempat perlu kiranya untuk menghadirkan kegiatan islam bermanfaat dan bermaslahat bagi umat islam dari berbagai usia.

Berikut ide kegiatan dan lomba yang bisa digelar pada bulan Muharram dalam rangka tahun baru Islam untuk anak TK, SD, SMP, SMA, Ponpes dan Umum.

Mari disimak ya;

Ide Kegiatan Bulan Muharram yang Bermanfaat dan Berkesan

Ide Kegiatan Bulan Muharram yang Bermanfaat dan Berkesan
Ide Kegiatan Bulan Muharram yang Bermanfaat dan Berkesan. Dok. GuruPenyemangat.com

Setiap tahun baru Islam, biasanya tiap-tiap daerah berkreasi mengadakan kegiatan yang bermanfaat dan berkesan bagi masyarakat Islam secara umum. Nah berikut rekomendasi kegiatannya:

1. Pawai Muharram

Pawai Muharram adalah rekomendasi ide kegiatan Muharram pertama yang biasanya bisa dinikmati oleh warga masyarakat secara umum dari berbagai kalangan.

Pada pawai Muharram, biasanya diselenggarakan oleh pemerintah daerah, baik pemerintah Kabupaten, Kecamatan, hingga pemerintah Provinsi.

Para pesertanya biasanya berasal dari kalangan pelajar sebagai utusan dari sekolah, MDA, hingga instansi-instansi pemerintah mulai dari berbagai lembaga masyarakat, Dinas-dinas, hingga instansi lainnya.

Pawai Muharram biasanya menghadirkan kegiatan seperti pameran karya-karya dengan nuansa islam seperti masjid, miniatur Ka’bah, dan sebagainya. Acaranya puncaknya bisa dengan bazar buku, bazar makanan, atau sekadar pameran.

2. Tabligh Akbar

Animo masyarakat muslim untuk mengikuti kegiatan Islam di daerahnya masing-masing sangatlah tinggi, apalagi jikalau yang diundang adalah ustad-ustad kondang seperti UAH, UAS, Gus Baha, Buya Yahya, hingga para habib.

Namun untuk acara tabligh akbar bertema Tahun Baru Islam, sebaiknya panitia sudah sejak jauh-jauh hari mengajukan permohonan kepada narasumber.

3. Zikir dan Doa Bersama Tahun Baru Islam

Seiras dengan tabligh akbar, acara zikir dan doa bersama menyambut 1 Muharram adalah acara yang bermanfaat dan biasanya ramai untuk diikuti warga masyarakat muslim maupun dari kalangan pelajar.

Dengan adanya acara zikir dan doa bersama, ukhuwah islamiyyah akan kembali erat dan kekompakan umat islam akan lebih tertata.

Boleh Baca: Lafadz Doa Awal dan Akhir Tahun Menyambut Bulan Muharram Arab dan Latinnya

4. Tausiyah Islam

Rekomendasi ide kegiatan di bulan Muharram selanjutnya adalah Tausiyah Islam. Kegiatan ini sama halnya dengan ceramah, namun lebih berfokus kepada perkumpulan atau komunitas tertentu.

5. Pengajian Akbar

Kegiatan Muharram selanjutnya adalah pengajian akbar. Biasanya kegiatan ini diikuti oleh perkumpulan RISMA antar daerah yang secara bergantian menjadi tuan rumah dalam setiap tahun baru Islam.

6. Safari Muharram

Berwisata religi di Tahun Baru Islam, siapa takut? Boleh-boleh saja kan Sobat. Kita bisa mengadakan kegiatan safari ke tempat-tempat bersejarah dalam dunia Islam, berkunjung ke makam Walisongo, dan lain sebagainya.

7. Renungan Awal Tahun Baru Islam

Bagaimana jika acaranya adalah renungan awal tahun? Apakah bermanfaat? Tentu saja. Boleh dibilang ide kegiatan yang satu ini sama seperti NGOPI alias Ngobrol Perkara Iman.

Dengan demikian, iman yang kemarin sedang kembang kempis dan disibukkan oleh perkara dunia bisa kembali ditata dan dikuatkan, supaya tidak terlalu larut dalam euforia Tahun Baru Islam.

8. Pelatihan Khotib Muda

Nah, saat ini acara pelatihan di bidang Islam boleh dibilang cukup sedikit. Maka dari itu, ada baiknya dari pihak Kementerian atau masjid untuk menyelenggarakan pelatihan Khotib Muda.

Ya, para pesertanya boleh umum, terutama dari kalangan remaja akhir dan dewasa muda. Toh, mencari penerus generasi muda islam itu penting, bukan?

9. Kajian Islam Tema Muharram

Tidak berbeda jauh dengan tausiyah, acara yang bisa diselenggarakan dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam adalah Kajian Islam dengan Tema Muharram.

Kajian ini lebih terbuka dan bisa diikuti oleh para jamaah atau warga desa secara umum baik dari kalangan anak-anak, dewasa, orang tua, laki-laki maupun perempuan.

10. Santunan Anak Yatim 10 Muharram

Indahnya berbagi di tahun baru Islam. Tentu saja kegiatan yang satu ini perlu dilakukan. Santunan Anak Yatim bisa dilanjutkan dengan kegiatan berbuka bersama jika digelar pada 10 Muharram. Soalnya pada tanggal 10 Muharram kita sangat dianjurkan untuk melaksanakan puasa Asyura.

Ide Lomba Bulan Muharram untuk Anak TK, SD, MI, SMP, SMA, Ponpes dan Umum

Ide Lomba Bulan Muharram
Ide Lomba Bulan Muharram. Dok. GuruPenyemangat.com

Tidak seru rasanya bila tidak ada perlombaan bertema Islam pada tahun baru Islam. Nah berikut ada rekomendasi lomba bulan Muharram yang bisa diselenggarakan untuk anak TK, SD, MI, SMP, MTs, SMP, SMA, Pondok Pesantren, hingga instansi secara umum.

Berikut pilihan ide lombanya:

1. Lomba Hafalan Surah Pendek

Untuk lomba hafalan surat pendek usia anak-anak misalnya dari Surah At-Takatsur s/d An-Naas, atau Surah Ad-Dhuha s/d An-Naas. Selain itu, bisa pula lomba hafalan Surah Pendek Juz 30.

2. Lomba Hafalan Doa-doa Harian

Lomba ini cocok untuk anak TK, MDA, atau SD dan MI. Doa-doa harian misalnya doa makan, doa minum, doa masuk masjid, doa keluar masjid, doa masuk WC, dan sebagainya.

3. Lomba Tartil Qur’an

Lomba tartil Qur’an adalah lomba pembacaan Qur’an dengan irama yang cocok bagi kalangan anak-anak usia TK-SD.

4. Lomba Tilawah Al-Qur’an

Untuk lomba tilawah Al-Qur’an bisa diikuti oleh anak-anak, remaja, dan dewasa. Agak berbeda dengan lomba tartil, tilawah Qur’an memiliki ketentuan irama baca Qur’an mulai dari Bayyati, Shoba, Sika, Jiharkah, Rast, Nahawand, dan sebagainya.

5. Lomba Khat/Kaligrafi Islam

Adapun untuk ide lomba Muharram Kaligrafi Islam bisa diikuti oleh anak-anak, remaja, dan juga dewasa.

6. Lomba Da’i dan Da’iyyah Cilik

Untuk lomba da’i, tema yang bisa digunakan adalah tema Islam secara umum. Jikalau temanya hanya seputar Muharram, agaknya terlalu sempit dan penonton bisa bosan.

7. Lomba Pidato Islam

Agak mirip dengan lomba da’i, lomba pidato Islam lebih sedikit formal.

8. Lomba Syarhil Qur’an

Lomba Syarhil Qur’an adalah lomba Islam kelompok di mana satu kelompok terdiri atas 3 orang. 1 orang sebagai pembaca Ayat, 1 orang sebagai penceramah, dan 1 orang sebagai saritilawah.

9. Lomba Cerdas Cermat Islam

Untuk lomba cerdas cermat Islam, bisa digelar untuk anak-anak SD, SMP, SMA, hingga Pondok Pesantren.

Kumpulan soal Cerdas Cermat Bisa Disimak di:

10. Lomba Baca dan Cipta Puisi Religi

Lomba baca dan cipta puisi religi juga cocok diselenggarakan untuk melatih imajinasi siswa, cara membaca dengan indah, serta merangkai syair-syair islami.

Boleh Baca: Puisi Tentang Tahun Baru Islam 1 Muharram yang Singkat dan Menyentuh Hati

11. Lomba Berbalas Pantun Islami

Bagaimana dengan lomba pantun? Tentu saja menjadi rekomendasi yang bagus, soalnya pantun adalah sajak lama asli Melayu, kan?

Boleh Baca: Kumpulan Pantun Tahun Baru Islam 1 Muharram

12. Lomba Karya Ilmiah Islam Pelajar

Lomba karya ilmiah Islam bagi pelajar sangat cocok dan bermanfaat terutama sebagai cikal bakal bibit cendekiawan muslim. Setuju kan, Sobat?

13. Lomba Nasyid

Bagaimana dengan lomba Nasyid? Boleh-boleh saja, karena sholawatan dan syair-syair religi adalah contoh syiar Islam.

14. Lomba Hadroh

Tidak berbeda jauh dengan lomba nasyid, lomba hadroh juga mantap. Bukan perkara mudah loh untuk melatih kunci-kunci rebana. Iya kan? Hehe

15. Lomba Qasidah

Nah, ini porsi emak-emak pengajian. Bagus juga kan, daripada acaranya cuma arisan dan kumpul-kumpul gak jelas ala sosialita. Hiks

16. Lomba Azan

Lomba azan bisa diikuti terutama dari anak-anak di desa. Maslahatnya ialah untuk meramaikan masjid, dan agar anak-anak kita lebih cinta dengan masjid.

17. Lomba Praktik Ibadah

Lomba praktik ibadah juga sangat bermanfaat untuk diselenggarakan di bulan Muharram alias Tahun Baru Islam.

Praktik ibadah misalnya Tayamum, Wudhu, Sholat, Mengkafani Jenazah, dan sebagainya.

18. Lomba Baca Kitab Kuning dan I’rab Al-Qur’an

Nah, anak sekolah umum minggir dulu. Soalnya ini kavelingan anak Ponpes. Mana anak Ponpes? Ajari aku baca kitab dong. Hehehe

19. Lomba Hifzil Qur’an

Nah, ide lomba selanjutnya adalah hafalan Qur’an. Bisa minimal 1 juz, 3 juz, 5 juz, 10 juz, hingga 30 juz.

20. Lomba Mewarnai Poster atau Kaligrafi

Nah, ide lomba terakhir ini cocok diselenggarakan di TK, PAUD, TKIT, atau MDA dan RA. Anak-anak bisa diajak untuk mewarnai kaligrafi, atau mewarnai sketsa gambar Islam bertema Muharram.

***

Demikianlah sajian Guru Penyemangat tentang kumpulan ide kegiatan dan ragam lomba yang bisa dilaksanakan dalam menyemarakkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah.

Tetap semangat dan mari kita tegakkan syiar Islam ya Sobat
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "30 Ide Kegiatan dan Lomba Bulan Muharram 1445 H untuk Anak TK, SD, SMP, SMA, Ponpes dan Umum"