Widget HTML #1

Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Muharram Arab Dan Latinnya Lengkap

Hai Sobat Guru Penyemangat, Selamat Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah ya!

Muharram merupakan bulan pertama dalam Kalender Hijriah. Dengan demikian, tibanya Muharram sama dengan masuknya kita menuju Tahun Baru Islam.

Bulan Muharram merupakan satu dari empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT sebagaimana yang tertuang dalam Al-Qur'an Surah At-Taubah Ayat 36.

Muharram artinya suci atau terlarang. Pada bulan ini ada larangan untuk berperang maupun membunuh. Sedangkan dalam QS At-Taubah ayat 36, kita diperintahkan untuk tidak menganiaya diri pada bulan yang mulia.

Doa Akhir dan Awal Tahun Muharram
Doa Akhir dan Awal Tahun Muharram. Dok. GuruPenyemangat.com

Muharram pula menghadirkan banyak sejarah dan kisah yang menyentuh hati. Salah satunya ialah pada Muharram 1 H, muncul tekad hijrah ke Madinah setelah pada Dzulhijjah terjadi Baiat Aqabah II.

Selain itu, peristiwa selamatnya Nabi Musa AS dan tenggelamnya pasukan Fir'aun juga terjadi pada bulan Muharram. Untuk memetik hikmah dari kisah tersebut, umat Islam melaksanakan puasa Tasu'a dan puasa Asyura pada tanggal 9 dan 10 Muharram.

Selain berpuasa, ada pula amalan berupa doa akhir tahun dan doa awal tahun Muharram yang bisa dibaca. Berikut tulisan Arab dan latinnya.

Mari disimak ya:

Bacaan Doa Akhir Tahun Arab dan Latinnya

Doa ini dicantumkan oleh Sayid Utsman bin Yahya dalam karyanya Maslakul Akhyar. Tapi, siapakah Sayid Utsman bin Yahya itu?

Beliau adalah seorang ulama Mekkah asli Betawi. Sayid Usman lahir di Batavia (Jakarta) pada 17 Rabiul Awal 1238 H atau 1 Desember 1822.

Sayid Utsman  belajar di Mekah selama tujuh tahun, salah satunya dengan Mufti Mazhab Syafi’i Syaikh Zaini Dahlan. Tahun 1848 belajar di Yaman, Mesir, Suriah, dan Istambul.

Berikut lafadz doa Akhir Tahun yang bisa dibacakan dalam rangka menyambut Muharram:

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Bacaan Latin:

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya:

“Ya Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku.

Bacaan Doa Awal Tahun Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram

Berikut Guru Penyemangat sajikan doa awal tahun dalam rangka menyambut 1 Muharram alias Tahun Baru Hijrah, masih dari kutipan Sayid Utsman bin Yahya dalam Maslakul Akhyar.

 اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ 

:Bacaan Latin

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’i, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya:

“Ya Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini.

***

Demikianlah sajian Guru Penyemangat tentang bacaan doa akhir tahun dan awal tahun dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram khususnya 1445 Hijriah sebagaimana yang dikutip dari laman NU Online.

Doa di atas bisa diamalkan dan dibacakan dalam rangka memeriahkan bulan Muharram. Tidak ada yang keliru atau pun lafaz yang menyesatkan dari doa di atas, karena memang ditulis oleh seorang ulama.

Dengan demikian, tidaklah mengapa untuk membaca doa di atas, karena kita boleh berdoa apa saja kepada Allah selama doa itu baik dan tidak mengandung lafaz seperti kesyirikan atau doa-doa yang dilarang.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Muharram Arab Dan Latinnya Lengkap"