Widget HTML #1

Contoh Sambutan Ketua Panitia Idul Adha Tentang Laporan Kegiatan Kurban Singkat

Hai Sobat Guru Penyemangat. Sudah bersiap menyukseskan rangkaian ibadah kurban pada Dzulhijjah tahun ini?

Ya. Sejak beberapa bulan yang lalu agaknya DKM alias Dewan Kesejahteraan Masjid sudah mulai mematangkan kegiatan pembentukan panitia qurban.

Pada pembentukan panitia qurban Idul Adha, setidaknya ada tiga kelompok atau bagian utama sebagai mekanisme dari kegiatan kurban.

Nantinya ada panitia yang bertugas sebagai penerima hewan kurban, pencari hewan kurban, pemelihara hewan kurban, hingga proses penempatan hewan dan penyediaan lokasi kurban.

Kemudian ada pula panitia yang dibentuk dalam rangka mengurusi detail proses kurban mulai dari pengulitan, pemotongan daging, dan pembungkusan daging. Nah pada bagian ini biasanya Ibu-ibu boleh diikutsertakan.

Dan ketiga, ada pula panitia yang tugasnya spesial di bidang distribusi daging kurban mulai dari pembagian daging kepada fakir miskin, warga masyarakat sekitar, hingga lembaga setempat.

Contoh Sambutan Ketua Panitia Idul Adha Tentang Laporan Kegiatan Kurban
Contoh Sambutan Ketua Panitia Idul Adha Tentang Laporan Kegiatan Kurban. Dok. GuruPenyemangat.com

Kesemua itu sedikit-banyaknya dirasa penting untuk diketahui oleh masyarakat, dan hal ini biasanya disampaikan pada sambutan atau pidato jelang Sholat Idul Adha melalui ketua panitia.

Nah berikut ada contoh teks sambutan ketua panitia Idul Adha yang berisikan laporan kegiatan kurban yang singkat dan lengkap.

Sambutan Ketua Panitia Kegiatan Kurban Idul Adha 1443 Hijriah

Bismillah
Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Walillahil hamd.

Alhamdulillahirobbil’alamin. Assalatu wassalamu ‘ala asyrofil anbiya iwal mursalin, wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in.

Yang terhormat, Kepala Desa………Beserta Jajarannya
Yang saya hormati, Kepala BMA Desa……..Beserta Jajarannya
Yang saya hormat, Ketua RT/RW Desa……..Beserta Jajarannya
Yang saya hormati, Bapak Imam Masjid……..Beserta Jajarannya
Serta Bapak, Ibu, dan Saudara-saudari jamaah Shalat Idul Adha yang berbahagia;

Pertama di atas segalanya, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat, terutama nikmat kesehatan dan kesempatan sehingga pada 10 Dzulhijjah hari ini kita bisa berkumpul bersama untuk melaksanakan Shalat Idul Adha.

Sholawat berbingkaikan salam tiada lupa kita curahkan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan rajinnya berucap Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad, wa ‘ala ali sayyidina Muhammad, kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Jamaah Sholat Idul Adha yang dirahmati oleh Allah SWT;

Pada hari yang berbahagia ini senantiasa kita dengar kalimat takbir, tahmid, tasbih, dan tahlil sebagai ungkapan syukur dan kebahagiaan menyambut Hari Raya Idul Adha.

Dan dalam kesempatan yang mulia ini, izinkanlah saya untuk menyampaikan laporan kegiatan Kurban 1443 Hijriah Tahun 2022 melalui masjid…….

Jamaah yang berbahagia;

Alhamdulillah pada tahun ini kami selaku panitia menerima hewan kurban sejumlah 10 kambing dan 5 ekor sapi dengan total shohibul kurban sebanyak 45 orang.

Dari kesemua hewan kurban tersebut, ada jamaah yang mencarikan sendiri hewan kurbannya dan adapula yang meminta kami selaku panitia kurban untuk memilihkan kambing dan sapi.

Sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya bahwa kurban kambing di masjid kita seharga Rp2.400.000, dan kurban sapi untuk 1/7 juga Rp2.400.000.

Beberapa minggu yang lalu kami telah melakukan survei dan pemeriksaan hewan kurban apakah sudah sesuai dengan ketentuan Islam atau belum. Di sisi yang sama, kami pula sudah melakukan pengecekan kesehatan demi memastikan agar hewan kurban bebas dari PMK alias Penyakit Mulut dan Kuku.

Jamaah Sholat Idul Adha yang dimuliakan oleh Allah SWT;

Adapun hal yang kiranya perlu diketahui bersama mengenai ketentuan hewan kurban yaitu:

Kurban kambing untuk satu orang dengan ketentuan umur kambing minimal 2 tahun dan memasuki tahun ketiga.

Kurban sapi untuk tujuh orang dengan ketentuan umur sapi minimal 2 tahun dan memasuki tahun ketiga.

Selain itu, hewan yang sah untuk dikurbankan adalah hewan yang tidak buta sebelah, tidak pincang, tidak sakit, dan tidak kurus karena habis lemaknya sebagaimana yang diterangkan oleh Imam Syafi’i rahimakumullah.

Boleh Baca: Lafadz Bilal Sholat Idul Adha Arab dan Latinnya

Bapak, Ibu serta saudara-saudari yang berbahagia;

Terkait dengan pelaksanaan penyembelihan, pemotongan, dan pembagian daging kurban InsyaAllah akan kita gelar di halaman masjid mulai jam 10.00 WIB dan berakhir sebelum tenggelamnya matahari pada 13 Dzulhijjah.

Para shohibul kurban nantinya dipersilakan untuk menyembelih hewan kurbannya sendiri. Atau jika ingin diwakilkan, maka panitia secara khusus sudah menyediakan beberapa orang tukang jagal.

Adapun daging kurban yang sudah dipotong, ditimbang, dan dibungkus InsyaAllah akan kita bagikan kepada warga desa setempat, para fakir dan miskin secara adil dan merata.

Untuk sistematika pengambilan daging kurban ialah menggunakan tiket atau karcis pengambilan daging kurban sebagaimana yang telah dibagikan oleh panitia beberapa hari yang lalu.

Tampil Kompak dengan Kaos Panitia Kurban

Jamaah Sholat Idul Adha yang dimuliakan oleh Allah SWT;

Secara khusus, kami para panitia kegiatan Kurban Idul Adha 1443 Hijriah mengucapkan terima kasih atas amanah dan kepercayaan Bapak/Ibu sekalian.

Kami pula meminta maaf kepada semua pihak jikalau nanti dalam penyelenggaraan kurban terdapat kesalahan, kekurangan atau kekhilafan baik disengaja maupun tidak disengaja.

Mudah-mudahan amal ibadah kurban kita pada tahun ini diterima oleh Allah SWT dan membawa maslahat bagi umat Islam khususnya warga desa ini.

Dan bagi kita yang tahun ini belum bisa berkurban, semoga Allah panjangkan umur kita, semoga Allah limpahkan rezeki kepada kita supaya tahun depan kita bisa menunaikan ibadah kurban terbaik.

Jamaah Sholat Idul Adha yang dimuliakan oleh Allah SWT;

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah.

Saya akhiri;

Wabillahi taufik wal hidayah
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

*Catatan: Silakan Sobat sesuaikan jumlah hewan kurban, harga hewan kurban, hingga waktu pelaksanaan kurban di daerah Sobat.

Boleh Baca: Teks MC Kegiatan Sholat Idul Adha, Lengkap dengan Susunan Acara

Download Sambutan Panitia Kurban Idul Adha PDF

Untuk memudahkan kegiatan Sobat para panitia Idul Adha, berikut GuruPenyemangat.com siapkan dokumen PDF yang berisi contoh sambutan ketua panitia tentang laporan kegiatan kurban.

Contoh sambutan ini bisa Sobat gunakan untuk pidato, atau referensi tentang sepatah dua patah kata yang ingin disampaikan pada momentum Hari Raya Kurban.

Silakan klik tombol download lalu tunggu beberapa detik untuk mendapatkan file-nya ya:

Sambutan Panitia Kurban 221kb

***

Boleh Baca: 4 Situs Kurban Online Terbaik, Murah dan Amanah Tahun 2022

Demikianlah seutas sajian GuruPenyemangat.com tentang contoh teks sambutan untuk ketua panitia Idul Adha yang berisikan laporan kegiatan kurban.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Lanjut Baca: Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban, Lengkap dengan Gambar dan Doanya

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Sambutan Ketua Panitia Idul Adha Tentang Laporan Kegiatan Kurban Singkat"