Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Website Secara Umum, Bukan Sekadar Branding tapi Juga Ladang Cuan!

Hai Sobat Guru Penyemangat, apakah Sobat sudah tahu tentang apa itu website?

Nah. Mungkin beberapa dari Sobat sudah mulai menjelajah KBBI, tapi...tapi belum ditemukan. Hehe. Soalnya di KBBI yang ada itu hanyalah web.

Manfaat Website Secara Umum
Manfaat Website Secara Umum, Bukan Sekadar Branding tapi Juga Ladang Cuan!

Website sendiri terdiri atas dua kata yaitu "Web" dan "Site". Web menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu sistem untuk mengakses, memanipulasi, dan mengunduh dokumen hipertaut yang terdapat dalam komputer dan dihubungkan melalui internet.

Sedangkan "Site" itu berasal dari Bahasa Inggris yang artinya tempat, lokasi, atau situs.

Dengan demikian, website adalah kumpulan halaman-halaman situs yang saling berhubungan dan berisi dokumen digital mulai dari gambar, tulisan dengan beragam bahasa, video, file, desain atau informasi lainnya yang ingin dicari oleh pengguna internet.

Pada dasarnya Sobat bisa membuat website sendiri untuk keperluan branding maupun perusahaan. Namun agar lebih gampang, mudah dan terlihat elegan, ada baiknya Sobat menggunakan jasa bikin website profesional seperti Niagaweb.

Tapi, apa sih manfaatnya jikalau kita punya website? Apakah benar website itu bisa dijadikan ladang cuan?

Nah berikut disajikan segenap manfaat website secara umum baik untuk keperluan bisnis, perusahaan, branding hingga pribadi.

Manfaat Website Secara Umum

Manfaat Website Secara Umum
Manfaat Website Secara Umum. Dok. GuruPenyemangat.com

Bila dicermati bersama, maka secara umum ketika memiliki website kita bisa mendapatkan manfaat utama sebagai berikut:

Bisa Menyebarkan Informasi dengan Cepat

Ya. Benar, benar sekali bahwa kehadiran website sekarang sangat bermanfaat sebagai media penyebar informasi.

Beberapa dari kita mungkin setuju bahwa info itu bisa dengan mudah disebar melalui WhatsApp, Messenger, atau Twitter, kan?

Meski begitu, apakah kredibitasnya sudah terjamin? Nah. Hal-hal seperti ini sudah sering kita jumpai dan informasi yang beredar di medsos kebanyakan adalah hoax serta berisikan ujaran kebencian.

Maka dari itulah sekarang berbagai lembaga pemerintah, lembaga UMKM, organisasi pendidikan, hingga beragam PT memiliki website, karena mereka percaya bahwa website adalah sarana untuk menyebar informasi dengan cepat dan juga lebih kredibel.

Sumber Informasi yang Mudah Diakses

Bila Sobat Guru Penyemangat mundur ke zaman 2000-an, maka di sekeliling jalan, tiang listrik, hingga pintu-pintu toko tersebar banyak informasi seperti lowongan pekerjaan dan promosi produk, kan?

Benar sekali.

Meski begitu, informasi yang amat berguna tersebut menjadi cukup sulit untuk diakses. Misalnya hari ini kita melihat informasi tentang kursus Bahasa Arab di brosur, esok atau lusanya belum tentu brosur tersebut masih ada, kan?

Nah. Kalau di website tentu bakal masih ada dan kita mengaksesnya juga cukup mudah. Kita hanya perlu mengaktifkan sinyal internet, kemudian memasukkan alamat website di browser pencarian seperti Chrome, Mozila Firefox, atau Microsoft Edge.

Sarana Hiburan

Di era digitalisasi seperti saat sekarang ini kebanyakan televisi sudah berpindah menjadi televisi digital, kan? Ya, bahkan sudah banyak orang yang lebih suka menonton film secara online melalui website.

Entah itu film FTV, film horor, atau bahkan anime, ternyata lebih mudah dan lebih simpel bila ditonton via website.

Manfaat Website untuk Bisnis dan Perusahaan

Manfaat Website untuk Bisnis dan Perusahaan
Manfaat Website untuk Bisnis dan Perusahaan. Dok. GuruPenyemangat.com

Apakah saat ini atau beberapa bulan ke depan Sobat ingin membangun sebuah bisnis, UMKM, atau perusahaan?

Jika iya, maka GuruPenyemangat.com sarankan agar Sobat membuat website. Lho, faedahnya apa sih? Berikut seutas manfaat website untuk bisnis dan perusahaan.

Bisa Bikin Toko Online

Iyes. Sobat mungkin sangat sering belanja di Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, hingga Bukalapak. Tapi jika Sobat punya usaha rumahan dan ingin berkembang, agaknya website bisa menjadi media yang mantap, kan?

Misalnya Sobat jualan gula aren kemasan kualitas premium nih. Kalau jualannya cuma di warung atau gudang, biasanya harga yang ditawarkan cuma segitu-segitu saja, kan? Tapi bila Sobat oper ke luar provinsi?

Wah, bisa berlipat ganda dong cuan-nya? Nah. Seringkali orang-orang menemukan produk yang bagus, super, dan bermanfaat itu melalui toko online.

Media Promosi Bisnis di Google

Sebenarnya manfaat kedua ini adalah keberlanjutan poin pertama tadi sih. Bila Sobat punya bisnis mandiri atau kelompok, atau perusahaan, maka bisnis tersebut cenderung lebih cepat berkembang bila dipromosikan secara online.

Bayangkan bila Sobat punya website jualan lampu belajar karakter untuk anak, kemudian website tersebut nongol di halaman pertama pencarian Google, bukankah Sobat bakal banjir orderan bin cuan? Yeay. Certainly.

Intinya, kehadiran website yang dikelola dengan baik akan menjadi sumber informasi untuk kelancaran dan perkembangan bisnis Sobat.

Meningkatkan Kepercayaan Pembeli

Menurut para ahli, salah satunya~Joanna Zambas menerangkan bahwa website tidak hanya bermanfaat untuk being online melainkan juga meningkatkan creditability sebuah bisnis atau produk.

Maknanya ialah, jika Sobat memiliki website profesional dan dikelola dengan baik, maka produk maupun bisnis yang ditekuni bakal mendapat kepercayaan dari pembeli, sekaligus kredit komersial yang mantap.

Sekarang; coba bayangkan bila Sobat punya bisnis ritel namun yang membeli hanya beberapa orang warga dari 1 RT. Tentu saja promosi dari 1 RT ke RT lain hingga meluas ke 1 kecamatan amatlah lama, kan?

Maka dari itulah, manfaat website dalam pengembangan bisnis ritel sangat terasa terutama dari sisi deskripsi produk, pengenalan produk, variasi produk, hingga testimoni produk yang mampu meningkatkan daya kepercayaan dan ketertarikan pembeli.

Manfaat Website Pribadi

Manfaat Website Pribadi
Manfaat Website Pribadi. Dok. GuruPenyemangat.com

Saya bukanlah seorang pebisnis dan belum berminat menjadi pebisnis, apakah saya perlu membuat website?

Tentu saja. Website punya segudang manfaat meskipun hanya untuk perorangan seperti blog pribadi. Berikut beberapa di antaranya:

Meningkatkan Personal Branding

Kenalkah Sobat dengan penulis, sutradara, sekaligus komika keren yang bernama Raditya Dika? Ya, beliau dulunya membuat website pribadi yang isinya berupa tulisan tentang pengalaman, keluh kesah, hingga catatan pribadi.

Tapi sekarang? Cobalah lihat blognya di Radityadika.com. Isinya bukan lagi cuma tulisan melainkan kelas menulis online berbayar.

Wkwk.

Begitulah kekuatan website sebagai personal branding. Kalau sudah punya branding, situs web pribadi pun bisa jadi ladang cuan.

Atau, Sobat tidak kenal dan tidak terlalu peduli dengan si Raditya Dika dan senangnya mendengar kajian Islam?

Nah. Ulama panutan Indonesia seperti Ustadz Abdul Somad saja punya blog, yaitu di Somadmorocco.blogspot.com. Buya Yahya pula punya website di Buyayahya.org. Keren, kan?

Sebagai Portofolio Online

Bila Sobat punya jasa, karya, atau kompetensi dan kemudian ingin diketahui banyak orang supaya bisa direktur oleh perusahaan atau diajak kerja sama, maka cara cepat dan efektif yang bisa Sobat lalukan ialah dengan membuat portofolio online.

Bagaimana cara membuat portofolio secara online?

Cara cepatnya ialah Sobat bisa membuat website pribadi kemudian secara rutin menuangkan karya-karya terbaru, catatan pengalaman, skill, dan keperluan branding lainnya.

Sumber Cuan

Nah, pada intinya, segenap ulasan Guru Penyemangat tentang manfaat website secara umum ini ialah sebagai ladang alias sumber cuan. Hahaha.

Benar, kan?

Terlepas website yang Sobat buat entah itu melalui jasa bikin website atau tidak, ketika nanti website tersebut sudah berkembang dan mendapat authority dari Google, maka Sobat bisa memanfaatkannya sebagai ladang cuan.

Di website kita bisa meraup penghasilan dari berjualan produk atau jasa secara online, menjadi publisher iklan seperti Google Adsense, atau bahkan menjadi Ghostwriter.

Kesimpulan

Oke Sobat, dari untaian penjelasan tentang ragam manfaat website di atas, apakah Sobat sudah mulai tertarik untuk membuat website pribadi maupun untuk keperluan bisnis?

Jika Sobat ingin membuat website yang elegan, menarik, profesional, dan hemat, maka Sobat bisa menggunakan jasa pembuatan website di Niagaweb.

Di Niagaweb, Sobat bisa membuat website baik untuk keperluan branding maupun bisnis dengan harga murah dan kualitas terbaik.

Sobat bisa mendapat keuntungan seperti website yang mobile friendly, SEO friendly, gratis domain dan hosting, gratis SSL, gratis email bisnis, dan bisa online terus karena server-nya always on tanpa hambatan.

Nah, demikianlah ulasan Guru Penyemangat kali ini tentang manfaat website secara umum. Bila Sobat ingin membuat website namun masih bingung, maka Sobat bisa berkonsultasi terlebih dahulu melalui laman www.niagaweb.co.id.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Lanjut Baca: Menulis di Blog Pribadi, Inilah 5 Keuntungan yang Sudah Aku Dapatkan

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

6 komentar untuk "Manfaat Website Secara Umum, Bukan Sekadar Branding tapi Juga Ladang Cuan!"

  1. Sungguh bahasan yang menarik, namun apakah disini menerima pertanyaan dari pembaca ya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas apresiasinya Gan. Boleh gan jikalau ingin bertanya, disilakanšŸ˜Š

      Hapus
  2. Sangat bermanfaat babang ganteng pulll, ais keren aešŸ¤£šŸ¤£

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha gombalan tingkat dewahhh. wkwk. Tengkyu Babang

      Hapus
  3. Waah ulasan special, Pak guru. Mau donk, Gururen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuu. Matur tengkyu, MakPres. Traktir bakso dulu dong. Hihihi

      Hapus

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

Diperbolehkan mengutip tulisan di blog Guru Penyemangat tidak lebih dari 30% dari keseluruhan isi (1) artikel dengan syarat menyertakan sumber. Mari bersama-sama kita belajar menghargai karya orang lain :-)

Promo Cashback & Voucher Shopee