Widget HTML #1

Contoh Teks Pidato Tentang Kesehatan Singkat, Mari Jadikan Kesehatan sebagai Gaya Hidup

Hai Sobat Guru Penyemangat. Sudah semangat hidup sehat hari ini?

Semua orang sadar bahwa sehat itu mahal, hanya saja kesadaran tersebut baru muncul ketika kita sedang sakit. Benar begitu, kan?

Ya, penyesalan tentang sakitnya badan memang datang di akhir. Sedangkan fenomena yang sering kita temui atau bahkan yang ada di dekat kita seringkali kita kesampingkan.

Sejatinya hidup sehat itu penting. Kita hidup tidak hanya untuk menggapai kesuksesan, atau pun mencari uang semata melainkan juga untuk peduli dengan kesehatan.

Nah, berikut GuruPenyemangat.com sajikan teks pidato singkat tentang pentingnya menjadikan kesehatan sebagai gaya hidup.

Mari disimak ya:

Teks Pidato Tentang Kesehatan Badan Sebagai Gaya Hidup

Contoh Teks Pidato Tentang Kesehatan Singkat
Contoh Teks Pidato Tentang Kesehatan Singkat. Dok. GuruPenyemangat.com

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Selamat pagi, para hadirin sekalian
Bapak dan Ibu yang saya hormati
dan anak-anak yang saya cintai

Sebelum kita memulai kegiatan pada pagi hari ini, marilah kita bersama-sama berdoa dan mengucap rasa syukur alhamdulillah kepada Allah SWT atas karunia dan nikmat sehat yang telah diberikan pada kita semua.

Shalawat dan salam juga semoga senantiasa mengiringi junjungan mulia kita yaitu Nabi  Muhammad SAW yang membimbing kita dari jalan kebatilan menuju jalan kebaikan sehingga kita semua bisa berkumpul dalam acara peringatan Hari Kesehatan Dunia dalam keadaan sehat wal afiat.

Para hadirin yang saya hormati,

Coba kita merenungi kalimat dari sosok Imam Syafi‘i yang menyatakan bahwa kesehatan adalah mahkota yang dipakai orang sehat, tetapi hanya orang sakit yang dapat melihatnya.

Hal ini bisa kita maknai bahwa keadaan sehat seseorang dianggap sebagai suatu aset yang berharga bagi orang sakit.

Namun, bagi orang yang sedang dalam keadaan sehat tak sedikit yang tidak menyadari pentingnya kesehatan sebagai suatu aset berharga yang perlu dirawat sehingga lalai atau bahkan menyepelekan urusan dalam hal menjaga kesehatan ini.

Tahukah Bapak dan Ibu sekalian bahwa data dari WHO menunjukkan 66% penyebab kematian di Indonesia adalah penyakit tidak menular?

Bahkan posisi angka kematian tertinggi ditempati penyakit kardiovaskuler yang menyerang jantung dan gangguan pembuluh darah, lalu kanker dan juga diabetes, serta penyakit tidak menular lainnya. 

Para hadirin sekalian yang berbahagia,

World Health Organization (WHO) pun mengumumkan catatan pada 2019, sebanyak 55 persen atau sekitar 55,4 jiwa kematian di seluruh dunia disebabkan oleh 10 jenis penyakit berbahaya.

Daftar penyakit tersebut jika diuraikan secara rinci akan muncul nama-nama penyakit seperti serangan jantung, stroke, penyakit paru, infeksi saluran pernapasan bawah, penyakit bayi baru lahir atau kondisi neonatus, kanker trakea, bronkus, dan paru-paru, alzheimer dan demensia, penyakit diare, diabetes mellitus, hingga penyakit ginjal.

Sebagaimana yang sudah disinggung sebelumnya jika penyakit jantung masih menjadi penyakit mematikan dan pembunuh nomor satu di dunia.

Dikutip dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) mengungkapkan tingginya kasus penyakit jantung koroner di Indonesia ditimbulkan karena faktor gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan pola makan tidak seimbang.

Sama halnya faktor tersebut juga berlaku dalam memicu risiko seseorang mengidap jenis penyakit tidak menular lainnya.

Boleh Baca: Contoh Teks Pidato Kebersihan Sebagian dari Iman

Para hadirin yang dirahmati Allah,

Menyikapi data terkait kesehatan yang rasanya cukup mengkhawatirkan, rasanya perlu ada dukungan dari seluruh komponen masyarakat untuk meningkatkan kegiatan pengembangan dan pembangunan layanan dan edukasi kesehatan.

Tidak hanya di daerah pedesaan, melainkan juga daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah padat penduduk dan kumuh perkotaan, termasuk daerah yang terkena dampak akibat bencana.

Meski demikian, perlu kita tekankan bersama bahwa sebagus apapun sarana kesehatan yang didirikan di suatu negara, semuanya menjadi kurang berguna bila konsep yang diterapkan tidak tepat.

Bila kita memegang konsep pengurangan risiko yang mengedepankan metode pencegahan dengan menerapkan pola hidup minim risiko, maka langkah tersebut akan jauh lebih efektif dalam menjaga taraf kesehatan dan angka harapan hidup masyarakat.

Semuanya dimulai dari diri kita sendiri sebagai individu untuk mengubah pola hidup yang lebih sehat akan membawa dampak kesehatan jauh lebih besar karena sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

Harapannya ialah, kesehatan tidak lagi hanya sebatas slogan, poster, atau baliho yang dipajang di depan gedung pinggiran jalan melainkan juga menjadikan kesehatan sebagai gaya hidup.

Bapak, Ibu, dan teman-teman yang berbahagia;

Demikian pidato yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf bila ada salah ucapan dan tindakan karena kesempurnaan hanya milik Allah semata.

Tetap semangat untuk hidup sehat dan jangan mengeluh untuk sembuh serta semoga kita selalu mendapat perlindungan Allah dari segala penyakit. Aamiin.

Saya akhiri,
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

***

Nah, itulah tadi contoh naskah pidato tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh yang sejatinya bisa dimulai dari diri kita sendiri.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Lanjut Baca: Contoh Pidato Lengkap, Beserta Tema dan Strukturnya

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Tentang Kesehatan Singkat, Mari Jadikan Kesehatan sebagai Gaya Hidup"