Widget HTML #1

Contoh Proposal Kegiatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 Tinggal Edit [Word]

Hai Sobat Guru Penyemangat, Sobat bakal menggelar kegiatan apa di Hari Peringatan Lahirnya Pancasila tahun 2022 ini?

Agaknya ada banyak sekali pilihan ide kegiatan yang bisa kita lakukan dalam menyambut hari bersejarah pada tanggal 1 Juni setiap tahunnya ya.

Berbicara tentang Hari Lahir Pancasila, maka kegiatan yang perlu kita lakukan ialah kegiatan bermanfaat yang bisa diikuti secara aktif oleh para pelajar dan generasi muda agar mereka bisa tergerak untuk memaknai Hari Lahir Pancasila di era digitalisasi seperti saat sekarang ini.

Nah, berikut GuruPenyemangat.com telah menyediakan contoh proposal kegiatan peringatan Hari Lahir Pancasila tinggal edit.

Mari disimak ya:

Proposal Kegiatan Gebyar Pancasila Menyambut Hari Lahir Pancasila 1 Juni

Proposal Kegiatan Hari Lahir Pancasila
Proposal Kegiatan Hari Lahir Pancasila. Gurupenyemangat.com

Pada sajian berikut telah Guru Penyemangat susun proposal kegiatan Gebyar Pancasila yang cocok untuk digelar di SD, MI, SMP, MTs, SMA atau instansi pemerintah.

Proposalnya sudah diurutkan mulai dari latar belakang, tema kegiatan, jenis kegiatan waktu pelaksanaan, estimasi biaya, hingga kolom susunan panitia.

Nah, cermati terlebih dahulu uraian garis besarnya ya:

PROPOSAL KEGIATAN
GEBYAR PANCASILA
DALAM RANGKA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA

PEMERINTAH KABUPATEN [NAMA KABUPATEN]
DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN RISET DAN TEKNOLOGI
SD/SMP/SMA NEGERI/SWASTA [NAMA SEKOLAH]
TAHUN 2022

A. Latar Belakang Kegiatan

Pancasila adalah dasar negara kita Indonesia. Sebagai seorang warga negara, kita harus menjadikan Pancasila sebagai identitas diri, sikap mental, pandangan hidup serta karakter yang membedakan kita dengan bangsa dan negara lain.

Hal ini bukanlah tanpa alasan karena sejatinya Pancasila itu lahir dari kesatuan atas pemikiran, kesatuan visi, kesatuan misi, serta kesatuan harapan untuk merengkuh kemerdekaan Indonesia.

Adapun pada zaman sekarang ini, kita patut bersyukur karena berkat pidato semangat Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945 lalu, Pancasila pada akhirnya dikukuhkan sebagai dasar negara tepatnya sehari setelah kemerdekaan, 18 Agustus 1945 oleh PPKI.

Di dalam Pancasila, ada 5 paham utama yang menjadi bekal warga maupun negara untuk menggapai tujuan nasional. 

Ada paham ketuhanan, paham kemanusiaan, paham kesatuan, paham kerakyatan, dan juga paham keadilan sosial.

Dari masing-masing paham tersebut tertuang nilai-nilai kebaikan dan karakter yang harus diamalkan oleh bangsa Indonesia sepanjang hayat.

Bila kita melihat lagi kondisi Bumi Pertiwi dewasa ini, tantangan-tantangan dan persoalan yang berkaitan dengan pelanggaran maupun penyimpangan nilai-nilai Pancasila memang masih terus berdatangan.

Ditambah lagi dengan belum pulihnya negara kita karena terjangan pandemi Covid-19, maka diperlukan sosialisasi dan penguatan semangat nasionalisme dan penguatan karakter generasi muda penerus bangsa yang berlandaskan profil Pancasila.

Berkenaan dengan hal tersebut, kami selaku panitia ingin mengadakan kegiatan Gebyar Pancasila dalam rangka menyambut peringatan Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni untuk menguatkan pengalaman nilai-nilai Pancasila khususnya bagi para pelajar dan generasi penerus bangsa.

B. Tema Kegiatan

“Melalui Peringatan Hari Lahirnya Pancasila, kita wujudkan semangat nasionalisme dan gotong royong generasi muda yang berlandaskan profil Pancasila.

C. Tujuan Kegiatan

Berikut tujuan diadakannya kegiatan Gebyar Pancasila:

  1. Meningkatkan toleransi beragama para pelajar dan generasi penerus bangsa.
  2. Menguatkan tali persaudaraan antar sesama warga Indonesia, khususnya antar sesama pelajar.
  3. Menguatkan kembali semangat nasionalisme dan cinta tanah air
  4. Menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan di era kekinian khususnya bagi para pelajar
  5. Memaknai Hari Lahirnya Pancasila dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dan edukatif.

D. Nama Kegiatan

Adapun nama kegiatan ini adalah “Gebyar Pancasila” dalam rangka menyambut Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni tahun 2022.

E. Jenis Kegiatan

Jenis kegiatan Gebyar Pancasila tahun 2022 meliputi lomba pidato, lomba baca puisi, lomba poster, dan lomba komik edukatif bertema Pancasila.

F. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu dan tempat pelaksanaan dari kegiatan Gebyar Pancasila adalah:

Hari, Tanggal : 02-04 Juni Tahun 2022
Waktu : 08.00 WIB – selesai
Tempat : Lapangan/Ruang Kelas

G. Pelaksana

Kegiatan Gebyar Pancasila Tahun 2022 dilaksanakan oleh panitia OSIS yang bekerja sama dengan beberapa ekstrakulikuler di sekolah.

H. Peserta

Siswa-siswi di sekolah.

I. Sumber Dana

  1. Dana BOS
  2. Kas OSIS
  3. Sponsor/Donatur

J. Susunan Panitia

Terlampir I

K. Rincian Dana

Terlampir II

L. Penutup

Penyelenggaraan kegiatan Gebyar Pancasila Tahun 2022 dalam rangka memetik momentum peringatan Hari Lahirnya Pancasila diharapkan untuk didukung oleh semua pihak.

Semoga dengan ridho Allah SWT, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dengan didukung oleh bantuan dan partisipasi aktif dari semua pihak demi suksesnya rangkaian kegiatan. 

Demikianlah proposal ini kami buat agar dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu.

Nama Kota,   Mei 2022 


Panitia Pelaksana

Boleh Baca: 40 Rekomendasi Ide dan Tema Kegiatan untuk Memeriahkan Hari Lahir Pancasila yang Berkesan

Download Proposal Kegiatan Hari Lahir Pancasila Word Tinggal Edit

Untuk memudahkan segenap panitia, Guru Penyemangat telah menyiapkan link unduhan dokumen Word (.doc) proposal kegiatan Gebyar Pancasila tinggal edit.

Di dalam proposal ini sudah tersusun urutan format proposal yang umum mulai dari latar belakang, tema kegiatan hingga lampiran-lampiran mengenai estimasi biaya dan struktur panitia kegiatan.

Lebih dari pada itu, settingan kertasnya pula sudah diatur dengan margin kiri 3 dan sisanya 2.5 dengan format kertas A4.

Tersedia pula kolom tanda tangan panitia yang sudah dibuat secara rapi menggunakan tabel. Dengan demikian Sobat Guru Penyemangat hanya perlu menambahkan kop sekolah maupun instansi.

Silakan klik tombol download berikut dan tunggu beberapa saat untuk mendapatkan dokumen Word proposal kegiatan Gebyar Pancasila Tahun 2022:

Proposal Gebyar Pancasila 74kb

***

Boleh Baca: Teks Pidato Hari Lahir Pancasila yang Singkat, Padat, dan Jelas

Demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat tentang contoh proposal kegiatan Gebyar Pancasila dalam rangka menyambut Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 yang lengkap dengan dokumen Word tinggal edit.

Proposal ini bisa Sobat gunakan untuk pengajuan dana, memberikannya kepada donatur, hingga kepala instansi. Semoga kegiatan tahun ini sukses dan kita bisa memetik momentum Hari Lahir Pancasila ya.

Semoga bermanfaat.
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Kegiatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 Tinggal Edit [Word]"