Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertanyaan Tentang Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara Beserta Jawabannya

Hai, Sobat Guru Penyemangat, tahukah Sobat bahwa selain sebagai dasar, Pancasila juga merupakan ideologi negara?

Ya. Pancasila adalah identitas negara kita. Negara dan rakyat memiliki kewajiban untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Entah itu sebagai norma hukum, sikap mental, hingga kaidah-kaidah berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini amatlah penting demi terwujudnya kehidupan yang aman, damai, sejahtera, serta terhindar dari perpecahan yang mengakibatkan hancurnya persatuan dan kesatuan bangsa.

Pertanyaan Tentang Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara
Pertanyaan Tentang Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara. Dok. Gurupenyemangat.com

Berikut ada pertanyaan tentang Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara beserta jawabannya. Ada soal yang sulit, sedang dan mudah.

Mari disimak ya:

Soal Tentang Pancasila Sebagai Dasar Negara

1. Apa makna Pancasila ketika ditetapkan sebagai dasar negara?

Jawaban:

Dalam hubungannya dengan dasar negara, maka Pancasila dalam hal ini bermakna sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia. Sebagai falsafah negara, Pancasila tertuang dalam kedudukan tertinggi dalam tata tertib hukum di Indonesia yaitu pada pembukaan UUD 1945.

2. Apa saja fungsi utama Pancasila sebagai dasar negara?

Jawaban:

Ada 3 fungsi Pancasila sebagai dasar negara:

  • Pancasila dianggap sebagai pandangan hidup bangsa, yaitu dijadikan acuan dalam kehidupan pribadi, kehidupan masyarakat, serta interaksi manusia dengan alam.
  • Pancasila sebagai dasar NKRI, yakni Pancasila berperan dalam mewujudkan cita-cita hukum dasar serta menggaungkan semangat bagi UUD 1945 dalam pernyelenggaraan negara.
  • Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia, yaitu Pancasila sebagai kumpulan ide, gagasan, keyakinan, kepercayaan yang menjadi dasar eksistensi segala aspek negara, mulai dari politik, sosial, ekonomi, kebudayaan, hingga keagamaan.

3. Bagaimana kedudukan Pancasila sebagai dasar negara?

Jawaban:

Kedudukan Pancasila diterangkan dalam pembukaan UUD 1945 tepatnya pada alenia keempat. Di sana disebutkan kelima sila Pancasila.

4. Pancasila juga dapat dijadikan dasar pergaulan warga negara, apa maksudnya?

Jawaban:

Pancasila sebagai dasar pergaulan warga negara berarti bahwa kita menjadikan Pancasila sebagai tuntutan dan acuan dalam berperilaku, baik di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, hingga kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam bergaul, warga negara wajib mengamalkan butir-butir nilai yang tertuang dalam kelima sila Pancasila.

5.Sebagai dasar negara, Pancasila pula dijadikan rujukan dalam mengatur penyelenggaraan pemerintah. Dari mana ketetapan itu ditentukan?

Jawaban:

Pancasila sebagai dasar dalam mengatur penyelenggaraan pemerintahan telah ditegaskan dalam Ketetapan MPR No. XVIII/MPR/1998 tentang pencabutan P4 dan Penetapan tentang Penegasan Pancasila sebagai Dasar Negara.

6. Sebagai dasar negara, Pancasila juga mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan cara?

Jawaban:

Menjadikan Pancasila sebagai dasar tingkah laku, sikap mental, serta perbuatan yang menjadikannya berbeda dengan bangsa-bangsa lain.

7. Apa saja sikap yang sesuai dengan Pancasila sebagai pandangan hidup?

Jawaban:

Sikapnya yaitu menjalankan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti toleransi, gotong royong, mengadakan musyawarah untuk mencapai mufakat, dan sebagainya.

8. Apa yang akan terjadi jika Pancasila tidak dijadikan sebagai dasar negara Indonesia?

Jawaban:

Jika Pancasila tidak dijadikan sebagai dasar negara, maka akan ada banyak kekacauan yang terjadi di dalam negeri.

Contohnya seperti radikalisme, konflik antar budaya dan suku, konflik agama, hingga rusaknya persatuan dan kesatuan bangsa.

9. Apa saja contoh perilaku yang sesuai dengan pengamalan Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban:

Ada banyak contoh perilaku sebagai wujud dari pengamalan Pancasila sebagai dasar negara. Misalnya menyelesaikan masalah dengan musyawarah, mengadakan gotong royong, mengikuti upacara peringatan hari besar nasional, dan sebagainya.

10. Perbedaan suku, agama, ras, adat- istiadat dan budaya kadangkala bisa menjadi penghambat pengamalan Pancasila sebagai dasar negara. Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya?

Jawaban:

Upaya-upaya yang bisa dilakukan dalam mengatasi hambatan perbedaan SARA ialah dengan memberikan pemahaman tentang keragaman sejak dini, meningkatkan rasa toleransi, tenggang rasa, serta belajar untuk menerima perbedaan dan mengakuinya sebagai kekayaan bangsa Indonesia.

Boleh Baca: Ragam Cara Memaknai Hari Lahir Pancasila Bagi Pelajar dan Generasi Muda

Pertanyaan Sulit Tentang Ideologi Pancasila Beserta Jawabannya

1. Apa yang dimaksud dengan ideologi Pancasila?

Jawaban:

Ideologi adalah identitas dalam berbangsa dan bernegara. Dengan demikian, ideologi Pancasila adalah hasil pemikiran atau gagasan yang mencakup nilai-nilai Pancasila dalam rangka mencapai tujuan negara.

2. Apa saja fungsi Pancasila sebagai ideologi negara?

Jawaban:

Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara:

  • Menjadi sumber wawasan dan makna bagi bangsa
  • Pengarah dan pembimbing dalam mencapai tujuan
  • Menjadi identitas bangsa yang membedakannya dengan bangsa lain
  • Menjadi pedoman hidup dan pedoman dalam berperilaku
  • Menjadi dasar pencegahan konflik.

3. Mengapa negara Indonesia menggunakan ideologi terbuka?

Jawaban:

Sejatinya Indonesia merupakan sebuah negara. Pada dasarnya setiap negara memerlukan ideologi agar bisa menjalankan sistem pemerintahan yang ada pada negara tersebut.

Karena Indonesia adalah negara besar yang menganut sistem pemerintahan demokratis, maka ideologi terbuka yang paling tepat untuk digunakan.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sistem pemerintahan demokratis adalah untuk rakyat, dilaksanakan oleh rakyat, dan juga dipimpin oleh rakyat.

Untuk mendukung sistem tersebut, dibutuhkan ideologi yang mampu memberikan kesempatan bagi rakyat untuk menuangkan aspirasi dan gagasan yang berguna untuk kemajuan bangsa.

4. Bagaimana cara menumbuhkan nilai-nilai yang terkandung Pancasila sehingga mampu memberikan harapan optimisme dan motivasi untuk mewujudkan cita-cita negara?

Jawaban:

Adapun hal utama yang perlu dilakukan ialah menempatkan Pancasila dalam pengertian sebagai moral, jiwa, dan kepribadian bangsa Indonesia.

Kita harus menyadari bahwa Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia lahir bersamaan dengan adanya bangsa Indonesia, dan hal tersebut dipicu oleh semangat untuk meraih kemerdekaan. Selain itu,Pancasila juga berfungsi sebagai kepribadian bangsa Indonesia. Artinya, jiwa bangsa Indonesia mempunyai arti statis sekaligus dinamis.

Jiwa ini keluar diwujudkan dalam sikap mental, tingkah laku, dan amal perbuatan bangsa Indonesia yang pada akhirnya mempunyai ciri khas.

Ketika Pancasila dan segenap nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sudah menjadi identitas, dasar sikap, dan dasar perilaku, maka secara bertahap akan muncul harapan optimisme dan motivasi yang sangat berguna dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara Indonesia.

5 Apa saja contoh sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka?

Jawaban:

  • Menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai filter masuknya budaya asing yang dapat merusak identitas bangsa
  • Terbuka terhadap nilai-nilai baru namun tetap sesuai dengan kaidah dan nilai dasar Pancasila
  • Aktif mengkaji Pancasila melalui wacana, diskusi, tulisan maupun penelitian
  • Menaati norma sosial maupun norma hukum yang sesuai dengan nilai Pancasila
  • Menyelesaikan permasalahan dengan berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila
  • Menjadikan Pancasila sebagai alat pembangkit semangat nasionalisme dan patriotisme.

6. Pancasila sebagai ideologi terbuka bersifat dinamis. Jelaskan maksud dan bagaimana implementasinya!

Jawaban:

Pancasila sebagai ideologi terbuka memiliki sifat dinamis karena Pancasila dapat selalu menyesuaikan diri dengan perubahan zaman.

Contoh implementasinya:

Dulu, konflik yang berkenaan dengan pelanggaran nilai-nilai Pancasila lebih sering diatasi oleh aparat keamanan maupun diselesaikan oleh masyarakat secara musyawarah. Namun seiring dengan perkembangan zaman, konflik dan perselisihan mulai merambat ke dunia medsos.

Untuk mengatasinya, dibentuklah tim siber dan UU ITE (Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) sebagai perwujudan dari dinamisnya ideologi Pancasila.

7. Mengapa Pancasila dijadikan sebagai Ideologi negara?

Jawaban:

Pancasila dasar negara kita dirumuskan dari nilai-nilai kehidupan masyarakat Indonesia yang berasal dari pandangan hidup bangsa yang merupakan kepribadian, bangsa perjanjian luhur serta tujuan yang hendak diwujudkan. Karena itu pancasila dijadikan ideologi negara.

***

Demikianlah tadi segenap soal dan pertanyaan tentang Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara yang lengkap dengan jawabannya.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Lanjut Baca: Inilah Teks Pidato Ir. Soekarno Pada 1 Juni 1945 yang Menjadi Dasar Lahirnya Pancasila

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Pertanyaan Tentang Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara Beserta Jawabannya"

Promo Cashback & Voucher Shopee