Widget HTML #1

Teks Protokol Singkat Shalat Tarawih, Lengkap dengan Susunan Acara

Contoh Teks Protokol Singkat Shalat Tarawih
Contoh Teks Protokol Singkat Shalat Tarawih. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah;

Hai, Sobat Guru Penyemangat. Sudah siap untuk melaksanakan Shalat Tarawih Berjamaah di masjid maupun musala terdekat? Apakah Sobat bakal ditugaskan sebagai protokolnya?

InsyaAllah siap ya Sobat. Shalat Tarawih dan Witir berjamaah adalah salah satu amalan utama di bulan Ramadhan setelah puasa.

Diterangkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam Hadis Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim bahwa siapa yang melaksanakan dan menegakkan Shalat Qiyam Ramadhan (Shalat Tarawih) dengan penuh keimanan dan kerelaan, maka dosa-dosanya di masa lalu akan diampuni.

Maka dari itulah, banyak dari kita yang berbondong-bondong mendatangi Rumah Allah untuk mendirikan Shalat Tarawih berjamaah.

Untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan Shalat Sunnah yang dimulai ba’da isya’ ini, Gurupenyemangat.com telah menyediakan contoh naskah protokol Shalat Tarawih.

Teks protokol alias pembawa acara Shalat Tarawih berjamaah di bulan Ramadhan ini ditulis singkat lengkap dengan susunan acara.

Mari disimak ya:

Teks Protokol [MC] Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan Singkat

Teks Protokol [MC] Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan Singkat
Teks Protokol [MC] Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan Singkat. Dok. Gurupenyemangat.com

Pada bulan Ramadhan khususnya di masjid atau musala, biasanya kegiatan ibadah disetel sedemikian rupa agar berjalan dengan hikmat. Di sinilah pentingnya kehadiran pembaca acara.

Namun, agak berbeda dengan situasi di sekolah maupun di kantor, petugas MC alias protokol Shalat Tarawih seringkali dadakan dan asal tunjuk.

Ya, soalnya kan jamaah tidak bisa ditebak apakah hari ini ia Tarawih di masjid sini atau malah di masjid sebelah. Maka dari itu, para jamaah harus siap sedia ketika diminta menjadi pembawa acara.

Teks protokol Shalat Tarawih sama saja seperti naskah pembawa acara biasa. Kita hanya perlu menyesuaikan susunan acara dan kegiatan-kegiatan tambahan.

Demi memudahkan Sobat petugas protokol kegiatan Ramadhan, Guru Penyemangat telah membagi teks protokol mulai dari pembukaan, isi, dan kata-kata lain yang sekiranya diperlukan.

Contoh Pembukaan Protokol Shalat Tarawih

Berikut Guru Penyemangat sajikan contoh teks pembukaan protokol Shalat Tarawih yang singkat dan mudah untuk dihafal:

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Alhamdulillah. Assalatu wassalamu ‘ala asyrofil anbiya iwal mursalin, wa ala alihi wasohbihi ajma’in. 

Bapak, Ibu, serta jamaah Shalat Tarawih Rahimakumullah;

Pertama-tama dan yang paling utama, marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah yang telah memberikan kita kesehatan dan kesempatan sehingga bisa berkumpul kembali di masjid…….desa…… yang kita cintai.

Shalawat beriring salam mari kita hadiahkan kepada Nabiyullah Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapat syafa’at beliau di Hari Akhir nanti.

Jamaah Shalat Tarawih yang dimuliakan oleh Allah;

Izinkan saya selaku protokol menyampaikan rangkaian acara kita pada malam hari ini;

  1. Pembukaan
  2. Ceramah/Kultum 7 Menit
  3. Shalat Tarawih dan Witir Berjamaah
  4. Tadarus Al-Qur’an
  5. Penutup

Kata kata Protokol Shalat Tarawih

Kita masuki acara yang pertama yaitu pembukaan. Agar mendapat berkah dan rahmat dari Allah SWT, marilah kita buka kegiatan malam Ramadhan kali ini dengan membaca basmallah. Bismillahirrohmaanirrohim.

Jamaah Shalat Tarawih Rahimakumullah;

Kita masuki kegiatan yang kedua yaitu ceramah 7 menit yang dalam hal ini akan disampaikan oleh Ustadz/Bapak……Kepada beliau, waktu dan tempat dipersilakan.

Jamaah Shalat Tarawih yang berbahagia;

Tibalah kita di acara inti yaitu pelaksanaan Shalat Tarawih dan Witir Berjamaah. Pada malam ini kita akan melaksanakan Shalat Tarawih sebanyak 8 rakaat ditambah dengan Shalat Witir 3 rakaat.

Adapun untuk pelaksanaan Shalat Tarawih ketentuannya ialah 2 rakaat sekali salam, kemudian ditutup dengan Shalat Witir 3 rakaat sekali salam. [Silakan sesuaikan dengan ketentuan Shalat Tarawih di masjid/musala Sobat Guru Penyemangat]

Adapun yang bertindak sebagai imam pada kesempatan ini ialah Bapak/Ustadz……, dan yang bertindak sebagai bilal adalah Bapak….

Sebelum itu, saya sampaikan terlebih dahulu jumlah infak yang masuk pada malam ini. Adapun total infak yang masuk pada hari ini berjumlah Rp3.000.000. [Silakan disesuaikan] Semoga yang berinfak pada malam hari ini mendapat pahala dari Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal’Alamin.

Jamaah Shalat Tarawih Rahimakumullah;

Marilah kita ikuti kegiatan Shalat Tarawih dan Witir malam ini dengan hikmat dan tertib. Kepada yang bertugas, dipersilakan.

Hadirin Jamaah Rahimakumullah;

Kita masuki acara selanjutnya yaitu kegiatan Tadarus Al-Qur’an. Bagi bapak, ibu, adik-adik serta jamaah sekalian yang ingin bertadarus, silakan mengambil tempat dan membaca Al-Qur’an secara bergiliran.

Hadirin yang insyaAllah dirahmati oleh Allah SWT;

Tibalah kita di acara terakhir yaitu penutup. Sebelum ditutup, saya selaku pembawa acara memohon maaf atas segala khilaf dan salah, dan kepada Allah marilah bersama-sama kita memohon ampun.

Marilah kita tutup kegiatan hari ini dengan membaca hamdallah. Alhamdulillahirobbil’alamin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Bacaan Bilal Shalat Tarawih dan Witir Berjamaah 11 Rakaat Lengkap

Susunan Acara Kegiatan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

Ada berbagai versi susunan kegiatan pelaksanaan ibadah malam di bulan Ramadhan. Guru Penyemangat menyadari bahwa masjid maupun musala di berbagai daerah memiliki urutan kegiatan yang berbeda.

Berikut beberapa versi susunan acara protokol Shalat Tarawih Berjamaah yang bisa dipilih:

Versi 1:

  1. Pembukaan
  2. Ceramah Singkat 
  3. Penutup 
  4. Pelaksanaan Shalat Tarawih dan Witir Berjamaah
  5. Tadarus Al-Qur’an

Versi 2:

  1. Pembukaan
  2. Pelaksanaan Shalat Tarawih dan Witir
  3. Kultum Singkat
  4. Penutup
  5. Tadarus Al-Qur’an

Versi 3:

  1. Pembukaan
  2. Ceramah 7 Menit
  3. Shalat Tarawih dan Witir Berjamaah
  4. Tadarus Al-Qur’an
  5. Penutup

Boleh Baca: 3 Doa Setelah Shalat Witir Sesuai dengan Sunnah

Itulah tadi segenap versi yang bisa dipilih oleh pengurus masjid maupun musala dalam rangka menegakkan Shalat Qiyam Ramadhan berjamaah.

Adapun untuk teks protokol Shalat Tarawih, Sobat bisa menyesuaikannya berdasarkan susunan acara kegiatan yang sudah berlaku di masjid desa Sobat.

Download Teks Protokol Shalat Tarawih PDF

Untuk memudahkan Sobat Guru Penyemangat yang bertugas sebagai protokol Shalat Tarawih berjamaah, admin telah menyediakan file dokumen teks protokol singkat dalam format PDF.

Teks protokol Shalat Tarawih berikut bisa diunduh secara gratis untuk kemudian disesuaikan maupun dicetak untuk keperluan kegiatan selama bulan Ramadhan.

Silakan klik tombol download dan tunggu beberapa detik untuk mendapatkan dokumen naskah protokol Shalat Tarawih:

Teks Protokol Tarawih.PDF 151kb

***

Demikianlah tadi seutas sajian Guru Penyemangat tentang contoh teks pembaca acara alias protokol kegiatan Shalat Tarawih dan Witir berjamaah selama bulan Ramadhan.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Lanjut Baca: Unduh Teks Doa Kamilin yang Sering Dibacakan Imam Sesuai Shalat Tarawih

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Teks Protokol Singkat Shalat Tarawih, Lengkap dengan Susunan Acara"