Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang edukasi, materi belajar, dunia keislaman, soal ujian, motivasi, investasi emas, kesehatan dan fiksi. Klik di sini.
Gulir ke bawah untuk membaca artikel.

3 Doa Setelah Shalat Witir Sesuai Sunnah dan Shahih, Lengkap dengan Teks Arab, Latin dan Artinya

Doa Setelah Shalat Witir Sesuai Sunnah dan Shahih
Doa Setelah Shalat Witir Sesuai Sunnah dan Shahih. Dok. Gurupenyemangat.com

Marhaban Ya Ramadhan 1443 Hijriah ya Sobat!

Alhamdulillah pada tahun 2022 ini kita kembali berjumpa dengan bulan mulia penuh ampunan yang bernama Ramadhan.

Selain berpuasa, umat muslim di seluruh dunia pula rutin melaksanakan Qiyam Syahr Ramadhan seperti Shalat Tarawih dan Shalat Witir berjamaah.

O ya, by the way, apakah Sobat Guru Penyemangat sudah tahu berapa jumlah rakaat shalat witir dilaksanakan setelah shalat isya?

Perlu kita ketahui, Shalat Witir adalah Shalat Sunnah penutup yang bilangan rakaatnya ganjil.

Shalat Witir dimulai dari 1 rakaat, 3 rakaat, 5 rakaat, 7 rakaat, 9 rakaat dan yang paling banyak adalah 11 rakaat.

Kita boleh melaksanakan Shalat Witir setiap hari, namun pada bulan Ramadhan ini rasanya Sobat akan lebih banyak melaksanakan Witir, kan?

Ada satu pertanyaan lagi nih. Shalat Witir 3 rakaat berapa kali tahiyat ya Sobat?

Ya, benar sekali bahwa Shalat Witir entah itu versi 2-1 atau versi 3 rakaat sekali salam hanya menggunakan satu kali bacaan tahiyat, yaitu langsung tahiyat akhir.

Nah, berkenaan dengan hal itu Guru Penyemangat telah menyiapkan doa khusus yang bisa kita bacakan sesudah Shalat Witir.

Ada 3 doa yang bisa dibacakan sesudah Shalat Witir menurut hadis shahih dan sesuai Sunnah, baik untuk shalat berjamaah maupun munfarid.

Mari disimak ya:

Doa Sesudah Shalat Witir Sesuai Sunnah

Doa Sesudah Shalat Witir Sesuai Sunnah
Doa Sesudah Shalat Witir Sesuai Sunnah. Dok. Gurupenyemangat.com

Teks Doa Setelah Shalat Witir Versi Pertama

 سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ

Bacaan Latin:

Subhaanal malikil qudduus [Dibacakan tiga kali]

Artinya:

Maha Suci Raja yang Maha Suci

Adapun dalil tentang anjuran doa ba’da Shalat Witir di atas ialah didasarkan oleh hadis riwayat Imam Abu Dawud Nomor 1218 dalam Kitab Shalat:

حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَبِي عُبَيْدَةَ حَدَّثَنَا أَبِي عَنْ الْأَععْمَشِ عَنْ طَلْحَةَ الْأَيَامِيِّ عَنْ ذَرٍّ عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبْزَى عَنْ أَبِيهِ عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا سَلَّمَ فِي الْوِتْرِ قَالَ سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ

Artinya:

Telah menceritakan kepada Kami Utsman bin Abu Syaibah, telah menceritakan kepada Kami Muhammad bin Abu 'Ubaidah, telah menceritakan kepada Kami ayahku dari Al A'masy dari Thalhah Al Ayami dari Dzar dari Sa'id? bin Abdurrahman bin Abza dari ayahnya dari Ubai bin Ka'b, ia berkata; Rasulullah shallAllahu wa'alaihi wa sallam apabila telah melakukan salam dalam shalat witir beliau mengucapkan: "SUBHAANAL MALIKIL QUDDUUS"

Untuk pengulangan bacaan doa “Subhaanal malikil qudduus” sebanyak tiga kali disandarkan pada hadis riwayat Imam An-Nasa'i Nomor 1713 dalam Kitab Qiyamul lail.

Bacaan Doa Sesudah Shalat Witir yang Shahih Versi Kedua

Bersandar pada Hadis Shahih Muslim Nomor 1279, dikisahkan bahwa Rasulullah SAW melakukan Shalat sempurna sebanyak 13 rakaat. Bila kita analisis, shalat yang dimaksud adalah Shalat Witir.

Berikut doa yang dilafazkan Rasulullah:

اللَّهُمَّ اجْعَلْ لِي فِي قَلْبِي نُورًا وَفِي لِسَانِي نُورًا وَفِي سَمْعِي نُورًا وَفِي بَصَرِي نُورًا وَمِنْ فَوْقِي نُورًا وَمِنْ تَحْتِي نُورًا وَعَنْ يَمِينِي نُورًا وَعَنْ شِمَالِي نُورًا وَمِنْ بَيْنِ يَدَيَّ نُورًا وَمِنْ خَلْفِي نُورًا وَاجْعَلْ فِي نَفْسِي نُورًا وَأَعْظِمْ لِي نُورًا

Bacaan Latin:

Allahummaj'al lii fi qalbii nuuran wa fii lisaanii nuuran, wa fii sam'ii nuuran wa fii bashari nuuran wa min fauqii nuuran wa min tahtii nuuran wa 'an yamiinii nuuran wa 'an syimaalii nuuran wa min baini yadayya nuuran wa min khalfii nuuran waj'al fii nafsii nuuran wa a'zhim lii nuuraan.

Artinya:

Ya Allah jadikanlah cahaya di dalam hatiku, cahaya di dalam lisanku, cahaya dalam pendengaranku, cahaya dalam penglihatanku, cahaya dari atasku, cahaya dari bawahku, cahaya dari arah kananku, cahaya dari sebelah kiriku, cahaya dari arah depanku, cahaya dari belakangku, dan berilah cahaya di dalam jiwaku dan perbesarlah cahaya untukku.

Dear Sobat Guru Penyemangat, hadis Imam Muslim terkait dengan doa di atas cukup panjang. Selain diriwayatkan oleh beliau, kalam Nabi tersebut juga termaktub dalam Kitab Sunan At-Tirmidzi dan An-Nasa’i.

Untuk membaca hadis Shahih Imam Muslim, silakan klik tautan berikut: Hadits Shahih Muslim No. 1279

Teks Doa Sesudah Shalat Witir Sesuai Sunnah Versi Ketiga

Adapun bacaan doa ba’da Shalat Witir yang ketiga ini ditemui dalam Hadits Jami' At-Tirmidzi Nomor 3489. Berikut doanya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَأَعُوذُ بِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

Bacaan Latin:

Allaahumma innii a'uudzu biridhaaka min sakhathik, wa a'uudzu bimu'aafaatika min 'uquubatik, wa a'uudzu bika minka laa uhshii tsanaa-an 'alaik, anta kamaa atsnaita 'alaa nafsik.

Artinya:

Aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemurkaan-Mu, dan dengan ampunan-Mu dari hukuman-Mu, aku tidak dapat menghitung pujian kepada-Mu. Engkau sebagaimana pujian yang Engkau berikan kepada diri-Mu.

Perlu Sobat Guru Penyemangat ketahui bahwa hadis di atas termasuk hadis gharib.

Hadis gharib adalah hadis yang salah satu perawinya menyendiri dalam periwayatan. Hadis gharib termasuk kategori hadis ahad.

Berikut Guru Penyemangat sajikan hadis lengkap terkait doa sesuai Shalat Witir versi ketiga sebagaimana yang dikutip dari laman hadits.id:

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ أَخْبَرَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ هِشَامِ بْنِ عَمْرٍو الْفَزَارِيِّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْحَارِثِ بْنِ هِشَامٍ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ فِي وِتْرِهِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَأَعُوذُ بِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ قَالَ هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ مِنْ حَدِيثِ عَلِيٍّ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ هَذَا الْوَجْهِ مِنْ حَدِيثِ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ

Artinya:

Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Mani' telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun telah mengabarkan kepada kami Hammad bin Salamah dari Hisyam bin 'Amr Al Fazari dari Abdurrahman bin Al Harits bin Hisyam dari Ali bin Abu Thalib bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berdoa dalam witirnya: "ALLAAHUMMA INNII A'UUDZU BIRIDHAAKA MIN SAKHATHIK, WA A'UUDZU BIMU'AAFAATIKA MIN 'UQUUBATIK, WA A'UUDZU BIKA MINKA LAA UHSHII TSANAA-AN 'ALAIK, ANTA KAMAA ATSNAITA 'ALAA NAFSIK (Aku berlindung dengan keridhaanMu dari kemurkaanMu, dan dengan ampunanMu dari hukumanMu, aku tidak dapat menghitung pujian kepadaMu. Engkau sebagaimana pujian yang Engkau berikan kepada diriMu). Abu Isa berkata; hadits ini adalah hadits gharib dari hadits Ali, kami tidak mengetahuinya kecuali dari jalur ini dari hadits Hammad bin Salamah. [Jami' At-Tirmidzi Nomor 3489]

***

Lanjut Baca: Download Teks Doa Kamilin, Dibacakan Setelah Shalat Tarawih

Download Teks Doa Setelah Shalat Witir PDF dan Word

Itulah tadi 3 pilihan doa yang bisa kita bacakan setelah menunaikan Shalat Witir baik itu secara berjamaah maupun sendiri.

Dalam kesempatan ini Gurupenyemangat.com sudah menyediakan dokumen PDF dan Word tentang doa ba’da Shalat Witir lengkap dengan teks Arab, bacaan latin hingga terjemahannya.

Silakan pilih tombol download untuk mendapatkan dokumen PDF:

Doa Witir PDF

Silakan Sobat tekan tombol download untuk mendapatkan dokumen Word doa ba’da Witir lengkap:

file_Doa Witir.zip 44kb

***

Demikianlah tadi segenap sajian Guru Penyemangat tentang bacaan doa yang bisa kita mohonkan kepada Allah sesudah Shalat Witir, khususnya dalam menunaikan Shalat Sunnah di bulan Ramadhan.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "3 Doa Setelah Shalat Witir Sesuai Sunnah dan Shahih, Lengkap dengan Teks Arab, Latin dan Artinya"

  1. Baik banget BGP, udah bisa baca, dikasih download pula, tinggal cetak, biar gak lupa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantab Bu. Esok hari hafalannya dites ya Bu. 🤭🤭

      Hapus

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

Diperbolehkan mengutip tulisan di blog Guru Penyemangat tidak lebih dari 30% dari keseluruhan isi (1) artikel dengan syarat menyertakan sumber. Mari bersama-sama kita belajar menghargai karya orang lain :-)